22 March 2012

Penne Saus Bolognaise

Resep ini terinspirasi sama duo saus saktinya @rainiw_
buat ibu-ibu yg ga mau ribet nyiapin menu tiap saat, kayaknya saus ini jadi jalan keluar yang ciamik deh *bahasanyaaa....*

minggu kemarin saya nyobain bikin saus tomatnya, tapi sekalian saya tambahin daging cincang dan rasanya enak loh, beda tipis sama Prego :)


Bahan saus bolognaise:

1 siung bawang merah
1 sdm garlic powder
1/2 sdm minyak zaitun
2 butir tomat merah matang, buang bijinya
1/2 wortel sedang
1/2 sdt tepung maizena (optional)
1 sdm daging cincang *sesuai selera sih, mau lebih jg lbh enak lagi :p*
garam, merica, oregano secukupnya

*untuk menu mpasi di bawah 1 tahun, ga pake garam ya buibu...*




cara membuat:

1. kukus wortel n tomat, lalu blender bersama
2. tumis bawang merah sampai harum, tuangkan garlic powder dan daging cincang
3. tumis daging sampai berubah warna
4. masukkan puree tomat-wortel
5. tambahkan miyak zaitun, garam, merica dan oregano
6. kalau kurang kental bisa tambahkan tepung maizena dan air secukupnya
7. atau kalau mau pake cream cheese juga bisa :)


nah, kalo udah punya stok saus-sauasan macam ini, tinggal nyari sumber karbo n seratnya aja deh :)

berhubung di rumah adanya penne, jd kmrn saya rebus penne ini (diganti makaroni jg bs) plus buncis yg dipotong2 kecil2 (maksudnya biar ada sayurannya gituh :p).


stelah pennenya empuk, lalu siram deh sama saus ini.

anak lahap, ibu bahagia :))


selamat mencoba!!!!

3 comments:

  1. Mbak itu 1 resep sausnya buat berapa kali makan? Masak pasta itu emang paling yahud yah praktisnya. Cuman anakku endonesah banget deh, demen bgt nyemilin nasi (tanpa lauk!) -____-

    ReplyDelete
  2. 1 resep saus buat berapa kali makan mbak? Pasta2an emang paling yahud ya praktisnya. Cuman anakku nih endonesah banget, paling demen nyemilin nasi thok thil. Dikasih makaroni keliatannya lahap, ternyata cuma diemut trus dilepeh -____-

    ReplyDelete
  3. @jane
    halo, 1 resep itu aku utk 2 x makan mbak, tapi utk besokannya, jd yg utk penne ini cuma kuambil separuhnya trus sisanya masukin kulkas

    ReplyDelete