6 March 2012

Cooking Essentials

gegara hari ini bawa bekel chicken wing yang endeuss beratsss *deuuu memuji masakan sendiri*
(yang ternyata cuma direndem aja di saus barbeque *thank u meta*)
saya jadi ingin bagi-bagi rahasia apa aja sih yang wajib punya buat bahan perang di dapur supaya setiap perempuan jadi nampak seperti chef FQ gitu loh


ini chicken wingsnya cuma direndem di saus barbeque semaleman, 
trus paginya dipanggang di hepikol pake minyak zaitun 1 sdm ajah. 
Rasanya? beda tipis sama chicken wings pijahut :)))



apalagi pas baca tulisan ira di sini, jadi makin mantablah saya, bahan-bahan perangnya ga beda jauh euy sama suhu masa-memasak :)))


OK, here's my version:




sampe hari ini saya belum bisa ngulek, jadi ya memang ngandelin banged bumbu-bumbu kering macam begini :)


yang paling kanan itu bumbu ayam goreng. paling suka merek kokita ini.
untuk ayam 1 ekor, biasanya saya cuma pake 2-3 sdm n 500 cc air.
diungkep sekitar 30 menit dan masukin kulkas deh.
besokannya kalo mau makan, tinggal goreng ajah :)
*kalo pake panci presto katanya ngungkepnya cuma 10 menit loh!* #kode

oh ya bumbu ayam goreng ini juga bisa dipake jadi bumbu nasi goreng.
ambil aja 1 sdm, tumis sebentar trus masukin nasi n bahan2 pelengkap macam sosis n telor, jadi deh nasi goreng ayam :)


di sebelahnya itu bumbu bolognaise prego.
ini biasa saya pake untuk bikin saus bolognaise n saus pizza.
next week akan coba bikin lasagna pake saus ini ah, katanya enak juga :)

di sebelahnya prego ada saus barbeque del monte.
nah inilah yang saya pake buat ngerendem si chicken wings.
untuk 10 ekor chicken wings, saya pake 3 sdm saus ini.
bahkan kata meta buat ngerendem daging steak juga enek loh, jd nanti tinggal panggang aja n taburin black pepper! nyammm....

di sebelahnya lagi ada olive oil, yg virgin n yg light.
kalo ini buat campuran masakannya Rapha.
jadi utk yg goreng2an saya pake yg light, kalo utk campuran skutel ato tim apapun, saya pake yg virgin.


sebelahnya lagi ada kecap n teh tubruk. stok kalo para orangtua dateng.
saya dan suami sih senengnya teh celup prendjak :)


kalo di rak kedua ini, diisi sama gula, garam, thyme, baking soda, baking powder, ketumbar bubuk dan garlic powder.
yang terakhir ini must have banged deh, menghemat waktu buat ngupas n nyincang bawang putih :)
1 siung bawang putih kira2 setara dgn 1 sdt garlic powder ini.


nah kalo di rak paling atas isinya minyak wijen, minyak ikan n kecap inggris. jarang dipake sih, seringan teteh yg paham kalo ini hahaha....
selain itu ada bubuk kunyit, bubuk kayu manis, oregano, lada hitam, lada putih dan segala bumbu dapur yg udah digiling :)

oia, selain bumbu2 di atas, yang wajib punya juga adalah bumbu rendang, bumbu rawon n bumbu sotonya Bamboe :)

kalo nanti pindah ke luar *ngayal boleh dong* semua benda2 ini udah pasti masuk koper :))



kalo untuk bahan-bahan basahnya, ini yang wajib ada di kulkas


telur, keju cheddar, keju oles, krim keju, sayur, buah dan box-box berisi bahan2 makanan yg sudah diolah dan teteh tinggal goreng ato angetin ajah.


gimanah?
udah nampak seperti astri nugraha cabang serpong belum?
#pencitraan

hahaha...

16 comments:

  1. Wajib bookmark ini ;p
    Kemana aja selama ini capek bener mo bikin ayam goreng aja mesti kupas2 bwg dulu, blender2 bumbu, repot. hiks3x...

    Btw tehnya samaan kita, teh prendjak rasanya mirip sama teh naga dari Malang. Oiya mau ke Malang kan? cobain teh naga deh, enak bgt, tapi seduhan, yg celup gak tau ada apa enggak :D

    ReplyDelete
  2. Astaganaga....
    Teh prendjak ???
    Teh biasa aja tanpa promosi gede
    Tapi yang suka kok banyak yaaaa
    Kami juga :D
    Keluarga di Jateng & di Sumsel juga suka !!

    Blum coba bamboe, enak yah ? coba de kapan2 :D

    ReplyDelete
  3. @mbak asty
    ya ampyunnn mbakk rajin amat2 mbelnder bumbu, aku sih udah nyerah deh
    hihi...
    teh naga yah? sip well noted, past dicari :)

    ReplyDelete
  4. @susan
    the prendjak enakkk.... anget2 sambil makan pisang goreng.... surga deh...

    bamboe sama munik beda tipis rasanya, tapi lebih murah bamboe jd ya udh jelas gw beli bamboe :)))

    ReplyDelete
  5. kl gw sich buat cabe, bwg merah & bwg putih ngeblender langsung buat seminggu gt ty, masukin kulkas.di pasar, ada juga yg udah jual udah di kupas / udah di blender sich.

    kl buat bumbu2 masak gt, kl di pasar sini, ada yg jual, jadi tinggal bilang mau bumbu ayam / bumbu gulai, udah dikasih dech yg versi halus kayak bumbu merk2 itu...

    ReplyDelete
  6. Selama ini suka heran sama ibu2 yang pulang kerja tapi tetep sempet masak, hoho ternyata rahasianya bumbu2 bubuk itu ya. Boleh dicoba nih kapan2. (baca: klo pas eling masuk dapur).
    Btw prenjak juga fav keluarga ku lho, ternyata banyak juga yang suka.
    Tfs ya.

    Ressy
    *ibu2 ga bisa masak*

    ReplyDelete
  7. mba tya udah pernah coba prendjak yg bubuk (bukan celup)? itu lebih endang lagi kalo dibikin es teh> manstap!

    ReplyDelete
  8. @netta
    beuhh enak tuh kl ada begitu, lbh seger daripada bumbu kering ginih...

    trus bisa pesen pedes engganya juga kan ya....


    @ressy
    hahaha kita para perempuan pekerja yg juga ratu dapur ini kudu pinter2 nyari cara curang buk....hihihihi.....


    @bunda karin
    aisshhh beli di mana itu ya prendjak bubuk? di sini banyaknya jugal yg celup

    ReplyDelete
  9. Yayyyy enak ya ty...effortless abis. Gw jadi keterusan nih, sering bikin ginian. bikin chicken wings sama daging steak, hihi

    toss juga teh Prendjaknya...the best murmer tea :D

    ReplyDelete
  10. @meta
    ayo dong met berikan resep2 mudah lainnya, jadi aku contek lagi :)

    ReplyDelete
  11. aku dulu suka beli di pasar klender-jaktim(jauh banget kalo dr rumah mba tya hehe..) soalnya di tempat lain belum pernah nemu.
    skg aku dah pindah ke jogja bisanya nitip.

    btw kapan2 kalo ada yg ke jogja dan bisa kutitipin nanti aku kirimin buat mba tya. beda banget rasanya sama yg celup, enak yg seduh :)

    ReplyDelete
  12. ahaha syippp... juni ini aku ke yogay...ketemuan yuksss....

    ReplyDelete
  13. hayukkss..ada sodara di kalasan kayanya yah? aku di ngasem, selomartani.
    asyikk bisa ngenalin karin ke mas ganteng :)

    kalo mau minta pin bb boleh?

    ReplyDelete
  14. hayuk hayuk...
    kayanya mba tya ada sodara di kalasan yah?
    aku di selomartani.
    asyiikk karin bisa kenalan sama mas ganteng:)

    kalo minta pin bb boleh?

    ReplyDelete
  15. iyahh merutuaku di kalasan :) minta emailnya boleh mbak? pin bb nya saya kirim via email aja yaaa... :)

    ReplyDelete