30 August 2012

London Trip (4)

nah sesuai janji, sekarang saya mau ceritain soal kuliahnya ya :)

buat saya yg terakhir kuliah itu hampir 5 tahun yg lalu
dan terakhir mempelajari sains secara mendalam hampir 8 tahun yg lalu,
maka sesi di london ini sungguh2 suatu pengalaman yg menyegarkan otak

bener deh kayaknya setiap guru harus dikasih kesempatan buat upgrade ilmunya
at least setelah 5 tahun
karena kayaknya 5 tahun itu batas maksimal kejenuhan otak :D

saya aja, yg consider myself as a modern teacher *duile*
tetep ternganga loh liat kemajuan sains jaman sekarang
jadi berasa ketinggalan jaman banget
dan untunglah dikasih kesempatan ikut short course ini
jadi lumayan ada banyak hal untuk dishare ke murid-murid nantinya.

kuliahnya sendiri sih general science,
jadi saya dapet kuliah biologi, kimia, fisika dannn juga matematika --__--
*bisa ditebak saya pasti tiarap di 2 mata kuliah terakhir, yg mana adanya di sesi jam 8 malem T__T*

tapi selain kuliah wajibnya, kita juga dikasih beberapa mata kuliah pilihan.
udah pasti saya pilih pure biology dong.
untuk mata kuliah pilihan ini saya ambil tentang immunology, neuroscience, climate change, and genetics.

seru?
udah pasti!
beberapa fakta menarik kayaknya udah sempet saya twit ya waktu itu
sisanya?
biarlah menjadi bahan ajar saya di kelas nantinya :D
*takut yang baca nguap-nguap*



selain kuliah di dalam kelas,
kami juga diajak untuk melakukan kunjungan ke beberapa research center di UK ini.
yang pertama kami mengunjungi John Innes research centre di norwich, skitar 3 jam perjalanan ke arah timur london.


 labnya merupakan lab gabungan dari university of cambridge dan sainsburry, 
pemilik jaringan supermarket terbesar di UK 

 ini lahan yg disiapkan untuk membanyak GM crops yg sedang menanti untuk disahkan


di sini kami disuguhkan penelitian2 terbaru di bidang genetically-modified crops,
yg mana di yurop sana masih jadi pertentangan.

yes, bahan pangan yg sudah dimodifikasi secara genetik ini ternyata belum bisa diterima secara luas di negara2 uni-eropa,
bahkan dari sekian ratus penelitian yg berhasil dilakukan di sini,
baru 2 yang disahkan oleh komite etika pangan uni eropa. (GM maize dan broccoli)
sisanya?
masih mengantri untuk disahkan.

para peneliti di sini mengakui kok,
lab mereka ini sering dijadikan tempat demonstrasi bagi para aktivitis lingkungan hidup yang menganggap bahwa GM crops bisa merusak keanekaragaman hayati :D
*sehari sebelumnya saya baru dapet kuliah dari direktur WWF UK yg terang2an menentang GM crops*

agak seru sih melihat segala pertentangan di dunia sains ini,
tapi satu hal yang bisa saya tarik,
para saintist ini punya satu tujuan yang sama: to make a better place for our future.

kebayang ga nanti di tahun 2050 di mana diperkirakan bakal ada ledakan 9 billion pipol,
sementara dunia kita ini ya begini2 aja isinya?
bahkan cenderung mengalami degradasi?
kasian kan anak cucu kita nantinya?
mereka pasti akan sangat bersaing untuk mencari sumber air bersih, bahan pangan dan tanah untuk hidup
*duile rada berat bahasannya*


eniwei,
ada pesan ga penting nih stelah kunjungan ke sini --->  jadi saintist di luar negri tuh terjamin yah.
saya liat di parkiran mobilnya tsakep2 bener
dan kayaknya mereka ga perlu pusing deh nyari dana riset
lalu pontang panting kejar setoran ngajar sana-sini.
ga kayak di indonesia.

sedih lho inget dosen saya yg udah tuwira banged tapi ke mana2 masih berdesak2an naik KRL ekonomi ke depok T___T

kapan yah nasib ilmuwan di indonesia bisa sama kayak di luar negri?
udah pasti bakal maju deh indonesia secara banyak kok ilmuwan2 cerdas di negara ini....
*kemudian hening*
  

ah sudah ah,
jadi kangen kan sama dosen2 di UI dulu :)


jadi mari kita balik lagi ke John innes center ini,


di sini mereka punya library yg mengagumkan loh
banyak koleksi buku2 botani langka yg selama ini saya cuma bisa liat gambar ato ceritanya aja.
such a breathtaking moment banged bisa masuk dan liat buku2 ini :D

 buku aslinya carolus linnaeus, bapak taksonomi

 meskipun sudah ratusan tahun, tapi kualitas kertas dan warnanya masih bagus banget!

 buku aslinya anton leeuwenhoek, penemu mikroskop


 ini dia mukanya carl linnaeus :)


 buku aslinya gregor mendel, father of genetics

bahkan surat bertulisan tangan aslinya darwin pun ada di sini!!!


kalo kata ex-murid saya: miss, u're absolutely in such a bio teacher heaven on earth!
YES, I AM!
*big grin*


---------

selain ke John Innes,
saya juga mengunjungi oxford biomedical research centre,
lokasinya sekitar 2 jam dari kota london.

di sini saya dapet materi tentang circadian rhythm dan berkesempatan melakukan tour dan melihat hasil penelitian terbaru di sana,
termasuk melihat alat MRI 7 tesla yg cuma ada 5 buah di dunia :)

but for sure,
selama di sini saya ga nyaman banget.

keinget kejadian penembakan di US waktu premier batman,
kan pelakunya bekas mahasiswa PhD neuroscience kan ya?
nahhh tour guide kami selama di sana ya mahasiswa2 PhD neuroscience juga
jadi takut aja gituh tiba di lokasi yg sepi trus kami ditembakin satu-satu

hahaha ngasal banget sih
tapi bener deh, orang2 di sini rada ajaib semua
mungkin efek kebanyakan membuka rangka kepala manusia

bayangin aja di rumah sakit seluas itu (hampir 7 hektar)
kami dibawa berkeliling tanpa diijinkan naik lift.

yes naik tangga!!
saya dong nonstop naik tangga dr lantai 1 ke lantai 7!!
trus setelah selese di lantai 7,
kami turun ke lantai 3,
dan setelahnya naik lagi ke lantai 9!!
*pingsan*
pas saya minta ijin buat balik ke ruangan kuliah dan nunggu di sana,
mata si tour guide mendelik aja loh...
isshhh eke kan jadi takut
jadi terpaksa deh mengabuse bayi di perut buat diajak naik turun tangga T____T
huhuhu maapin ya nakkkk....

but after all,
hikmahnya adalah mungkin nantinya anak bayi ini akan jadi anak yg pintar dan kuat
iya ga?
just like Rapha yg dulu di abuse diajak kelilingan ITB waktu usia 6 bulan di perut juga.
kali ini adeknya peningkatan, di abuse nya di oxford university!
hahaha.....


-------

nahhh....
postingan berikutnya kayaknya soal cerita jalan-jalan malemnya dulu kali ya sebelum soal shopping
hihi masih ngumpulin tenaga soalnya bakal panjang postingan belanjanya..... :)))

jadi sampai bertemu di cerita berikutnya!

5 comments:

  1. Ah tya, postingan yang ini gak kalah menarik dari postingan belanja pastinya. Gue ga terlalu suka pelajaran IPA, tapi seru aja gitu kalo ngeliat peninggalan para penemu itu.. sampe ada tulisan tangan Darwin segala ya.. ck ck ck.. keren lah!

    ReplyDelete
  2. Penasaran, kenapa gak boleh naik lift ya, Ty, di Oxford Biomedical itu?

    ReplyDelete
  3. hi tya, am honored that you tagged my blog on yours :)) ternyata lagi sekolah lagi jugak ya? toss, tapi kamu kok canggih bener sampe ke negara londo. salam kenal ya *kayak sahabat pena gitusih ya bahasa gue - salamaaan kecup kiri kecup kanan*

    ReplyDelete
  4. gue tau dr temen gue yg lg ambil Phd in Physics (seumur kita!, ga usah scientist deh, student2 Phd klo disini kuliahnya gratis dr pemerintah, "digaji" malahan untuk research2 mereka. klo di US jg gratis, tapi lo diwajibkan ngajar di kampus untuk "bayar" kuliahnya...tetep digaji juga sih..mudah2an Indonesia ke depannya bisa ky gitu yah ty :))

    ReplyDelete
  5. @darina kwerennnhhh bgd jengg... gw sampe ga mau pulang loh kalo ga inget anak sama suami....hihi....


    @seerika
    lift hanya untuk pasien bu, helathy person dianjurkan naik tangga setiap hari untuk sirkulasi oksigen ke otak *hoshhh*


    @risti
    halo mbak ristyyy *salaman* maap yah naruh blogroll ga bilang2 :) aku sering mampir ke sana n kudu byk berguru nih sebba nt jarak anak2ku jg sama kyk anak2nya mbak risty :)


    @ochels
    hiksss ingin deh ambil PhD gitu chel, tp dibiayain...hahaha...
    kapan yah di indo bisa?

    ReplyDelete