Skip to main content

London Trip (1)

halooo....
hihi udah lama juga ya ga ngeblog :)

hari ini kebetulan jadwalnya agak longgar, jadi bisa leyeh2 di kamar sambil nyalain warmer n makan pop mie.
yes, summer in london teteup aja ceuuu... suhunya 7-10 derajat celcius.
brrrrr.......

saya sampe sini hari kamis minggu lalu,
naik malaysia airlines, transit 6 jam di KL dan abis itu langsung direct ke terminal 4 heathrow.
mayan sih, makanannya enak *heuheu*
tapi tetep aja ya namanya bumil naik pesawat 12 jam berasa juga pegelnya :)



untungnya sampai hari ini anak bayi di perut enak bener diajak kerjasama.
diajak jalan-jalan sana-sini hayuk aja diana :D

sampai london, hal pertama yang dilakukan tentu aja beli SIM card.
saya pakai T-mobile seharga 10 pound alias 150rb rupiah.
mahal yes T___T
tapi itupun belum bisa dipake apa-apa
harus top up lagi 10 pound (yg berarti additional 150rb) bwt bisa pake paket internet and BBM.
nangiss....

tapi hal pertama yg saya pelajari di sini,
kalo ga mau stress, ga usahlah apa2 dikonversi ke rupiah :)
air minum 750ml aja harganya hampir 37rb.
nyesek bener.
tapi ya itu, jadinya ke mana2 bawa botol aja,
refill air putih dari asrama
heuheu pengiritan....

setelah beres urusan komunikasi,
sekarang lanjut ke urusan transportasi.
saya beli yg namanya oyster card,
ini kyk ez-link di singapore gitu.
jadi bisa bwt train n bus selama di london sini.
harganya 15 pound termasuk deposit saldo 5 pound.
tapi percayalah, saldo 5 pound itu ga cukup bwt ke mana2,
jadi ya kita harus top up lagi T___T

bwt gambaran, di sana ada petunjuk bahwa utk 3 hari di london, ada baiknya kita top up 20 pound.
tapi itu kalo nonstop jalan-jalan ya.
ini saya udah seminggu, saldo 20 pound tadi masih ada sisa sekitar 6 pound.

untuk penghitungan biayanya, saya juga ga paham2 amat,
tapi london ini dibagi menjadi 6 zona, dan selama masih berada di zona yg sama, maka biaya transportnya masih berkisar 1 pound saja.
tapi kalo saya kemaren, dari bandara heathrow yg ada di zona 6, mau ke asrama di south kensington yg berada di zona 1, biaya trainnya hampir 5 pound.

jadi ya daripada-daripada, mending memang selalu top up aja sih kalo mau muter2 london agak lamaan :)

oia, oyster card ini bisa dibeli dan diisi ulang di setiap underground station,
sedangkan untuk sim cardnya, bisa dibeli di setiap mesin penjualan yg ada di bandara.
isi ulang sim cardnya bisa dilakukan di tempat2 penjual makanan yg juga ada di bandara.

nah, kelar urusan komunikasi dan transportasi,
lanjut ke masalah menaklukkan kota london by public transport.

saya pribadi, setiap bepergian ke negara tetangga *duile kayak sering aje*
senengnya menjajal transportasi umum mereka.
selain bikin lebih kenal sama kotanya,
kita juga bisa lihat kondisi kehidupan masyarakat di sana.

tapiiiii khusus buat london *dan mungkin negara2 yurop lainnya*
kita sebagai orang asia berkaki pendek dan berlangkah kecil,
harus berhati2 dengan petunuk waktu yang diberikan mereka.

dari beberapa kali komunikasi via email dengan host saya di sini,
dia bilang bahwa jarak dari underground station ke asrama cuma 15 menit jalan kaki.

nah, coba dicatat,
perhitungan waktu mereka agak berbeda dengan kita :)
berapapun menit yg mereka berikan, ada baiknya kita tambahkan lagi 10 menit.
dan untuk ibu hamil, baiknya tambahkan another 10 minutes.
lalu kalo bawa luggage sendiri nan berat, tambahkan lagi 5-10 menit.
jadiiii.... yg 'katanya' cuma 15 menit, di saya sampenya hampir 40 menit  T__T

dan perlu diingat juga, underground station ini ga semuanya memiliki lift.
jadi kalo bawa2 luggage, kudu siap tuh geret2 and angket2 kopor sendiri :D

sebenernya ada alternatif lain sih kalo dari bandara,
bisa naik taksi *tapi mahal ampun2an* (skitar 65 pound ke zona 1)
ato naik coach bus *semacam transfer bus* ke victoria coach station *dan dari situ baru nyambung taksi ke tempat tujuan* (busnya skitar 8 pound)
ato naik express train ke paddington station *dan nyambung lg by taxi ke tempat tujuan* (train skitar 17 pound)

jadi yes, london mahal :)

saya sendiri, cukup beruntung dapet dorm di daerah south kensington.
tempatnya enak bgd, sebelahan persis sama royal albert hall dan diapit 3 museum, natural history, science museum and V&A museum.
buat para turis, ketiga museum ini wajib dikunjungi.
dan oh ya, tiket masuknya gratis :D

 begitu sampe, langsung mejeng depan asrama :D

 halte bus di depan asrama


 royal music college, tepat di sebrang asrama

 royal albert hall, tepat di sebelah asrama

 albert monument, di belakangnya royal albert hall

 pedestriannya enak bgd buat jalan kaki

 natural history museum,
tinggal jalan kaki 15 menit dr asrama *versi bumil* 

 bumil numpang ngerasain belajar di sini yakkk :)


 jalanan di depan asrama

beit hall,
tempat nginep selama 20 hari di sini :)


dormnya sendiri, bangunan tua gitu.
tapi hampir semua bangunan di london kayaknya masih mempertahankan arsitektur aslinya sih
jadi ga berasa kita lagi di kota modern super sibuk.
di mana2 masih banyak bangunan kuno dgn taman bunga nan cantik di jendelanya.
menyenangkan banget :D

hari pertama di london, selain jalan-jalan di sekitar asrama,
diisi dengan belanja di primark!
haha niattt...
tapi ini kayaknya butuh postingan tersendiri deh...

jadi sampai jumpa di part berikutnya yaaa.....

Comments

  1. Yeayyy.. akhirnya miss tya sempet ngeblog lagi.. ditunggu sampai London Trip 20 yah.. =)

    ReplyDelete
  2. Woaaahhhh asiknya....di sana studi banding gitu Ty? Tambahin terus cerita2nya yahhhh!!

    ReplyDelete
  3. @florence
    huahahaha... kebas jg tangan kalo suruh nulis terus :)
    iya nih nyempil2 di sela2 jadwal belajar

    @leony
    lagi ada science forum say...
    ayooo babymoon ke sini, rayu pak suami!!!

    ReplyDelete
  4. silent reader dari jaman blog ini isinya persiapan nikahan akhirnya komen juga hihihi..

    aaah seru banget london tripnya!
    kalo liat twit2nya juga seru banget, kayaknya seneng bgt gitu bisa belajar lagi.. you seem like a biology-geek *yaiyalah guru* but i really like it hihihi..

    semoga sehat2 ya miss di sana & ilmunya bikin makin oke ngajarnya sesampe di sini :D

    ReplyDelete
  5. aminnn.... makasih ya sayanggg.... :)
    and yes, i'm a geek! haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Uang Pangkal Sekolah

setelah dihitung2 ulang, ternyata investasi LM saya yang cuma 10 gr/tahun (200rb-an/bln)  harus direvisi nih....
hehehe...

kalo bertahan di angka tersebut, uangnya cuma bisa utk masuk TK,
sementara utk masuk SD setidaknya butuh 20gr/thn (400rb-an/bln)

hoshh...hoshh...

untuk masuk SMP lebih parah lagi...
makin ga kekejar kalo 'cuma' LM ternyata.
apalagi kalo AsPend n TaPend,
makin ga nyampe deh angkanya.
busetttt...

Menginap di caravan hotel - taman safari indonesia

Sekitar bulan februari (kalo ga salah) liat foto2 kak @sondangrp dkk camping rame2, kok kayaknya seru.

Trus jadi pengen.
Tapi pas liat rate nya, kok mahal! Haha..

Akhirnya diskusi sama ibu2 cabe rawit di grup dan keluarlah ide menginap di caravan ini.
Ratenya separuh dari tempat camping kak sondang, dan tempatnya masih berbentuk 'bangunan' jadi bisa semacam pemanasan sebelum anak2 camping beneran di tenda.
Untungnya jeng lia berbaik hati ngurusin dan booking jadi kita bisa dapet 3 caravan yang deketan (dan lokasinya enak!).

Fyi, kita booking dari maret utk menginap akhir mei ini.
Untuk rate caravan di wiken: rp. 1.050.000 include breakfast utk 4 orang. Plus kita bisa beli 4 tiket safari seharga rp. 100.000 (dari rp. 150.000).
Lumayan ya!

Dan pas akhirnya sampe sana, Aduhhh senengg deh..

Lokasinya benar2 di tengah hutan, Jadi pohon2 pinus tinggi di mana2, Ada air terjun mini, Kolam angsa, plus ada monyet dan rusa di dekat restoran.

Anak2 heboh deh liat beginian :)))

Asli ya anak…

Perpanjang paspor di BSD

Sejak akhir tahun 2015,
Mastin akhirnya menghampiri warga BSD dalam hal pengurusan paspor
(Oh ada yg ga tau mastin? Coba deh gugling dengan keyword jingle mastin.. Dijamin terngiang2... Ahahahhahaha)


Singkat  kata, per 30 desember 2015 sudah dibuka kantor imigrasi kelas 1 tangerang cabang BSD.
Lokasi di ruko golden boulevard, tepat di sebelah natasha skin care.
Kalo bapak-bapak biasanya sih tau ruko golden boulevard soalnya banyak tempat pijat plus-plus :)))))

Nah berhubung bakal pergi bistrip bulan depan sedangkan paspor habis di bulan mei, jadi tadi saya dan si ayah nyobain perpanjang paspor di ruko yang cuma sepelemparan kolor dari rumah (uhuk pamer




Sayangnya untuk layanan online dan pembuatan e-paspor belum bisa dilakukan di sini, Jadi tadi kami datang pukul 7.30 untuk ambil antrian.
Menurut petugas, dalam satu hari dibatasi 100 nomor antrian, supaya tidak terlalu chaos.
Tadi pagi sih lumayan tertib ya antrian ambil nomornya.
Setelah ambil nomor, kami isi-isi dokumen lalu duduk sa…