9 February 2012

Benda paling berharga - Setahun terakhir

berhubung sudah resmi setahun jadi emak-emak,
saya mau coba list benda-bendapenting apa aja yang wajib punya yah

1. perlengkapan per ASI an

buat saya, ini benda paling penting yang WAJIB dipunya ibu-ibu hamil.
bener deh, prioritas utama belanjaan setelah 7 bulan adalah breast pump dan printilannya.
waktu itu saya beli di usia kandungan ke 8.
lumayan bisa buat pijit-pijit PD, jadi seminggu sebelum lahiran ASI sudah keluar :)
jadi untuk urusan per ASI an ini, yang paling berjasa adalah:

a. breast pump medela harmony dan swing
b. cooler bag merk igloo (beli di ACE)
c. blue ice (di ACE juga)
d. botol-botol kaca penampung ASI
e. sterilizer

hihihi, ini budgetnya kisaran 600ribu - 2 jutaan.



MAHAL?
ga juga ah...
meskipun cuma bisa kasih ASI full ke Raphael selama 5,5 bulan, tapi efeknya jangka panjang banged loh.
selama setahun kemarin, baru sekali Rapha ke dokter karena batuk berdahak hampir 2 minggu :)
sisanya?
kalo pilek2 dikit mah cukup dihajar ASI aja, jemur, dan 3 hari biasanya sembuh.
Puji Tuhan banged.

hemat biaya ke dokter yang sekali dateng bisa 500 ribu an kan :)


2. perlengkapan per MPASI an

masa-masa MPASI Raphael juga jadi masa yang menyenangkan banged.
bisa dibilang hampir semua yang disiapkan, dilahap dengan tandas :)
kalo boleh jujur sih,
hihihi itu karena pemberian ASIPnya dibatesin, jadi mau ga mau dia makan banyak kan...
yah namapun e-ping yak, jadi stok terbatas dong..
ASIP cuma bwt tidur malem aja, jadi siang ya terpaksa makan banyak supaya kenyang (smile)
*kalo kepaksa banged siang dikasih sufor, tapi itu juga diencerin, yg harusnya 1 sendok utk 30cc air, dijadiin 1 sendok utk 50cc supaya ga kenyang susu :p*


nah, alat-alat yang berjasa selama masa awal MPASI ini:

a. munchkin food grinder
b. slow cooker
c. blender
d. feeding set
e. food storage set

nah, kalo saya, ini kebanyakan kado hehe... jadi lumayan banged...
kalo ditotal kira-kira 1 jutaan lah...

but then again, nyiapin makan sendiri buat anak juga investasi yang ga kalah penting loh.
mending ga beli tas tapi bisa beli buah2an n daging segar tiap minggu kalo saya :)

kita jadi tau detail gizi yang masuk ke anak.
dan lagi, berhubung ASIPnya mirit-mirit, jadi mau ga mau saya pol-pol an ngatur makannya Rapha, supaya ga gampang sakit.

tiap hari pasti saya jejelin kasih buah yg tinggi vit C macam jeruk, kiwi atau mangga.
lumayan buat antioksidannya.

aturan no gulgar, walopun setelah 11 bulan mulai bandel :),  juga lumayan ngaruh sampe sekarang rapha udah table food.
dia ga terlalu doyan yang manis-manis,
jadi pernah dikasih permen tanpa sepengetahuan ibunya,
tapi langsung dilepeh sama dia :)

kalo aturan lain-lainnya saya termasuk yang santai kayak di pantai.

most of the time Rapha makan di kursi makannya,
tapi kalo lagi rewel, yowislah makan sambil digendong si teteh di luar.
yang penting mau makan kan? (smile)
*jangan dicontoh*
*not a tiger mom*


untuk jadwal menu, saya cuma bikin di bulan pertama.
sisanya, ya tergantung ketersediaan abang tukang sayur.

saya juga bukan penganut MPASI harus makanan organik,
yang penting bersih, kandungan gizinya jelas,
ya sudahlah hajar bleh
hehehe....

prinsip saya MPASI itu harus mudah.
mudah didapat, mudah dibuat.

karena apa?
karena kalo anaknya ternyata ga doyan, kita ga sakit-sakit ati banged.
hehehe...

jadi yes,
ada kalanya Rapha GTM juga kok.
biasanya kalo lagi mau tumbuh gigi ato pas badannya ga enak.
ya mau ga mau harus puter otak untuk bikin menu cadangan.
biasanya sih saya mainin teksturnya aja.
ato ya kalo lagi kumat bener susahnya, biasanya maunya cuma nasi aja.
ga pake lauk ga pake sayur.
*garuk-garuk kulkas pake sutil*


3. perlengkapan per JALAN jalan an

hihi... dari bayi raphael udah diajak kelilingan terus.
terpaksa menuruti emaknya yang tak bisa diam
*kasian kamu nak...*

jadi buat urusan jalan-jalan ini, ada beberapa benda penting yang sangat berjasa:

a. stroller
b. carseat
c. gendongan cihuy

untuk harga, ya tergantung merek ya.
kalo saya sih yang mursida-mursida aja,
yang penting nyaman dipakenya.

so far 3 benda ini jadi benda kesayangan banged karena tanpanya Raphael tak akan melanglang buana dengan anteng :)


4. perlengkapan pembangkit kepercayaan diri ibunya

hahaha penting cyinnn....
abis lahiran tuh pasti ibu-ibu krisis PD deh.
badan bergelambir,
rambut kusam,
muka jerawatan
*eh itu saya doang sik hihi*
jadi ya penting juga loh buat punya-punya.

apalagi ibu-ibu jaman sekarang kompetitip bok,
jadi ga ada salahnya punya korset oke,
minuman diet *yg ga ngeganggu stok ASI*
krim krim muka *yang ga bahaya bwt ASI*
dan make up make up dasar biar muka makin kece.
hahahaha


nahhh...
rasanya kalo saya sih cuman itu aja yang kepake banged setahun terakhir.
selebihnya kalo memang ada dana ya gapapa juga buat punya-punya :)


selamat belanja yaaaa.....

2 comments:

  1. Hi salam kenal yah...selama ini suka jd silent reader. Seru banget baca tulisan2 Jeng Tya. Mau nanya boleh yah? bagaimana dengan per clodi-an nya yah? apakah jadi investasi bagus jg selama 1 tahun blakangan ini? saya jg lg hamil anak pertama dan pikiran mau invest ke clodi lokal. Kalo boleh minta sarannya ttg investasi ke clodi lokal ini. apakah bisa di jadikan investasi jangka panjang (clodinya awet di pake selama 1 tahun atau lebih)? thanks yah -ocha-

    ReplyDelete
  2. halo ocha :)
    salam kenal juga.
    clodinya sudah saya review ya di postingan atas.
    mudah2an berguna.

    ReplyDelete