29 November 2011

Mac n cheese

terinspirasi sama resep saus kejunya mbak @depezahrial, akhirnya kemarin saya nyobain buat tapi versi 1/2 resepnya.

bahan:

1 sdm unsalted butter
1 sdm tepung terigu serbaguna
250 ml susu UHT
100 gr keju parut (saya pake merek diamond)
merica secukupnya



cara buat:

1. masukkan butter ke panci
2. setelah desisan hilang, masukkan terigu sambil diaduk2
3. masukkan susu, keju dan merica sambil diaduk sampai mengental


dengan takaran di atas, bisa dihasilkan kira2 250ml saus keju.



nah, kalo udah punya saus keju, variasinya bisa dibikin banyak deh.

untuk raphael saya siapin mac n cheese with carrot n cajun sausage

cara buatnya gampang banged

makaroni spiral (saya pake merek La Fonte) direbus bareng sosis yg sudah dipotong2 plus parutan wortel.
kalo sudah empuk, tiriskan dan siram dengan saus keju ini.
nyammm... :)



kalo untuk ayahnya, pas kita ngrebus makaroni, tambahkan garam sedikit dan sosisnya digoreng.
jadi makaroni siram saus keju trus dikasih taburan sosis.
double nyammmm... :)
*maap ini belum sempet difoto udah keburu diabisin sama yang bersangkutan*

nah, saus keju ini bisa bertahan seminggu di dalam wadah tertutup dan disimpan di kulkas.

jadi untuk menu besok, rencananya saya akan mengukus kentang + brokoli + ayam cincang.
trus siram saus keju ini juga.

oia, raphael mulai ga suka makanan blender an *hihi*
jadi sekarang kentangnya dipotong2 kecil gitu aja trus langsung happp...

variasi menu lainnya juga bisa kukusan jagung yang dipipil + bayam + daging sapi cincang siram saus keju.

kalo mau panggang2an, kentang kukusnya bisa dihancurkan + salmon + brokoli +saus keju trus panggang deh :)


issshhh.... cocok banged lah nyetok saus macam ini buat ibu-ibu yang cuma punya waktu minim buat ke dapur :)

Selamat mencoba!

4 comments:

  1. ehemmm... *menyimak dengan tekun*

    Thank you Tyaaaa sharingnyaaa.... nyontek yaaa.. ihiiiy....

    ReplyDelete
  2. sippp buuu... aku pun mencontek mbak depe :)

    ReplyDelete
  3. heeeyy, holaa :D mo tanya aja, raphael suka seperti kyk org mau muntah ga sii? klo dikasih potongan yg agak besar? klo baby aku kok gitu yaa? ada tips? :D

    ReplyDelete
  4. iya kalo terlalu besar dia suka agak hoek hoek gitu, jd biasanya aku potong2 dulu smp ukuran yg dia bisa makan

    ReplyDelete