25 October 2013

Visa jepang untuk keluarga

hari senin kemarin, pak pos datang membawa berita gembira,
certificate of eligibility untuk suami dan anak-anak sudah jadi!!!

yeayyy! 

tiba2 rasa lelah karena kuisu dan shukudai *homework* yang menumpuk langsung hilang :)



CoE ini dikirim ke alamat dorm tepat 2 minggu setelah saya menyerahkan berkas2 ke imigrasi chiba.

dan CoE merupakan syarat mutlak untuk pembuatan visa dependent untuk suami dan anak2.

oia pemegang visa dependent ini bisa sekolah dan bekerja juga di jepang. 
kalo kata sensei di kampus sih, mau kerja apa juga bisa selain terjun ke bidang politik.
okesip!

untuk syarat2 pembuatan coe sudah dishare dengan sangat lengkap oleh bu FarahDina di blog teacher training kami :)



kalo boleh saya tulis kembali, syarat dokumen untuk pembuatan coe adalah sebagai berikut:

1. fotokopi paspor saya dan paspor dependents 
2. fotokopi surat nikah dan akte lahir anak2 dalam bahasa inggris
3. foto 3 x 4 untuk ditempel di form aplikasi
4. fotokopi residents card saya
5. surat keterangan bahwa kita adalah penerima beasiswa dari kampus


6. surat keterangan tempat tinggal dari ward office setempat --> bayar ¥300


7. amplop dan perangko ¥380 dan diisi dengan alamat kita


8. form aplikasi. 
kita pilih yang nomor 10 (dependent)


dan berikut adalah form yang dimaksud (3 halaman) 





pastikan semua fotokopi dokumen dalam ukuran A4 ya
dan setelah lengkap, urutkan dokumen menjadi satu bundel untuk satu anggota keluarga.

jadi kalau saya kemarin itu berarti mempersiapkan 3 bundel dokumen.

ribet? engga juga kok
namanya juga mau kumpul lagi kan ya :)


nah setelah lengkap, kita tinggal pergi ke kantor imigrasi setempat.

bersyukur banget kemarin tuh ditemenin mbak fety jadi saya ga pake nyasar atau salah2 :)


setelah dokumen dicek sama petugas, kita akan diberikan receipt,



mereka bilangnya 2 bulan baru akan kita terima coe nya, tapi kenyataannya dalam 2 minggu saya sudah terima :)
Puji Tuhan...


setelah CoE diterima, CoE ini harus kita kirim ke jakarta, via japan post biayanya ¥900 dan akan tiba dalam 4-5 hari.


nah setelah coe mendarat dengan selamat di jakarta, keluarga bisa mulai mengurus visa di kedutaan.

ini sih coe saya belum sampe jakarta, jadi belum bisa cerita bagaimana prosesnya di sana.


doakan supaya lancar ya...
jadi akhir bulan depan anak2 dan suami bisa berkumpul lagi bersama2 :)

4 comments:

  1. Tya, jadi ingat minggu pertama datang ke Jepang, persis ini yang saya lakukan.Biasanya kalau udah ada CoE, gampang urus visa di Jakarta.Good luck ya, kalo ntar satu keluarga jalan-jalan ke Osaka, bilang-bilang ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mudah2an lancar2 ya mbak urus visany.
      ke osaka rencananya liburan maret nih, masih di sini kan?

      Delete
  2. halo mbak. saya pemegang visa dependent. hehe. dulu begitu CoE yang dikirim suami sampe ke rumah langsung saya urus ke kedubes jepang di jakarta. gampang dan cepet kok. semoga lancar ya.
    今寒くなってきたよね。風引かないように気をつけてね。^_^

    ReplyDelete
  3. ngurus CeO yg ribet karena tidak semua kampus menyetujui :(

    ReplyDelete