26 September 2011

Kompor Si Ibu

Ceritanya dulu waktu beli rumah ini, kami tuh kayak ketiban rejeki :)
untuk spesifikasi yang cukup lumayan, harga rumah ini agak di bawah rata-rata.

entahlah, mungkin pemilik lama merasa kasihan kali liat muka-muka kere kami :))

jadi selain dapet rumah dan bangunannya, kami mendapatkan free 2 AC,
kitchen set komplit, dannn... kompor ariston nya !!
hahaha...



awalnya sih muka saya sok cool waktu si ibu pemilik rumah bilang kalo si kompor termasuk dalam harga rumah,
padahal aslinya dalam hati jerit-jerit kegirangan! :)


dan setelah setahun,
beneran loh, nyaman banged pake kompor ini.
dengan 4 tungkunya, masak apa-apa jadi cepet banged.

apalagi sekarang Raphael udah 8 bulan,
menu nya semakin beragam,
nah si kompor yg juga termasuk panggangannya ini jadi semakin terasa berjasa.

buat gambaran,
saya nyetok makanan biasanya di minggu malem.

1 tungku dipake buat ngungkep ayam *jadi nanti wikdeys si teteh tinggal goreng aja*
1 tungku buat ngukus sayurannya Rapha *abis dikukus tinggal blender, masukin ice cubes n taruh kulkas*
1 tungku buat ngerebus air panas buat nge blanch daging yg mau dibikin kaldu bwt stok Rapha seminggu
n 1 tungku lagi buat bikin ager-ager, again ini buat snacknya Raphael.

nah, panggangan di bawah ga dicuekin dong :)
biasanya saya bikin brownies kukus ato cupcake buat cemilan ayahnya.
dan cookies cheese bliss buat si anak.

semua proses ini less than an hour lohhhh....

jadi masih tetep punya waktu untuk kemudian bikin bubur di Takahi.
again, slow cooker ini juga salah satu investasi di dapur karena memudahkan hidup kita banged sebagai ibu-ibu sok sibuk.


untuk bikin bubur di takahi, tinggal masukin beberapa bahan berikut:

1. beras 2 sdm
2. daun bawang n seledri
3. air sampai kira-kira 2 ruas jari dari tutup

udah deh colokin selama 3 jam.
dan setelah 3 jam masukin bahan-bahan berikut ini:

1. kentang n wortel
2. sayuran apapun yg pengen dimasukin
3. protein apapun (bs ayam/daging/tahu/tempe)

nah setelah 1 jam, cabut, trus di grind deh buburnya.
kalo raphael biasanya bisa buat stok 2 kali makan.

mayan kan, bikin bubur 4 jam bisa sambil ditinggal ngapa-ngapain :)


eniweiii.....
balik ke kompor tadi,
buat saya ini juga salah satu investasi.

waktu lebaran kemarin, kami bisa memotong sampai 2/3 anggaran untuk belanja bingkisan loh.
hihi...


capek sih bikin cupcake2 ini, dan rasanya ya jangan dibandingin sama yg udah pro lah ya...
tapi ga malu-maluin kok kalo buat hantaran lebaran :)




selain cupcakes, selama libur lebaran kemaren saya juga kastengel dong dong dong
tapi berhubung males motongin kecil-kecil, jadilah kastengelnya montogh bin semogh kayak yang bikin :)


*jangan salah, sekarang si Pondan punya tepung instannya bok ;p*
tinggal tambahin telur, mentega, butter n keju edam aje.

selain itu, tentu aja biskuit-biskuitnya si anak bayi.




jadi...
ya bolehlah dana liburan di potong sedikit buat beli kompor ini buibu :)
memuaskan bener deh
*ngumpet di ketek suami*

8 comments:

  1. Aduuhh beruntung bgt dpt kompor impian :D bisa baking asyik lagi. Kapasitas bake nya jg gede ya, hemaatt!
    Kaya apa sih dapur di rumah ? Kitchen set yg udah termasuk. Diposting doong ;)

    ReplyDelete
  2. tenang sayy... nt berencana bikin posting khusus tentang dapur *tapi kudu rapi2in dulu buat pencitraan* hahahaha....

    ReplyDelete
  3. kereeeeen! secara sini ga bisa masak ya. ngeliat ibu2 beraksi dgn kompor 2 tungku aja, bisa mangap saking kagumnya. apalagi 4 tungku :P

    ga sekalian sambil akrobat tuh, masaknya, hehehe...

    aduh matur nuwun inpo tepung instan pondan-nya :D ya aku ga bakalan baking dalam waktu deket juga sih, tp tetep kan berguna.... :D

    ReplyDelete
  4. pondan juga ada tepung untuk nastar lohh..
    trus tepung instan yg buat cupcake namanya zimuffin..
    butter creamnya jg ada yg udh jadi, mereknya Holland

    hahaha semua serba instan

    ReplyDelete
  5. ehh share resep biskuit bayi mu dong,ty :D

    ty, kog masak daging/ayam, cuman 4 jam yah? mateng n empuk yah?

    ReplyDelete
  6. Ty, di toko-toko alat2 baking udah jual kok alat untuk motong kastengel. Murah dan praktis :p

    Btw, tester-nya manaaa???

    ReplyDelete
  7. maap mbak tya ager2nya dibikin keras apa lembek, trus pas maem agernya dihancurin dulu apa dipotong kecil2?anakku beda seminggu sama mas rafa. setelah baca ini jadi semangat bikin homemade snack buat si kecil,matur suwun ya mbak,,

    ReplyDelete
  8. @monic
    iya mon, bentar yak gw posting :)

    kalo masak ayam n daging gw 4-5 jam mon


    @mega
    ayolah kapan2 baking date :)


    @emaknya aqila
    ager2nya aku bejek2 aja bu, soalnya kalo dipotong2 malah takut keselek :)

    iyaaa...yuks masaka yukss... lebih hemat n sehat :))

    ReplyDelete