21 May 2012

Yang harus disiapkan

ini request dari bumil temen kantor yang lagi mau belanja-belanja
hihi....

kalo daftar belanjaan printilan bisa diliat di sini dan di sini ya

nah yg sekarang mau dishare adalah soal obat-obatan nya.

selama hampir 16 bulan punya anak,
Puji Tuhan belum pernah ketemu penyakit yang ajaib.
so far sakitnya cuma batpil dan diare aja.

kalo kata Bunda Wati mah punya anak bayi santai aja,
stress tuh nanti kalo anaknya udah remaja n ngambek ga mau diajak ngomong trus ngunci diri di kamar :p



but still ya, feeling ibu nomor 1.
kalo memang 'sudah ga enak' langsung ke dokter aja.
yang namanya RUM pun bukannya anti obat kok,
tapi lebih ke arah penggunaan obat yg sesuai dosis dan keperluan.
*jiyeh yg rajin ikut PESAT*
*kibas poni*

okeh, ini dia list beberapa gangguan yang sering mampir ke bayi beserta obat-obat yg dipake Rapha ya, kalo kebetulan cocok ya bagus, tp kalo engga ya kita kudu pinter2 cari yg lain :)



1. biang keringet

hayooo ngacung siapa yg anaknya belum pernah kena biang keringet?
hihi di negara tropis ini kayaknya hampir semua bayi kena ya.
Rapha kalo ga salah usia 2 minggu udah merah2 semua lehernya, gegara lipetan leher ketutup daging dan udara bulan februari yang lagi terik-teriknya.
 buat ngatasinnya, prinsip saya coba pake produk yang murah dulu.
soalnya kalo terbiasa pake yg maal, nanti anaknya jadi high maintance, ga bisa kena barang murah
hehehehe....

setelah mencoba zwitsal, konicare dan johnson,
sempet juga nyobain samplenya kiehls (yg mana untungnya ga cocok, kalo cocok kan berabe juga ibunya belinya hahaha)
akhirnya Rapha punya 1 sahabat setia buat si biang keringet: Mothercare Liquid Talc


gambar dari sini


harganya 90 ribu, dan sampai sekarang 1 kemasan ini belum habis-habis juga, padahal dipake dari usia 4 bulan.
lumayan, pengiritan :)
*eh soalnya dipakenya cuma pas biang keringet aja, kalo pas engga sih ya ga bedakan doi*



2. ruam popok

ini juga 'penyakit' yang lumayan sering mampir di Rapha.
penyebabnya biasanya karena ibunya lupa stripping clodi *heuhe*
ato karena kelamaan lupa ganti popok dispo
*clumsy mom*

andalan saya sampe sekarang tetep si gel pengurang gatal konicare.
sudah coba beberapa merek, tapi rapha cocoknya sama konicare ini.
harganya kalo ga salah sekitar 10-12 ribu, tergantung tempat belinya :)

gambar dari sini


tapi kalo ruam popoknya lumayan parah,
biasanya saya kombinasikan dengan dettol sabun cair.
jadi pas mandi, air mandi saya campurkan dengan 1 tutup botol cairan dettol ini,
dan Rapha saya suruh berendam agak lama :p

jadi yes, 2 benda ini masuk dalam daftar belanjaan rutin bulanan :)



3. batpil

Rapha pertama kali kena batpil itu setelah 5,5 bulan,
pas masih full ASI mah honeymoon banget deh.
ayah ibunya batuk padahal tidur seranjang juga ga ketularan :p
dan berhubung panik karena nafasnya sampe sesk,
akhirnya dibawa ke dokter dan kena antibiotik deh
hikss...
batpilnya sembuh tapi trus lanjut diare deh
huhuhu...

akhirnya semenjak itu saya mikir-mikir dulu kalo mau ke dokter.
biasanya saya kasih masa observasi 7-10 hari.
selama makannya masih bagus, anaknya ceria-ceria aja,
ya saya cuma boost imun sistemnya aja
pake buah2an tinggi vitamin C dan jemur-jemur tiap pagi supaya virusnya mati.

tapiiiii kalo batuknya mayan parah,
saya nyerah sama baby cough ini :)



gambar dari sini

iya sih ada CTMnya, bikin anak ngantuk,
dan di pesat justru diajarin kalo penurunan kesadaran bisa jadi kegawatdaruratan pada anak.
makanya saya selalu pantau kalo mau minumin obat ini.
*ga tega bok denger batuknya, kita aja klo batuk dikit langsung neggak OBH bukan?*
*alumni PESAT yg gagal*

selain itu selama batpil, ngalah deh tidur ga pake AC,
trus kamar diuapin pake minyak kayu putih konicare,
dan bagian leher, dada dan punggung Rapha diolesin transpulmin

kalo hidungnya mampet, andalan saya si breathy.
pernah sih nyoba sterimar, tapi rapha semacam trauma sama semprot hidung ini,
kaget kali karena semprotannya terlalu kenceng.

dan oh ya,
kalo lagi batpil, pasokan cairan itu penting ya,
untuk membantu mengencerkan dahak.
jadi pastikan anak banyak minum selama batpil ini.

selain itu, ada baiknya cari penyebab batpil anak.
kalo anak udah sekolah, biasanya sih karena ketularan temen sekolahnya
heuheu
tapi saya juga ga mau nyalahin anak orang.
kalo imun anak kita bagus, ga akan ketularan kan? :)
jadi berhubung ga bisa jambak2 orang lain,
mending anak kita aja yang diurusin :p


kalo Rapha, udah jelas nurun bapaknya, ga kuat debu.
jadi rumah kudu bersih.
sprei kudu seminggu sekali diganti,
mobil kudu 2 minggu sekali divakum,
playmat2nya 2 minggu sekali dicuci dan dijemur
lantai rumah 2 hari sekali harus dipel
carseat dan stroller biasanya sebulan sekali dijemur dan 6 bulan sekali dilondri.
AC 6 bulan sekali dibersihin.
sofa 6 bulan sekali dicuci.


Agak high maintenance doi kalo soal kebersihan :)
debu sedikit, langsung deh idungnya meler.....
untung ada mbak ita the assistant,
jadi nyonyah bisa ongkang-ongkang kaki
heuheu....



4. diare

pertama kalinya Rapha diare karena antibiotik.
awalnya ga ngeh, tapi pas ditanyakan waktu PESAT, ternyata iya.
beberapa jenis antibiotik bisa mematikan bakteri baik di perut bayi dan akibatnya adalah diare.

kalo diare, yang paling penting adalah anak ga dehidrasi,
jadi pastikan pasokan cairan banyak.
dan juga disarankan minum ORALIT,
tapi saya belum pernah kasih.

selama ini 2 kali diare (satunya lagi karena ngasih UHT...heuheu)
saya kasihnya Lacto-B,
isinya adalah biakan bakteri perut.
jadi bukan untuk menyetop diarenya,
tapi untuk menambah pasokan bakteri baik supaya bisa melawan penyebab diarenya.

again, patokan saya adalah kondisi anak.
kalau memang anak ibu-ibu sudah lemas atau ada darah dalam pupnya,
udah pasti ah kudu ke dokter.




nahh...semoga membantu para bumil ya...
jadi mending uangnya disisihkan untuk membeli barang-barang ini dibanding barang2 yang kurang kepake nantinya.
dan semoga semakin membuat para ayah semangat mencari nafkah,
dititipin anak loh ini,
ga bisa mandek gitu aja
*wink*


untuk menutup postingan ini, saya mau mengutip kata-kata dr. waty,
kalo ga mau repot, ya jangan punya anak :)

sekian dan semoga tercerahkan... :p


3 comments:

  1. emang segala ilmu hasil seminar dan browsing, aplikasinya teteup ya harus liat kondisi anak. Kalo orang bilang repot, ya terserah ya mba. Lah kita yang ngejalanin aja ikhlas-ikhlas aja, situ tinggal liat kok rese hehehehehe...

    ReplyDelete
  2. NAH !
    kalo baju2 printilannya, apakah jumlahnya yak ?
    diriku semakin liat list orang, semakin bingung apakah yg perlu. wuahahahaha.. takut beli kebanyakan jadinya mubazir :P *emakirit* :P

    ReplyDelete
  3. wah memang harus siap semua deh hihi :)

    ReplyDelete