12 October 2012

Survey preschool - BSD area

survey mulu deh perasaan :)

ya kan taun ajaran depan anaknya udah 2,5 taun cyin
jadi pengennya udah masuk preschool.
kalo yg sekarang kan cuma tempat main-main aja.

abisnya sayang kalo brenti,
anaknya nampak hepi di sekolah.
setiap pulang sekolah selaluuu aja ada hal-hal baru yang dipamerin
meskipun itu cuma kemampuannya muter2 badan
haha...

trus kalo ditanya, Rapha sekolah di mana?
semangat banged jawabnya: JIMBOOOO (gymboree.red)
yang jemput sekolah siapa?
IBU....UTIIIII.... (ibu ruti, kalo 2 kata masih terpatah2 dia :D)
missnya namanya siapa?
MISS... ANJINNNNN.... (miss andin)

hahaha minta diunyel2 kan....

trus kalo udah hari kamis, yang mana bukan jadwalnya sekolah, dia nampak rindu sama gymboreenya
jadi suka tiba2 ambil tas sekolahnya trus manggil-manggil ibu uti, nama ibu yg biasa anter jemput ke sekolah :D

tapi kalo tetep di gymboree kok rasanya udah ketuaan
makanya saya kembali jadi ibu-ibu pensurvey preschool di BSD.




nah, sebelum mulai survey, saya dan suami bikin batasan sebagai berikut:


1. lokasi harus dekat rumah, maksimal 30 menit perjalanan

ini penting buat kami karena kan anaknya masih bayik banget, jadi kalo amit-amit kenapa2 di sekolahnya, kami bisa cepet jemputnya.
lagian juga kan supaya anaknya ga kecapean di jalan


2. harus sekolah katolik

kalo ini sih syarat mutlak dari ayahnya
*tau kalik ibunya kurang agamais...hahaha...*


3. sebisa mungkin berbahasa indonesia

nah kalo ini sih sbnrnya karena kami takut nanti kemampuan bahasanya Rapha terganggu.
kayak sekarang, kalo disuruh Raphaaa JUMP....
dia akan ngerti kalo dia disuruh loncat.

tapi kalo kita ngomongnya: Rapha LONCATTTT...
dia bakalan bengong....

zZzzzzz banget kan....

makanya PR nih soal bahasa-bahasa an ini....


4. sekolahnya ga tiap hari

berhubung sekarang cuma 2x seminggu, jadi agak ga rela kalo taun depan Rapha udah tiap hari sekolah
hihi...
takutnya anaknya malah jadi bosen,
jadi pengennya cari preschool yang cuma 3x seminggu


nahhh dari 4 kriteria di atas, sebenernya yg uda pasti masuk banget sih SANTA URSULA BSD,
ta....tapiiiiiiiiiii.... umurnya Rapha bakal ditolak mentah2 di sana
hiks...sedih....
*kenapa si ya sekolah katolik segitu banged striknya*  T____T


makanya jadinya terpaksa menggeser pilihan ke beberapa sekolah berikut:


1. kinderfield

kalo ini masih satu owner sama gymboree, lokasinya pun persis di sebelah sekolah rapha yg sekarang,
makanya saya sebenernya pengen di sini aja biar Rapha ga kaget kudu pindah2 lokasi sekolah lagi.
tapiiii.... sayangnya sekolah ini ga memenuhi syarat no.2 dari bapake.
jadi sementara on hold dulu.

untuk kelas preschool, uang pangkalnya 2,5 jt;
uang sekolahnya 800rb/bln (dibayar per 3 bulan)
uniform dan biaya kegiatan sekitar 1 juta.
sekolahnya cuma 3 x seminggu @ 2 jam.


2. Palm trees

kalo ini sekolah baru juga, pindahan dari deket sekolahnya Rapha yg sekarang,
tapi jadinya malah deket bgd sih ke rumah.
but then again, ga lulus syarat no. 2 juga :)

untuk biaya kelas little star:
development fee: 15 juta (ini ga ush bayar lagi sampe si anak masuk SD) dan karena lagi grand opening jd didiskon 50%.
uang sekolah 3.125.00/3 bln
uniform: 125rb/stel
fieldtrip: rata2 200rb



3. St.laurentsia

kalo ini udah jelas lulus syarat no, 2 dari bapake,
tapi ga lulus syarat keuangan dari ibunya
hahahaa...

mahal bener cyinnn....

untuk kelas toddler,
uang pangkalnya 10 juta
dan uang sekolahnya 1,6jt/bln
belum termasuk uang kegiatan 1,5jt/thn

yang mana kalo diitung2, biaya 2 taun di sana hampir sama kayak biaya S2 ayahnya sekarang
hahaha..... *pingsan*


4. St.monika bunda

so far sekolah ini yg paling memenuhi syarat.
lokasinya deket, sekolahnya cuma 3x seminggu dan bahasanya full indonesia.
uang pangkal 6 juta
uang sekolah 400rb/bln
cihuy kan :)

tapi tetep sih Rapha kudu lulus observasi dulu,
mau diliat udah bisa belum umur segitu masuk preschool.
hiiihi.... we'll see lah ya
kalo memang anaknya hepi ya ayok aja
tapi kalo engga ya gapapalah sekolah main-main lagi :D


oia, berdasar forum mommiesdaily,
ternyata ada triknya loh kalo mau masuk sekolah katolik tapi umurnya ga nyampe :D
jadi caranya adalah jgn masukin di kelas 1 tapi nanti pas udah kelas 2 ato 3,
pasti diterima
hiihi curang.....

kalo Rapha dan adiknya nanti karena umurnya sama2 nanggung,
ya ga mesti di sanur juga sih
masih banyak sekolah katolik di kawasan ini kok
ada strada dan st.antonius padua
jadi cukup aman lah tinggal di BSD sini kalo urusan sekolah anak :)
tinggal dipilih cyinnnnnn.....
*apade*


soooo.....
so long deh liburan sering-sering
mari uangnya bwt nimbun LM sajah..... :))))


11 comments:

  1. ohh.. umur masalah ya ty? kirain sekolah negeri ajah heuheuheu... kaya Tara juga dong, nanti lulus TK blm sampe 6 taun. Mana SD setau gw 7 taun ya? Pengen Tara di sekolah katolik juga sih tapi mungkin SMP/SMA (buset jauh bener mikirnya hahaha...), dan iya kapan tu liat ada St. Antonius.. lingkungannya kayanya enak

    ReplyDelete
  2. yg 7 taun kyknya SD negri deh, kl sanur HARUS 6 tahun.
    Rapha juga ni nt lulus TK malah baru 5,5 thn... tau deh nanti SDnya di mana
    ahaha....

    ReplyDelete
  3. Bener tuh mba Tya.. dulu aku jg kekecilan, masuk SD umur 5 tahun, makanya ga bisa masuk sekolah Katolik. Terus pas kelas 3SD apply, diterima tuh di sekolah Katolik :)

    ReplyDelete
  4. Hi....i'm silent reader....:). Just sharing aja ya mbak....
    Rapha kelahiran bulan apa mbak? Kalo lahir bulan2 oktober-desember pasti umurnya nanggung buat masuk sekolah. Tapi dari beberapa kali denger sharing dari psikolog yang sempet kasih ceramah di kantor dan juga kenapa sekolah sekarang (gak cuma sekolah katolik ya) cukup concern dengan umur si anak karena memang cukup penting masalah ini. Kalo buat anak laki-laki prefer sekolahnya agak "ditua-in". Kenapa? Karena anak laki-laki perkembangan emosinya dan tingkat kedewasaannya lebih lama ketimbang anak perempuan. Biasanya anak laki-laki yang terlalu muda masuk sekolahnya akan mengalami masalah di kelas 4 nanti. Ya walaupun pasti gak semuanya ya mbak, tapi aku ada beberapa teman yang memang mengalami hal itu. Sampe-sampe harus pindah sekolah karena prestasi anaknya down.
    Kayak anakku, karena dia lahir di bulan desember otomatis nanggung banget kan umurnya. So, kemaren umur 2,5 thn dia sekolah di Sanggar Bona yang cuma seminggu 2 kali. Dan 3,5 thn aku masukkin ke al azhar karena memang SD nya mo disana dan otomatis masuk kelompok bermainnya dulu.....gak boleh masuk TK....hehehe.....

    ReplyDelete
  5. rapha kelahiran januari nih bu,
    makin tanggung kan ya

    makanya aku juga bingung gimana ini enaknya,
    kalo di sanur sih udah pasti dia mundur
    cuman emmang ga mau nganggur setaun sih
    jadi kalopun nt dia belum siap preschool,ya gpp balik ke gymboree lagi
    *atau cikal*

    TFS!

    ReplyDelete
  6. Gue juga berniat masukin Madeline ke sekolah Katholik. Maklum emak bapaknya nggak religius sama sekali. Kayanya mau masukin ke Tarki aja deh yang deket rumah.

    Kalo pake triknya MD itu berarti bayar uang pangkalnya 2 kali dong. Sayang ya.

    ReplyDelete
  7. iya sih 2x bayar, makanya gw kalo emang ga keterima di sanur ya sudahlah ya, masih banyak kok sekolah katolik bagus di bsd sini :)

    eh rumahmu di summarecon dong ya?

    ReplyDelete
  8. Eh, kalo gitu jadi umur yang "pas" buat masuk sekolah itu kelahiran bulan apa?

    ReplyDelete
  9. yg pas itu kalo pas di bulan julinya sudah berusia 3 taun kalo TK smit

    ReplyDelete
  10. eh bukan nya 4 thn ya TK ty? azka 4thn masih playgroup nih, sengaja gue tua in buat ngejar SD idaman yang mana ketat juga masalah umur :p
    bisa jg tuh dipake trik nya pindah sekolah..tapi anaknya ga kasian ga ya pindah2 skolah gitu *kepikiran juga karena azka umur nanggung* huhu

    ReplyDelete