29 November 2011

Raphael's mini playground

masih inget tentang betapa saya ingin menyekolahkan Raphael dari usia 8 bulan?

hahaha... setelah beberapa kali trial,
akhirnya saya memutuskan untuk menunda rencana tersebut sampai benar2 bertemu dengan sekolah yang sesuai.

bukan.... standar sekolah buat Raphael bukan dari segi gedung, gengsi apalagi  makanan yang dihidangkan kok,
tapi lebih ke arah kurikulum dan pendekatan gurunya.


sekolah biasa2 aja tapi kalau metodenya OK why not?




nah, dari beberapa kali trial ini, saya merasa.... uummm.... mendingan saya yang ngajarin aja deh..
hahahaha.... sindrom kelamaan jadi guru begini nih...


soalnya dari beberapa tempat, rasanya bagian 'mainmainnya' kurang banged deh..

ya saya juga bukan expert di bidang pendidikan anak usia dini,
tapi kalo anak 8 bulan udah diajak melukis dengan segala tinta dan kertas...
uuumm.... kayaknya belum nyampe ya....

bayangan saya, sampe usia 18 bulan itu fokusnya masih ke motorik kasar
nah nanti usia 18-24 baru deh motorik halusnya dilatih.
*cmmiw*


maka dari itu,
sekarang saya menciptakan playground sendiri buat Raphael di rumah :)


nooo... saya juga bukan penganut homeschooling :)
definitely Raphael nanti harus ke sekolah beneran,
bergaul dengan temanteman dan gurunya
dan melihat betapa beragamnya manusiamanusia itu
yang mungkin kurang didapat dengan homeschooling.


ofkors yang namanya sekolah bukan berarti orangtuanya lepas tangan.
tetap sekolah yang utama itu di rumah,
guru yang paling penting ya orangtua
jadi setelah dapet pengalaman sosialisasi di sekolah beneran,
sampe rumah raphael harus tetap dapet pelajaran tentang akhlak dan agama :)
*please help me God :p*


eh ini mau cerita apa sih kok introductionnya panjang amat :)

nah, balik ke playground tadi,
cuma berbekal bacaan2 di library sekolah dan ofkors ilmu dari mbah google
saya coba nyiapin mainan-mainan dasar yang mudah didapat, ga mahal, tapi bisa membantu melatih motorik anak.

modalnya:

playmat (saya beli di depo bangunan alam sutra cuma 39rb isi 8 dgn kualitas yg OK punya :p)
kolam plastik
bola kecil (beli di BIAN baby store ITC BSD, 42rb isi 100 buah)
sepeda kecil yg bisa didorong (maap belum sempet difoto)
mainan gelang2



nah, dari pengalaman sama Raphael, berikut saya coba tulis ya kegunaan barang-barang tersebut.


playmat

ini tnyt bs jadi alas yg baby friendly untuk belajar merangkak.
dulu saat masih gelar kasur di depan TV, Raphael cenderung males2an.
maunya bolak balik tengkurep aja.
paling pol merayap pake perut.
tapi begitu ganti pake playmat ini, dia mau ga mau belajar untuk berpindah tempat dgn menggunakan tangan dan kaki.
kalo pake perut mungkin ga senyaman waktu di kasur kali ya :)
dannnn....
playmatnya memang sengaja saya posisikan di bawah sofa,
untuk merangsang Raphael supaya belajar berdiri.
and he did it :)
masuk usia 9 bulan, pas lagi asyik main di playmatnya,
tiba2 dia merangkak ke pinggir sofa trus pegangan dan berdiri!
hihihi....terharu liatnya...
dan ini adalah awal dari titahan yang melelahkan itu





kolam dan bola

kalo ini awalnya saya khawatir karena waktu kopdar di rumah dhita, Raphael takut dan nangis waktu disuruh nyemplung,
tapi setelah dicoba di rumah, ternyata dia takutnya kalo dia duluan yang disuruh masuk,
setelah saya nyemplung duluan ke kolam bola ini, baru dia mau ikutan,
dan sekarang justru hobinya bolak balik main di kolam bola ini
dan susah kalo mau diangkat -___-



Oh ya, bola-bola ini sering saya jadikan ajang latihan untuk Raphael menggenggam dan melempar.
jadi caranya,
saya contohin ke Raphael, gimana ambil bola dan lempar ke tujuan yang dimaksud.
jadi awalnya bolanya saya taruh di kolam besar, lalu saya lempar ke kolam munchkin bebek kuning itu.

awalnya Raphael susah megang bolanya,
tapi lama-lama genggamannya mulai kencang
dan setelah beberapa kali lempar acak adut tanpa arah,
akhirnya dia bisa masukin bola2 itu ke kolam yang dimaksud.
yeaaayyyy.... #proudmama



gelang-gelang mainan

ini juga hampir sama fungsinya kayak si bola.
eh tapi bukan berarti Raphael masukin gelang sesuai urutan ya
hahahaha.... anak ajaib itu...
dengan gelang ini, raphael belajar ukuran besar-kecil dan juga belajar mengarahkan benda.
jadi biasanya gelangnya saya acak di depannya Rapha,
lalu dia akan tau gelang mana yang bisa dibawa pake tangan satu,
mana yang harus tangan 2
*sambil dimasukin ke mulut ofkors*

dan dia juga lama-lama tau kalo abis ambil gelang,
gelangnya harus dilempar :)


hihihi.... simpel banged sih sebenernya
tapi latihan-latihan ini lumayan membantu Rapha untuk bisa masukin makanannya sendiri ke mulut,
dan juga membantu untuk dia bisa rambatan.


setiap ibu bisa kok ngelatih anaknya sendiri
kuncinya cuma konsisten aja :)

jujur saya pribadi capek banged kalo udah di rumah,
pengennya gegoleran aja ngemil maicih sambil nonton CSI
*yea rite*
tapi saya usahain minimal setengah jam buat melatih motorik kasarnya Rapha


oia, untuk membantu menguatkan otot-otot kaki yang merupakan modal besar untuk bisa jalan nanti,
saya rutin ngajak Raphael renang minimal 2 minggu sekali :)


nahhh... ayo dong buibu, dishare apa lagi aktivitas yang cocok untuk anak 10 bulan :)
biar saya contek gitu
hihi....

11 comments:

  1. Ini udah bagus banget tya !
    keren deh !

    meskipun telat, tapi gw bersyukur tau early learning, dan skrg lagi belajar tentang montessori. ya baru melakukannya setelah Nat 1 tahun.

    blog post ini bagus deh, jadi berkiblat kesana untuk aktivitas toddlernya Nat.
    http://jen-peacefulparenting.blogspot.com/2011/10/infant-and-young-toddler-montessori.html
    (ada 2 bagian, informatif, murah, dan tentu saja FUN !)

    ReplyDelete
  2. wow!!! thanks a lot bu!!!
    ihhh bagus bangeddd ya postingannya,
    jd makin semangat nih...
    cuman aku agak telat kyknya ngenalin buku ke raphael -__-

    ReplyDelete
  3. Bingung mau komen darimana, hehehe...Yg pasti ini berguna banget, insya Allah kalo kami sudah dikaruniai anak bisa ngajarin anak belajar sekaligus bermain.

    ReplyDelete
  4. Stimulasinya udah oke ty. Nti playmatnya bisa dimaenin jadi puzle & potongan2 nya bisa buat jiplakan waktu dia belajar mewarnai. Cihuy bgt yah ini playmat. He5.

    Mgkn tambahannya buku2 kali yah, bisa yang isinya hewan2, warna atau bentuk2. Tinggal kita temenin ajah paling2 yah ty, soale pas umur segitu, si bocah lagi smangat2nya buka buku, gemes narik2 mpe sobek, cium2 & kalo lagi kesel bisa ikut dilempar2 itu buku. He5.

    ReplyDelete
  5. activity table kali ya ty, kalo yg merk little tikes, vtech gtu kan suka ada. tp beli aja table biasa aja yg suka ada pasangan kursinya (nantinya bisa dipake buat dia belajar gambar2) trs ditaroin mainan2 yang bisa bunyi2, tempel pake double tape kalo gue. kalo fayra dulu jadinya dia suka pegangan meja sambil goyang2 kaki denger musik & mencet2 mainan diatas meja, lama2 merambat. trs jadi ga sadar lepas pegangannya ke meja dan bisa bediri tnp pegangan. music always work for baby's development

    ReplyDelete
  6. bener banget...kolam bola itu fave anak2 yah..vio jg ngebet bgt kalo liat kolam bola di mall...karena horor takut kotor di dalemnya yg entah isi dalemnya, jd gw beliin bola n kolam2an..

    Mungkin uda boleh diajarin tendang2 bola..kan uda mulai di tatih2 (yup tatih2 yg bikin pegel pinggang :p)

    btw, pake yg buat ngelatih jalan kyk merk MC itu tuh yg kitanya ga perlu bungkuk2 itu, bagus ga sih yah,ty?

    ReplyDelete
  7. wuihh keren, banyak ya mainannya Rapha. Btw itu play mat gw jg pakai, tapi nggak bertahan lama yg motif begitu, soalnya anak gw jahil, suka dicopot copotin itu gambar gambar warna warni yang di play mat motif itu, trus masuk mulut halaahh....akhirnya beli lagi playmat yg polos hehehe

    ReplyDelete
  8. emang ga pernah rugi blog walking kesini.. dari mulai persiapan nikah, sampe sekarang persiapan baby.. :) Bagus banget postingannya, Mba..

    Terima kasih sudah menginspirasi *hug* :D

    ReplyDelete
  9. @mbak asty
    aminnn mbakk.... bantu kirim doa dari sini :)



    @icha
    nah itu dia cha, Rapha lg ganas bgd ngrobek n MAKAN buku -___- jd kadang gw ga sabaran juga n ngambil itu buku2 :(


    @dinni
    well noted! thank u ya buuu...


    @monic
    yg pasti jgn baby walker mon. gw pgn beli yg Vtech itu deh yg bs didorong2


    @fani
    exactly!!! rapaha juga begitu :))
    hihihi....
    selama ga mencri, gw ga masalah lah bu asal selalu dibersihin aja itu playmatnya


    @ayu
    haii bumil... happy to help :)

    ReplyDelete
  10. @Monic
    Hai hai salam kenal yah mak, kalo yang utk ngelatih jalan merk MC, pengalaman gw malah ga kepake say, soale Zaki ga betahan ada sesuatu di dadanya dan akhirnya teteup kita titah pake tangan. Dan lama2 akhirnya dia pake bangku plastik biasa buat dia dorong2. Ha5. Mgkn yang Vtech bisa juga tuh dicoba kaya saran Tya say...;)

    ReplyDelete
  11. hmm.. montessori abissss.. hihihi..
    motorik kasar bisa coba pake maenan tukang2an buat anak di bawah 1 th. si bocah belajar masukin itu paku ke dlm lubang, n ujung2 nya getok2in itu paku spy masuk beneran. jd dia bljr fokusin gerakan tangannya gitu deh..

    motorik halus bisa pake kain perca, bermacam permukaan. dari halus, flanel, kasar, jala2 macem furing, sampe brokat. jd dia belajar buat meraba n mengerti, oh ini halus, itu kasar. ujung2 nya kalo ambil makanan msk mulut dia mulai bisa ngerti ini bagaimana cara megangnya kalo kasar. gimana kalo halus..

    ReplyDelete