14 February 2012

Ayam hainam

posting resep lagi ah :)

ceritanya dalam rangka mengurangi makan-makanan gorengan buat keluarga,
jadi mau coba beralih ke yang rebusan dan kukusan aja.
ceileeehhhh

jadilah minggu lalu iseng2 bikin ayam hainam ini.
resepnya tentu aja nyontek dari astri nugraha tapi dengan penyesuain sana sini sesuai kondisi kulkas :)


bahan:

1 potong dada ayam tanpa tulang
375 cc air (1,5 gelas aqua:p)
1 sdm garlic powder (ga capek2 motong2 bawang putih deh :p)
2 ruas jari jahe, memarkan
1/4 sdt merica bubuk
3 sdm kecap ikan
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir
2 blok kaldu ayam homemade (saya pake yg size 70 ml)




cara membuat:

1. tumis bawang putih dan jahe
2. masukkan semua bahan kecuali ayam
3. rebus sampai mendidih
4. masukkan ayam
5. rebus sampai kuah mengental dan tinggal setengahnya
6. tiriskan ayam dan potong2


kalo di resep aslinya, kuahnya dipakai untuk bikin nasi hainamnya,
tapi kalo saya, saya bekukan buat bikin ayam hainam berikutnya
*ga mau rugi* :)


kemarin waktu bikin ayam hainam ini, Raphael lagi teething jadi maunya yang empuk-empuk,
ga mau nasi.
yowis akhirnya makannya pake mashed potato-brokoli.

ini gampang banged bikinnya.

1. kukus kentang n  brokoli
2. grinder kedua bahan tersebut
3. tambahkan unsalted butter, susu UHT, keju, garam n lada sesuai selera
4. aduk rata



nah, kebetulan nyiapin ayamnya udah dari sore sebelumnya, jadi pagi-pagi cuma bikin mashed potato nya aja, ngangetin ayam hainamnya di rice cooker n nyiapin oatmeal pisang keju buat sarapan.

done!
tinggal dandan n siap2 ngajar :)


selamat mencoba!

0 observations:

Post a Comment