11 January 2012

Rencana Renovasi Rumah

... atau disingkat 3R
*apeeuuu...*


kalo semuanya dilancarkan, mudah2an tengah tahun ini sudah bisa mulai renovasinya.
gambarnya mah udah kelar dari desember kemarin,
cuman duwitnya ini yg masih belum jelas
haahahahaha.....

untuk arsiteknya saya percayakan ke ibu amalia cakra,
yang sangat sabar meladeni permintaan gonta ganti gambar berkali-kali dari kami suami saya :))

dan setelah akhirnya gambarnya final,
kami berdua sukaaa banged sama rencana denah rumah 2012 ini :))

mungkin berhubung arsiteknya emak-emak kali ya,
jadi tahu dan FAHAM *ala tante MH* bener kemauan ibu-ibu beranak satu dan mungkin nambah satu lagi.
yang jelas bu arsitek ini ngerancang rumah yang sehat, plafon tinggi, void besar, jadi sirkulasi udara bagus, terang, dan banyak ruang terbuka untuk anak kecil nanti lari-larian di rumah.

sesuai banged sama ekspektasi kami berdua.




coba saya share gambarnya ya...

ini kondisi rumah yang sekarang,

1,5 lantai, LB/LT 85/120.
2 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur, ruang tamu, ruang tengah, 1 kamar pembantu, dan 1 kamar mandi pembantu.
lantai atas cuma buat jemuran aja



nah, nanti setelah direnov, penampakan depannya akan seperti ini:

nanti kalo 3Dnya udah jadi saya posting lagi deh :)

dengan spesifikasi:

2 lantai, LB/LT 155/120
4 kamar tidur, 3 kamar mandi, 1 kamar pembantu, 1 kamar mandi pembantu, 1 gudang, dapur ruang tamu, ruang tengah, ruang keluarga, dannnnn gongnya adalah: WALK-IN CLOSET!!!
my own walk-in closet di lantai atas!!!

hahahah macam banyak aje bajunya....

abisnya saya mulai eneg liatin lemari baju n gantungan tas.
rasanya barang2 teng nggeletek di mana-mana
belum lagi sepatu yg cuma dijejer di rak sepatu depan.
kadang jadi alas tidur kucing,
kadang di ee in cicek
hadeh...

makanya waktu diskusi soal rencana lantai atas, saya merayu pak suami abis2an untuk minta disisain ruang di atas buat naruh semua barang-barang itu :))

kalo untuk denah per lantai,
hehehe kata si ayah jangan di share ah...
nanti aja kalo udah jadi :)

yg pasti kondisi di lantai satu dipertahankan seperti kondisi sekarang,
tangga ke atas diposisikan di ruang tengah,
sengaja dibikin anak tangganya pendek karena nanti kan penghuninya anak-anak kecil.

lalu tembok di ruang tamu dibongkar supaya terlihat lebih lega dgn adanya penambahan tangga ini.

lantai 2 khusus buat kamar anak-anak.
dibikin bersebelahan supaya hemat AC
hahahaha
jadi nanti tembok pemisahnya dibolongin sedikit di tengah atas buat tempat AC jadi 2 kamar kedapetan dinginnya.

trus ada kamar mandi di sebelahnya,
dan kamar buat teteh yg lebih layak.

ini juga yg mendorong kita untuk segera renov.

kamarnya teteh yg sekerang agak terlalu mini rasanya.
jadi nanti kamarnya teteh ini akan dijadikan gudang aja
dan teteh dibikinkan kamar di lantai 2.

lalu nanti di atas garasi itu akan dibuat teras atas buat anak-anak mainmain dan leyehleyeh.
pagernya kudu aman tentunya.

selain teras depan, nanti di lantai 2 juga akan dibuat teras belakang,
jadi nanti angin dari depan-belakang bagian atas rumah akan masuk,
dan nyambung ke lantai satu juga karena si bu arsitek merancang void  yg cukup besar untuk sirkulasi udara ini.


lah.... baru nulis gini aja senengnya bukan main...
hahaha...

nanti kalo udah urusan perduwitan baru deh pusing...

kemaren iseng nanya2 ke kontraktor yg lagi ngerenov rumah tetangga,
katanya utk biaya renovasi pake jasa mereka, itungannya 2 juta/ meter persegi sudah semuamuanya.

nah, kaliin deh sama total penambahan luas lantai di atas...
hahahaha pingsannnn....

eh tapi ya...
kadang kita ga boleh berhenti bermimpi loh..

kalo semuanya itu sejalan sama rencana Tuhan,
somehow adaaa ajaaaa kemudahan-kemudahan yg kita dapet...
tiba-tiba aja jalannya dilancarkan gitu
something yg awalnya kita ga pernah nyangka...

buat bocoran,
kehidupan pernikahan kita berdua juga awalnya dari mimpi loh :))
*jadi buka kartu deh ah*

dulu pas rencana nikah,
saya baru slese S2,
dengan kondisi baru mulai masuk kerja di binus,
ga punya tabungan apapun karena udah abis buat bayar kuliah n thesis,
suami jg baru 2 taun kerja.
baru nikmatin senengnya punya duwit lah...
tabungan juga ya seadanya aja :)

tapi kita ngotot mau nikah pake biaya sendiri
#tersotoy2008

tapi somehow,
dalam perjalanannya,
we managed it well...

ya ofkors ga vendor2 kelas atas,
sederhana lah...

tapi kita puas...

dan kepuasannya makin terasa karena selama masa persiapan nikah itu kita bener2 latian buat ngatur uang sebaik-baiknya.

yang akhirnya jadi bekal berguna banged setelah jadi suami istri beneran.


6 bulan nikah, numpang dulu di rumah kontrakan mertua,
karena uang tabungannya bener2 abis buat acara pernikahan.
uang angpau hasil nikahan pun langsung dipake buat bayar utang ke mertua yg sebelumnya udah ngeDPin si soluna merah.
*gengsi bok ceritanya, ga mau dibeliin mobil sama mertua...hihi...*

aslik bener-bener mulai dari NOL besar deh rumah tangga kami.

dan setelah 6 bulan,
akhirnya bener2 ga kuat menempuh depok-serpong-pakubuwono-depok lagi setiap hari,
akhirnya kami memutuskan untuk ngontrak rumah di dekat kantor saya.

hari-hari pertama ngontrak,
sempet tuh ngalamin makan telor tiap hari saking mirit-miritnya duwit
hehe....
ato kalo lg pengen banged makan di luar,
ya makan pizza hut yg bisa pake credit card minimal 50rb!
hahaha....

seru deh kalo mengenang masa-masa perjuangan dulu....

trus pas udah jalan 6 bulan ngontrak,
keuangan sudah mulai stabil
dan mulai ngerasa nyaman banged sama komplek perumahan yang ini, akhirnya kita nekat mau beli rumah!!!
#tersotoy2010

jujur uang saat itu cuma punya 10 juta.
tapi pengen beli rumah yg gedenya kayak rumah yg dikontrak saat itu,
yang mana harga pasarannya rata-rata 400 juta ke atas.
hahaha.... ngimpi kali yeeee.....

tapi ga tau kenapa saat itu ternekat banged deh...
tiap wiken pasti muter2 komplek nyari rumah yg mau dijual
buka-buka rumah123.com ato rumah.com udah jd menu sehari2 di kantor
dan hampir apal sama nomor2 agen rumah di seputaran serpong ini :)))

dan sampai akhirnya,
kami ketemu sama rumah ini.
justru di saat lagi ga hunting.

aslik ga akan lupa,
waktu lagi jalan-jalan sore di komplek,
trus ketemu bapak2 yg mau jual rumahnya
*yang mana kami ga cucok dengan rumah yg ditawarkan*
trus out of nowhere dia cerita kalo rumah tetangganya juga lagi mau dijual.

dan tanpa beban apa-apa kami mampir dong ke rumah yang dimaksud.
ga ada plang DIJUAL,
ga ada tanda apa-apa deh.

tapi begitu masuk
aduhhhh langsung jatuh cinta.

rasanya kayak pas pertama kali ketemu jodoh deh,
THIS IS IT!!

ga tau kenapa,
tapi rasanya langsung klik sama rumah ini.

dan yg bikin lebih mlongo lagi,
rumah yg pasarannya 450juta ini dilepas dgn harga 390juta saja.
kalo bukan karena campur tangan Tuhan, lalu apa dong? :)

God is good!

kemudahan berikutnya yang kami rasakan adalah ketika pengurusan KPR.
pas diitung2 sana sini, uang 10 juta kami cukup loh!
*bangga*
buat bayar pajaknya!
hahahaha...

TETOT...

buat yg baru mau beli rumah...
jangan lupakan ya itu segala pajak dan biaya2 di notaris
cukup bikin keselek kalo ga siap...

tapi untungnya saat itu,
kantor suami memberikan pinjaman lunak yg bisa kami gunakan sebagai DP.
potong gaji ofkors,
selama 2 tahun.
dan baru mei 2012 ini akan lunas
hihihi....

tung itung itung lagi sama pihak marketing bank,
DP segitu cukup sih,
tapi masa angsurannya 20 tahun

ya kami sebenernya ga masalah,
tapi pihak mertua,
yang kebetulan jadi bendahara di salah satu developer perumahan,
keberatan bgd dgn hitungan masa cicilan 20 thn itu.
katanya itungan bunganya jadi gila-gilaan.
gedean bunga dari harga harga rumahnya sendri.
akhirnya beliau memberikan tanda cinta kasih berupa tambahan DP sehingga masa cicilan kami bisa di cut sampai 10 tahun sajah!
lagi-lagi campur tangan Tuhan.


aslik.. kita berdua tipikal anak-anak sotoy bin gengsi yang ogah banged kalo disuruh minta ke orangtua.
padahal mah yang namanya orangtua pasti mau-mau aja bantuin anaknya,
tapi kami tuh rasanya sungkan gituh...
sudah memutuskan untuk bisa tuitu secara halal,
kok masih nadah tangan ke orangtua.
gengsi gituh :))

nah tapi pas kami berusaha nolak,
papa mama mertua jadi nampak sedih gitu
bahkan si mama sampe sempet ngambek dan bilang:
anak-anak mama udah ga butuh mama lagi kalo gini caranya

deuuuu....terdrama deh mamah....
hahaha....

yowislah daripada panjang urusannya,
akhirnya kami terima itu transferan buat tambahan DP rumah.

dan pas akhirnya akad kredit,
kok ya kebetulan bangedddddd notarisnya orang tua murid saya
jadi segala pajak dan itung2annya masuk akal banged.
 *bukan kolusi*
Puji Tuhan.

awalnya kami ga ngeh,
tp begitu compare sama temen yg barengan beli rumah di BSD juga,
dgn luas rumah dan bangunan yg lebih kecil,
pajak yg harus dia bayarkan jauh lbh besar dari yang kami bayarkan.

bener-bener kemudahan dari Yang di Atas...

blum slese sampe di situ,
seminggu sebelum rencana pindahan kami,
saya dapet kado yang indah banged dan ga diduga-duga: tespek bergaris dua!

aslikkkk sujud sukur bener iniiii....

di saat pikiran lagi rungsing ngurusin rumah,
dan sama sekali udah lupa sama jadwal ML dan posisi supaya jadi anak,
kok ya malah jadi yaaaa.....
*towel2 pipi raphael*


indahhhhhh bangedddd rencana Tuhan sama hidup pernikahan kita.....


jadi buat temen-temen yang masih maju mundur sama rencana-rencana besar dalam hidupnya,
satu saran dari saya: bawa itu semua ke hadirat Tuhan.

niscaya Dia akan kasih jawaban...

kalau memang seturut kehendakNya, pasti Dia akan buka jalan lebar-lebar,

tapi kalau ternyata rencana kita belum sesuai dgn rencanaNya,
percaya deh... rencana Tuhan jauhhhhh lebih indah.....

berbulan-bulan saya gila-gilaan usaha ingin hamil,
tapi ternyata Tuhan meminta saya menunggu.
dan akhirnya ketika Raphael hadir,
semuamuanya sudah dipersiapkan sama Yang Di Atas.
tempat berteduh yang nyaman,
dan kondisi kedua orangtuanya yg lebih stabil.

apa yang lebih indah dari itu? :))

27 comments:

  1. yg nulis bahagia, yg baca ikut bahagia :')

    terhanyut crt cikgu flashback ke tahun2 awal pernikahan, semoga kelak tercapai smw cita2 & pengharapan kita...tentu saja dg ridho-Nya

    ReplyDelete
  2. Tyaaaa... ngikutin blog Tya dari lama, merasakan juga masa-masa perjuangannya, dan kayaknya memang, pertolongan Tuhan itu selalu tepat waktunya, buat umat-umatnya ini yang selalu berserah. Yang penting, kita ngga ngoyo yah...

    ReplyDelete
  3. seneng banget bacanya ^.* tya follow me ^.^....
    oya kayaknya ini bisa jadi 2 judul dech heee ...

    ReplyDelete
  4. Aku ikut senang cikgu..
    Benar banget, Tuhan tau tapi menunggu.. Mamaku selalu pakai kata-kata itu untuk alasan banyak hal dalam hidupnya (soalnya aku kebetulan masuk golongan susah sabar)
    Senengnya punya rumah sendiri dan mau renovasi! Aku juga pengen renovasi tapi karena ada baby nanti ajalah tunggu si baby 2 tahunan hahahaha.. Semoga 2012 penuh berkat buat kalian yaa *kissous*

    ReplyDelete
  5. tya...
    ternyata rumah kita ga beda jauh spesifikasinya & aku juga pgn renovasi, pengen juga punya WALK-IN CLOSET, haha, tapi buat sekarang semuanya masih jadi impian aja.

    semangat yaaaa, mudah2an tercapai rencananya :)

    ReplyDelete
  6. duh bacanya ikut deg2an abis itu ikutan lega :)
    klo orang jawa bilang itu namanya pulung-nya Ms Tya :)

    Rumahnya adeem banget kelihatannya :)

    ReplyDelete
  7. Ah postingan gini inih yang super bikin ter-iri... memang Allah itu Maha Mengetahui ya.. pasti kalo rejeki gak kemana, mudah2an diriku juga bisa menyusul dirimu punya rumah jeng.. udah kebelet bgt!

    Waw terkeren deh walk in closet nya! mudah2an pembangunannya lancar yaaaa

    ReplyDelete
  8. @dian
    hihihi.... amin amin... semoga rencana2 keluarga kecil kita diridhoi yaa...

    @leony
    *kecup leony*
    hehehe kamu juga ya buuu... berserah sm rencana Tuhan dlm kehidupan pernikahan kalian.... pasti indah kan rencanaNya... :))

    ReplyDelete
  9. @citra
    halooo... twittermu apa bu? :)


    @dhira
    hiyaaa bunnn....akupun tipe yg ga sabaran, makanya suka bertanya2 sama mauNya Tuhan, pdhl udh pasti Dia kasih yg terbaik ya bun...


    @netta
    semangatt!!!!
    hahaha ini mimpi dulu deh baru nanti dipikirin duwitnya dari mana...


    @lina
    ayo dong mampirrr buuu... hihihihi...

    ReplyDelete
  10. @darina
    ishhhh kan daku ga punya apartemen tapinya bu *ini apa deh tulis2an harta* hahahaha....
    soon lah, nt kl udh jalanNya pasti dikasih deh itu apartemen taman sari bwt dirimu :))
    lagian udah di benhil pan enak makkk...

    ReplyDelete
  11. terharu banget tya baca ceritamu..gw juga keinginan tahun ini pengen punya rmh spy 2013 pas program anak kedua uda pny rmh sendiri,walaupun keadaan secara manusia ga memungkinkan tp bagi Tuhan ga ada 1 pun yang mustahil..keep praying until something happen..Tuhan itu ajaib dan besar luar biasanya kuasaNya..
    thanks for sharing ya tya..

    ReplyDelete
  12. Tya itu jasa kontraktor per meter 2jt itu ud termasuk bahan bangunan dan tukangnya kah?

    ReplyDelete
  13. @liefka
    iya lief itu udh semua tmasuk harga bahan2 standar ya tapi, kl mau yg aneh2 kyknya mesti diskusi lgs sm orangnya.
    hayooo pasti bisa terwujud rumah impiannya :))

    ReplyDelete
  14. Kereeennn...rumah skr dah keren, rencana renovnya apalagi hehehe. Ceritanya juga seru TOP deh. Punya rumah juga salah satu pencapaian mimpi aku n suami meski imut bener, kamar cuman 2 kamar mandi juga atu pake rame2 yg penting jadi tempat terindah buat AB-fam...Moga lancar yah renovnya

    ReplyDelete
  15. Mbak, aku terharu banget baca ceritanya. Mbak tya bener-bener jadi inspirator buat aku. Thank you for your story. It means a lor to me...
    Salam untuk keluarga ya..
    God Always Be With You
    -Riri-

    ReplyDelete
  16. Mbak, aku terharu banget baca ceritanya. Mbak tya bener-bener jadi inspirator buat aku. Thank you for your story. It means a lor to me...
    Salam untuk keluarga ya..
    God Always Be With You
    -Riri-

    ReplyDelete
  17. @anis
    amin amin makasih ya nis.... iya kayak apapun rumah yg penting hasil keringat sendiri ya bukkk :) pasti jd tempat terindah deh

    @riri
    ya ampunnnn jadi terharu deh aku :) makasih ya....

    ReplyDelete
  18. mbak tya..saya sari
    kbetulan lg cari ide renov rumah sy yg merupakan gabungan 2 rmh jd 1

    bolehkah dishare denah rumah mb yg asli dan hsil renov?
    saya suka sekali tampak depannya..
    rencananya rumah sy ini akan dipisah menjadi msg2 1 rumah dg 1 rmh g bertingkat, dan 1 lg bertingkat..

    oya, kmrn sy sdh email mb tya..

    maaf y klo g berkenan..
    makasih sebelumnya.. ^^

    ReplyDelete
  19. sebelum renov ajah rumahny dah bagus bgt mba, salam kenal ya

    ReplyDelete
  20. wow ... bacanya senyum senyum sendiri .. thanks Mbak postingannya .. btw saya yang message ke fb nya Mbak tanya rekomendasi mandor tukang .. Terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  21. Halo Mba Tya, saya Widya. Salam kenal.
    Saya mau renovasi rumah juga, lagi nyari arsitek.
    Boleh share gak Mba nomor kontak Mba Amalia Cakra?
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  22. mba tya


    mewek baca postingannya

    Nice posting mba...
    i have been your silent reader since early 2010.

    kecup jauh buat rapha n mikha....

    ReplyDelete
  23. aku kok berkaca kaca ya baca postingan ini :)

    Thanks mbak postingannya

    ReplyDelete
  24. seneng bacanya...
    apakah hasil renov rumah sudah bisa di share? *ngarep.com nih.. hehhehe..
    Salam kenal...

    ReplyDelete