21 February 2012

Kelas Kece - Milis MPASIRumahan

mumpung agak longgar di kantor, mau coba sharing soal kelas kece nya milis MPASI Rumahan hari minggu kemarin ah...

temanya 1000 hari periode emas kecukupan gizi untuk tumbuh kembang anak secara optimal oleh ibu Maria Phan.

tsaahhh...

kenapa 1000 hari?
karena ternyata pemenuhan gizi anak itu sudah dimulai dari awal kehamilan loh.
trimester satu, yang lagi berat2nya munti2 itu...
hihi....


lucky me i guess, saya muntah cuma 4 kali di awal hamil,
mual cuma sebulan pertama,
sisanya tancap gas
*dan sekarang kebablasan*
hahaha....

jadi ya kehamilan kemarin memang tidak terlalu terasa berat.




satu hal yang bisa saya ceritakan mungkin cuma ini:
*mudah2an bisa membantu*

alam bawah sadar itu berperan besar kan yaaa, nah berhubung SENANG sekali yah dikasih hamil kemarin itu, jadi dari awal sudah setel pikiran kalo ANAK SAYA HARUS SEHAT DAN BISA DILAHIRKAN.


kalo lagi kumat mualnya, yang mana bayangin makanan aja males yah,
langsung saya ambil napas panjang.
merem sebentar di kantor,
sambil mikir makanan apa yah yang saya suka.


jujur waktu awal hamil saya ga maksain makan makanan sehat seimbang bergizi tinggi sesuai MyPlate.Gov (haha),
yang penting ada yang masuk perut dulu.


jadi ya gituh,
tiap bangun tidur langsung bikin list makanan yang mau dimakan hari itu.

yang mana dulu saya super eneg liat nasi,
jadi tiap hari sarapannya roti,
nah isinya kan saya suka banged burger kan, sama telor n salami.
so ya udah itu terus yang dimakan
hihihihi....


begitu udah masuk 5 bulan,
udah mulai stabil, baru deh makan nasi pake sayur berkuah.
5 bulan pertama itu mah demennya sayur pake mayonais n thousand island
haha


bangkrut.... udah pasti.
budget bulanan larinya ke makanan semuanya :))


tapi kalo sekarang ngeliat sehatnya Raphael,
jadi ga menyesal gaji kami larinya ke Pizza Hut dan Sushi Naga dan kedai Genji Shabu di pasar modern bsd
heuheuheu....


eh iya, coba deh bumil-bumil yang eneg an,
cobain makan shabu,
seger banged loh di mulut...
dulu saya kalo malem2 mulai pait mulutnya
pasti langsung ajak suami makan shabu di pasmod ini.
ada sayurnya jugaa
dan abis itu langsung berasa enak mulut dan perutnya
*iyee krn abis makan shabu lanjut beli es podeng, sate padang n martabak*
huahahahaha.....


eh ini mau ceritain kelas kece kok panjang bener intro nya


nah, balik lagi ke kelas kecenya

*btw baru tau kalo kece = kekuatan celemek, kirain karena moderatornya kece-kece*
*apeuuuuu...* :))))


ini garis besar jumlah kecukupan gizi anak berdasarkan usia ya:

6-8 bulan: 425 kkal ASI + 200 kkal mpasi
9-11 bulan: 379 kkal ASI + 330 kkal mpasi
1-2 tahun: 346 kkal ASI + 540 kkal mpasi


di mana 100c asi itu setara dengan kira-kira 70 kkal.
dan dari jumlah kalori mpasinya, 50% nya adalah karbo ya...


nah sekarang gimana sih kita tau jumlah kalori dari ukuran rumah tangga yang kita pakai sehari2?

kalo untuk karbohidrat, ukuran yang saya tulis di bawah setara dengan 175 kkal ya.

4 sdm nasi
2 buah kentang ukuran sedang
6 sdm havermouth


nah, jadi untuk anak umur 1-2 tahun, dalam sehari bisa makan 8 sdm nasi udah cukup kok buibu buat kebutuhan karbonya :)
*lap keringet*


oia kemarin itu juga dikasih contoh menu cukup nutrisi untuk anak 1-2 tahun dalam 1 hari.

sarapan: nasi/bubur + omelete bayam
cemilan pagi: smoothies pisang yoghurt
makan siang: nasi +sayur bening bayam labu parang + lauk hewani
semilan sore: bola-bola ubi kukus
makan malam: nasi/bubur + sup labu parang-ubi


HAHAHA STRESSSS banged ga sihhhh.....

aslik saya mah ga sanggup masak sewarna warni gitu
malah kecenderungannya Raphael over karbo-kurang sayuran


tapi kata ibunya sih selama kenaikannya oke, masih masuk dalam grafik, anak sehat dan ceria ya ga masalah.

cuman saran dari si ibu pembicara, setiap mama harus lebih kreatif lagi dalam memvariasikan makanan supaya metabolisme tubuh anaknya lebih bagus lagi.
JLEBBB.....


hihihi Pe eR banged yah nyiapin makan anak..

but then again,
ini salah satu bentuk investasi yang tiada habisnya.

anak makan sehat, badannya kuat, prestasi di sekolah bagus

dahh...cukup deh kalo buat saya mah...

ofkors sambil ga lupa kecukupan psikisnya yah.

sering diajak main,
diajak doa,
dibacakan buku cerita

rasanya puas kalo bisa melakukan itu semua.

ga mau menyia-nyiakan ah udah dikasih kesempatan jadi ibu :)



nah, balik lagi ke materi kelas kecenya,


kalo untuk anak 7-8 bulan, dengan jumlah 200-250 kkal per harinya,
ini contoh takarannya yah:

5 sdm tepung beras (100 kkal)
2 sdm kacang hijau rebus buang kulit (60 kkal)
1 butir kuning telur (30 kkal)
1 sdt teh minyak zaitun (40 kkal)
1/2 pisang/apel/pear/jeruk (20 kkal)


9-12 bulan (300-350 kkal/hari):

5 sdm nasi (200 kkal)
sepotong kotak korek api ayam (60 kkal)
separuh batang wortel (0 kkal)
1 sdt minyak zaitun (40 kkal)
1-2 pisang/apel/pear/jeruk (20 kkal)


1-2 tahun (550-600 kkal)

makan pagi:

2 sdm nasi (100 kkal)
ayam sepotong kotak korek api (80 kkal)
separuh batang wortel (0 kkal)
1 sdt minyak zaitun (40 kkal)


cemilan pagi:

1-2 potong pisang/apel/pear (20 kkal)


makan siang

2 sdm nasi (100 kkal)
ati ayam sepotong kotak korek api (45 kkal)
tempe stengah kotak korek api (40 kkal)

cemilan sore:

buah (20 kkal)


makan malam

sepotong kecil ubi merah (100 kkal)
1 sdm kedelai rebus buang kulit (30 kkal)
bayam (0 kkal)
1 sdt minyak zaitun (40 kkal)


pe er saya tau,
apalagi kalo disambi kerja dan jauh dari orangtua
ditambah ga ada yang bantuin
mana sempet nyiapin segini banyak.


hehehe...
pelan-pelan aja kali ya bu...
ga usah pressure juga.

saya juga baru mau mulai variasi in warna makanan nih,
kayaknya selama ini sayurannya cuma wortel n brokoli aja.

makanya minggu ini baru mau coba bayem merah dan sawi :)
mudah2an anaknya suka.



huaaaa...

such a long post yah....


seneng sih soalnya, jadi pengen berbagi sama ibu-ibu yang lain

mudah-mudah an dapet pencerahan, sama kayak saya kemarin.

jadi bisa memperkirakan menu makannya Raphael,
supaya ga overweight tapi tetep dapet gizi yang cukup.


Thanks a lot ya milis MPASI Rumahan,
sering-sering bikin kelas kece dong biar makin banyak ibu-ibu yang tercerahkan :))


oia ada rikwes dari temen,
kapan nih bikin kelas kece di bandung? *wink*

10 comments:

  1. tya, sama banget deh. gw juga muter di brokoli n wortel karena awet disimpen di kulkas hihi..

    tampaknya hrs nambah macem2 sayur biar anaknya doyan sayur yg lain

    ReplyDelete
  2. anakku juga selama ini paling sering makannya wortel n brokoli. lauk dll juga ga bervariasi itu2 doang.
    tapi untungnya anakku suka sayur bahkan pernah aku kasih pare n dia doyan aja tuh, mungkin karena mamanya dulu pas hamil hampir tiap hari makan gado2 di kantor :). selain wortel ,anakku amat snagat doyan sama tempe, ga pernah bosen2. kalo lagi aga susah makan tinggal gorengin tempe dan langsung makannya banyak banget.
    Dan untungnya lagi dia ga suka sama makanan kaya sosis, nugget, kornet, n juga makanan ber-msg (kdg sama orang rumah suka dikasih tp selalu sukses dilepeh sama anakku).
    dulu aku bertahan masak khusus tanpa gulgar sampe 16 bulan. sekarang udah makan kayak mama n papanya :)

    ReplyDelete
  3. @yustine
    tossss.... abisan gw suka males beli sayur yg cuma tahan 3 hari... blehhh kan suka ga sempet masak pan kalo wikdeys yah.... :))


    @tari
    hihihi deo pinter yahhh...
    Rapha baru kenalan sama tempe goreng baru tadi pagi nih, mudah2an doyan juga yaaa

    ReplyDelete
  4. ya oloh mamaakkk..
    rempong juga bok yes buat siapin makan anak :O
    numpang nyolong ilmu yeh :P

    btw, ituh ide makan pas trimester 1 nya kayanya berguna juga nih buatku sekarang. secara masi munti2 kagak karuan T_T si bocah cuma demen makan yg berkuah2.. kering2 dia lepeh mulu, emaknya yg sakit tenggorokan munti2 >.<

    genji shabu sebelah manaan sih ?

    ReplyDelete
  5. OMG, beneran 2 thn makan siang cuma butuh 2 sdm nasi?? gue jadi legaaa deh.. Zahra soalnya kadang2 susah makan, cuma mkn 2x tp sekali makan belasan suap sih.. TFS tya

    ReplyDelete
  6. Mba tya...numpang baca review kelas kece nya ya...bermanfaat banget...aku ijin nyetak buat panduan MPASI anakku kiara ya...
    terima kasih

    ReplyDelete
  7. boleh nanya ya mbk :). itu maksudnya 2 sdm, sendok makan ukuran baby atau ukuran kita ya? hihi, pertanyaan dodol ya, tapi beneran bingung sayanya :(

    ReplyDelete
  8. @grace
    hooiii bumilll...puas2in makan banyak yak, mumpung punya excuse: kan lagi hamil! hahahaha.....


    @iti
    yoih ti :)

    @Mita
    ur welcome:) happy to help

    @fie
    2 sendok makan nasi kita mbak, lumayan banyak kok anak bisa makan segitu :)

    ReplyDelete
  9. mbak kalo lagi hamil bukannya ga boleh maam sayur mentah sama mayonaise, secara dari telur mentah?
    CMIIW

    ReplyDelete
  10. haha aku bismillah aja say,sofar ga kenap2 selama sayurannya dicuci bersih

    ReplyDelete