13 April 2011

Hail you working moms!

bukan mau bikin label dan membanggakan salah satu pihak...tidak...
semua ibu itu sama hebatnya
sama beratnya
sama berjuangnya..

3 bulan saya ngerasain jadi stay at home mom, ya capek banged
segitu aja udah dibantu sama si mbak
saya cuma full ngurusin rapha
apa kabar yang single fighter ya?
ya ngurus anak...ya ngurus rumah...
8 jempol dari saya dan Rapha!




dannnnn sekarang balik lagi jadi ibu pekerja budak perusahaan
hahaha...
capeknya juga sama
beratnya juga

yang biasanya bisa tiap saat nyiumin anak ganteng,
sekarang kudu puas cuma liatin foto atau videonya aja :(

yang biasanya bisa nyusuin tiap saat anaknya mau,
sekarang kudu pinter2 nyuri waktu buat pompa

dan inilah yang berat (banged) buat saya....

untuk pertama kalinya saya jadi kepengen kerja di perusahaan aja
ga di sekolah kayak sekarang :(
jadwal ngajar yang beda2 tiap hari bikin saya kesulitan ngatur waktu untuk mompa

awalnya saya pikir bisa banged mompa 3 x di kantor,
asumsi sekali mompa biasanya dapet 150-200cc
jadi seharian bisa bawa oleh2 450-600cc
kenyataannya?
banyakan bentroknya sama jam ngajar
belum lagi kalo ada waktu kosong sdikit pasti disibukkan sama murid2 yang juga lagi sibuk persiapan ujian
ga tega rasanya nolak pertanyaan2 mereka

akibatnya?
2 hari kemarin saya cuma bisa mompa 2 kali
itupun terburu2 banged
ga tenang lah
dan bisa ditebak selama 8 jam kerja cuma bisa bawa oleh2 300cc buat Rapha :(

masih bersyukur sih setidaknya masih dapet segitu
dan entah kenapa Rapha yang selama simulasi menghabiskan 400-500cc
selama 8 jam,
sekarang jadi berkurang ke 300cc
huhuhu tau ya nak ibumu susah mompa :(

dan yang bikin tambah berat,
di kantor saya belum ada yang namanya nursing room,
jadi pilihan tempat pumping cuma 2:
di lab yang penuh bahan kimia
atau di toilet yang hanya Tuhan yang tau kebersihannya

ya gitu deh...

ketambahan di seantero SMA B*nus serpong,
yang mompa cuma saya seorang
ada sih 3 ibu2 yang baru nglahirin
tapi 3-3nya memutus rantai menyusui ketika mereka balik kerja
dan ketika ngliat saya ribet bolak-balik ruang guru-lab sambil bawa peralatan perang,
mereka komen: ih repot2 miss, gaji ga kurang kok kalo buat beli susu aja
huhuhu...
langsung drop deh sayanya...
cemennnn... :(

eh kok jadi ngeluh terus yaaa...
hihihi....

cuman menyalurkan stress aja
supaya bengkaknya berkurang nih..

yess...berhubung biasanya banyak yg dikeluarkan
jadi ketika 2 hari jarang dipompa,
pabrik yang kanan ngambek...
bengkak parah, sakit n tiba2 stop memproduksi!!!
huhuhu...
sedihhh bangedd...

kalo sakitnya sih ga masyalah,
tapi kok ya jadi ga keluar ya asinya?
udah dipijit, dikompres air panas n air dingin n coba dipompa lagi,
mentok2 cuma 30cc
huhuhu...
ke mana yang lainnya? :(


tapi belum nyerah kok!

masih kuat mijitnya,
masih tahan bolak balik kompres
n masih akan setia memompa :)

moga2 semakin berjalannya waktu semakin terbiasa deh dgn kondisi yang seadanya kayak gini
dan mudah2 terus dikasih kekuatan untuk bisa terus kasih ASI ke Rapha
*sambil nempelin koyo cabe ke PD bengkak*
*mringis ngilu*


crossing fingers...

14 comments:

  1. semangat bunda Rapha, merinding disko baca postingannya,,, saya nikah 4 desember 2010 n sekarang lagi menanti tanda-tanda isi... saya sering banget baca blognya bunda rapha, selain banyak dapetin ilmu, jadi inspirasi juga buat saya.. jadinya mikir gini: jadi seorang ibu itu harus siap segala hal, n saya mungkin masih belum disiapkan oleh yang di atas.. saya mau bilang satu hal, u are the super mom..*peyukk*

    ReplyDelete
  2. semangat ya ms tya :)
    jgn patah semangat, keep being positive :)
    pasti dikasi kekuatan deh sama Tuhan ...

    ReplyDelete
  3. hiyahhh siapa itu yang bilang "ih repot2 miss, gaji ga kurang kok kalo buat beli susu aja" Mau dibantuin nampol? :D

    menurut gw malahan beli pompa asi, coller, kulkas buat stock, blue ice, edesbre dan edesbra itu jauh lebih mahal ya daripada beli susu kaleng. :))

    *kirim semangat*

    semangat ya Tyaa.. tutup kuping aja sama komen yang bikin semangat jatuh. Semoga asinya lancar dan bisa asix. Tapi kalaupun enggak ya dibawa hepi saja. Yang penting Raphael dan bundanya sehat dan bahagia.

    ReplyDelete
  4. hihi makasihhhh...
    doakan saya supaya bisa terus nyusuin Rapha :)

    ReplyDelete
  5. wah tya, akupun mompa di toilet :(

    minggu lalu pas mau berangkat kerja neng Tara nangis ga mau lepas dari gendongan ibunya. dan harus dipaksa ditarik papaku *nangis di pojokan*

    jadi ibu mesti kuat banget, baik wm ataupun sahm. kuat hati terutama huhuhu

    semangat!

    ReplyDelete
  6. Sedih bgt baca posting ini. Kirim semangat utk Mama Rapha, setiap ada yg komen miring selalu inget wajah Rapha yg cute itu, he needs ASI ;D

    ReplyDelete
  7. Semanged cik'gu...feel you!!
    *miriis aku bacanya*
    ihikss

    ReplyDelete
  8. Semangat ya Tya,
    aku juga masih berjuang nih kalo bisa sampe 2 tahun tetep nyusuin n merah di kantor. Walau dari dulu sampe skrg anakku almost 1 year old sekali merah di kantor cuma dpt sekitar 20 ml, n kalo di rumah cuma dpt 5 ml, pdhl udah merah dengan berbagai cara, pompa elektrik, manual, tangan dengan teknik marmet, dll. Udah bolak-balik klinik laktasi, dan berbagai cara lain yang kalo diceritain ga habis2 kali ya :). Banyak temen2ku yang udah nyerah dari awal sewaktu asinya dirasa kurang.
    Aku ninggalin anak tiap hari buat ngantor minimal 12 jam n ga ada ART/BS di rumah.
    Tetep rutin dikompres n diperah ya bu. Semangat!!!

    ReplyDelete
  9. semangat tya!!!
    apapun yg di bilang orang, tetap kamu yg tau yg terbaik buat rapha
    pasti bisa...aku tau kamu kuat :)

    ReplyDelete
  10. semangat ya...!!
    Selalu berpikir positif bahwa ASInya banyak, cukup dan jangan lupa selalu berdoa setiap mulai memompa.

    Walaupun ibu bekerja, bukan berarti engga bisa memberi ASI buat rapha..

    Aku juga masih menyusui sampe sekarang Aray (10bulan) sambil bekerja.

    ReplyDelete
  11. Tyaa...diminumin ke baby ga mau? itu cepet banget lho buat mengurangi bengkak... tetap semangat ya say!! Good luck dengan bengkaknya, semoga cepat sembuh seperti sedia kala :)

    ReplyDelete
  12. Hai Ty, saya silent reader tapi pengen share karena senasib dengan bengkaknya PD. Coba dikompres pake kol deh, buat saya lumayan ampuh.

    ReplyDelete
  13. Tya.... di klinik aja, lebih bersih dan enak, gw jadwal pumping pagi antara jam 8.30 - jam 10.00 sebisanya disekitar jam itu lah, ayo join yuk biar semangat :)

    Btw sekedar sharing, enakan kerja di sekolah loh, kan liburan banyak, jadi banyak waktu buat anak, klo di perusahaan ya ampun cuti cuma 12 hari itupun dipotong libur nasional segala, waktu buat anak kerasa kurang banget, salut deh buat para mommy yang bisa bertahan kerja di perusahaan, jadi bersyukur kerja di sekolah aja klo buat gw :)

    ReplyDelete
  14. Mbak, kok di salah satu RS swasta di Jogja ini sudah tidak menyarankan penggunaan pompa ASI ya? katanya bisa mematikan produksi ASI...di sini diharuskan pompa pake tangan,mbak.. just wanna share aja..
    Semangat mba Tya...
    -Santy-

    ReplyDelete