29 September 2013

My Very First Japanese Sunday Mass

setiap kali akan bepergian ke luar negeri *duile kayak sering aje*,
hal pertama yang saya gugling adalah gereja katolik di dekat tempat saya akan tinggal.

waktu di London dulu bersyukur banget sempet ikut beberapa kali misa di sana,
walaupun semuanya pake bahasa latin.
yatapikan tata caranya sama aja kan ya jadi ya nyambung2 aja.


trus begitu tau akan tinggal di chiba,
saya juga langsung gugling lokasi gereja katoliknya.
kebetulan langsung dapet link ini dan ada petanya juga.



jadi tadi pagi, saya siapkan waktu 1 jam sebelumnya karena dengan asumsi takut nyasar.

apa daya, jam stengah 9 saya malah sibuk nyuci piring.
trus beres2 bekas cucian.
trus rapiin sampah.
trus masuk2in cucian baju yang udah kering.
jiwa inem susah bener ditinggal sebentar.

akhirnya baru bener2 keluar dorm jam 9 kurang 5.

Dalam nama Tuhan Yesus aja deh.
mosok ke tokyo ga nyasar, giliran mau ke rumah Tuhan malah nyasar?
hihi..

jadi tadi pede aja gowes sepedanya.
mana enak bener sepedaan pagi2.

ambil shortcut via kampus
dan ternganga karena banyak mahasiswa yang ngampus di hari minggu.
#okesip


oia enaknya peta2 di jepang, tingkat akurasinya tinggi sekali.
kalo dibilang tikungan ke dua ya bener tikungan kedua,
ga ada gang kecil di antaranya :)

jadi ya gitu deh,
20 menit bersepeda dan sudah duduk manis di dalam Gereja.


Gerejanya kecil.
ga usah bandingin sama Gereja Alam Sutra ya :)

aslik kecil banged.
paling cuma muat 100 orang jemaat.

dan oh ya,
baru tau kalo salib di Jepang itu, Yesusnya pake kimono aja loh instead of pake cawat kayak di Indonesia.
hahahaha....
*eh ini kok malah ketawa ya...*


pas duduk di Gereja,
sempet sedih sebenernya karena biasanya misa sama anak2 dan suami
jadi gilirannya misa sendirian berasa banget.

udah gitu  clingak clinguk isinya nihonjin semua dan teksnya pake kanji dan misanya pake bahasa jepang,
sedihhhhh banget
cuman ya sudahlah
resiko pan milih sekolah di sini? :)


trus ga lama hampir nangis,
tau2 ada  bapak2 duduk di depan saya.
yang satu pake batik, dan ngobrol sama temannya pake BAHASA INDONESIA!!!

OMG ini pasti Tuhan Yesus ya yang kirim mereka untuk duduk di depan saya!
hahaha...

i mean... from all chairs in the church,
bisa2nya makbedunduk bapak2 ini DUDUK DEPAN SAYA!

hihihi...

bahagia deh ketemu orang indonesia, dan katolik pula!!!

akhirnya dengan pedenya saya COLEK aja loh...

'dari indonesia ya pak?'

hihihi....

dan si bapak langsung senyum lebar dan ikut bahagia kayaknya....


oh jadi begini ya rasanya ketemu teman sebangsa saat jauh dari negeri tercinta.....

.......


singkat cerita, saya akhirnya pindah ke sebelah si bapak dan kita langsung ngobrol ngalur ngidul
*iya misanya belum mulai*

ternyata beliau ini rombongan Toyo Engineering yang dapet kontrak sama Jepang untuk bangun PLTU di Sulawesi.
dari total 34 bulan proyek, 12 bulannya dikerjakan di Jepang.

ya gitu deh...

aaakkkk senang!


lagi tengah2 ngobrol tiba2 ditegur sama orang Jepang.
kan mereka kalo ngomong tegas gitu kan ya

haduh udah takut tuh saya kirain ga boleh ngobrol di Gereja
akhirnya saya nunduk2 sambil gomen nasai...  gomen nasai.... (maaf...)

eh si bapak akhirnya ngomong english walo terbata2: are you from Philippine?


aaakkkk tuh kannn.....

kesal deh!

kalo ke mana2 pasti dikira filipino!


I am proudly Indonesian, godamit.
*dan ofkors lebih kece dari mbak2 filipino*
#penting

hahaha...


akhirnya saya bilang aja: Jakarta kara kimashita.... (saya dari Jakarta)

trus si bapak langsung deh ngoceh: sa ya ju ga bi sa ba ha sa in do ne si a.... is tri sa ya da ri jo hor

oalahhhh bapakeeeee.....

hahaha.....

akhirnya dia malah duduk di sebelah, bantuin ngasih teks yang ada romajinya
dan kelar misa malah dikenalin ke pastur sambil diajak keliling Geraja dan dikenalin sama orang2 di sana.
 
asli, orang Jepang itu baik-baik bener :)


kelar ramah-tamah, akhirnya kami berpisah.
tapi ofkors saya udah dapet nomor telpon rombongan bapak2 ini dan janjian minggu depan untuk misa jam 12.30 di gereja yang sama karena misanya bahasa inggris.
lalu janjian lagi untuk pergi ke gereja yang ada misa bahasa Indonesianya.
di Meguro kalo ga salah.

ah... aku senang......


setelah berpisah, saya mampir sebentar ke McD di stasiun Nishi-chiba untuk makan siang dan belajar di sana.

hihi...

di sini ga aneh kok nongkrong lama2 di McD buat belajar.
apalagi ini kan deket kampus yah jadi pasti banyak mahasiswa yang ke situ.

dan yes, sesi belajar tadi siang akhirnya mengantarkan saya untuk menamatkan hiragana!
#bangga

rencananya besok abis urus2 surat2 buat visa anak2, mau menamatkan katakana.
trus besoknya lagi mau lanjutin grammar.

ya gitu deh
saya bikin target harian buat mengalahkan si nihongo ini.

termotivasi banget sama anak2 ITB yang rajinnya ampun2an.
kemampuan bahasa jepang mereka udah keren banget
padahal belajar sendiri
sedangkan saya ga ada apa2nya
jadi ya ga mau kalah dong :)



eniwei, 4 hari ini di sini saya mulai kangen anak2.
apalagi skype ga bisa dipake di sini
huhuhu


sedih aslik sedih banget...


cuman kalo kumat gitu saya akhirnya kembali menyibukkan diri dengan belajar, ngurus dokumen anak sambil bikin list yang mesti disiapin buat menyambut mereka nanti.


kalo udah gitu sedihnya sedikit berkurang.



saya percaya, Tuhan yang membuka jalan,
maka Tuhan juga yang menjaga anak2 saya di Jakarta sana.


sebaik2nya saya menjaga mereka,
tentu Tuhan Yesus lebih tau yang terbaik untuk mereka.


jadi sekarang tiap malem cuma bisa berdoa untuk kesehatan dan keselamatan mereka
serta kesehatan dan kekuatan untuk keempat orang tua saya, dan juga para pengasuhnya, yang sudah mengikhlaskan diri merawat anak2 selama saya belum bisa berkumpul sama anak2.


ahhh tuh kan nulis begini aja bikin nangisss....



ah sudah ah...

mudah2an nanti kalo Rapha dan Mikha udah gede,
dan someday nemu blog ini,
Rapha dan Mikha harus tau kalo ibu sayangggg banget sama kalian...


dan mudah2an kita segera dikasih jalan untuk bisa kumpul lagi yaaa....

2 comments:

  1. Wahhh... kalo misa sendirian gitu emang suka bikin terharu. Misa rame2 aja kadang2 gue suka nemu silent moment yang bikin haru biru sendiri. Sering brasa ditampar kalau lagi misa.

    Memang di negeri orang itu, kalau nemu temen sebangsa serasa nemu harta karun. Kalo tipe2 orangnya kayak kamu sih, cepet lah dapet temen. Tau2 udah jadi segank aja. 2 bulan lagi ya anak2 nyusul?

    ReplyDelete
  2. hihih segank!!

    iya le, 2 bulan lagi abru pada ke sini soalnya urus surat2nya agak panjang nih prosesnya :)

    doakan yaaa...

    ReplyDelete