22 March 2012

Sushi

... jadi-jadian :))

hahaha sumpah ini maksa bener judulnya, tapi ya berhubung enak-enak aja jadi ya terus-terus an bikin deh.

------

saya cinta sushi, udah jelas.

sampe sempet beberapa kali ketemu temen-temen pembaca blog ini di sushi naga saking seringnya saya ke sana.... heuheuheu....

tapi dpikir-pikir, kalo nurutin hobi makan ini, bangkrut juga ya bok.
sekali makan bisa 100 ribuan, kalo seminggu bisa 2 kali ke sana, walah yah lumayan juga ya....
*apalagi kalau mengingat uang pangkal playgroup santa ursula yang 17 juta itu*
rasanya jadi ga ketelen sushinya....

yowislah akhirnya mulai belajar untuk bikin sushi sendiri.

pertama-tama tentu aja nyiapin bahan-bahanya.
semua-semuanya saya ngikutin yg dipake di sushi naga, supaya rasa rindunya terpuaskan :)



norinya kalo ga salah harganya 17 ribu untuk 10 lembar.
kalo bubuk cabe n mirinnya ada di giant (lupa harganya)


untuk bahan-bahan lain, saya pake yang ada aja di rumah :)
kayak contohnya vinegarnya.
harusnya pake vinegar khusus sushi,
pernah liat di hero harganya sekitar 50 ribu an,
tapi berhubung inget di rumah masih ada cuka, dan pas dicium aromanya sama-sama aja,
jadi emmutuskan untuk pake cuka aja
hahahaha....

berasnya juga harusnya beras khusus sushi,
but then again, karena si teteh setiap hari masak nasi sudah lembut2 lengket gitu,
jadi ya pake itu aja :)


cara buat:

1. campurkan 1 sdm cuka dgn seujung garam dan gula. aduk rata
2. siapkan nori, letakkan nasi sampai 3/4 bagian terisi
3. siram dengan campuran cuka tadi sampai merata
4. letakkan isian (bisa salmon, crab, dll) *kalo saya sih pake telor dadar* LOL
5. berikan mayonais sesuai selera
6. gulung sampai padat
7. potong 2 dgn pisau yg diolesi air, supaya ga pecah nasinya


nah, untuk gulungan ini sbenernya ada gulungan khusus pan ya,
tapi eke ga punya jadilah gulungnya ara barbar aja... haha....

rasanya?
yahh lumayan lah untuk mengobati sakaw sushi malam-malam :)

6 comments:

  1. hihihi... minggu lalu gw jg coba bikin sushi model gini bu... samaaa gw juga males beli vinegar yg jepun punya itu, kan mahal ya bo *emak medit* jadi gw pake cuka biasa aja, cuma nasinya bikinnya gw campur nasi biasa ama beras ketan dikit biar rada lebih lengket. isiannya gw pake salmon ditumis pake butter aja. Nah pas ngegulungnya kan karena gak pake alas bambu itu bentuknya jadi abstract tuh, mencong kesana kemari, tapi gak papa dueh yang penting sedikit mengobati sakaw sushi hehe...

    ReplyDelete
  2. ahahaha toss ah!
    lumayan kok ya rasanya pake cuka biasa juga :)

    besok gw mau coba bikin pake salmon ahhh...

    ReplyDelete
  3. ahahaha toss ah!
    lumayan kok ya rasanya pake cuka biasa juga :)

    besok gw mau coba bikin pake salmon ahhh...

    ReplyDelete
  4. Ty, si cukanya itu yg bikin nasi jd lengket2 dan nempel bgt..klo gue pk beras biasa aja ga usah beras jepang, tp pk cuka itu hihihi

    ReplyDelete
  5. @ochels
    *angguk2* ohhh jd memang si cuka wajib bgd ya....

    ReplyDelete
  6. Serius yah Tya...keren banged and emang bu ibu Kreatipppp 10 Jempol and standing applause

    ReplyDelete