4 March 2011

growth spurt, kolik and gumohr

okeh ini 3 kosakata yang harus dipelajari new mommy.
yang pasti 3 hal ini bisa membuat ketentraman tidur anda terganggu :)

untuk artinya bisa digugling sendiri lah ya,
yang pasti yang namanya growth spurt itu adalah fase di mana terjadi pertumbuhan yang signifikan terhadap bayi anda.
yes, tiba2 membesar gituh :)
tentunya diirngi dengan keinginan mimik yang luar biasa, rewel dan susah tidur.
GS ini juga beda2 untuk tiap anak.
umumnya terjadi di minggu ke 2, 4, 6 dan bulan ke 3 dan ke 6.
fase GS pun bervariasi, dari mulai 24 jam sampe bisa seminggu!



rapha sendiri sudah melalui GSnya yang pertama waktu di minggu ke 2.
yang ini sih ga terlalu berat, karena cuma rewel sehari-semalem sambil ga brenti mimik.
yang biasanya bisa tidur sampe 4 jam, ini kebangun tiap jam n minta mimik.
begadang jangan begadang deh pokoknya :))

nah, yang rada lumayan berata adalah GSnya yang sekarang di minggu ke 4 ini.
hampir seminggu bok!

oh well, awalnya sih sebenernya Rapha kolik *i'll let u know bout this later on ya :p*
tapi begitu koliknya hilang, kok masih terus2an rewel n susah tidur ya...

asli deh...bisa tidur 2 jam aja udah bikin kita lonjak2 kegirangan!
ini bener2 sejam bangun, mimik, nangis tanpa alasan, mimmik lagi, digendong, baru bisa tidur tapi ga tenang tidurnya karena masih aja krenyas-krenyis n sejam kemudian bangun lagi n fase berulang!!!
giling yes...
hampir seminggu full begitu terus..

mungkin sayanya aja yang banyak ngeluh,
tapi  beneran deh, ujian sesungguhnya jadi ibu *ciyehhh* bener2 didapet di minggu ini.

saya sempet nyerah pgn ngasih sufor yang kaya lemak supaya Rapha akhirnya teler n tidur nyenyak,
tapi untungnya suami n mama nguatin banged bahwa memang itu wajar terjadi sama bayi.

tapi akhirnya tetep saya nyerah n kembali ke DOT
heuheuheu...
tengah malem saya udah ga kuat bangun dan akhirnya udah 3 malem ini rapha nyusu ASIP pake dot.
dan semua2nya yang ngurusin mama saya...

jadi kalo udah jam 12 malem, Rapha diambil ke kamar mama,
digendong sambil disusuin ASIP.
begitu terus sampe jam 4 pagi.

lumayan saya jadi bisa tidur 4 jam.
kemewahan yang amat sangat :))
*walopun jadi ngrepotin nyokap banged2*

tapi kalo ga gitu efeknya jadi ke ASI.
pernah saking capeknya, ASI saya mampet!
seriusan ga keluar samsek.
dipompa pun ga keluar :((
yang ada Rapha tambah rewel karena capek nyedot tapi ga mendapatkan hasil.

dari situ saya memutuskan,
udah deh saya butuh time out.

saya sampe nangis2 minta suami cuti buat nemenin saya di siang hari,
dan tebel muka ke nyokap karena dengan teganya menitipkan bayi semaleman :)

okeh, mungkin ini saya yang lebay.
banyak kok ibu2 yang sukses melalui GSnya dengan aman
jadi buat bumil out there yang kebetulan baca ini,
ga usah takut yak..
tiap bayi itu beda2...
kebetulan saya dapetnya yang super :)
super ganteng juga tentunya
*numpang narsis dikit*

but eniwei,
thats the art of motherhood rite?
saya jadi nyesel udah jadi anak nakal dulu,
suka marah2 ke nyokap,
suka boong (hihi)
karena akhirnya sekarang saya ngrasain sendiri,
jadi ibu itu ga mudah....
dan sekarang berasa banged betapa mama sayang banged sama saya.

saya yg udah tua bgini,
masih aja dielus2 rambutnya waktu saya nangis2 kecapekan bangun tengah malem karena Rapha rewel.
dan mama masih aja kuat gendongin Rapha semaleman karena Rapha pasti nangis kalo digeletakin di kasurnya.
saya?
boro2!
gendong setengah jam udah ngeluh pegel :((

sempet ngerasa saya ini bukan ibu yang baik..
so Raphael,
kalo suatu saat kamu nemu blog ini,
maafin ibu ya nak karena belum bisa jadi ibu yang baik buat kamu,
tapi ibu percaya,
Tuhan memberikan kita waktu seumur hidup untuk saling mengenal...
jadi ajarin ibu ya.....

huk huk huk...
dan ceritanya ga brenti sampe di sini..

sebelum fase GS ini,
Rapha terlebih dulu mengalami yang namanya kolik.
jadi ada gas gitu di perut yang bikin jadi ga nyaman n berhubung bayi ga bisa mengkomunikasikan yg dirasakan, jadi ya bisanya cuma nangis.
kejer pulak :(

asli, hampir sejam Rapha nangis tanpa henti..
kalo ini kejadiannya pas lagi nginep di rumah mertua.

and again,
mama mertua yang kebagian gendongin rapha dari jam 12 sampe jam 3 pagi!!
hehehe...

saya?
tidur...
heuheuheu...

ya bgitulah nasib Raphael si cucu pertama,
eyang2nya bgitu ingin ngurusin jadi ibunya kebagian tugas nyusuin sajah..
hehehe....

eniwei,
masa kolik ini juga cukup bikin stress.
bayi pengennya digendong terus,
dan berhubung waktu itu suasana jakarta lagi dingin banged,
jadilah Raphael kudu dibedong n diselimutin terus.

dan lagi2,
mimik tiada henti.
terkempes 2011 deh pokoknya :))

dannn....
berhubung lambungnya udah penuh,
tapi bawaan pengen mimik jalan terus,
jadilah Raphael gumoh
...lewat hidung...

huhuhu...
ga banged deh ngliatnya..
tiap abis mimik pasti nyemprot lewat hidung
meskipun udah disendawain...
kesian banged....

dann...berhubung berhari2 begitu terus,
akhirnya mampetlah itu hidung si mas ganteng.
napas cuma bisa lewat mulut
dan kalopun berusaha napas via hidung pasti jadinya grok-grok gitu :(

yaa gitu deh kira2 roller coasternya jadi ibu..
untungnya sekarang kayaknya masanya sudah berlalu *joged cirlider*

dan meskipun kayaknya berat bener masa2 perkenalan ini,
tetep aja Raphael adalah anugrah terindah buat keluarga kecil kami :)

kalo liat senyumnya tiap abis mimik,
liat ekspresinya saat tidur,
dan liat pipinya yang makin lama makin mbil,
selalu bisa bikin kami tersenyum di tengah segala kelelahan yang ada.

dan for sure,
jadi orangtua adalah hal terbaik yang terjadi sama hidup kami berdua!

ga ada rasa penyesalan untuk itu :)

7 comments:

  1. tya.. sabar yaaa.. been there..
    sabar ya ty, nanti 2-3 bulan ibunya rapha mulai bisa ngerasain tidur cantik lagi kok :)
    (eh tp tmn gw baru bs mulai tidur cantik pas bayinya 5bln ding hehe)
    jgn kaget ty kalo rapha umur 2bulanan ketemu masa tidur ngga mau ditaro. ngga cuma malem,tp sepanjang hari. jd kl ditaro di kasur lgsg bangun ga bisa tidur. sampe gw prnh ketiduran siang2 sambil nggendong kyara. untung aja ngga jatoh. tp ngga smua ngalamin kok, smoga rapha nggak ya.
    mudah2an ibunya rapha tahan iman ya sama godaan sufor dimasa2 begini ya. percaya deh ty, nanti kl rapha 1-2th pasti ibunya kangen punya bayi lg hehe..

    ReplyDelete
  2. Miss,
    Sebenernya Kolik itu jarang terjadi lho. Kalaupun terjadi, biasanya karna udara lebih banyak masuk pd saat menangis. Coba liat di youtube deh videonya Dr Harvey Karp The Happiest Baby on the Block. It worked like charm on my baby :). Kalau mau video lengkapnya bisa aku transfer lewat torrent (aduh, pembajak sekali :P)

    Kalaupun ternyata tetap kolik, bisa juga dikasih Gripe water (mungkin di Indo ada di Guardian)

    All the very best :)

    ReplyDelete
  3. Rapha *kedipinmata* duhh rafa gantengnya, anak pinter miminya banyakk..Mba Ty ak jg mengalami hal yg sama, cm bedanya bener2 standing alone, tp akhirnya ajak ngomong baby Zyta "Zyta sayng bo2 yang pinter ya Mami dah capek banged , bsk main lagi" alhasil Zytanya bubu walau cm 3jam tp bener2 berkualitas heee... seneng liat baby. Oiya skrh baby Zyta dah 6bln dah tratur bo2nya pk cara ortu jadul "matiin lampu klonin dehh" smoga tips nya bermanfaat

    ReplyDelete
  4. ahhh,jadi inget masa itu.. sendirian jagain delisha, ga ada yg bantuin, suami jauh, berdua aja dirumah...
    tapi itulah nikmatnya jadi ibu...

    ReplyDelete
  5. Jd sedih bacanya, kasian Rapha, sedih jg inget perjuangan mama dulu ngurus sy dan kakakku yg cuma beda setahun, gak ada orgtua atau mertua yg nemenin, bener2 cuma berdua Papa :'(

    ReplyDelete
  6. @motik
    iya bu, skrg sih udah lumayanan anteng bocahnya dan ibunya udh ga terlalu kaget jd harusnya sih bisa lah ya menghadapi yg lain2 lagi di depan.
    doakan saya!!! *pasang iket kepala*


    @istrinya bayu
    noted! akan dicoba kl nt kejadian lagi *mudah2an tidaks* :)


    @nukta
    tengkyu ya sarannya :))
    akan dicoba..


    @endah
    makanya aku kagum bgd sama dirimu yg kuat ngurus newborn sendirian
    8 jempol dari gw n rapha! :)

    @mbak asty
    iya mbak asty, setelah jadi ibu makin berasa deh betapa dulu sering kurang ajar sama mama sendiri :(
    ternyata jadi ibu berat bangeddd...

    ReplyDelete
  7. setuju sama komen2nya buibu di atas. masa ini cuma 'sebentar' aja kok (sebentar tapi berasa banget capeknya, haha...).
    dulu kiara pernah dalam sehari ga bisa tidur nyenyak, ngulet2 terus, digendong merem, ditaruh melek & nangis. akupun jd ga tidur 24 jam, mana sendirian di rumah pulak (nasib istri pulisi, jam kerjanya ga aturan ;p). capek jiwa raga, tapi setelah masa2 itu berlalu dan ngeliat kiara sekarang tambah gede, udah pinter ini-itu, kayaknya semua capek dan nangis2 setres itu terbayar sudah :D

    ReplyDelete