14 September 2012

Raphael 19 bulan

iya sih saya ga rutin bikin perkembangan Rapha setiap bulannya,
cuma kalo inget dan sempet aja
haha ibu macam apa.

tapi di bulan ke 19 ini kayaknya wajib banged dibikin postingan tersendiri karena..... well,bulan ini sungguh luar biasa!

yes, ini postingan isinya bakal pamer kemampuan anak :D




ga tau kenapa, waktu saya tinggal 2minggu ke London itu,
kemampuan ngomongnya Rapha jadi meningkat pesat.
mungkin karena dia berada di lingkungan yang banyak orang kali ya.
kan selama ini cuma berempat aja di rumah
sebagian besar malah cuma berdua teteh aja
nah selama2 minggu itu kan Rapha dioper sana-sini
hihi...
seminggu pertama di yogya di tempat mertua saya.
ada budhe2 dan pakde2nya juga
jadi kayaknya di situlah awalnya dia mulai sotoy ngikutin orang2 pada ngomong.
termasuk ikutan ketawa kalo orang2 pada ketawa
padahal dia juga ga ngerti maksudnya apa
hahaha....

setelah seminggu di yogya, gantian deh seminggu di rumah mama saya.
nahhhh ini lebih rame lagi.
ada om-omnya dan tetangga2 saya yang super berisik :)


jadi kalo boleh analisa sotoy,
mungkin ada baiknya juga kali ya anak kita cemplungkan ke lingkungan yang agak rame
apalagi kalo tipe2nya keluarga muda kayak kami ini *duile*
yang mana 2-2nya kerja,
dan anak seharian cuma sama pengasuhnya aja.
ga usah lama2 kok,
kayaknya kalo contoh di Rapha 2 minggu cukuplah
supaya kemampuan ngomongnya mereka bertambah


jujur tadinya sempet kuatir karena di usia 18 bulan baru bisa beberapa kata aja,
bahkan sampe mau ke terapis segala
*iyeee ibu lebay*
tapi lha kok sekarang udah ceriwis banget kayak burung beo.
denger kata apaaa ajaaa diikutin
termasuk ANJIRRRR.... yg ga sengaja saya ucapkan waktu heboh ngegosipin orang
hahahahaha......
*plester mulut*

jadi yes,skrg harus hati2 banged kalo ngomong di depan anak kecil ini
karena ada mesin fotokopi yang lagi fresh banged buat ngikutin apa aja yg dia denger.

nah selain kemampuan bicara yang meningkat pesat,
bulan ini juga kayaknya anaknya jadi tambah-tambah yang lain.

kayaknya kok jadi pinter banged sih anak gua
hahaha...
*kan udah dibilang di awal kan ini isinya mau pamer anak?*

sekarang udah bisa ngikutin instruksi2 dasar di sekolahnya.
macam JUMP, TWIST, UP and DOWN, ROLL and ROLL dan segala gerakan tubuh itulah.

lucuk banged!!

tapi kadang mulai ga lucuk sih kalo dia suka tiba2 sok berani pamer tapi terlalu extreme.
kayak semalem.

pas lagi enak2 duduk di sofa, tiba2 dia teriak:  IBUUUUU..... JAMMMMMM!!!
dan loncatlah dia dari sofa ke lantai.
alhasil jatoh dengan sukses dan nangis kejer T____T


ini anak cowok apa begini semua ya?
*beli lem jantung kualitas super*


oia kalo soal ngomong,
Rapha sih bisanya bahasa indonesia,
bahasa inggris cuma sebatas instruksi yang sering digunakan di sekolah.
tapi kalo udah di rumah yang full bahasa indo.
belum dibiasain bahasa inggris,
nanti aja lah itu belakangan :D


dan sekarang hobinya yang lain adalah corat-coret.
sempet tengsin banged waktu guru sekolahnya nelpon nawarin Rapha untuk masuk Art class.
katanya Rapha udah punya ketertarikan sama warna dan gambar2 dan sudah punya kemampuan motorik halus yang bagus.
widihhh bangga dong anak gua dipuji2 gurunya.
etapi ternyata, setelahnya teteh cerita kalo tadi di sekolah Rapha kegep nyoret2 tembok sekolah jadi sama missnya diajak masuk ke art class biar nyoret2 kertas di sana ---__---

beuhhh jadi guru emang kudu pinter ngomong yang bagus2 dah......

jadi sekarang Rapha terdaftar di art class, satu2nya anak kecil umur 19 bulan di tengah2 anak gede umur 3 taun
*udah pesen ke teteh kalo ada yang nakalin, Rapha suruh nonjok balik*
hahahaha......


nahh... karena merasa Rapha sudah punya kebutuhan akan aktivitas,
jadi sejak minggu lalu saya bikin 'kelas' sendiri buat Rapha.

saya paksain jam 5 pokoknya udah harus sampe rumah
jadi saya punya waktu 1 jam buat istirahat dulu
karena jam segitu Rapha lagi 'jadwalnya' lari2an dan bersosialisasi sama temen2 kiciknya di komplek.

nah begitu maghrib, Raphanya pulang
istirahat dulu, kasih cemilan dan minum
trus biasanya jam setengah 7 saya mulai 'kelasnya'

simpel sih, cuman gitu2 doang
tapi tiap hari saya bikin aktivitas yang beda dan aktivitas2 ini saya ulang sampe minggunya depannya.

contohnya begini:

hari senin jatahnya aktivitas fisik.
saya cuma ajak dia main lempar-tangkap bola sambil saya ajarin berhitung.
jadi saya kasih bolanya ke Rapha,
trus saya ngomong: SAAAAA......
nanti dia nyambung: CUUUUUU..... (satu)
trus saya ngomong lagi: DUUUUU.....
dia nerusin: AAAAAA.....
dan akhirnya: TIIIIIII......
dia: GAAAAAAA.... (sambil dia lempar bolanya)

by this way, dia tau kalo instruksinya dimulai saat hitungan ketiga.
gitu doang sih diulang2 terus.
nah di minggu kedua ini, instruksinya sudah sampai ke angka LIMA :)
*dan dia ngerti!!!*
*proudmama*


trus hari selasanya jatahnya menggambar.
kalo ini sih saya cuma kasih kertas kosong dan krayon merk Titi (katanya sih non toxic, beli wae lah :D*
nahhh betah deh tu dia sampe setangah jam cuma nyoret2 kertas doang.
kadang sampe diterusin ke lantai sih
tapi sekarang dia udah tau kalo nyoret2 harus di kertas atau lantai aja,
ga boleh di tembok
kerena nanti..... IBUUUU.....MEYOTOT! (melotot)
hahahaha.....


selain nyoret2, kadang dia suka maksa ibunya buat gambar KUDA, ITAN (ikan), BEBEB (bebek) ato BUYUNG (burung)
nahhh.... kemringet deh ibunya kalo suruh gambar!
hihi... saya ga bisa gambar ceuuuu.....

pernah satu hari saya gambar KUDA, trus saya tanya ke Rapha:
Rapha ini gambar apaaaa?
lalu dia jawab dengan pedenya: AYAMMMMMM!!!
T______T


nah di hari rabunya biasanya saya ajak main puzzle.
kebetulan waktu ulang tahun dikasih puzzle kayu bentuk2 hewan dari tante @gracianagracie
nahh ini kepake banged deh.
Rapha sekarang udah tau kalo dari tumpukan puzzle itu, disuruh nyari gajah,
dia bisa ubek2 puzzlenya
dan came up with 3 potongan badannya gajah trus lalu disatukan membentuk gajah!
ihhh pinterrrrr yaaaaa......
*iya dong anak sendiri pasti paling pinter sedunia* :)))))


kalo hari kamis biasanya saya setelin DVD lagu anak-anak aja
dan saya biarin joget2 sepuasnya

dan hari jumatnya: LIBUR!
karena ini pas ayahnya ga ada jadwal kuliah jadi biasanya kita makan malem di luar
biar sedikit bergaul gituh:D


positifnya dari kelas-kelas harian ini: anaknya jadi capek, so bistu tinggal digiring ke kamar sebentar, kasih susu, pukpuk pantat ato punggungnya, ga lama, bobok deh....
hihihi....

paling lama jam 8 anak kecil ini udah tidur jadi ibunya bisa balik lagi buka leptop ngecek2 lesson plan guru2 ato ngoreksi ulangannya anak-anak *walopun seringnya ikut bablas tidur sih*:D

nilai positif lainnya kayaknya bonding ke anak jadi makin kuat.

sering loh dalam tidurnya Rapha suka ngigo...IBUUUU..... sambil senyum2 gitu
hihi pasti mimpinya indah dehhhh....
*GR*

dan juga dgn rutinitas kelas ini,
mudah2an Rapha tau kalo sekolah itu ga cuma di gedung sekolahnya tapi yang terutama ya di rumah,
jadi dia bisa punya rasa aman knowing that dia selalu bisa belajar di mana aja :D

oia, kalo bingung nyari2 aktivitas buat Rapha, biasanya saya cek-cek ini dan ini.


bisa banget loh dicoba buat anaknya
dan selamat jadi bu guru yaaaa...! :) 

4 comments:

  1. Eh Tya, bener lohhh... anak kalo diexpose ke yang rame-rame, dia jadi terstimulasi. Ponakanku dieeemmmm banget, sampe udah di speech therapy, tapi ternyata pas masuk sekolah, lumayannnn... at least bisa teriak2 walaupun kadang ga jelas. Trus sekarang dimasukin kelas nyanyi sama emaknya hahahahaha.

    ReplyDelete
  2. TFS....aku mau mulai nyiapin rencana aktifitas anak (anaknya aja baru 8 bulan udah mikir terlalu jauh). kamu ibu yg kreatif banget, ya pantes lah anaknya pinter (awas di atas ada ceiling, ntar kalo membumbung tinggi jangan sampe mentok :))))

    ReplyDelete
  3. halo mba~

    kok sama banget si sama Harsha (16mos)..pasca lebaran kemarin tu progres ngomongnya woke banget. secara lebaran kan kumpul ma keluarga besar ya..ketemu keluarga yang emang doyan ngomong, Sekarang jadi ceriwisssss n apa2 ditunjuk+ditanya "ni apah?" *lapkeringet*

    TFS ya mba, kelas2 informalnya. dah gatel ni pengen beliin crayon, tapi anaknya masih demen masukin apa2 ke mulut. Jadi parno ketelen.

    Makin pinter ya Raphaa..gemesssss :D

    ReplyDelete
  4. @leony
    walah kelas nyanyi? hahaha boleh juga tuh idenya! kakak loe ada2 aja....


    @novi
    ahahahaha bisa aja nov :)


    @dinhie
    eh anak cewek punya kecenderungan lbh ceriwis loh dr anak cowok, jdsiap2 dgn never ending questions yaaa... :)

    ReplyDelete