22 June 2012

Berpetualang dengan Commuter Line dan Trans Jakarta

mumpung libur, kemarin saya sengaja mengajak Raphael ke rumah eyangnya
tapi menggunakan rute yg tidak biasa.

rute standarnya mah yah cukup toll JORR aja ya lalu keluar cilandak dan beberapa KM kemudian sampe deh di rumah eyang.

tapi khusus kemarin, saya sengaja mengajak Rapha naik kereta listrik dan bus transjakarta.
supaya tau dunia dan ga terlalu jadi anak kampung Lengkong - Serpong gituh...
hehe....


dari pagi udah ngrecokin ayahnya minta bareng naik Commuter Line yg dari Rawa Buntu.
ayahnya udah nakut2in aja, katanya kalo liburan gini pasti penuh ibu-ibu bawa anak yg mau belanja ke tenabang.
wehh... rada gentar juga sih ya, secara the power of ibu-ibu itu kan gile bener :D
cuman ya sudahlah, sudah tanggung ini

akhirnya berbekal nekat *dan satu tas isi bekelnya Rapha*
jadi juga deh naik CL yang jam 9 dari Rawa Buntu.
tiketnya 6 rb rupiah/orang.
anak kecil gratis :D




dan untungnya karena naik dari Rawa Buntu jd masih bisa dapet duduk,
tapi begitu masuk Sudimara,
beuhhhh mulai deh berjubel.
AC yg harusnya dingin jadi berasa semburan napas naga saking gerahnya :D

but eniwei,
it was fun!!
rapha senang sekali liat kanan kiri depan belakang!
ekspresi mukanya itu lohhhhh...
priceless!!!



sampai kebayoran lama,
kami langsung disambut debu, asap knalpot dan suara klakson sahut-sahutan
agak panik juga sih,
secara ini pertama kalinya Rapha ketemu situasi begini
maklum anak kampung lengkong kan jarang-jarang liat keramaian :D
tapi si bocah cilik ternyata malah girang dan ikut teriak2 ngalahin suara klakson sambil tepok2 dada tanda kaget pura-pura...
hahahaha.....


lalu dari situ rencananya mau naik bajaj ke stasiun blok m via kantor ayah,
supaya poll gitu petualangannya.
tapi kata ayah tarif bajaj ke blok m bisa jadi sama kayak taxi jadi mending naik taksi aja,
Rapha ga perlu kena debu

yahhh ayahhhh ga asik nihh...
namapun mau berpetualang yahhh....
naksi mah di serpong juga bisa! :D

cuman ya kebetulan pas ada taksi BB lewat ya sutralah naksi kita ke blok m
sampai depan kantor ayah, ayahnya turun dan Rapha dadah-dadah dengan manisnya,
ga pake nangis!
#bangga

sampai terminal blok m,
oh ya tarif dr stasiun kebayoran lama cuma 18 ribu sajah :D,
petualangan sebenarnya dimulai.

ibu hamil, bawa toddler dan tas gembolan,
mengarungi jakarta bertiga sajah...
*tiba2 berasa jadi xena the warrior princess*
#lebay

Rapha si anak bayi, dengan gagahnya naik tangga terminal blok m loh...
hihi ngos2an juga sih sampe atas,
tapi mayan lah ga perlu gendong2.

dan kebetulan dapet bis transjakarta yg kosong
jadi Rapha bs duduk sendiri di paling depan.

puas bener deh liatin setir, tuas kopling dan injekan rem
yang selama ini memang jadi ketertarikannya :D

kira-kira 40 menit kemudian kitasampai dukuh atas, istirahat sebentar di haltenya,
buat minum dan makan biskuit
secara perjalanan ke halte jatipadang masih panjang cyinnnn

 agak ngambek karena ibunya masih ingin duduk-duduk :D


ekspresi mupeng liat orang-orang sibuk lalu lalang



ga pake lama,
anak kecil ini mulai ga sabar ingin jalan lagi,
so yowislah meskipun ibunya msh ingin leyeh2 kena angin sudirman
*norak*
jadilah perjalanan dilanjutnya.

sepanjang halte dukuh atas 1 ke dukuh atas 2 Rapha jalan sendiri lohhhh...
sambil loncat-loncat dan joget-joget
sampe ibunya pening karena takut bocahnya jatuh lalu nyelos ke bawah
dan kalo keterusan jatuh ke jalan raya gimana??
okeh ini parno lebay
tapi sungguh deh, kirain Rapha bakal takut sama ketinggian,
ternyata cuma khayalan saya sajah...

sampai halte dukuh atas 2,
kami menunggu agak lama untuk bisa menumpang transjakarta yang ke arah Ragunan,
pdhl ada 4 bus yg lewat begitu saja loh
jadi bisa ditebak
begitu busnya datang,
penumpang sudah terlanjur penuh sesak.

ikut antri di halte yg penuh


dan lucunya,
di depan saya duduk mas-mas berseragam transjakarta
yang nampaknya baru selesai shift dan ingin pulang.
capek mungkin ya bok
jadi pura-pura tidurlah dia....

yes, di depan ibu hamil gendong anak yang berdiri di depannya :D

saya tadinya mau cuek aja,
toh Rapha ga rewel ini
tapi untungnya ada ibu-ibu baik hati yg nyolek kasar si mas
'mas, kursinya buat ibu ini dong, bawa anak tuh!'

heuheuheu...
si mas, petugas transjakarta yg mungkin kelelahan,
kesel loh digituin
trus berdiri sambil ga lupa berdecak dan berlalu dengan muka bete.

oh Jakarta.....
selamat ulang tahun yaaa...... (smile)


dan oh ya, ada satu lagi kejadian yg bikin senyum.

ketika sampai halte kuningan timur,
naiklah another ibu-ibu gendong anak.
dan seperti bisa ditebak, ga ada yg mau ngasih kursinya.
mungkin krn kondisi penuh sesak.
mau berdiri juga ga nyaman, begitu mungkin pikir mereka.
pdhl ada bapak-bapak yg, entah tidur beneran atau pura-pura juga :)
ada mbak-mbak mahasiswi cantik yg sibuk mainan hp
dan ada banyak orang-orang sehat dan kuat lainnya yg liat keberadaan ibu-ibu ini tp ga satupun tergerak untuk memberikan kursi.

pengaruh matahari yg sedang tinggi2nya kalik jadi otak agak geser sedikit.

karena kasihan,
*anaknya udah gede dan tetep minta gendong*
saya panggil ibu itu bwt gantian duduk.

tapi sebelum saya berdiri,
mahasiswi cantik sebelah saya mungkin karena ga enak akhirnya memberikan kursinya untuk ibu itu.

sayangnya sebelum ibu itu beneran nempelin pantatnya ke kursi,
mbak kantoran kece di sebelah kanan saya ngedumel ke temennya:
"lagian udah tau penuh bukannya naik taksi aja!"

jrengggg....
yasalammmm....
entah deh ibu-ibu itu denger apa engga....

tapi buat mbak2 kantoran yg kemarin naik bus tj sekitar jam 10.30,
mudah2an nanti kalo udah punya anak dikasih rejeki terus ya mbakkkk
jadi ke mana2 ada supir yg anter ato minimal naik taksi lahhhh.....
supaya ga perlu umpel2an di bus yaaaa.....

huahhh...
bukannya nyumpahin
tapi asli pgn jejelin cabe rawit rasanya...

ga punya hati bangetttt sihhhhhh.....

ya ga perlu juga sih kasih kursi kalo ga mau
tapi ya juga ga ush komen gitu...
tskkk....

jakartaku.....


*eh tp puas juga sih, pas dia mau turun saya sok2 inosen ngelurusin kaki jadi dia dengan high heelsnya agak kesandung dan pastinya malu karena latah joroknya didengar hampir semua penumpang bus tersebut*
*evil smile*


eniwei....
berhubung Raphanya bobok,
jadi dadah-dadah deh ke halte jatipadang dan bablas sampe ragunan
haha...

dari situ minta dijemput adek dan setelah hampir 3 jam perjalanan,
sampe juga deh di rumah eyang :D


puas, senang, dan bahagia bisa 'melihat' dunia...

next time lagi ya na...

14 comments:

  1. Ampun Tya, dasar ibu biskuat, lagi hamil gitu nekat gendong rapha kmn2, untung raphanya msh pcicilan riang hihihi...
    Soal di bus, untung ngga kebawa esmossi bumil yak, klo gw, udh gw semprot balik tuch org2 yg ga pny moral & akal sehat ituh... *sambil bawa plang: awas ada bumil galak* :(
    Yup! Happy bestdey Jakarta! :D

    ReplyDelete
  2. iiihh Tya hebat banget sih berani bawa Rapha keliling2 Jakarta pake angkutan umum. Gw aja ngga berani.. secara takut nyasar dan takut penuh dll.. cemen banget deh alasannya.

    Rapha ekspresinya lucuuukk bgt... terutama ekspresi ngambeknya.. cyuuteee..good job Rapha..

    ReplyDelete
  3. ih seruuu... baru nyobain naik angkot ama transjakarta aja si jibran.
    tp y miss emang koq wlo ada ibu ibu hamil yang berdiri gendong anak tidak membuat orang tergerak utk ngasi tempat duduk apalagi cm hamil doank lebih lebih deh berdiri gatsu-bekasi *ngalamin juga baru-baru ini

    ReplyDelete
  4. Halo...salam kenal...
    kalau yang gak punya hati di kendaraan umum sih makin banyak mbak...
    ho'oh, mbok yo kalao gak mau kasi tempat duduknya yo diem aja gitu....
    Gak semua lha bisa enak2an naksi....
    pasti Rapha seneng banget, kapan2 nagih tuh Raphanya...pengen lagi :D
    aku juga suka bela2in mudik naik comuter atau naik Bison (di Sidoarjo yah!) biar anak juga tahu kehidupan lain diluar yang udah kita kenalkan...

    ReplyDelete
  5. Hahaha, ty. Tara juga girang bener naik commuter dan TJ. Dan iya, kalo dari sudimara penuh banget, gw soale deketnya ke sudimara. Tapi so far kalo naek CL selalu dapet duduk krn lgsg melipir ke bangku prioritas dan masang muka galak minta duduk hehehe..

    itu ya mba2 kantoran itu minta disambit pampers bekas. semua berhak kok nikmatin kendaraan umum. bukan masalah ga punya duit aja kan kita naik kendaraan umum, tapi mensukseskan program pemerintah juga *abis ini direkrut jadi jurkam*

    ReplyDelete
  6. Qiqiq..emg perjuangan bgt naik TJ ini
    terakhir ngajak anakku(8m) wktu pulang hunting baby walker di mangdu
    Ya gtu deh, rata2 ga ada inisiatipnya #uppsss
    Ibu2 gendong anak berduaan pulak ( si misua plg bw BW baik mtr), klo bkn krn petugas TJ mungkin smp matraman gak duduk2. #curcol
    Tp bnran seru bgt...

    ReplyDelete
  7. Wuihhhh.... kok elu yang naik busway sama si Rapha... gue yang capek ngos2an ya bayanginnya... Plus pengen pites2 si mbak2 kantoran gak tau diri itu...ckckckck...

    ReplyDelete
  8. wow.. pengalamannya seruuu.. patut dicontoh :)

    salam kenal ya mba tya.. biasanya saya silent aja, tapi pengen komen pas denger cerita tentang mba2 kantoran.. iissshh gemesin banget ya.. belagu amat, untung di "isengin" sama mba tya :D

    ReplyDelete
  9. Petualangan Rapha dgn kereta dan trans jakarta, untung anaknya udah biasa diajak jalan-jalan dari bayi jadi anteng2 aja. Hebat Raphaaaa....!!!

    Btw Mbak Tya ketularan jahilnya anak2 murid didikannya deh, sempat-sempatnya ngerjain itu mbak2 kantoran. hihihi...

    ReplyDelete
  10. yaoloh itu mba-mba beneran minta dicabein banget deh mulutnya,tapi seneng ya liat rapha anteng gitu, berarti emang jiwanya petualang nih.

    ReplyDelete
  11. Wah, ibu perkasa ! Mantap !
    Saya masih ga berani deh buat begitu, kawatir, keder, rempong... ah...
    semasa single jg jarang naik kendaraan umum... nebeng temen dengan mobil terus :D hehehe... *memanfaatkan orang*
    Two thumbs up untuk Tya !
    Entar naik kuda ya biar bener2 kaya Xena :D

    ReplyDelete
  12. sok2 inosen ngelurusin kaki jadi dia dengan high heelsnya agak kesandung

    >> hahaha, good job bu! *ikutan evil smirk*

    ReplyDelete
  13. haduhh ga tahan deh pengen nyabein si mbak.. sama-sama perempuan ya kog gitu sih... *ulek cabe*

    ReplyDelete
  14. bareng yok naik CL & TJ nya. Ada anak kecil yang ributtt bener minta naik kreta naik bus *joget joget*

    ReplyDelete