and over all these virtues: put on love, which binds them all together in perfect unity..

11 February 2013

Tentang Review

pertama kali nge blog, hampir 5 tahun yang lalu,
saya ga pernah menyangka ternyata blogging bisa se menyenangkan ini.

bisa kenal dan ketemu banyak orang-orang baru,
bisa diundang ke acara2 keren
dan terutama bisa dapet barang2 gratisan
hihihi....



tentang barang gratisan, berhubung masih blog ecek-ecek,
saya ga berani terima yang mahal-mahal banget
dan kalaupun saya terima, biasanya yang memang saya tahu kualitasnya oke.

rasanya punya beban moral gitu loh kalo review tentang sesuatu,
yang mana ada kemungkinan ada yang ikutan beli ato nyobain karena baca review di sini,
sementara barang atau jasa tersebut kualitasnya jelek.
ih ga enak ati banget rasanya...


jadi memang review yang saya tulis di sini benar-benar yang memang saya puas memakainya.


pernah ada kejadian saya me review sesuatu,
dan jadi banyak yang ikutan beli/pakai,
tapi ternyata kualitasnya tidak sebagus ketika diberikan ke saya.
kalo cuma satu dua sih saya masih bisa maklum,
oh mungkin ownernya lagi khilaf
tapi kalo misalnya BANYAK yang komplen,
otomatis saya harus kasih peringatan dong supaya ga banyak yang tertipu.


again, ada beban moral kalau ternyata saya malah menjerumuskan.


masalahnya,
banyak nih oknum jaman sekarang yang hobinya endorse blogger2 terkenal
*inget pepi dong*

atau bahkan gila-gilaan endorse suatu komunitas
yang tentunya diberikan servis sebagus mungkin
dengan tujuan dipromosikan
padahal kenyataanya servisnya tidak sebagus itu.
buruk sekali bahkan...

nah yang kayak begini nih yang bikin susah orang

kasian kan orang udah bayar mahal karena percaya suatu review di blog atau web
tapi ternyata kenyataannya tidak seindah review tersebut.


jadi kalo saya sih, atas nama pemilik blog kecil-kecilan,
ada baiknya kita mengecek juga pihak-pihak yang mau endorse kita
jangan tutup mata lah..

enak sih apa-apa dapet sponsor
dan 'balesannya' cukup nulis doang kok,
tapi kalo jadi banyak tertipu karena tulisan kita,
apa tenang ya tidurnya?



*sekian dan tidak terima pertanyaan kepo via twitter*
hihihihi....

8 comments:

  1. yaaaahhh pembaca kecewa *soal tidak terima pertanyaan kepo*
    betul Tya, jangan sampe ya apa yg kita lakukan merugikan orang lain meski itu cuma secara tidak langsung

    ReplyDelete
  2. hihi kan kamuh sudah di DM novi sayangggg :))))

    aku pernah terjerumus nov, promosiin si vendor, tapi pas temen2ku pake ternyata JUELEKKK bangeddd hasilnya...
    kasian temen2ku....

    ReplyDelete
  3. Aku blom pernah endorse apapun, soalnya gak pernah ditawarin apapun. Hahaha....

    ReplyDelete
  4. hahahahah.. Aku tau aku tau aku tauuuu...

    Tapi emang bener sih.. Kalo kita udah ripiu ok trus ternyata bapuk bener, rasanya ikut berdosa karena menjerumuskan orang lain ke gerbang nestapa. Tapi kalo ok mah.. Hajar trusss... *uhuk* *kode pengen di endorse* :D

    ReplyDelete
  5. @leony
    hihihi bentar lagi juga banyak leeeee.... :)


    @mira
    isshhh miraaa....
    makanya heran sama kelompok ibu-ibu perkotaan itu, kok ya tutup mata banget yaaa

    ReplyDelete
  6. ini mengundang banget deh... aku donk di DM in hihihih

    ReplyDelete
  7. aku juga mau donk diDMin bu guru..hihihi

    ReplyDelete
  8. aku mah ga usah di DM,udah tauuuu hihihi :))))

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

© ourweddingjournal, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena