7 December 2011

Manajemen MPASI untuk ibu bekerja

baru tau ternyata resep-resep di sini bisa membantu anakanak dan bayibayi jadi doyan makan (lagi) ya
hihihi.... terharu.....

nah, kalo gitu sekarang saya mau coba sharing gimana cara ngatur waktu antara masak-dandan-kerja-masaklagi-ngurussuami-ngoreksi kerjaan muridmurid dan berusaha tetep waras ya :)


yang pertama tentu aja soal alat-alat perangnya.

setelah 4 bulan berMPASI rumahan, berikut adalah alat-alat yang wajib kita punya:

talenan
pisau
parutan keju
panci kukus
panci kecil untuk rebusan
storage box yg banyak :)
cetakan es yg ada gagangnya




untuk MPASI awal (6-8 bulan), yg bisa ditambahkan adalah munchkin grinder dan takahi slow cooker.

kalo untuk storage box, Pruta set ini juaranya :)
sizenya macem2 dan jumlahnya banyak, jd bisa dipake untuk nyetok macem2 di kulkas.


kalo cetakan es, ini saya wajib punya karena Raphael doyannnnn bangedd makan puree buah yg dibekukan.
ini juga mungkin yg membantu meredakan sakit waktu mau numbuh gigi kemarin.

jadi Puji Tuhan, si gigi pertama muncul gitu aja tanpa ada keluhan berarti.
semoga gigigigi lainnya juga begitu *banyak maunya yeee* *plak!*


nah, setelah punya alat-alatnya, trus pengaturan waktunya gimana?


kalo saya, belanjanya seminggu sekali: di tukang sayur komplek ato di pasar 8 alam sutra dan di superindo.
belanjanya pun dibarengin aja sama buat belanja mingguan ayah-ibunya.


kalo di tukang sayur ato di pasar, yang wajib saya beli sbb:

buncis
wortel
kentang
daun bawang-sledri
tempe
tahu
bayam hijau
bayam merah
pokcay
kangkung
cabai (ini bwt ayah-ibunya :p)
bumbu dapur


nah, jadi jelas kan yah kenapa belanja mingguan saya cuma 50 ribu?
lha wong cuma sayur2an :)

kalo untuk dagingdagingan, saya memilih superindo.

kenapa superindo?
kerna somehow jenis ikan, jenis potongan daging dan ayamnya lebih bervariasi dibanding di giant ato carrefour ato hypermart.

di sini pun kita bisa ambil portion sesuka kita, belum dipack2 macam di hypermarket2 tadi #bukanpromosi

nah, di superindo ini, biasanya saya beli 2 jenis protein hewani untuk lauk saya-suami-teteh plus 2 jenis protein hewani juga buat Raphael.
ga ketinggalan 2 bungkus roti gandum
*Yes, Raphael habis mengkonsumsi 1 bungkus sendiri selama seminggu* -__-


jadi kalo direkap belanjaan saya di superindo sbb:

2 bungkus roti gandum
roti sobek bwt cemilan si teteh
2 jenis buah
telur 1 kg
ayam fillet
ikan tongkol/tenggiri potongan/daging rendang/udang/cumi/ampela
daging ayam cincang
daging sapi cincang/ati ayam/fillet salmon


hahahaha gegaya ya si Raphael,
orangtuanya makan ikan tongkol, anaknya makan salmon....


kalo ditotal, belanjaan di atas sekitar 100 ribu utk porsi makan selama seminggu.


cukup irit yah kalo masak sendiri :)

tapi kalo lagi bosen, sesekali masih jajan ato makan malem diluar juga kok
*nah ini yang suka bikin kebobolan :p*



slese belanja, biasanya bahan-bahan basahnya langsung saya bersihkan dan diberi bumbu lalu disimpan dalam box-box dan ditaruh di kulkas.
jadi si teteh nanti tinggal goreng-goreng aja dan bikin sayurnya.


kalo untuk raphael,
bahan-bahan itu langsung saya olah entah jadi nugget, sosis, bakso ato gravy.
dan kesemuanya saya masukkan kulkas untuk stok makan selama seminggu.
selain itu sebagian roti gandumnya juga saya bikin garlic bread utk cemilan Raphael seminggu.
dan 2 minggu sekali, saya buat saus keju supaya Raphael ga bosan


jadi di pagi hari, saya bisa tenang bangun jam 5.30 bahkan kadang jam 6
karena cukup 15 menit saja aktivitas dapur pagi saya :)


nih ya...

1.  ambil lauk dr kulkas, masukin rice cooker supaya ga beku dan hangat bwt stok lauk makan siang n makan sore
2. masak oatmeal ato potong2 roti gandum n buah buat sarapan Raphael
3. kukus sayuran n kentang/jagung  bwt makan siang n sore. jd nt tinggal ditambahin lauk di rice cooker
4. kadang malah ga perlu kukus kentang, karena karbohidratnya saya gilir sama nasi 

kalo Raphael lagi agak-agak ogah2an, tinggal siram sama saus/parutan keju :)


ini salah satu menu sarapan favorit nya 
1 lembar roti gandum + setengah potong mangga harum manis :)


 sup bakso ayam. 
tinggal motong wortel + kentang. masukin stok kaldu ayam 6 blok. tambahin stok bakso ayam n taburin daun bawang-sledri. 
less than 5 minutes deh :)


gampang kannnn...


tapi kalo memang kepepetttt bangeddd ga sempet masak, selalu ada bebitang kok si katering bayi :)
hahahahaha......
#bukanpostingberbayar

8 comments:

  1. Jangankan bayi dan anak-anak. Aku aja td malem sampe terbawa menjelang tidur.... istilah boso jowone: impen-impen... pengen nyobain chicken meatball-mu, mak, hehehehe...... Klo ngeliat resep-resepmu, kayaknya homemade food for baby n toddler mah gak ribet ya masaknya. Duh semoga one day bs mempraktekkan resep-resep disini deh, aamin.

    ReplyDelete
  2. amin aminnn...
    ini karena aku ga bisa masak yg sophisticated bu..
    kalo bisa juga pasti dipamerin di sini...hahahaha...

    tp prinsipku bwt homemade food itu harus mudah dibuat dan ga butuh bahan2 yg mahal jd perutnya Raphael tahan banting :)

    ReplyDelete
  3. ty, blanja sayurannya buat 1 bulan, ga kburu layu yah?

    ReplyDelete
  4. ihhh moniccc...gw belanja sayurnya seminggu sekali monnnn....

    ReplyDelete
  5. ooo seminggu sekali yah hihihi salah baca ty :p

    ReplyDelete
  6. berhubung mau masuk kerja lagi rrrr... jadi aku nyontek semua yah, Ty huahahahahahahahah.... *copy paste*

    ReplyDelete
  7. waaahhh di mana bu akhirnya? hihih congrats yaaa....

    ReplyDelete
  8. ternyata 4 tahun lalu pernah komen di postingan ini, hihihi. dulu sempet ngumpulin resep MPASInya Rapha lho. sayangnya pas iPad diupgrade atau apa gitu , eh ilang semua filenya :( #hayatisedih



    https://whileinsydney.wordpress.com/

    ReplyDelete