10 September 2012

Renov Tahap 1

selingan dulu ah dari cerita londonnya :D

jadi sehari setelah pulang, segala rencana renovasi dimulailah sudah.
hihi
kebayang ga sih masih belum beres jam tidurnya
tiba2 udah harus terima kenyataan bahwa tukang bakal mondar-mandir,
rumah berisik jedag jedug
tiap sore kudu (minta teteh) ngepel rumah karena banyak debu
dan terutama karena tiap minggu pasti ada pengeluaran belanja tukang.
super asoy!!!

tapi hey..... itulah serunya menikah bukan?!!
*in denial mode on*
hahahaha....
*lupakan liburan dan jalan-jalan untuk sementara waktu*



tapi renovnya ga langsung total kok,
secara RABnya ternyata bisa buat beli rumah 1 lagi,
jadi ya kudu realistis.

selama pohon palem di depan rumah belum berubah jadi pohon duwit,
ya renovnya kudu bertahap.

yang sekarang dikerjain adalah yang bagian belakang dulu.
nambah 1 kamar buat mbak (nya adeknya rapha) dan rapiin teras atas serta nutup tembok belakang.

kayaknya sepele yah cuma 'begitu doang'
tapiii... when we talk out the money...
beuhh.... berasa juga cyinnn....

untuk ongkos borongan (jasa tukang dan bahan bangunan),
saya coba share yah.. (ini untuk kawasan serpong dan sekitarnya).

ongkos tukang: 80rb/hari
*biasanya 1 tim terdiri 3-4 tukang*

nah ini udah all in, jadi kita ga perlu repot nyiapin makan siang.
kalo saya sih cuma nyiapin 1 termos gede bwt air putih (n gelas2nya),
1 toples isi kerupuk n cemilan2
sama di wiken saya sediain kopi, teh n kue2 gitu.

untuk bahan-bahan bangunannya,
biasanya mandornya kasih 2 options,
kita bisa beli sendiri dgn guideline total per item yg harus dibeli dari mereka,
atauuuu kita serahkan semuanya ke mereka.

saya pilih option kedua.
ga sempet cyinnn survey2 material gitu,
lagian kan kalo mandor biasanya udah punya rekanan sama toko material jadi harusnya harganya lbh bersahabat.

cumannn kita kudu cari mandor yang bener,
jangan sampe dia cariin bahan2 yg kualitasnya jelek.
rugi di kitanya.

untuk mandor saya sekarang ini, lumayan oke lah.
bahan2 yg dia beli yg kualitas bagus semua
dan dia udah biasa kerja di komplek saya jadi tau seluk beluk bangunan di sini.


jadiii.... untuk patokan pembuatan kamar mbak ukuran 2 x 2,5 m,
total jendral diminta 15 juta *pingsan*

itu sudah semua-semuanya ya.
sudah ongkos tukang n bahan bangunannya (sampai ke lantai keramik, pintu, jendela, dan catnya)

sedangkan untuk bikin tembok belakang,
kira-kira 8 x 5 m, totalnya habis 9 juta (menggunakan batako ringan)

ini juga sudah biaya total.

jadi yang kayaknya cuma 'begitu doang' ternyata memaksa kami merogoh kocek 26 juta rupiah *nangis*

dan ini belum final loh ya,
tetep aja kita harus punya spare sekitar 10-20% dari total biaya untuk biaya tak terduga.

*jaga lilin*


lalu rencana nambah kamar anak gimana?
hihihi...

untungnya anak kedua ini cowok juga,
jadi belum terlalu urgent misah kamar.

sooo untuk sementara waktu, mereka akan satu kamar dulu sampe nanti mereka udah minta kamar sendiri2.
makanya selain nambah kamar mbak dan rapiin teras atas, target renov yg sekarang ini adalah rapiin kamar depan supaya enak ditempati 2 bocah laki-laki cilik.

jadi setelah survey-survey sana sini,
rencananya akan ganti tempat tidur single jadi tempat tidur sorong (sekitar 2,5 juta),
ganti lemari single jadi lemari 3 pintu supaya bisa dipake berdua (mari tanya sodikin :D)
dan pasang ambalan supaya bisa buat naruh2 toiletries dan kawan2 (tanya the famous sodikin juga)

kalo ruang bermain dan belajar kebetulan memang sudah dipisahkan dari kamar,
lokasinya ada di dekat ruang keluarga
jadi nanti kami bisa ngawasin aktivitas mereka berdua.
so kamar ya bener2 buat tidur sajah.

selesai sampai di situ?

NOT!

yang namanya rapiin rumah ga ada puasnya deh :D

kemaren halal bihalal di rumah @riskarasid dan liat wallpapernya tsakep banget jadi pgn pake wallpaper juga.
trus TV yg sekarang kan boros listrik,
jd pgn ganti yg LED supaya lebih ramah lingkungan
trus trus pgn nambah ambalan juga buat koleksi buku-buku
aaarrrggghhh....
ga ada abisnya deh.


akhirnya si ayah cuma bisa komen:
'ya udah kalo kamu mau, bisa kok, tapi ga jadi ke bali ya....'


*nangis mewek di pojokan*



12 comments:

  1. klo buat rumah tu pokoknya ga ada abisnya deh ty, ide emg suka muncul klo abis berkunjung ke rumah org ih kok lucuk ya ditaroh ini di dekat itu..jadi pingin nambah, BW ke blog orang liat photo2nya eh kok di blkgnya ada hiasan dindingnya jadi kepengeeen :D hihihi

    ReplyDelete
  2. aduh cikgu, kenapa kau mengingatkanku akan pr aku...karena rencana nambah kamar buat mbaknya di dedek belum bisa terealisasi tahun ini aku rencana cari mbak yang pp dengan backup mbaknya Nay2 skr huhuhuhu...klo dikumpulin emang suka ada msalah mky jd penting bkin kamar mbak sdri2. kamar atas (buat Nay) yg harusnya ready tahun ini juga tertunda krn doku jadi mesti rela kepake buat gudang dlu...nay sementara tidur ama kita ntar klo ada dedek bisa bobok ber4 atau nay n bokapnya ke kamar tamu ... darurat ceritanya...

    ReplyDelete
  3. jadi ty, kemaren Sony Bravia LED 32 inch di carrefour 2,9 juta aja lohhh *menebar racun*

    ReplyDelete
  4. @dian
    nah..nah... emang kannn... dandanin rumah ga abisnya!
    huhuhu andaikan duwit tinggal metik dari pohon ya buuu...
    pengen deh semuanya dituruti :)


    @anis
    akupunnn kalo malem anak2 masih tidur sm gw n ayahnya,
    ini kamar bwt tidur siang mak...
    abis risih kalo mbak2nya tidur di kasur gw heuheuheu...


    @yustine
    hehhh getok yah!
    *nadah duit*
    kmrn di electronic solution, samsung jg segituan sih harganya.
    duhhh galauuu...

    ReplyDelete
  5. aku suka postingan2mu tentang rumah dan pernak perniknya....ngasih aku semangat krn ternyata yang menderita soal rumah bukan aku aja hihi *belakangnya gak enak gini yah*
    tetap semangat!!! ntar kan selesai jadinya kece...sekece yg punya rumah

    ReplyDelete
  6. hahaha noviiii...
    toss dulu ah!

    tapi kan kamu punya pohon duwit jadi mau renov kayak apa ya hayuk aja,
    di sini nih yg kudu ngais2 dulu :)

    ReplyDelete
  7. nyahahahahahah toooossss bener deh... bikin dapur pun aku kemudian kecentilan mau ganti sink segala.. PRET KETIPRET bangettt.. bengkaaaak terus deh nih :)))

    ReplyDelete
  8. ga ada abisnya!!!
    parah deh kalo udah urusan rumahhh....

    ReplyDelete
  9. kalo udah selesai selametan ya, ty.... :p

    ReplyDelete
  10. Aaahhhh.....ntar aku mo nanya2 tukangnya ya, buat rumahku yg di bsd, beli seken, Ada yg perlu dirapiin dan dibenerin tp mgkn thn depan.

    ReplyDelete
  11. @dhita
    gw tau dhit modus loe emnag makan2 mulu dah...hahaha

    @vera
    iya silakan :)

    ReplyDelete
  12. ty
    kalo ambalan giitu suka lebih murah di informa deh daripada bikin
    cuma kalo bikin kan ukuran bisa disesuaikan ama kita
    kalo yang standar murahan beli jadi..
    suka promo buy 1 get 1 jg di informa :))

    ReplyDelete