19 August 2013

Proses seleksi beasiswa monbukagakusho - teacher training program

ini yah yang mau ikutan coba taun depan :)



SELEKSI BERKAS

jadi awalnya saya follow akun @beasiswaIndo, dan adminnya pernah kasih link ke sini.

 pas baca2, syarat administratifnya ga terlalu berat, ga kudu balik ke kampus buat minta surat rekomendasi dari dosen.
ih males banget kalo begitu *hihi*

kebetulan syaratnya cuma surat keterangan kerja n surat rekomendasi dari principal.
bbm beberapa staf di kantor dan semuanya bisa jadi dalam jangka waktu seminggu.

semesta mendukung banget ga sih...

hihi....

kalo untuk research plannya, kebetulan saya masih punya file thesis-kebuang-sayang,
jadi tinggal copy paste aja ke formulirnya.



iya dulu pas thesis, saya udah bikin rancangan penelitian yang oke punya *duileh* tapi kata dosen pembimbing, masalahnya terlalu melebar, jadi kudu di cut sana-sini,
nah bagian2 yang di cut itulah yang akhirnya justru saya masukkan ke research plan buat ke Jepang ini :)

oia, research plannya kudu in english ya...

proof reader nya ofkors suami tercinta
aduh kalo soal bahasa, jagoan bener deh si ayah ini...
*ciyum*


nah, setelah lengkap berkas2nya, saya kirim ke embassy pake jasa Gojek.
hihi... terpercaya loh mereka ini... #bukanbuzzer
tanpa diminta, orang gojeknya nganterin tanda terima dari embassy...
ih keren deh ih...



SELEKSI TERTULIS


nah, selang 2 minggu, kita dapet undangan untuk tes tertulis di UI.
ini sih kayaknya semua yang kirim apllikasi dipanggil sih
*ya asal kumplit ya dokumennya*

untuk tesnya sendiri, pake bahasa inggris.
dan jujur, ga terlalu susah
*tampar*

hahaha... maksudnya kalo dibanding IELTS dan TOEFL IBt sih jelas lebih susah yang 2 itu.
ato mungkin juga karena saya terpaksa pake bahasa inggris selama sehari2 di kantor jadi mau ga mau agak sedikit ter upgrade.

asli bukan berarti trus saya jago apa gimana gitu ya
tapi pas ngerjain kayaknya bisa-bisa aja sih...

masih lebih mendingan lah tes nya dibanding tes english yang harus saya isi tiap akhir tahun ajaran di sini :)

cuman wkatu abis tes ini, saya bener2 ga ngarep.
iya sih saya bisa ngerjain, tapi saya juga ga terlalu ngarep untuk dapet.
biasanya saya kurang beurntung kalo soal beasiswa begini :)

oia, yang tes itu kayaknya dari jakarta sekitar 260 an orang, surabaya 150 an, medan 100 an guru.



SELEKSI WAWANCARA

selang seminggu dari waktu tes tulis, saya cek ke embassy dan Puji Tuhan nama saya ada di sana untuk maju ke seleksi berikutnya.
hihi...

giliran ga ngarep malah dapet deh...

wawancara nya sendiri diadakan di kedutaan Jepang.
dari sekian ratus orang, ada 22 yang lolos.

kalo waktu mau tes tulis di UI, motivasi saya dateng karena setelahnya bisa jajan es pocong n mendoan,
kali ini motivasi saya karena setelahnya bisa nyobain resto lobster yang lagi ngehits itu...

iya salah fokus...


intinya sih dari semua seleksi yang saya jalanin,
saya sama sekali ga ngarep.

sekali lagi saya bukan golongan manusia bejo.

door prize voucher carrefour  dari kantor aja ga pernah dapet, apalagi beasiswa ke Jepang.


jadinya pas wawancara pun saya santai berat.

ditanya motivasinya apa, saya bilang ingin lihat bagaimana guru-guru di Jepang mendidik anak-anak,
ditanya udah tau mau ambil jurusan apa, saya sebutin aja nama profesornya di sana.
udah pake sensei pulak!
haha... sotoy deh..

oia pemilihan universitas pun saya lakukan berdasarkan research universitas2 terdekat dari tokyo.
hahaha cetek yah..

maklum, anak jakarte, ga bisa deh disuruh tinggal di kota kecil :)


nah, abis wawancara ini, kita disuruh isi ulang formulir yang sudah kita kirimkan di awal dulu.
kali ini pake tambahan dokumen medical check up.

lagi-lagi gojek jadi penyelamat, karena saya ga sempet juga bolak balik ke embassy buat naruh dokumen.

oia, kalo utnuk guru di luar daerah, biaya kedatangan ke jakarta saat wawancara, ditanggung pribadi ya.
biaya untuk medical check up juga ditanggung pribadi.
waktu itu saya habis sekitar 900 ribu di Omni alam sutra.


nah, setelah wawancara ini, ternyata dari 22 orang hanya 14 yang disuruh mengirim dokumen kembali.
dan kami ber 14 inilah yang akhirnya berangkat :))))))

Puji Tuhan ya....

prosesnya sih kayaknya ga seribet proses beasiswa lainnya
pengumumannya juga cepat kok.

saya kirim dokumen januari 2013,
tes tulis feb 2013
wawancara maret 2013
pengumuman final juni 2013
berangkat akhir sept 2013

cepat yah...


sekarang sih Visa sudah diurus pihak embassy
tiket juga sudah dikirimkan

bener2 tinggal bawa badan aja :)


oia, sekarang saya baru mulai les jepangnya *iyee telat yeee*
saya ambil les semi privat di Shinjuku center di daerah bintaro veteran.
per 8 kali kedatangan @ 2 jam biayanya 1 juta.

akhir bulan ini kayaknya mau mulai beli2 perlengkapan winter
secara nanti pas dateng akan langsung disambut sama salju
*yeayyyy...*


oia, thanks to the blog, saya bisa kenalan sama mbak fety.
kebetulan mbak fety ini sudah 5 tahun tinggla chiba, jadi saya bisa banyak nanya sama beliau.
dari urusan apartemen sampe printilan magic jar semuanya dibantuin sama mbak fety.

matur nuwun sanget ya mbak...


Gosh.... one month to go....

mudah2an anak-anak ga terlalu rewel ditinggal ibunya sebentar :)


18 comments:

  1. Kerennnnn!!!!

    Saya sebagai scholarship hunter dengan status pemula, kudu semangat deh habis ngebaca tulisan ini... Sakseisss ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Welcome in the jungle, mbak tya :)

    ReplyDelete
  3. Salam kenal, aku Rouli. Selamat, Tya, untuk beasiswa mombukagakusho-nya. Dari dulu ngikutin blog Tya, baru sekarang ninggalin komen. Ngerti banget perasaan Tya, yang dilematis karena untuk sementara mesti ninggalin anak-anak dan suami, yang repot persiapan ini itu, karena hal itu persis sama dengan yang aku alami 4 tahun yang lalu pas datang ke Jepang. Tapi kita beda kota ya, karena aku di Osaka. Good luck ya, kalau ada yang mau ditanya-tanya, silakan aja, semoga bisa membantu. Sukses di Chiba university!

    ReplyDelete
  4. hadeuh dah masuk winter ya mba...ak cuma persiapan satu winter coat ajah nih dr sini, katanya disana suka ada diskon winter coat jd pengen nambah disana aja nanti *modal diskon bgt* :D

    ReplyDelete
  5. @putri
    hayo semangat!!!! :)


    @fety
    mbakk maaph ya nanya2 teyusss hihihi


    @ruli
    waw mbak mantabh deh ... sukses ya PhDnya... kalo sempet nanti kita ketemuan ya, pengen deh ke osaka


    @nies
    iya mbak aku jg cuma bawa 1 coat, katanya nt di sana banyak bazaar jaket2 winter gt

    ReplyDelete
  6. selamat. semoga sukses dgn beasiswanya.

    ReplyDelete
  7. mantab nih mbak.. selamat dan sukses ya..

    ReplyDelete
  8. Mb Tya, program teacher training ya? ada temen saya kuliah dulu kemarin berangkat jg teacher training ke jepang, cowok, namanya Mas Pardiono (Dion). Kayaknya sih dia universitasnya di Tokyo jg, ga tau univ mana. Mb Tya kenal ga ya? Kali aja berangkat bareng kemaren. Trus ada Mb Istikumayati di Nagoya University program teacher training jg. Salam kenal mb. Semangat ya di Jepang! berapa lama di sini mb?

    ReplyDelete
  9. @ kartika
    iya aku seangkatan sama mereka sama2 TT 2013
    di jepang rencana 1,5thn

    ReplyDelete
  10. Klo berangkat dg klurga memungkinkn ndak?

    ReplyDelete
  11. duuhhh.....Puji Tuhan ya,Mbak.
    Saya tadinya pengen banget ambil taun ini (apalg mengingat usia yg udah mepet ajib), cuma pas saya lagi hamil...udah brojol tgl 10 Februari kemaren...Tadinya pengen tetep nekat ambil, cuma kalo nimbang2 waktu lahiran rada riskan juga, (jangan2 pas ujian bebi masih diperut or brojol pas lg ujian #tepok jidat)...hihihi Baca tulisan Mbak, bikin saya semangat untuk coba tahun depan, Kesempatan terakhir pastinya (ketahuan kan umur saya berapa? :)), tapi dg berdoa dan bekerja (semangat Ora et Labora) dan kalo Tuhan berkehendak, mudah2an bisa nyusul Mbak yah..Btw, Mbak kalo ada yg mau aku tanya2, apa Mbak bersedia? Terimakasih sebelumnya...sukses di sana ya Mba :)

    ReplyDelete
  12. mbak kalo tes tulisnya research sama teacher training itu sama gak ya?

    ReplyDelete
  13. mbak...bisa share contoh ujian tertulisnya gak ya?hehehe...

    ReplyDelete
  14. Mbk mo minta tlg dong,minta contoh surat lamarannya,sy mo bkin tp ko msh bgg.mksh y mbk sekar,lam kenal.klo bleh share ke email sy y mbk,di sundarieiix@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Mbak, bisa minta toling contoh soal tes tulisnya dong....aku bakal ujian tanggal 16 feb nanti. Ini email aku sahabatponsel@yahoo.com thanks before

    ReplyDelete