14 December 2011

Bola Tahu Ayam

masuk usia 11 bulan ini, Raphael mulai saya perkenalkan sama gorengan,
tapi masih dibatesin sih, maksimal 2 kali seminggu,
sisanya masih kukusan n rebusan.

nah, kali ini mau share menu gorengan yg gampang dibuat dan bisa dibikin stok juga.
inspirasinya dari bahan-bahan yang ada di kulkas aja.
cemplung-cemplung campu-campur, eh anaknya doyan.
ya senang lah ya :))




bahan:

1 tahu kotak *ukuran standar tahu tukang sayur*
100 gr ayam cincang *bisa diganti sapi ato ikan*
2 sdm tepung terigu
sayuran bwt diselipin ke tahu *saya pake brokoli cincang*
sedikit lada
1 sdm daun parsley botolan
1 siung bawang putih cincang/parut
1 siung bawnag merah cincang/parut
1 telur
oatmeal buat membaluri bola tahu





cara membuat:

1. tumis duo bawang sampai harum
2. masukkan daging cincang, tumis sampai berubah warna
3. tuang tumisan daging ke dalam wadah berisi tahu yg sudah dihancurkan
4. masukkan sayuran, terigu, telur, lada n parsley
5. aduk rata dan buat menjadi bulatan-bulatan kecil
6. balurkan ke oatmeal sebagai pembungkusnya
*ato bisa juga pake breadcrumbs*
7. goreng menggunakan olive oil/canola oil
*saya gorengnya pake unsalted butter*



porsi adonan di atas bisa menghasilkan kurang lebih 8 bola tahu,
jadi sisanya bs saya simpen kulkas untuk stok 3 hari :)

oia, menu ini bisa dijadikan snack, dan bisa juga untuk lauk.

kayak pagi ini, nasi yang masih panas saya bikin bola-bola kecil (pake plastik yaa biar ga kepanasan tangannya)
lalu saya taburi daun parsley, dan lauknya si bola tahu :)


selamat makan anakku! :)

2 comments:

  1. brokolinya direbus dulu ga mbak? wajib dicoba ini....yang tua juga doyan kayaknya hehe...

    ReplyDelete
  2. iya sayurannya dikukus sbentar aja bu

    ReplyDelete