25 February 2011

Sahabat Si Kue apem

wahai ibu-ibu 'kue apem' di seluruh penjuru dunia ini,
ga usah khawatir sama bentuk yang kita punya ya...
tetep bisa menyusui kok,
cuman memang stok kesabaran kita harus lebih banyak dibanding ibu2 'berujung' lainnya :)

buat persiapan, kayaknya kita harus siap sama barang2 berikut ini,
ada baiknya dimasukin ke tas yang akan dibawa ke rumah sakit,
jadi begitu si bayi lahir, bisa langsung digunakan.



1. breastpump
ini kudu banged punya, apalagi kalo kita belum ahli merah pake tangan.
atau kalo ASInya belum keluar, bisa banged dipancing2 pake breastpump ini.
meskipun cuma setetes dua tetes, itu berharga lho,
apalagi kan lambung newborn baru sebesar kelereng,
jadi disuapin 2 sendok aja udah cukup.

saya sendiri beli yang medela harmony (380K IDR) dan cukup nyaman dgn breastpump ini.
kekuatan perahnya bisa kita atur sendiri pk tangan kita jd ga perlu kuatir 'kaget' kayak kalo pake yg elektrik.
kekurangan BP manual ini: PEGEL.
heuheuheu....


2. nipple shield (115K IDR)

berhubung medela juga mengeluarkan produk ini, jadi saya menganggap bahwa benda ini sah-sah aja dipakaikan ke newborn.
hehe...patokannya jadi medela gituh...

nipple shield ini works like mejik.
tinggal ditempelin ke nipple dan si bayi langsung HAP bisa ngisep gitu.
ga perlu lepas-lepas dan ga bikin si bayi frustasi.

efek plus lainnya, nipple kita jadi ikutan ketarik,
jadi yang tadinya kue apem, sekarang bisa punya ujung sedikit *bangga*

3. suplemen ASI
kalo saya pake EMAB tea (88K IDR)
works like mejik juga.
begitu diminum, selang 2 jam langsung WHOOPPP berasa penuh PDnya
hehehe.....

4. sayuran hjau n air putih
kalo ini sih umum yah.
berasa banged setelah hampir sebulan punya anak,
kalo saya agak malas makan sayur n minum, pasti pasokan ASI juga agak terhambat :)

5. suami yang sabar
hohoho kalo ini wajib banged nih...
jadi inget dulu pas tiap saat harus merah kalo raphael mau mimik,
suami saya yang bolak-balik cuci-sterilin breastpump n dotnya raphael.
belum lagi bolak balik mijitin PD supaya ASInya lancar
n bolak-balik nenangin istrinya yang histeris karena ga bisa nyusuin
heheh....nasib punya istri drama queen sepertinya :)

suami sabar juga diperlukan untuk menangkis semua komentar2 macam:
ASImu ga cukup tuh...
udah kasih susu tambahan aja (baca: sufor)
tet*k begitu mah ga bisa nyusuin...

hahaha...
berat  yah bok nanggepinnya

intinya sih suami harus jadi perisai buat istrinya yang pasti masih capek berat abis melahirkan plus tertekan karena ASI yang belum keluar atau masalah2 lain yang bisa bikin baby blues.

jadi intinya...
semua bisa nyusuin kok..
ga usah sedih dan ga usah bimbang (halah..)

kudu kuat aja kitanya.

bertekat baja untuk terus merah,
nanti juga lama-lama ASInya banyak.

saya di hari pertama cuma bisa merah 5 cc,
cuma buat basahin pantat botol,

tapi sekatan sekali merah di satu PD bisa dapet 100cc
*ciyeee ASInya banyak ni yeeee*

*iyah pengen donorin ASI tapi ga tau aturannya gimana* :))

eniwei...
kalaupun ternyata memang sudah usaha keras dan tetep ga bisa nyusuin,
dont be sad baby,
itu ga mengurangi keibuan kita kok.

anak kita tetep tau kalo kita sayang banged sama mereka...

ASIX atau bukan,
tidak menjadi ukuran cinta kita ke anak :))

GOD knows our heart...


PS: ini beneran. kalo ada yg butuh ASI, saya bersedia donorin.
bisa diambil di rumah mama saya di pasarmingg ato di kantor suami di daerah pakubuwono.
please let us know ya....

12 comments:

  1. Tyaa, share dong gimana cara perahnya sampe bisa dapet segitu.. :)wiihhhh... so far sih ASI cukup, tapi pengen juga bisa segitu :D

    ReplyDelete
  2. Hi mom, salam kenal ya, im ur silent reader...hehehe congratz for the new baby born. masalah donor ASI, aku jg pernah donorin ASIku, waktu itu lewat AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) aku menghubungi AIMI, trus tinggal isi data2 untuk pendonor (sent by fax/email), jadi data2 kita kesimpen di sana, sewaktu2 ada yg mau (butuh donor ASI) si orang yg butuh itulah akan menghubungi kita, krn sblmnya dia nanya ke AIMI ada gak yg lg donorin ASInya, trus kita ketemuan deh, kebetulan si ibu2 yg butuh ini rumahnya masih satu wilayah sama rumahku jd dia yg kerumah sekalian lihat anakku. Jadi si AIMI ini yg jd perantara atau 'mak comblang'. gitu dehh.. semoga membantu ya...

    Keep breasfeeding mom

    ReplyDelete
  3. Hyyyaaaa...aq anggota club " Kue Apem " jg *hiks..hiks...
    Cm yg disebelah kiri aja sih *aneh kan.
    Saking pngen nipplenya kluar smp2 prnh aq iket karet *sakit bo..

    Untung dirimu membagi tips ini, wlwpun si baby br 34w d dlm perut tp mesti persiapan dr sekarang biar bs nyusuin...

    Thx...thx..mba tya...^^

    ReplyDelete
  4. ouww nipple shield bekerja ya? waktu itu beli yg abal2 pisan *merk yg ada aja* tau gitu beli medela T_T telat gak yah anak umur 6 bulan diajarin mimik dr PD?

    hey, akupun penggemar harmony. nyoih, pegel sangat. berhubung e-ping, jari ampe kapalan hihihihi..

    btw, aku dulu awalnya donor asi via twitter cc @aimi_asi. skrg jadi donor tetap buat 1 baby. dan sekarang kalo msh ada kelebihan stock dikirim ke LKC dompet dhuafa yang di ciputat

    ReplyDelete
  5. ohya si dhamar pun paling hobi cuci-steril dot n bp. kerjaan dia tiap hari tu :) tapi aku cuci pompa cuma 2x sehari. selebihnya masuk kulkas atau guyur air panas aja

    ReplyDelete
  6. ya ampun kue apem ini.. kirain Raphael doyan kue apem dan lebih tenang kalau ada kue apem...

    hihi ga mikir.. aduuuuh dong dong banget deh :p

    ReplyDelete
  7. Pasang *udh ky iklan aja :p * di fb - eats on feets indonesia. nanti yg perlu tinggal inbox dirimuu
    pengambilannya bisa si penerima yg ambil kerumah, atau skr juga ada kurir asi :)
    atau tawarin ke milis aja say

    ReplyDelete
  8. pas lagi laper baca judul postingan ini, sangat menggairahkan tentunya..eh ternyata...hehehe..

    ReplyDelete
  9. tya, aku pengen banget ntar kl dah ngelahirin pas gak keluar ASI ku minta donor.. hik hik
    sayang aku dibali...
    kyknya aku bakal susah keluar ASI.. krn ke 3 kakak cewekku semuanya kesulitan ASI keluar bahkan ada yg sampe keluar 3 anak tetep gak pernah keluar ASI... sedih gak si...

    ReplyDelete
  10. @wulan
    sering2 dipompa aja say.
    kl aku,misal raphael mimik di kanan, yg kiri aku pompa. gitu juga sebaliknya.
    jadi rutin mompa tiap 2-3 jam sekali, lama2 jg jadi banyak kok :)
    jgn lupa supply makanan n minuman kita jg kudu diperhatiin ya

    @mpok neva n azrita n yustine
    noted. TFS moms :)


    @ yuni
    happy ti help :))
    positip thinking aja pokoknya kalo kita pasti bisa nyusuin

    @capcai n ecy
    hohoho...anda tertipuuu


    @rahayu
    say, ga boleh gitu.
    kudu positif thinking.
    bisa dicoba dr hamil 7 bulan, mulai pijet aja n bisa mulai pompa bwt merangsang keluarnya ASI.

    ReplyDelete
  11. Mba Tya...
    Wah mantab infonya dulu jg waktu lahiran ak sampe bw breastpum, tp ternyata tuh breastpum masangnya salah jd ga kepompa*ibudodol*
    mbaa beli MAB tea nya dimana yahh info donk

    Thanks
    Nukta

    ReplyDelete
  12. huaaa jadi inget. dulu waktu awal2 ais melahiran. aku flat niple parah. saking semangat pgn ngasi asi, aku sempet 1 bulan iket puting ku pake karet biar maju, hihi, kalo inget gimana sakit nya saat itu rasanya sedih bgt. asi sedikit, flat niple, orang2 di sekitar yang "rempong",, untung bapake Sabar nya ampun2 an,,,
    huhuhuhu

    ReplyDelete