13 July 2011

Raphael 5,5 bulan: mulai makan

eaaa.... siap2 dicibir ah sama perfect moms out there :)

iya, Raphael memang sudah mulai makan sejak sabtu kemarin.
tanggung banged sebenernya 2 minggu lagi kan lulus ASI eksklusif sarjana asix geto loh
tapi ya mau gimana lagi.

waktu itu kondisinya stok ASIP tinggal 8 botol di kulkas.
dan hari senin ini udah mulai masuk
sementara tiap hari harus ninggalin 5-6 botol
tapi sayangnya mompa di kantor cuma bisa 3 botol maksimal.
jadi perkiraan dalam 2 hari kerja itu stok udah habis.



yoihh... dari yang dulu punya 50an botol,
sekarang tinggal 8 :))
*asli ya, makanya gw demen bener dah wanti2 ke WM yg baru lahiran buat sebisa mungkin ngumpulin stok di awal mumpung si bayi belum menggila mimiknya :p*


dan yang bikin stok makin menipis adalah karena lagi2 raphael ngambek ga mau mimik langsung sama ibunya.
jatuh cinta bener deh sama dotnya ituh...huhuhu...

dan entah kenapa minggu kemaren itu saya rasanya capekkkkk bangeddddd...
ya ampun mau nyusuin aja kok begini banged tantangannya ya...

bukannya nyerah,
saya pun kmrn masih ngusahain ngasih asip pake sendok n feeder
tapi semakin besar anak bayiku itu,
kemauannya sudah semakin besar pula.
udah ga kayak waktu newborn yg bisa diboongin n nurut waktu diatur2 (hehe)
sekarang dia bener2 GTM sama si sendok n feeder.
aslik ya
itu sendok didorong pake tangannya jadi ASIPnya tumpah2an.
feeder pun cuma diemut ujungnya
bener2 ga mau buka mulut.


kenapa ga diemin aja..
toh kalo laper dia juga mau buka mulut kan?

hhhmmm....
ini yang saya takutnya dari dulu
sepertinya GEN GENGSI dari lokus nomor sekian di kromosom nomor sekian dalam diri saya ikut terbawa dalam diri Raphael.
*kenapa sih ga ikutin sifat baik hati dari ayahmu aja nakkk....
muka boleh sama kece kayak ibu, tapi sifat HARUS ngikut ayah dong dong dongss....*


sumpe ya...
baru tau saya ada bayi 5 bulan yang kuat ga mimik 5 jam
dan bukannya buka mulut waktu disodorin feeder ato sendok
melainkan justru buang muka n jerit2 ga keruan.
bukan nangis ya....
harap dicatat...
tapi jerit2 kenceng banged gitu

huaaa....
sepertinya anak ini harus cepet2 disekolahin biar bisa diredam segala egosentrisnya :(

eniwei...
akhirnya saya, si ibu lemah hati, ga tega liat anak sendiri kelaperan
takut dehidrasi dan lain sebagainya,
akhirnya saya kasih lagi deh itu si dot.
dan ga lama baru deh saya dikasih senyum maut si anak ganteng
cihhh... anakkuuuu... kenapa kamu begituuuuuuu....
*unyel2 pipi bakpao*

huhu...
dan kok ya bisa2nya pas lagi Rapha ngambek ga mimik trus si tamu bulanan datang.
cakep bener dahh....
si ASI yang ga seberapa ini jadi semakin tiris sajah :((


akhirnya ngobrol panjang lebar sama si ayah.
kalo balik lagi ke carolus rasanya capek banged...
Rapha juga kayaknya kali ini bener2 ga mau lagi mimik langsung

saya sih pasrah aja kalo harus e-ping lagi
toh banyak kok ibu2 yang senasib sama saya :))

jadi waktu itu kita bikin back up plan kalo memang sampe kejadian stok asip di kulkas habis dan kondisi tiris ini maish terus berlangsung.
jangan salah, lactamam dan molocco jalan terus.
edamame, susu coklat, daun katuk juga jalan terus.

cuma tetep dong harus bikin back up plan
mengingat demand yang lebih besar dari supply.

akhirnya waktu itu pilihannya cuma 2: pake sufor ato MPASI duluan.

bukannya saya anti sufor,
tapi saya terlalu takut harus nyobain2 macem2 merek susu ke Rapha.
ga tega liat kalo dia harus mencri2 ato justru sembelit.
huhu...

jadi waktu itu saya minta ijin si ayah untuk mulai nyuapin buah dan ngasih air putih ke Rapha.


si ayah, suami paling juara ini tentu aja ngedukung 100% untuk ngasih yang terbaik buat Rapha.
toh kita ada contoh kok anak yang judulnya netek terus sama ibunya tapi kerjaannya bentar2 sakit2an *hihi*
*weitsss siap2 ah bentar lagi disilet pake status fesbuk LOL*


eniwei...
setelah baca sana sini, ngubek2 file milis mpasi rumahan,
akhirnya dengan besar hati ga berhasil ASI eksklusif ke Rapha,
saya mulai nyuapin pisang ke anak bayi lucu ini hari sabtu kemarin.

pisangnya saya beli yang sunpride dan cuma dikerok pake sendok.
ketika pertama nyuapin
hahah buyarlah segala angan2 indah saya akan Rapha yang lahap makannya.

kenyataannya, mukanya Rapha mengernyit jelek banget *tapi tetep lucu dong*
dan lidahnya dikelet2in keluar
hahaha...
ga doyan diaaa....

akhirnya suapan ketiga berenti karena rapha hoek2
heuheuheu...
ga sampe muntah sih tapi si anak lebay ini hoek2 kenceng banged
akhirnya si ayah ga tega dan langsung ngasih air putih aja

minumnya pun pilih2 bok,
diajarin pake gelas tutup bolong itu malah keselek

akhirnya minum air putih pun pake dot
*bakar juga nih dotnya...haha*

first attempt nyuapin Rapha: ga berjalan mulus :)

besokannya, pisangnya digrind dulu pake muchkin food grinder (love this utensil so much!!) must have item buat ibu2 malas macam saya)


trus dicampur ASIP.
masuk mulut sih, tapi lagi2 cuma 3 suapan.
sisanya dia tutup mulut rapet banged pake acara menangis tersedu2
halah....drama sekali kamu nak...

percobaan ketiga,
sama si teteh, pisangnya ga digrind, tapi dikerok n diblenyekin pake sendok.
somehow si Rapha mau!
haha... aneh...
lumayanlah kali ini dapet 8 suapan
dan setelahnya drama lagi

hohoho... sempet putus asa banged jangan2 ni anak makannya susah
tapi untungnya udah 3 hari trial dan di hari keempat ini beralih ke pepaya.

malam sebelumnya pepayanya udah saya potong kecil2, saya grind untuk 2 kali makan dan saya masukin kulkas.
working mom ni yeeee ga sempet nyuapin makannnn...
biarinnn weee...
yang penting MPASI homemade dong ah...
*apa deh ini pake segala label2an :p*

dan kemaren jam 10 siang si teteh sms: bu, Rapa (maapkeun, si teteh orang sunda jd ga bs spellling dgn benar LOL) doyan pepayanya, jadi yang ibu siapin 2 porsi saya suapin sekaligus soalnya dia masih mangap2 terus.

astaganagadragonnn...
beneran yah ternyata kalo anak lahap makannya itu kebahagiaan tersendiri buat ibu.
serasa terbang ke langit ketujuh diiringi taburan bintang kejora dan disinari semburat bulan purnama.


sorenya pas saya pulang kantor,
si rapha juga lagi disuapin sama si teteh (Rapha sudah makan 2 x sehari) dan lagi heboh getok2in sendok ke bouncernya sambil mulutnya mangap2 minta disuapin.
hahaha.... senangnyaaa....

malemnya, Rapha pup dan pupnya tergolong2 normal aja.
lebih padat dibandingkan waktu masih ASI full
tapi warna dan teksturnya masih normal
hahhhh leganyaaa.....


huhuhu.... another milestone..
*terharu...lap ingus*

setelah pepaya rencananya mau kasih pear.
oia hasil baca2 milis mpasirumahan (wajib banged ini gabung bwt ibu2 baru) jenis pear yang dipake adalah pear ving lie.
dengan 8ribu rupiah dapet 3 biji kalo di farmers market :)

abis pear, baru masuk ke serealia.
rencananya yang akan dikasih adalah: oat, tepung beras merah wangi, tepung kacang hijau dan tepung beras putih.

setelah serealia, jatahnya sayuran: buncis, brokoli dan labu parang

dan di minggu keempat baru deh campur2


aaahhh....menyenangkan banged deh nyiapin makanan Rapha... :

11 comments:

  1. mana fotonyaaa? :P

    tenang mbak, aku udh 6 bulanan ini kejer setoran truus. Malah udh sering mompa pagi buat sore, mompa sore buat pagi :P

    Semangaaaat :D

    *salam kenal dari Akhtar buat Rapha :)

    ReplyDelete
  2. tenang jeng....sama bgt sikkk, raya jg mpasi pertama pas 5 bulan lwt 2mgg....meski ga aq kasi tiap hari pas itu...

    tp seirng menipisnya stok asip dan si anak yg jg cinta bgt ama dot nya *bener2 berontak klo dikasi ni**le gw* akhirnya menyerah ke sufor pas umur 7bln...eeee tapiiii aq tidak menyarankan lho ya, klo masi bs ASI, terusin aja smp tetes terakhir...dulu dibelain pake kurir ASI krn uda bnr2 g ada stok dirumah, jadi ya mompa langsung kirim...

    nyang penting rapha sehat terusss deeee, itu yg nomor satu...ttp semangat ngASI smp tetes terakhir ya...

    *upsss kepanjangan, berasa curcol

    ReplyDelete
  3. ah tya *tos sesama e-ping dan pecinta dot

    Tara-pun ga pas 6mos kok makannya. kalo baca dari twit-nya dr tiwi yg penting anak keliatan siap makan.

    ah, senangnya rapha mamamnya lahap. Tara sering GTM, jadi giliran makan lagi bagus ibunya bisa girang banget.

    sehat terus ya rapha, mamam yg banyak :)

    ReplyDelete
  4. Cihuy!
    3 bulan lagi rapha kencan sama tante piki yah!..kita mam pitsaaaaaa

    *tanteracun*

    ReplyDelete
  5. Tya, udah dicoba Rapha di gendong2x dulu 1/2 ngantuk baru disusuin? klo Kenzie lg nursing strike sih kayak gitu diakalinnya... kenzie malah kgk demen sama dot... nyokap gw frustasi klo minumin Kenzie pke dot... =__="

    tapi gpp lah MPASI 2 minggu lbh awal dr jadwal... dulu2x malah MPASI di bulan ke 4 kan ya... yang penting lahap makannya n berat badannya ga turun.... :-)

    Semungud yakkkkk! *siap2x MPASI buat Kenzie... hihihihi

    ReplyDelete
  6. iya setuju sama yustine, kalau kata dr tiwi memang ga harus 6 bulan kok. kalau dilihat anak dah siap makan ya boleh saja. apalagi ternyata pupnya raffa normal2 aja kan. jangan sedih yaa.. tetap semangat =)) semoga raffa makin pinter makannya.

    ReplyDelete
  7. aah aku pun merasakan kegembiraan bertabur bintang dan semburat bulan purnama kalo anak lagi lahap makannya :D. gpp bu, dulu anakku juga 5,5 bln mulai makan, dokternya jg mengijinkan asal anak udah tampak siap makan, dan makanan pertamanya dipilih dgn baik & benar.

    ditunggu ya, fotonya Rapha yg lagi mamam :D (secret admirer Rapha)

    ReplyDelete
  8. Jangan sedih cikgu, yg ptg qt udah usaha berikan yg tbaik bt anak.. Analisa sotoy dr emak Ben, si RaPa (maklum sunda jg *plaaak *ngaku2) kayanya emg udah siap makan.. Pup ny gk mslh kn? Kl gt,mainkan lah pear nya :p alias dterusn gt hehe..
    Ksiapan makan anak kn beda2 tgantung riwayat ny,nah yg plg tau itu si orgtua,dktr jg taunya kn dr cerita ortu ny kn *wong dia gk sm anak qt mulu* kl si anak sehat ato skt ato rewel.. Kl si ben dl makan nya umur 9bln *kjar tayang asi 3bln tkhr *sigh *eh malah curcol.. Dl wktu ben nursing strike aq ksh nen ny smbil dgendong jarik, pjuangan jendral, krn berat bgt plus meronta2.. Solusinya sih emg skin2skin & hrs super tega ;)

    ReplyDelete
  9. Salam Kenal...Kebetulan perkembangan tiap bulan BB anakku jg sama persis dgn Rapha, gemuk, dan sama persis jebol di usia 5,5 bulan dengan alasan yang sama pula. Awalnya sedih, tp DSA nya bilang, gpp Bu, malah nanti akan semakin cepat pindah ke bubur saringnya. Sekarang usianya sudah 7 bulan, belum kenal dgn sufor karena oleh DSA disarankan untuk diperbanyak MPASI nya disaat stok ASI berkurang daripada tambah sufor. Syukurnya sehat2 aja :). Saya mikir, terkadang, ngejar 6 bulan itu lebih karena ego pribadi saya aja. Walopun sampe skrg masih suka nyesel....5,5 bulan atau 6 bulan, ga banyak beda (menghibur diri)...

    ReplyDelete
  10. @kiky
    halo mas akhtar, salam kenal ya... :)
    aku sering loh mampir blogmu bu

    @rika
    hihi toss ah kita! aku juga harus siap2 kalo terpaksa campur nih bu

    @yustine
    ayo taraaa.... makan bareng mas Rapha biar sama2 semangat :)


    @vicky
    ayo tante, ngedate pizza sama Rapha ya..tp ibu juga diajak *ngarep*


    @shinta
    syippp
    makasih ya tanteee...

    @icha
    hahaha...bener banged kan, kalo anak lahap makannya tuh kitanya yg hepi berat

    @mommy ben
    iya say, makasi ya, mudah2an rapha ga kaget perutnya, jadi bisa cepet gede kayak kakak ben

    @sari
    halo buu....toss ah sesama e-ping :)
    iya rapha skrg makannya udh 3x tapi porsinya sedikit

    ReplyDelete
  11. hehehe.. I heart this part so much..
    ya gaya nulisnya... ya kontennya...
    perjuanganmu, mbak... top deh.

    alhamdulillah si ganteng doyan pepaya.
    semoga doyan menu yang lain2 juga yg ntar dikasih sama mama-nya ya :)

    aamiin.

    ReplyDelete