2 July 2012

Yogya... Day 2 - 4

disclaimer: kalo banyak cerita ga masuk akal di postingan ini, ya dimaklumi saja lah ya, saya pun masih suka ga percaya tapi yaaaa gitu deh... :D


okeh, jadi di hari kedua ini Raphael menginap di Rongkop,
kota kecamatan berjarak 80km arah selatan yogya.
buat mahasiswa yogya yang pernah KKN pasti tau deh daerah ini...
Gunung Kidul yang identik dengan susah air, kering dan terpencil
hihi

kebetulan eyang buyutnya Raphael berasal dari daerah ini
dan karena kita pulkam dalam rangka reuni keluarga besar
jadilah Raphael menghabiskan malam pertama di sini.



saya sebenarnya sudah request ke mama untuk menginap di Rumah budhe di wonosari saja,
yang kondisinya jauhhhh lebih kota dari Rongkop
cuman berhubung orang jawa tuh banyak ga enaknya
jadi ya terpaksalah malam pertama Rapha menginap di Rongkop.

bodohnya saya,
kok ya ga inget kalo Rongkop segitu dinginnya...
apalagi di musim kemarau begini
angin malam itu udah kayak menusuk tulang.

bandung dan batu ga ada apa-apanya deh dibanding di sini :(

dan sayah, si ibu teledor
bisa2nya ga bawain jaket gitu loh!!!
huhuhu nyeselnya sampe sekarang deh :((


akibatnya Rapha masuk angin parah karena tidurnya juga di kasur bawah,
kena udara dingin yang ampun2an
dan kata orang sana, saya yang lupa misi-permisi sama 'simbah' di rumah :(((

udah bisa ditebak, semaleman Rapha nangis kejer ga mau berenti.
maunya digendong aje dan setiap ditaruh di kasur nangis lagi.
huhuhuhu :(

sedih deh liat anak kecil yg biasanya bisa tidur pules sepanjang malam
kok ini jadi rewel begini
ketambahan batuk yg baru saja sembuh 2 minggu terakhir pake acara dateng lagi :(
*plus suami ga ikut jadi berasa dobel deh sedihnya*


besok paginya begitu ada matahari,
rapha langsung saya jemur supaya badannya enakan.

dan bener sih, tau-tau udah lari2an ceria aja lagi gitu...

bahkan pas diajakin nyekar ke makam eyang,
Rapha seneng-seneng aja.
pake sempet2an minta fotoin omnya di depan makam leluhur dengan berbagai pose :D

 yak yg nyari fotomodel anak, boleh loh saya dikontak
#eksploitasi


pose andalan: chibi-chibi :)))



nahhh tapiiiiii...
begitu pulang dari makam ini,
Rapha langsung lemas lagi.
tau2 ngajak bobok dan ga bangun2 sampe 3 jam ke depannya.

bangun tidur masih lemes,
disuapin ga mau
dan maunya gendongan aje :(

ga lama Rapha muntah-muntah dan jadi rewel sejadi2nya.

trus berhubung para sepupu ngajak ke pantai
saya yang mulai pendek sumbu mikirnya mengiyakan aja
mikirnya siapa tau Rapha jadi hepi kalo diajak ke pantai.

jadilah sore itu kami rombongan 1 bus jalan ke pantai indrayanti.

di bis Rapha tidur sepanjang 1 jam perjalanan
dan begitu deket pantai, muntah lagi
selama di pantai pun rewel aja
ga mau turun dari gendongan

sungguh bukan kayak Rapha yang biasanya ga tahan liat air nganggur :((

dan total makanan yang masuk sampe sore itu: ZERO!

boro-boro nasi, biskuit aja ga mau T____T

nyusu mau sih tapi ga lama batuk-batuk trus muntah :(


pulang dari pantai, rapha tidur lagi
bablas sampe jam 10 malam.

nahhhhh jam 10 malam inilah drama dimulai

Rapha tau-tau nangis histeris
perutnya buncit n keras banget
maunya digendong terus
dan matanya setengah terbuka sambil tangannya kayak nggusah *ngusir* sesuatu

hhmmm..... saya yang panik akhirnya langsung ngajak si mama ke dokter terdekat.

sama pak dokter dibilang kolik
karena masuk angin, ga ada makanan masuk dan belum pup dari hari senin.

okesip.
dikasih antibiotik macem2
*saya ga sempet nanya saking kalutnya*
dan langsung dicekokin sama si mama.

bener sih, ga lama akhirnya Rapha bisa tidur lagi
*yang mana setelah di jakarta saya cek obatnya ternyata juga dikasih CTM dosis tinggi :(*

tapi itupun cuma bisa tenang selama 3 jam
setelahnya Rapha muntah2 dan nangis2 lagi

ga brenti.

sumpah deh saya sampe kasian sama sodara2 di sana
keberisikan kali denger anak nangis histeris :(

akhirnya si papa inisiatip memanggil seseorang
yang belakangan saya ketahui adalah seorang dukun
*yea rite udah tahun 2012 tapi dukun masih eksis :p*

sama pak dukun, Rapha cuma dipegang kepalanya sambil dibaca2in
trus dese minta air putih dan dibaca2in juga
ga lama dia minum sedikit dan anak sayah
si ganteng raphael disembur aja loh sama pak dukun!!!!!!

aslik baru kali itu saya liat dukun beraksi live di depan mata
biasanya kan cuma lewat film-film.
hehehehehe.....

dan kejutan ga cuma berenti sampe situ.
si pak dukun bilang Rapha ditempeli 3 jin perempuan yang mau ambil Rapha jadi anak
tapi katanya udah diusir dan ga lama Rapha akan pup banyak
lalu muntah 1-2 x lagi dan selebihnya akan sehat kembali.
sambil dipesenin supaya sisa airnya diminumin ke Rapha
dan kalo maghrib rapha rewel lagi
mukanya diusap aja pake air ini.

okesip.
saya iyak-iyak aja
ga bisa mikir cyin...
bener2 ga tega liat anak lemes begitu :(


nahhhh.... abis disembur itu, baru deh rapha bisa tidur tenang
ga krengis2 lagi.
bener tidur terpulas dalam 2 hari belakangan.

percaya ga percaya.

selang 2 jam, anaknya bangun
sungguh ceria
dan ga lama lari ke pojokan tempat sepi
trus pup di sana seprti kebiasaannya kalo di rumah
hihi....

percaya ga percaya.

habis pup,
tiba2 segala keceriaan itu kembali dengan sendirinya.

percaya ga percaya.

disuapin nasi pun tiba-tiba mau lagi.

percaya ga percaya.

ah sudahlah ya....

kalo nalar logis saya sih bilang rapha memang masuk angin berat dan lalu kolik.
siapapun akan susah makan lah ya.

cuman kejadian2 ga logis ini buat pelajaran aja sih
kalo ke mana2 jgn lupa 'permisi' dulu
dan ga boleh galak-galak ke orangtua
kualat kan anaknya jadi sakit.

karena melihat kondisi rapha yang sudah agak enakan
saya memutuskan untuk mengungsi ke wonosari
ke tempat di mana ga terlalu banyak hal-hala ajaib kayak gitu :)

dan 'ramalan' pak dukun kembali terjadi,
menjelang maghrib Rapha tiba2 rewel ga jelas lagi
nangis2 histeris lagi
dan setelah diusap pake air si dukun
anteng aja loh dese
wewwwww... *lap keringet*

percaya ga percaya.

lalu skitar jam 10 malam,
lagi-lagi Rapha muntah satu kali
dan tapi setelahnya bisa tidur pulas sampai pagi.

percaya ga percaya.


ahahahahaha....
sungguh ajaib yah perjalanan kali ini....

sampe jakarta pun saya masih susah mencerna kejadian2 di sana
cuma ya memang jadinya banyak pelajaran yang diambil.

Puji Tuhan di hari keempat Rapha sudah fit kembali
dan tenang selama di pesawat.

sampai jakarta pun meskipun nafsu makan belum kembali seperti dulu
tapi setidaknya sudah mau ngemil ini itu :)


doakan Rapha sehat selalu ya tante-tante...
supaya bisa jalan2 lagi hari Rabu ini....
heuheuheu.....

14 comments:

  1. krn ini kejadian di Indonesia sih, aku percaya aja mak... *merinding*

    ReplyDelete
  2. iya jeng kena batunya deh gw, dulu gw sellau ngetawain kl ada yg cerita2 begini, ee skrg anak sendiri kena :(

    ReplyDelete
  3. tya, ini Tara juga pernah rewel2 ga jelas. dibawa ke dukun pijet bayi, disembur, trus anteng ahahaha

    ReplyDelete
  4. percaya banget, karena pernah ngalamin sendiri waktu engkong gw baru aja meninggal. anak gw rewel dan gak bergenti nangis dari magrib sampe pagi, baru anteng ya setelah disembur dukun.

    gak perlu dipikirin mistiknya ah, ngeriii, yang penting anak kita aman :)

    ReplyDelete
  5. Permisi Mba Tya, silent reader blog na mba, tp rada gatel pengen comment .. Percaya ga percaya sich mba, tp emang sperti yg mba tya bilang, klo blm ngalamin sendiri yaaa bisa percaya 'ndak percaya ;)

    Indy (1.5y) juga pernah waktu pulang ke Klaten, riwil2 ga jls, bgitu dpanggil mbah yg biasa ngurut bayi, cman diminumin air putih yg sdh di doakan, langsung bs anteng sperti biasa :D

    ReplyDelete
  6. Lha ini kapan ke Jogjanya? jiaaah gak tau anak ganteng ke Jogja pdhal pengen ketemu :)

    Btw sy jg sama Miss kalo nginap di rumah2 kampung yg hawanya dingin, rasanya gak karuan, panas dingin dan gak bisa tidur. Pdhal gak liat apa2 tapi rasanya gak enak. Apalagi anak kecil blm berdosa pasti lebih sensitif. Yah makhluk2 gaib kan emang ada walopun kita gak bisa lihat.

    ReplyDelete
  7. Haduh, Indonesia tanah air beta ini heheheheheh... Eh tapi emang di Agama Katolik itu kan juga ada Kardinal yang khusus mengepalai bagian Exorcism kan Tya? So menurutku dimana-mana juga ada, cuma yang di Indonesia aja yang agak "beda" cara nanganinnya begicu!

    ReplyDelete
  8. aku aku..dulu KKN nya di Gunung Kidul :D
    susah air, dingin klo malam, terik kalo siang dan tempat tertentu agak creepy
    hehe prcaya gak percaya sik Ms

    Untung Rapha si little adventure sudah balik ceria :)
    Another adventure Rapha?

    ReplyDelete
  9. kalau kata papa saya, kemanapun kita pergi sempatkan minum air putih dulu dari tempat kita berkunjung/menginap. Kalau dipikir2 memang gak masuk akal, tapi sampai sekarang cara begitu ampuh buat saya menolak hal2 yang aneh.. hehehe..

    Mungkin itu cara kita 'bonding' dengan alam ya, permisi2 dan suwon sama mereka. mungkin..
    Sehat terus ya baby Raphael :)

    ReplyDelete
  10. mbaa Tyaaaa...
    ikut sedih dan prihatin sama kejadian Rapha.. semoga tidak terulang lagi mba.. sehat-sehat terus, ceria terus yaaa buat keluarganya.. :*
    tapi boleh ketawa dikit kan? :) dibagian disembur dukun ituu.. *bayanginnya kaya sule nyembur Andre di OVJ* hehehhee.. naudzubilahimindzaliikk.. *getok2 meja*

    ReplyDelete
  11. Cik Gu tu aslinya org Jogja toh? iya percaya ga percaya ya sm hal2 gaib begituan, nalarnya ga nyampe. Tp Kayla jg sering gt deh waktu masih bayi sampe umur 1 th, sembuhnya klo udah dibawa ke mbah Ruminah (dukun bayi) cuma disembur sm dikasi air putih gt. Klo Kyara lbh kebal dr kakaknya..Sekandung bisa beda2 gt :D

    Sehat trs ya Rapha

    ReplyDelete
  12. @yustine
    bokkk dulunya gw ga percaya yg gitu2an tp berhuung udh ngalamin sendiri, jadi yaaaa.....gitulah :)


    @emaknyashira
    beuhhh serem amat mbakkk... tp iya sih, yg penting anak aman ya, bodo deh mau pake metodeapa juga


    @dona
    hauahahah ada apa ya dgn daerah jawa itu, kok msh banyak mistik2annya....


    @asty
    minggu lalu mbakkk tgl 25. mau ngajak ketemuan tp akunya banyakan di rongkop drpd yogya :(


    @leony
    ahaha iya le, cuman ga nyangka aja kejadian sama anak sendiri


    @lina
    iyaaa untungnya udah fit lg n selama di KL sehat2 aja :)
    eh dulu KKNya di manaya tepatnya?


    @marina
    iya tengkyu ya, kmrn itu akunya yg kurang 'awas'


    @ria
    hihihi trima kasih, doakan rapha sehat2 terus yaaa


    @dian
    buuu aku ki wong yojo tulen looo

    ReplyDelete
  13. Salam kenal Tya, udah agak lama nih jadi silent reader :)
    Serem banget ya kalo diikutin gitu. Keponakanku juga sering diikutin, akibatnya juga gitu susah tidur, rewel dan anaknya jadi sering melamun. Terus kapan itu dibawa ke Romo, sama Romo orangtuanya disuruh berdoa Novena.
    Ya percaya nggak percaya juga sih, tapi anak kecil kan masih polos. Jadinya ya mungkin mudah diganggu. Mudah-mudahan Rapha nggak diganggu-ganggu lagi ya (btw... I love the name Raphael :))

    ReplyDelete
  14. halo salam kenal juga :)

    iya anak kecil katanya msh gampang dimasuki ya huhuh kasian
    mungkin jg karna ibunya kurang berdoa hihihi....

    Raphael as in 3 malaikat agung bu :)

    ReplyDelete