20 December 2010

Domestic Goddes

oh yes, saya ngeblog terus karena sudah libur 4 bulan loh..
*siap2 ditimpukin working mom se endonesia*
haha....

4 bulan ini udah nyusun rencana banyak.
yang pasti setelah lil baby lahir, semuanya untuk cah lanangku itu :)

nah, masa2 penantian ini,
rencananya bakal diabisin buat ngurusin persiapan menyambut kehadiran si lil prince.
dari mulai senam hamil,
*ini karena badan renta bgd jd mau rutin senam 2 kali seminggu ambisisus  biar sendi2nya rada bersahabat dikit*


lanjutin cuci-setrika baju bayi
*iya saya ngerjain sendiri loh* #bangga

dan mulai belajar nyuci clodi.
ahem...ini yang paling bikin deg2an.
semakin banyak baca,
semakin bingung,
metodenya beda2 jd belum tau mau nerapin yg mana.
yang pasti yg ga ribet :)


selainnn ituuuu...
masih ada pe-er besar lainnya: NYARI ART!!


hadeuhhh...
ini nih yg paling menyita waktu.

si mbak sih masih di rumah,
tapi akhir bulan akan diboyong ke rumah mertua.

Trimakasih ya Tuhan mertua saya baik bener...

tau kita rempong begini,
*satu sisi udah ga kuat bgd sama si mbak, tapi satu sisi ga tega mulangin ke kampung*
mama mertua memberikan solusi dgn mengambil si mbak.


si mama sih orangnya jauh lebih tegas dari saya,
dan pastinya si mbak akan sungkan untuk nglunjak2 ke mertua saya.
anaknya juga pasti akan lebih 'terdidik' kalo di sana.
dan kalo buat mama sih ga masalah ada anak kecil,
selama rumah rapi dan bersih.
*pssttt... si mail takut sama mertua eikeh jd pasti ga berani bertingkah*
hahaha....


pelajaran banged buat saya:
jadi istri, jadi ibu, jadi nyonya rumah itu ga ada sekolahnya.
semuanya harus dijalanin dengan berani.
meskipun banyak 'pasukan' di rumah, tapi tetep kita sebagai nyonya rumah ga bisa lepas tangan.
apa-apa harus dikomunikasin dengan jelas.
segala aturan, harus di set dari awal biar sama-sama enak.


kasus yang terakhir yang bikin saya n suami bener2 nyerah adalah masalah HP
*maap jd curhat tiada henti bgini*

ceritanya dulu kita beliin HP buat si mbak,
karena di rumah kontrakan ga ada telpon rumah.

nah itu HP entah kenapa malah jadi mainan anaknya,
tanpa si mbak berusaha utk mencegah.
pagi-siang-malam tatt tuttt tatt tuttt lah itu si Mail.

saya udah pernah bilang: mbak, HP itu barang mahal, bukan buat mainan anak kecil.

oh well, meskipun ga seberapa harganya,
but still buat saya ga approriate aja dikasih barang sama orang trus malah buat mainan :(

dan akhirnya kejadian bener kan.
itu hape sering nge-hang dan si mbak jadi susah dihubungi.
mesti sering restart dulu br bisa terima telpon.
ya gitu deh...

saya lagi2 ga hilang suara utk ngingetin:  mbak, HP jgn buat mainan mail, saya susah kalo mau hubungin mbak.

eh lha ndalah si mbak malah jawab: kan bisa nelpon ke rumah, bu...

hadehhh... speechless deh saya...
*nyonya rumah amatiran*

memang sih semenjak pindah rumah, saya langsung pasang telpon rumah,
but still, buat apa saya beliin HP kalo ga bs dihubungin?
*mulai emosi*


trus puncaknya terjadi pertengahan desember kemaren.
karena si mbak ngerasa akhir bulan desember ini dia mulai gajian lagi,
*gaji oktober n november udh diminta di muka bwt beliin HP anaknya satu lagi yg di kampung pleus kakaknya pinjem uang*
si mbak ujug2 ngomong sambil nyodorin potongan tabloid pulsa:
bu, gaji saya bulan ini buat beli HP kamera aja bu.

mendelik dong saya.
lah HPnya mbak rusak lagi?

iya Bu, itu sama si mail kemaren dibanting jd suka ga nyala sekarang

*napas naik turun*
kan dari awal saya udah bilang mbak, HP bukan buat mainan Mail.
*mlengos ke kamar menahan geram*

kok ya bisa2nya enteng bgd minta HP, berkamera pula
padahal saya udah bilangin jauh2 hari bwt ngerawat HPnya...
gggrrrr....

saya bilang ke suami mengenai permintaan si mbak ini.
dan ofkors suami menolak mentah2.
teringat masa-masa 2 bulan ini di mana si mbak udah ga pegang uang
n ujung2nya minta lagi uang mingguan buat jajan anaknya.
T_T

huaaaaa...
sudah deh.
that's it.
kesabarang manusia ada batasnya.
siang itu juga saya si manusia lebay ini langsung bilang ke suami:
*ala sinetron*
pokoknya aku udah ga kuat lagi. terserah gimana kamu ngomongnya pokoknya aku ga mau si mbak di sini lagi..
hahaha...
untung ga ada suara petir abis itu...
  

tapi my dearest husband,
orang paling baik sedunia itu masih ngerasa ga tega.
kalo si mbak pulang, di kampung mau makan apa?

haduhhh...suamikuuuu....
baiknyaaa dirimuuu...
selalu memikirkan orang lain..


huhuhu
dan resmilah wiken itu jadi wiken tergalau buat kita berdua :)

untungnya pas cerita ke mama mertua tentang hal ini,
beliau bersedia menampung si mbak.
sekarang si mama sih statusnya punya ART pulang pergi yg udah jarang dateng,
jadi kebetulan memang butuh utk yg cuci n beres2 rumah.

hohoho....
waktu kami ceritain soal si mail,
si mama ga keberatan.
nanti juga kalo di sini ga berani kayak gitu, kata mama.

oh baiklahhh...
cinta bgd emang sama mamaku satu itu :)


tapi rencananya si mbak baru akan diboyong akhir bulan ini,
ngabisin masa kerja satu bulan dulu di sini.
hihi...

dan untungnya saya udah libur,
jadi bisa lebih mengawasi jalannya roda rumah tangga ini dengan lebih seksama.

kayak tadi pagi,
saya belanja sendiri ke tukang sayur loh #bangga
biasanya cuma kasih uang belanja dan semua2nya terserah si mbak.

makanya kaget banged tadi pas belanja, 35ribu udah dapet menu utk 3 hari dan 3 kali makan.
hehhh...

selama ini padahal si mbak sering bilang uang belanjanya ga cukup,
makanya sering kami makan di luar karena udah ga ada bahan apa2 lagi di kulkas :(

oia, 35 ribu itu cuma utk menu2 sederhana ya buibu.

perinciannya begini:
(yg di bold hasil belanja 35rb itu)

senin malam: sayur bayem-wortel + tempe goreng + semangka


selasa
pagi: sandwich telur + keju + tomat (roti, telur, n kejunya udh nyetok dari giant)
siang: sayur sop + ayam goreng + sambel + jeruk (ayam beli giant, 15rb/ekor)
malam: tumis kangkung + tahu goreng tepung

rabu
pagi: nasi goreng
siang: sayur asem + bandeng goreng + sambel + apel (bandeng beli di giant, 7rb/ekor)
malam: sayur bayem-jagung + tahu isi

kamis
pagi: bakwan jagung
siang: sayur sop + ayam suwir + peyek kacang + jelly nutrijel
malam: schotel mie +semangka

jumat
pagi: cah buncis + orek tempe
siang: biasanya ini saatnya kami masing2 makan di luar :)
malam: ini juga biasanya beli nasi/mie goreng tektek yg lewat depan rumah.


TOTAL JENDRAL belanjaan di tukang sayur n giant utk sayur n lauk2 pauk plus buah berkisar 100ribu utk menu seminggu!
*oh well ga termasuk makan siang hari jumat yak*
hehe...

super ngiritttt!!!
ke mane aje selama iniiii.....

udah deh selama libur ini belanja sendiri aja,
si mbak tinggal mengolah sajah :)


oia, tips nih buat ibu2,
utk bahan2 segar macam ayam, ikan, buah2an,
terkadang lebih murah beli di Giant loh dibanding di pasar or tukang sayur.
kayak kemaren saya dapet ayam cuma 15K IDR/ekor,
bandeng 7K IDR/ekor,
telur 13K IDR/kg
semangka setengah 4,5K IDR
jeruk 10K IDR/kg
n apel 9K IDR/kg

cukup bgd itu buat menu seminggu :)

hahaha....emak-emak bgd sih.....

kalo rada bosen sama menu2 standar,
tinggal cari2 resep n beli bahan2nya sendiri.

pokoknya liburan ini saya mau kembali ke dapur lagi.
kangen juga kelamaan cuek sama rumah :)
*pasang iket kepala*

doakan sayaaa!!!

5 comments:

  1. wah uda mulai maternity leave yah ty.. asik asikkk bakal sering posting yah, pasti fans blog kamu pada seneng deh.. =)

    ReplyDelete
  2. same here...
    belanja 20rb/hari buat sayur en bumbu2 plus tahu tempe selalu dibilang kurang padahal klo belanja ke tukang sayur sdri ckup malah nambah kerupuk segala *bingung.
    mingguan aku ke carrefour juga kmren dapet ayam kampung 21rb/ekor, daging bahan rendang hampir setengah kilo cuman 20rban. *tung-itung deh

    ReplyDelete
  3. Kalo utk emak2 gk suka masak kyk sy, menu makan siang+malam biasanya sama jd masaknya bs sekali, utk yg malam masaknya stengah mateng jd malemnya tinggal angetin, kecuali bayam yg hrs dimasak dlm keadaan segar. Lebih hemat juga sich ;D

    Btw ibu2 jg kadang2 hrs inspeksi mendadak ke tukang sayur supaya gak dikibulin, hehe...

    ReplyDelete
  4. @flo
    iya nih maternity leave 3 bln plus libur natal 1 bulan.
    pasti ngeblog sering2 nih :)


    @anis & mbak asty
    ihhh samaaa bangeddd...
    akupun bingung padahal menu juga yg standar2 aja tp kok selalu bilang kurang yah..
    hhmm....emang ga bs lepas tangan kita nis, tetep harus isnpeks.
    bener bgd tuh kata mbak asty,
    rajin2 sidak ke tukang sayur!
    hehehe

    ReplyDelete
  5. Jeng Tya..

    You're a good housewife..
    Hebat beneer.. mungkin berkali-kali nyebut diri pelit.. tapi menurut aku ini bukan pelit.. tapi cerdik!!... secara semua bergizi dan tepat..

    ReplyDelete