17 July 2012

Menyiapkan Dana Liburan

Liburan itu nagih.
setuju ibu-ibuuuuu.....? :)))

kalo buat kami,
liburan jadi salah satu wahana untuk mempererat bonding di antara kami,
makanya sebisa mungkin dalam setahun itu ada 1 kali liburan yg cuma kita bertiga *sekarang berempat* sajah.

bukannya ga mau ngajak keluarga besar,
tapi kita kan butuh waktu buat keluarga kecil kita bukan?
just the four of us :)

dan lagi kalo liburan cuma berempat kan terasa banget ngumpulin uangnya,
mau pakenya pun hati-hati
sementara kalo rame2 sama keluarga besar kan bisa minta-minta dan nebeng-nebeng
hihi....



makdarit, penghasilan tahunan kami,
di luar penghasilan bulanan
sebisa mungkin disisihkan untuk jalan-jalan ini.
tentunya setelah dikurangi segala kebutuhan rutin tahunan ini.

kunci utamanya sih tiket promo, budget hotel dan transportasi umum.

tapi itu cuma berlaku utk yg trip non lokal,
kalo domestik angkutan umunya dicoret lah ya,
mau ga mau kudu sewa mobil karena transportasinya masih susah.

nah berdasarkan 3 hal di atas, biasanya dalam 1 tahun kami merancang 2 kali trip,
1 domestik dan 1 lagi non domestik.
tapi cukup sadar diri, 5 tahun ini mungkin perginya masih ke tempat yg ga butuh visa :)

mudah2an nanti pas perpanjangan paspor udah bisa deh antri2 di embassy bikin visa jalan-jalan.
aminnnnnn.....


nah.... kalo saya pribadi,
ga pernah masukin dana liburan ke dalam instrumen investasi.
bener2 dalam bentuk uang cash dan kartu kredit.
utk CC penggunaannya sebatas untuk booking tiket dan hotel saja.
selebihnya kami mengandalkan uang cash supaya ga over budget.

selain itu saya rajin blogwalking ke beberapa blog jalan-jalan hemat sebagai referensi.
dan oh ya, untuk blogwalking ini biasanya saya juga rajin mampir ke blog2 keluarga
karena ofkors jalan-jalan sendiri dgn jalan-jalan bawa anak akan sangat berbeda.

nah berbekal informasi ini,
sebisa mungkin saya susun itin dan perkiraan biaya per harinya.
into detail *yes im that geek*

yang mana dari perkiraan biaya itu selalu saya lebihkan 10-15% untuk jaga-jaga.

nah, dari total biaya itu, ya bener2 cuma segitu yg dibawa.
CC juga tetep dibawa sih utk emergency
tapi sebisa mungkin dikekep di dompet.

dari pengalaman jalan-jalan 3 tahun ini so far masih under control.
kalopun over budget, biasanya diambil dr dana liburan tahun depannya,

kayak tahun ini nih,
tadinya kan cuma plan ke malang n KL
eh sapa nyangka ternyata ditodong ke yogya 2 kali, ke lampung 1 kali dan nanti london trip.
zzZZZZzzzz banget deh bangkrutnya...

makanya untuk tahun depan rasanya ga aada budget untuk trip non domestik :)
ke bali sajalah cukup hihihi...


jadi, liburan itu ga dosa kok,
asal diatur baik-baik yaaa....

8 comments:

  1. Hebat hebatttt!! PROK PROK PROK!! Gak salah kok detail, makanya tiap taon km bisa kepenuhan terus targetnya.

    Kalo gue Ty, kalo pas liburan, pasti kacaunya di: BIAYA MAKAN hahahahaha... Gak tahan kalo ga nyoba2 yang special2, dan ujung2nya, makan itu bisa abis lebih banyak daripada biaya hotel dan pesawat (pernah kejadian, sampe temen gue protes berat) :P

    ReplyDelete
  2. tempat liburan yg ga butuh visa tapi bagus2 banyak kok....Maldives, Peru, hihihi kompor...

    ReplyDelete
  3. Apaaa? London Trip? *pengsan*
    Iihh bu guru enak banget sih jalan-jalannya.

    Sama gw pun menjatahkan dana liburan ini dari recehan sisa bayar tagihan ini-itu yang segunung. Alhamdulillah masih bisa setahun 2 kali ke tempat wisata yang gak pake visa.

    ReplyDelete
  4. Setujuuh! bisa dicontek nih 1x domestik sama 1x non domestik nya :D tp dimari kan mo ada bayik lagi, rasa2nya emg liburan nya ke tmp yg deket2 dulu deh

    ReplyDelete
  5. wihhhh mudah mudahan liburannya murah dan menyenangkan :D

    ReplyDelete
  6. Mba Tya, rapi banget ya perencanaan liburannya...
    Hebat euy.. mesti belajar banyak nih, biasanya aku cuman research2 aja untuk plan itin, tapi soal uang ga gitu diplan-in..
    Btw mau ke London?? wahhh senangnyaaa... (ga sabar nunggu ceritanya, lho?) hehehe

    ReplyDelete
  7. setuju tya pollll deh pokoknya...domestik 1x en tetangga 1x (sementara tetangga dulu ye). tahun depan akupun domestik 1x ajahhh dan ke balii hayuk hayuk tya...toss peyuttt

    ReplyDelete
  8. wah kayaknya sy harus belajar nih.. tks ya buat tipsnya.. :)

    ReplyDelete