Skip to main content

Steamed Beef Nugget

kalo hari senin pasti banyak postingan resep deh, hasil coba-coba wiken kemarin :)

yang ini sih nyontek resepnya endah, cuman kan rapha belum setaun jadi nuggetnya cuma dikukus aja, ga pake dicelupin ke tepung roti n digoreng.
kalo itu sih buat ayahnya :)




bahan:

3 lembar roti gandum, buang pinggir
ayam/daging giling 250gr
susu UHT 200ml
telur 1 butir
1/2 butir bawang bombay ukuran sedang
1 siung bawang putih
wortel parut ato brokoli ato sayurang lain yg mau dimasukin ke nuggetnya.

cara buat:

1. rendam roti gandum ke dalam susu UHT sampai lembek
2. tumis bawang bombay n bawang putih (saya pake margarin unsalted merek filma)
3. masukkan tumisan bawang, daging, telur, n sayurang ke dalam adonan roti
4. aduk rata
5. masukkan ke dalam loyang dan kukus selama 30 menit.
6. kalau sudah dingin, bisa dipotong2 , masukkan wadah n simpan di freezer


nah, kalo anaknya sudah setahun, nugget tadi bisa dimasukin ke wadah berisi telur kocok lalu dibalurin bread crumble trus goreng deh.

kalo buat ayahnya, tinggal ditambahin garam n merica.
oia kalo mau masukin keju juga bisa ke dalam adonan nugget di atas.

buat saya, menu ini paling fleksibel, dalam artian bisa ditambah2in macem2 sayuran n bahan2 tambahan (bergizi lainnya)
kalo daging/ayamnya diganti tahu/tempe juga bisa kok :)



jadi kalo udah ada stok lauk begini, tiap harinya saya cuma tinggal mengukus sayuran n dicampur ke nasi or kentang or jagung buat karbohidratnya.
gampil banged, ga sampe 10 menit, jadi tetep punya waktu untuk dandan ke kantor :)


kayak menu Rapha pagi ini:

kentang dikukus bareng pokcay, blender sama stok kaldu daging biar ga terlalu seret n lauknya chicken nugget, hasil masak minggu lalu :)


ato bisa juga brokoli dikukus, trus diblender bareng nasi merah.
buat variasi rasa bisa ditaburin keju ato dikasih unsalted butter.
ato kasih homemade kaldu juga bisa.




selain nyetok lauk, tiap wiken saya juga nyetok camilan.
favoritnya rapha sih roti gandum oles butter, taburin parsley n dipanggang :)
gampang kan? :)


kalo untuk sarapan, sebisa mungkin saya kasih buah ,
ceritanya supaya dalam sehari pasokan gizinya kumplit,
ada karbo, protein, zat besi dari sayuran hijau n serat dari buah
tsahhh... @mamayeah wannabe deh pokoknya :)


tapi anak bayi ini ga kenyang kalo makan buah doang -__-"
jadi biasanya buahnya saya blender sama roti gandum
ato sebelumnya udah nyiapin oatmel,
jadi puree buahnya disiram di atas oatmeal.

oia di usia 9 bulan ini, beberapa buah lunak macam melon, semangka n kiwi udah ga saya blender lagi,
jadi cuma dikerok pake sendok aja :)



so, selamat memasak ya buibuuuu....
*kasih celemek satu-satu*

Comments

  1. Tapi kata mamayeah, kalo buahnya gak nanem sendiri yg organik, kagak afdol loh.... :P

    *dibekep celemek*

    Hehehehe.... Jd kangen sama mamayeah yg edun itu.

    www.ndutyke.com

    ReplyDelete
  2. tya, itu 1 porsi rapha makan sekotak itu yah? pinter ya rapha makannya.. =)

    anakku susah makan soalnya, mau coba bikin nugget juga ah..

    ditunggu postingan resep makanan rapha selanjutnya yah..

    ReplyDelete
  3. @tyka
    jitakkk yahhh!!!
    hahahaha... iya mamayeah itu dibenci sekaligus dikangenin deh

    @florence
    iya bu 1 satu porsi makannya Rapha, jd tiap pagi nyiapin bwt makan siang n makan sore. kalo sarapannya buah n oatmeal.
    iyaaa dicoba2 aja bikin menu2 baru, mudah2an anaknya suka yaa *peluk*

    ReplyDelete
  4. halo mba tya.. salam kenal ya.. aku kemaren cobain bikin nuggetnya, pake ayam tp.. terus digoreng jg.. enak kt suami boleh bikin lagi hehehe thank you yah.. :) btw anak kita deketan lahirnya, anakku tgl 17 jan 2011

    ReplyDelete
  5. halo salam kenal juga :)
    ah emmang nih para suami hobinya ngambilin makanan anak heuheu....

    ReplyDelete
  6. Tya salam kenal, nama saya Marina. Trims atas info mpasi nya jadi ide banyak nih buat kasih makan si kecil, abis saat ini udah bosen, bingung mau masakin apa.

    Btw saya tinggal di BSD juga lho, BSD Delatinos.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Uang Pangkal Sekolah

setelah dihitung2 ulang, ternyata investasi LM saya yang cuma 10 gr/tahun (200rb-an/bln)  harus direvisi nih....
hehehe...

kalo bertahan di angka tersebut, uangnya cuma bisa utk masuk TK,
sementara utk masuk SD setidaknya butuh 20gr/thn (400rb-an/bln)

hoshh...hoshh...

untuk masuk SMP lebih parah lagi...
makin ga kekejar kalo 'cuma' LM ternyata.
apalagi kalo AsPend n TaPend,
makin ga nyampe deh angkanya.
busetttt...

Menginap di caravan hotel - taman safari indonesia

Sekitar bulan februari (kalo ga salah) liat foto2 kak @sondangrp dkk camping rame2, kok kayaknya seru.

Trus jadi pengen.
Tapi pas liat rate nya, kok mahal! Haha..

Akhirnya diskusi sama ibu2 cabe rawit di grup dan keluarlah ide menginap di caravan ini.
Ratenya separuh dari tempat camping kak sondang, dan tempatnya masih berbentuk 'bangunan' jadi bisa semacam pemanasan sebelum anak2 camping beneran di tenda.
Untungnya jeng lia berbaik hati ngurusin dan booking jadi kita bisa dapet 3 caravan yang deketan (dan lokasinya enak!).

Fyi, kita booking dari maret utk menginap akhir mei ini.
Untuk rate caravan di wiken: rp. 1.050.000 include breakfast utk 4 orang. Plus kita bisa beli 4 tiket safari seharga rp. 100.000 (dari rp. 150.000).
Lumayan ya!

Dan pas akhirnya sampe sana, Aduhhh senengg deh..

Lokasinya benar2 di tengah hutan, Jadi pohon2 pinus tinggi di mana2, Ada air terjun mini, Kolam angsa, plus ada monyet dan rusa di dekat restoran.

Anak2 heboh deh liat beginian :)))

Asli ya anak…

Perpanjang paspor di BSD

Sejak akhir tahun 2015,
Mastin akhirnya menghampiri warga BSD dalam hal pengurusan paspor
(Oh ada yg ga tau mastin? Coba deh gugling dengan keyword jingle mastin.. Dijamin terngiang2... Ahahahhahaha)


Singkat  kata, per 30 desember 2015 sudah dibuka kantor imigrasi kelas 1 tangerang cabang BSD.
Lokasi di ruko golden boulevard, tepat di sebelah natasha skin care.
Kalo bapak-bapak biasanya sih tau ruko golden boulevard soalnya banyak tempat pijat plus-plus :)))))

Nah berhubung bakal pergi bistrip bulan depan sedangkan paspor habis di bulan mei, jadi tadi saya dan si ayah nyobain perpanjang paspor di ruko yang cuma sepelemparan kolor dari rumah (uhuk pamer




Sayangnya untuk layanan online dan pembuatan e-paspor belum bisa dilakukan di sini, Jadi tadi kami datang pukul 7.30 untuk ambil antrian.
Menurut petugas, dalam satu hari dibatasi 100 nomor antrian, supaya tidak terlalu chaos.
Tadi pagi sih lumayan tertib ya antrian ambil nomornya.
Setelah ambil nomor, kami isi-isi dokumen lalu duduk sa…