30 May 2012

Mbak Kok Ga Pernah Posting Resep Lagi?

... hihi sejak hamil ini saya mabok ke dapur makkkk....
apalagi kalo kudu nyampurnyampur dan nyiumnyium segala macem bumbu,
hadeh bisa tambah mual deh.

makanya 3 bulan terakhir ini ke dapur cuma untuk nyiapin yg simpel2 aja macam telur dadar dan ofkors indomie rebus.
heuheu......

untungnya makannya Rapha sudah ngikutin menu kita.
eh salah, menu kita deng yang ngikutin menunya Rapha :)
jadi segala sesuatunya bisa didelegasikan ke teteh.
nyonyah besar tinggal tulis menu mingguan dan kasih uang belanja :p

belanja mingguan dan beras pun ternyata sekarang mulai harus ditambah.
Raphael di usia 16 bulan ini porsi makannya beda tipis sama orang dewasa.
untuk ayam goreng, dia bisa habis 1 potong paha bawah sendiri sekali makan.
hihi gembul yah....
belum lagi buah-buahan macam jeruk dan jambu merah favoritnya,
udah pasti harus siapin 1 buah utuh untuk sekali cemilannya.



jadi maaappp ya buibu,
untuk sementara saya ga masak-masak dulu :)
demi kemaslahatan bersama.


lalu untuk pengaturan menunya gimana?

biasanya dalam satu hari saya cuma minta teteh siapin 1 jenis sayur berkuah dan 2 jenis lauk.
satu protein hewani dan satu lagi protein nabati.
plus 1 jenis buah dan yoghurt atau biskuit untuk cemilan.


kalo untuk menunya, biasanya cuma kayak begini:

makan pagi: nasi + sayur bayam jagung + ayam goreng
cemilan pagi: jus jeruk
makan siang: nasi + sayur bayam jagung + tempe goreng
cemilan sore: yoghurt / biskuit / roti
makan malam: oatmeal pisang keju


hihi kurang variasi yah,
abisnya ga sanggup kalo harus nyiapin 2 jenis sayur dalam sehari,
kasian teteh juga masaknya.

yang pasti dalam seminggu Rapha harus makan ayam, daging merah, ikan dan telur untuk sumber protein hewani.
kalo untuk nabatinya biasanya cuma tempe dan tahu.

sayurannya so far dia suka semua yg dimasak teteh :)
dari mulai sop, cah sawi, tumis kangkung, bayam bahkan sayur asem pun doyan
hihi....

untuk daging merahnya, Rapha udah mulai kenalan sama daging has dalam atau senkel.
no longer daging cincang.
biasanya dagingnya dibikin semur atau opor atau empal
trus nanti sebelum makan disuwir2 dulu.

kalo ayah ibunya lg pengen makan pedes,
terpaksa bikin menu 2 in 1 deh.
jadi ayam atau dagingnya dimasak dengan 2 bumbu yg beda,
yang satu dibikin rendang, sisanya dibikin opor.
dua-duanya sama dapet keinginannya :)


Puji Tuhan anaknya makannya gampang.
sampe2 ibu-ibu komplek mendaulat saya buat bikin demo masak MPASI sehat
heuheu *hidung kembang kempis*


tapi serius kalo ditanya resepnya gimana supaya anak makan gampang,
saya juga ga tau loh.
mungkin karena kebiasaan Rapha sehari2 liat ibunya makan molo *haha*
jadi itu semua terekam dalam memorinya
iya ga sih?

soalnya kalo dari segi variasi menu,
kayaknya ya makanan Rapha selama ini ya gitu2 aja,
ga sophisticated juga.
jadi suka bingung kenapa dia hobi bener makan
*ngaca*

but eniwei, disukuri aja kali ya.
walopun terkadang ada sih masa-masanya susah makan.
biasanya kalo lagi teething ato mau pilek.
nah kalo udah begini saya ga mau pusing deh,
cream soup pizza hut atau vegetable soup KFC selalu jadi andalan
hahahahaha
*bubar lah pencitraan ibu sempurna*


tapi mungkin satu tips saya,
ada baiknya kulkas kita banyak diisi buah-buahan.
jadi bisa aja saat iseng anaknya buka kulkas trus nyomot anggur atau jambu trus biasanya dimakan tuh.

ga ketinggalan toples-toples di rumah diisi dengan kue-kue kering jd si anak bisa sambil main sambil iseng ngemil

dan oh ya,kalo di rumah selalu sedia roti tawar atau roti gandum,
jadi tiap saat bisa dicemilin juga.


iya sih budget belanja makan jadi banyak,
tapi apa lah astinya sama kesehatan anak?
toh kita capek2 nyari uang jga buat anak kan? :)

oia, buat ibu-ibu yang bingung bikin cemilan sehat buat anak,
Mama Koki Handal bikin kelas kece lagi loh...
infonya bisa diliat di sini ya

samapi ketemu di sana ya mamaaaa....

2 comments:

  1. mak, dikau adalah favorit eykeh dlm bidang per-resep-an deh. akupun rindu postingan resep2 mpasi-mu dan sdh nge-save semua resep yg terdahulu, wkwkwk... kecian amat kesannya suami gw dikasi makan menu mpasi... lah tapi enak dan sederhana cara bikinnya...

    sehat2 senantiasa ya bumil. para fans Dapur Priyandito akan sabar menanti :D

    ReplyDelete
  2. hahaha tengkyu ya mak,
    eh laki gw juga makan menu2nya Rapha kok dan sehat2 aja
    *padahal emang malas masak 2x*

    sip sip nanti mudah2an kalo udah agak enakan pasti balik ke dapur lagi...

    ReplyDelete