9 October 2011

Resep MPASI 8 bulan

jadi supaya sah disebut ibu-ibu masa kini yang aduhai dan kece, saya mau posting beberapa resep MPASI Raphael di usia 8 bulan ini.

tapi mohon maaf apabila resep tidak disertai foto.
iya sih no pic = hoax tapi ya mau gimana lagi ya secara bocahnya udah teriak2 minta makan jadi yaaaa begitu lah :))

dan lagi ada beberapa resep yang tidak disertai ukuran, semua hanya berdasar kira2 belaka :)) #amatir




Sup Kentang-Daging (untuk makan besar)

bahan:
kentang
daging sapi cincang 1 sdm
air secukupnya

cara buat:
1. rebus kentang bersama daging cincang selama kira2 15 menit
2. saring, haluskan/cincang kasar
3. kalau terlau kental, air bekas rebusan bisa disiramkan ke campuran di atas.


Agar-agar saus mangga (untuk cemilan)

bahan:
1 sdm agar-agar swallow globe yang plain
mangga manalagi (diblender halus)
air 250cc (1 gelas belimbing)

cara buat:
1. rebus agar2 bersama air sampai mendidih
2. tuang ke dalam cetakan lucu-lucu :)
3. apabila ingin disajikan, siram agar-agar dgn puree mangga


roti gandum panggang (untuk cemilan ayahnya)

bahan:
roti gandum (saya pake yg sari roti) buang pinggir dan potong jadi 8 bagian memanjang
unsalted butter (saya pake merek orchid)
keju (saya pake merek diamond/prochiz/bellcubes) diparut

cara buat:
1. olesi potongan roti dgn unsalted butter
2. beri taburan keju
3. panggang dalam suhu 120 derajat selama 15 menit



Tahu Bandeng Campur (untuk makan besar)

bahan:
tahu
potongan daging bandeng (ofkors durinya dibuang dulu)
air secukupnya

cara buat sama persis kayak sup kentang daging di atas. ketika disajikan bisa dikasih taburan keju
*ikan bandeng ini omega 3nya 6 kali lebih tinggi dari ikan salmon loh, dgn harga 3 kali lbh murah pulak ;p*



macaroni panggang (untuk makan besar)

bahan:
extra light olive oil (ELOO) untuk menumis
bawang bombay
bawang putih
macaroni
kuning telur
susu UHT sedikit
daging cincang
keju parut

cara buat:
1. rebus makaroni sampai empuk, tiriskan.
2. tumis bawang bombany n bawang putih dgn ELOO sampai harum
3. tuang tumisan bawang (kalo saya beserta minyaknya :p) ke dalam wadah
4. campurkan makaroni, kuning telur, susu, daging cincang n keju.
5. taburi keju parut lagi
6, panggang dalam suhu 150 derajat selama 30 menit



sup kabocha-jahe
*ini jadi andalan waktu Raphael flu dan batuk, dijamin ingus2 langsung keluar*

bahan:
kabocha
bawang putih
bawang bombay
jahe
homemade kaldu ayam (saya ambil 2 cubes)
air secukupnya

cara buat:
1. bawang putih n jahe diulek
2. rebus kabocha dgn air secukupnya
3. masukkan ulekan bawang putih n jahe
4. masukkan irisan bawang bombay n kaldu ayam
5. masak selama 15 menit
6. tiriskan dan blender
7. air bekas rebusan jg bisa ditambahkan ke dalam makanan apabila terlalu kental


es lilin melon-mangga
*sahabat setia ketika anak rewel mau numbuh gigi*

bahan
melon dibikin puree
mangga dibikin puree
air matang

cara buat
masukkan pure buah ke dalam cetakan es krim
tambahkan air, aduk rata
tunggu sampe beku
keluarkan dari tempatnya (susah banged bok :p)


yak sekian dulu resepnya, nanti kalo ada inovasi2 baru ato oleh nyontek dr milis mpasirumahan, pasti diposting lagi :)

4 comments:

  1. Ty, coba beli cetakan es batu di ace yang bahannya silicon. Bentuknya lucu-lucu daaannn gampang dikeluarin. Kalau gw beli-nya yang bisa untuk panas juga jadi bisa untuk bikin pudding si princess...

    ReplyDelete
  2. mba tya...resep-resep nya ok nih...boleh di coba ya buat kiara, usianya 8 bulan juga kaya' raphael...mudah-mudahan kiara doyan juga..he..he..makasih

    ReplyDelete
  3. halo mb tya salam kenal.
    saya mo tanya, untuk menu makan besarnya Raphael itu (dulu) ditambah pake bubur tim/bubur saring/nasi lunak lagi ga? ato cukup sup gitu aja

    makasih

    ReplyDelete
  4. iya biasanya aku tambahin nasi lunak mbak, supaya kenyang :)

    ReplyDelete