20 May 2011

exclusively pumping

alias e-ping...
definisinya bisa digugling lah ya
itinya sih tetap memberikan ASI tapi via media lain *umumnya sih dot*
jadi tidak menyusu langsung.

nah itu yang akhirnya kejadian sama saya 2 minggu terakhir.



as u already know,
Raphael terlanjur cinta sama dotnya itu :(
apalagi semenjak saya kerja, saya ga tega Raphael minum dari sendok atau cupfeeder,
mengingat si mbak yg juga harus ngurusin anaknya.
takut Raphael malah tersedak dan malah panjang ceritanya.
akhirnya dot lah jawabannya.

awal2 kerja sih Rapha masih mau nyusu langsung kalo ibunya pulang.
balas dendam malah.
kalo ditinggal kerja, minumnya paling cuma abis 2 botol @100 cc,
tapi begitu ibunya pulang,
langsung deh PD kanan kiri dikempesin dan masih nambah 100cc ASIP lagi
wuehhh....

tapi lama kelamaan,
karena si dot terlalu menyenangkan,
Raphael mulai nolak nyusu lagi :((

huhuhu...
mesti berjuang lagi dari awal kayak jaman Rapha masih usia seminggu :(

bedanya, dulu dia masih mau 'diboongin'
dipancing dulu pake dot biar mau ngisep
trus begitu bibirnya udah monyong2, dot ditarik n diganti PD.

tapi sekarang?
hualahhh.... ngamuknya ga keru2an...
nangis jerit2 macam lagi kolik
dan kadang sampe keselek sendiri :((

again.... naluri keibuan saya ga tega ngeliat Rapha seperti itu.

ya saya tau cemen banged sih,
ga mau usaha banged sih...
gampang banged nyerah sih...
huhuhu...
as if u were in my shoes

saya juga maunya nyusuin langsung,
lebih terasa bondingnya.
mesranya waktu raphael mimik sambil natap muka saya
indah banged waktu tangannya ikut2an nempel di PD
dan senyum puasnya tiap kali abis mimik seolah mau bilang 'makasih ibu'

huhuhu...

yang jadi masalah adalah seminggu terakhir produksi ASI jadi turun banged.
biasanya pumping bisa dapet 200cc, sekarang cuma 60cc :(
konsekuensinya tentu aja tabungan ASIP di kulkas.
dari 55 botol sekarang cuman tinggal 30 botol aje gitu
*dan akan ditinggal seminar 2 hari*
uhuk...uhuk....*ngelus dada*

makan suplemen...sudah..
banyak minum air putih.... sudah...
sering pumping... sejam sekali cyinnn....
jangan stress... nah ini yang susah...
gimana ga stress liat tabungan makin lama makin berkurang? :(
*dan ketambahan kasus ART kemaren*

wiken ini akan coba nyetop si dot sih
mau latihan pake sendok ah,
kali aja Raphael mau balik mimik

mau totok PD n totok muka juga supaya ga terlalu stress
dan berharap si ASI mengucur deras kembali..

Ibu belum nyerah nak :))

9 comments:

  1. amin amin..mg2 rapha mw nyusu lgsg lg y..

    anakku klo diinggal kerja minumnya pake botol sendok ms..dan syukurnya mw dan lancar2 aja

    ReplyDelete
  2. semangat tya. kalo anaknya ga sabar pake sendok kaya anakku, pake botol sendok aja, puku atau pigeon masih terjangkau kok.
    anakku juga sempet nursing strike, tapi itu gara2 aku ninggalin dia selama 2 minggu dikala usia dia baru 3 minggu, padahal dulu minumnya ga pake dot loh :(

    ReplyDelete
  3. hiks.. seperti yg kurasakan 10hari pertama..


    dan..
    ga tega banget ya miss liat anak nangis kejer..
    kitanya jg jd ikutan nangisss.. :(

    semoga lancar lagi ASi'mu..

    SEMANGAT!! \=D/

    ReplyDelete
  4. Stress emang musuh utama nih bwt busui.tp tetep semangat ya tya, semoga de' rapha mau nyusu lagi langsung dr gentongnya dan mau belajar mimik pk sendok kayak mas galih (yg dulu dgn terpaksa sendok scr dot malah gak mau). Ada untungnya jg lho dr 3 bln dah belajar minum asip pk sendok, nyuapin mpasi nya jd cepet bgt :)

    ReplyDelete
  5. Rayan banget, Tya. sampe sekarang. Tapi anehnya kalo malam Rayan masih mau langsung. mungkin karena setengah sadar ya..

    ya, mudah2an Rapha mau ya, nyusu langsung. cemunguuuudh! :)

    ReplyDelete
  6. Tya gw pernah ngalamin kayak gini dulu, terus solusinya, gw bawa apap ke kamar, gw timang-timang sayang (bahasa buat gw ma apap buat gendong sambil tiduran dan diayun-ayun) terus gw ngomong ke apap "Fab bunda tau lebih gampang buat fab minum dari dot, tapi bunda butuh fab buat nenen langsung, supaya bunda tetep bisa kasih asi ke fab, jadi fab usaha ya nak buat nenen langsung, bunda yakin kita pasti bisa" yah pakai bahasa lu sendiri aja ke anakmu pasti keluar kok bahasanya, dan ternyata bayi itu cerdas loh, walau masih kecil dia ngerti perkataan kita, pelan-pelan sambil diusap-usap kasih PD ke dia, pertama-tama nolak terus coba ulangi lagi-lagi dan lagi, akhirnya dia mau, dicobain aja jeng, siapa tau bisa ok juga, btw gw kasi fab dot tommee tippee yang bentuknya mirip pd, mungkin ini ikut ngebantu dia jadi ga terlalu bingung gonta-ganti nenen langsung, sama ngde-dot. hope it helps ya dear :)

    ReplyDelete
  7. neng tya, baru baca inih. Huu, sedih campur haru. Aku pernah ngalamin nursing strike 48 jam dan tiap malem nangis bombay krn emang sedihnya klo anak tiba2 ga mau nyusu. SEmangat ty, ada banyak cara untuk nyembuhin ini. Waktu nursing strike dulu, dlm kondisi bayi lg tidur, sodorin aja, nanti tau2 dia nyamber sendiri loh ty, trus kaya balas dendam gitu ngenyotnya. Terus ky gitu tiap malem, sekaligus dibisikkin untuk mau nyusu lagi. Intinya mommy nya semangat ya. Jangan sedih krn jd berpengaruh ke produksinya kan ya... keep smiling, mari sambut tantangan selanjutnya, halah. *peluuuuuk kenceeeng tya & rapha*

    ReplyDelete
  8. trima kasih ibu-ibu atas doa dan supportnya *pelukin satu-satu*

    ReplyDelete