14 November 2011

Beef Cajun Sausage

satu lagi menu makanan bayi dari dapur si ibu :)

menu aslinya nyontek dari sini dengan beberapa variasi.

bahan-bahannya:


1. daging giling spesial (yg ga banyak lemaknya) 200 gr (harga sekitar 15ribuan)
2. 2 sdm bawang bombay cincang (ini kalo saya bawangnya diparut pake parutan keju)
3. 1 siung bawang putih yang diparut juga
4. 1/4 sdm bubuk cabe (hihi mudah2an Raphael ga mencri)
5. 1/4 sdm bubuk kayu manis
6. 1/4 sdm bubuk thyme
7. 1 lembar daun salam kering yg dikruwes2 pake tangan jd berbentuk serpihan gitu
8. keju parut sesuai feeling untuk menggantikan garam
9. seledri 1 helai dicincang

cara buat:

1. campur semua bahan
2. masukkan ke dalam casing sosis
3. kukus selama 15 menit
4. panggang dlm suhu 180 derajat selama 15 menit

nah, kalo sudah dingin, tinggal masukkan ke dalam wadah n bisa disimpan dalam freezer :)
untuk anak di bawah 1 tahun, ketika akan dimakan, cukup keluarkan dari dalam freezer, masukkan dalam wadah BPA free dan hangatkan di dalam rice cooker.
kalo di atas setaun sih bisa digoreng :)


oia, ketika memasukkan daging ke dalam casing sosis, ada baiknya menggunakan corong supaya lebih gampang, dan ga perlu terlalu padat juga karena bisa-bisa casingnya meledak ketika dikukus.

harga casing sosis collagen yang halal ini 25ribu untuk 15 meter.

dengan takaran resep di atas, kurang lebih membutuhkan 75 cm casing sosis.

ini dia penampakan homemade sosisnya :)


selamat mencoba!

11 comments:

  1. lah gw baru tau ty ada casing sosis, pgn cari dsini mdh2an ada jg.

    rapha pasti tambah lahap ya makannya, emaknya heibad rajin masak.

    ReplyDelete
  2. aku silent reader.. very inspiring me banget bu guru.. soalnya anakku lagi susah makan. tq for sharingnya ya.. :)

    ReplyDelete
  3. @ecy
    gw beli online cy di casingsosis.com.lokasinya di subang, tp nda tau ongkir ke makati berapa :)

    @devi
    silakan dicoba ya mbak, mudah2an anak(n ayahnya suka)

    ReplyDelete
  4. nyontek resepnya boleh ya buuuu...
    *meluncur cari casing sosis hehehe*

    ReplyDelete
  5. rajin nya bu guru tya ni..jadi pengen juga beli casing sosis:P
    btw gimana raphael makan cabe ngga papakah??

    ReplyDelete
  6. mericanya sedikit kok bu:) jd so far ga masyalah

    ReplyDelete
  7. jeng, aku lagi belajar masak. kayaknya bakalan nyobain macem-macem resep-nya rapha deh. nugget, sosis, dll.

    buat ngasih makan siapaaaaaa?
    buat suamiku, hahaha...

    eh setelah baca komen, baru sadar kalo aku salah baca. ini CASING sosis toh, dari awal ampe akhir postingan aku bacanya CACING sosis, makanya agak geli-geli gimanaaaa gitu :))

    ReplyDelete
  8. bahahah suamimu dikasih makanan anak bayi :))
    kalo buat orangd ewasa tinggal tambahin garem ya buuu

    selamat masak dan selamat disayang suami :)

    ReplyDelete
  9. bu tya..aq lgi browsing casingsosis.com ada macam2 nih..kemaren pake yang mana?

    ReplyDelete
  10. beli yg ini bu http://www.casingsosis.com/product.php?category=7&product_id=2

    ReplyDelete