8 June 2015

Manajemen bento

Postingan ini untuk menjawab pertanyaan teman2 soal per bentoan ya.
Semoga bisa sedikit mencerahkan.

Latar belakangnya dulu ya,
Jadi semenjak pulang ke indonesia, perut kami semua jadi super sensitif.
Salah makan sedikit, langsung mencri2 ga karuan.
Seringnya sih kalo abis makan masakan di luar.

Yang paling parah si ayah sih,
Bener2 ga bisa makan yang pedes2 atau yang bumbunya tajam.

Oleh karena itu, setiap pagi saya bela2in bawain bekal untuk makan siang dan snack sorenya.





Ribet?
Ya sedikit,
Tapi masih mending dibanding harus liatin orang mencri bolak balik ke toilet heuheu...

nah, utk ngebento ini apa aja sih yang harus disiapkan?

Selain tempat makan yg simpel dan langsing, ada beberapa peralatan yang wajib dipunya:



Cetakan nasi, nori puncher dan paper cup lucu utk tempat sayur atau buah. Ini semua bisa dibeli di daiso.

Sisanya ya bisa beli kalau ada lebihan :)



Saya sendiri ga langsung beli segini banyak, nyicil belinya di daiso atau aeon atau book off (toko seken)

Untuk nasinya, saya mengandalkan beras si pulen, beras mutiara medium grain.
Menurut saya ini yang paling mendekati tekstur beras jepang.

Untuk isiannya, biasanya terdiri dari 2 lauk, sayur dan serat (jelly),
Sedangkan snack sore biasanya saya bawakan sandwich.

Hari minggu malam as always, saya dedikasikan untuk membuat menu seminggu, jadi di pagi hari si teteh tinggal mengeksekusi menu yg sdh tertulis.



Untuk belanjanya, saya anggarkan 100K IDR utk belanja di tukang sayur komplek.
Uang segini biasanya dapat: 

-tempe 1 blok
- brokoli 2 bonggol
- sawi 2 bonggol
- pakcoy 1 bonggol
- telur puyuh 10 butir
- bihun jagung
- pisang sunpride 10 buah
- kerupuk 2 bungkus
- cabe merah 1 bungkus
- bayam 1 ikat
- kangkung 1 ikat
- sayur asem 1 bungkus
- bumbu dapur 
- bakso SB isi 20

Lumayan cukup utk menu seminggu,

Sedangkan utk daging2an, saya anggarkan 400-500rb.
Oia utk belanja daging dan ayam ini saya hobi sekali ke superindo, menurut saya lebih segar dibandingkan Supermarket C atau G.

Oia budget segitu saya bisa dapat 3 jenis buah2an (biasanya apel, anggur, dan jeruk),
Ayam utuh 1, dada fillet 1, daging cincang 100gr, daging tumis 100gr, udang, nugget, sosis, telur 1 kg, susu UHT 4 L, spaghetti, bumbu2, mie instan, roti tawar, pita bread dan cemilan anak2.

Intinya cukup utk makan 3 orang dewasa dan 2 anak selama 1 minggu.

Lumayan hemat kan ya dibanding jajan2 di luar..

Nah untung manajemen waktunya, biasanya saya bangun jam 5.30 pagi, supervise si teteh masak, atau utk beberapa menu saya masak sendiri.

Jam 6 mulai nyiap2in kotak bento dan menu sarapan anak2.

Jam 6.30 nemenin anak2 sarapan,
Jam 7 mandi dan dandan,
Jam 7.30 berangkat ke kantor.

Puji Tuhan kantornya deket bgd jadi masih ada waktu utk siap2in beginian.

Tapi ada lho temen masuk dapur jam 4 pagi supaya jam 6 bs berangkat.
Keren ya!

Intinya sih niat dulu aja kali ya :)
Dan kalo udah dimanage dengan baik,
Niscaya semuanya bisa berjalan dengan lancar.


Oke selamat ngebento ya!

15 comments:

  1. Aiihh kereennn......klo bekel sendiri emang terjamin bersih dan murce ya

    ReplyDelete
  2. aaaah jd semangat mampir ke aeon ato daiso deh :D

    ReplyDelete
  3. aih keren sekali, sgt ter-organized...

    ReplyDelete
  4. Can't agree more, Tya. Aku juga setelah pulang dari Jepang selalu bawa bento. Ga kuat dengan makanan pedas atau banyak bumbu. Cuma kayaknya harus belajar lebih well organized kayak Tya nih urusan perbentoan. Thank you for sharing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kann.. Perutnya ga seru kan ya :)))

      Jd emang lebih sehat (dan murah) ngebento ya

      Delete
  5. TFS, bentar lagi anakku mau sekolah, udah mulai nyari-nyari resep snack buat bekel si bocah sekolah.

    ReplyDelete
  6. ngiler nih liat bento nya mba :)

    ReplyDelete
  7. Mbaaaakk....itu yg kayak stempel lucuk2 itu yg wrna biru sama ijo bulet2 itu apa yaaa?kok lucuuu siiikkkk bentonyaaaa.....😁😁😁

    ReplyDelete
  8. Tempat makan ayah Rapha-Mikha beli dimana mbak? Fit banget ya, kelihatan kecil namun muat banyak...

    ReplyDelete