6 December 2010

Demam Pada Anak

Hari Sabtu kemarin ceritanya kami ikutan kelas PESAT 3 Tangerang.
mo belajar jadi smart parents judulnya...heuheu....

untuk kelas kemarin, ada 3 topik yang dibawain:
- demam pada anak
- ASI
- penanganan bayi baru lahir dan kuning pada bayi.



dan akhirnya setelah sekian lama cuma denger namanya aja, kemaren beneran ketemuan sama Dr.Purnawati alias Bunda Wati yang tersohor itu :)
and yes, I became one of her fans as well!

kelasnya sendiri berguna banged buat saya n suami yg sebentar lagi akan jadi orangtua dari bayi ndud di perut saya ini (can't waittt)
walopun ada juga pasangan yg baru nikah n belum dikaruniai anak tapi tetep ikutan kelas ini loh.
hebat yahhh..

dulu mah saya boro2 kepikiran ikutan beginian,
yang ada di otak cuma jalan-jalan and belanja...
hahahah...

nah, yang sekarang mau saya share yang topik pertama dulu ya...


garis besarnya sih Demam itu bukan penyakit,
justru demam menjadi penanda bahwa tubuh bayi kita sedang berperang melawan infeksi.

ada 6 tahapan yang harus diketahui para orangtua:

1. ukur suhu tubuh anak dengan thermometer

sebaiknya gunakan thermometer digital yg ditempelkan ke ketiak utk anak usia 3 bulan ke atas karena ear thermometer tdk lagi presisi utk usia anak yg semakin besar.
bisa juga dikuru di mulut atau lubang anus, but belive me cara ini ga akan nyaman untuk anak :)


2. amati perilaku anak

yang harus kita amati adalah tingkat kesadaran dan responsiveness nya, bukan kondisi lenah-letih-lesu.
kalau anak kita cubit dan dia tidak merespon, ini yang harus dicurigai, sebaiknya segera bawa ke dokter.
*ga tega tapi ya bo nyubit anak...heuheuheu*


3. pikirkan penyebabnya

utk poin ketiga, ada beberapa penyebab umum yang sering terjadi sama anak kita:

- demam, meler, batuk, rewel, lesu, tinja lembek/diare: flu atau virus
- demam, mual, muntah, diare di bawah 3 hari, tdk ada darah dlm tinja: gastroentritis
- demam, tarik2 telinga n rewel: infeksi telinga, tumbuh gigi
- demam, sakit saat berkemih: infeksi saluran kemih
- demam, sakit menelan, usia anak di atas 3 th: radang tenggorokan
- demam di atas 38,5 derajat cels, batuk, dahak, sesak nafas: pneumonia
- sakit kepala hebat, muntah, kaku: meningitis


terkadang demam ini juga disertai dengan munculnya ruam (bercak kemerahan di tubuh anak)
nah, supaya ga panik, ada beberapa ciri ruam yang harus kita ketahui.

- demam tinggi, ruam awal di wajah dan belakang leher: curigai campak. kita harus konsul utk diagnosis dan harus mewaspadai ciri lain yaitu tanda sesak dan diare

- ruam muncul di seluruh badan saat demam tinggi: Rubella. bisa menjadi indikasi komplikasi pneumonia

- ruam muncul setelah demam reda: roseola. cukup dilakukan home treatment

-  ruam berbintil di tangan,kaki plus sariawan: hand, foot, mouth disease. cukup home treatmenrt

- berbintil, kantung berarir: cacar air. home treatment juga

- ruam tidak hilang saat kulit ditekan: curiga demam berdarah. harus konsul utk diagnosis


4. tahu penanganan demam

- ruangan jangan panas tapi jangan pk AC
- perbanyak minum
- makan jangan dipaksa, berikan makanan kesukaan anak :)
- kompres hangat

untuk patokan suhunya sendiri, ada beberapa yg jadi patokan:

-suhu di bawah 38,3: jangan beri obat apapun, perbanyak minum
- suhu 38,3 - 40: beri obat penurun panas, kompres
- suhu di atas 40: konsul dokter


5. tahu kapan menggunakan obat turun panas

obat penurun panas yg boleh diberikan ke adalah adalah golongan parasetamol.
merek dagang yang cukup terkenal adalah tempra and sanmol.

nah, untuk pemberian dosis yg tepat, kita harus memakai patokan BB anak, bukan usia.
dosis yang dianjurkan adalah 10 mg x BB anak.


misalnya anak kita BBnya 12 kg, maka dosis yang dianjurkan adalah 120 mg.
lalu kita cek kandungan tempra tersebut (biasanya ada bungkusnya)
misalnya tertulis 240mg/5ml.

berarti setiap kali memberikan si tempra, kita cukup memberikan 2,5 ml saja.
got the point?

jangka waktu pemberian berikutnya berkisar 4 - 5 jam, tergantung kondisi anak.


ada lagi jenis obat penurun panas yang umum digunakan, yaitu ibuprofen.
merek dagang yg terkenal adalah proris.
tapi obat ini sebaiknya digunakan apabila demamnya disertai rasa nyeri pada anak, misalnya demam karena habis jatuh dari sepeda :))



6. tahu kapan ke dokter.

kita harus menghubungi dokter bila:
- bayi di bawah 0-6 bulan, suhu di atas 38 derajat cels
- bayi di atas 6 bulan, suhu di atas 40 derajat cels
- bila demam menetap di atas 72 jam


wehhh... panjang yes postingannya...
kurang lebihnya begitu,
kalo ada kurang2, mohon maaf karena saya juga masih belajar jadi ibu yg sok bijak...
heuheuheu...

4 comments:

  1. bagus nih bu tya..jadi ibu siaga
    kemaren aq daftar buat dr wati di KMC tapi pasiennya banyak banget..ng tahan nunggunya kasian anak.
    Jadi ke dokter endah di KMC juga bagus juga

    ReplyDelete
  2. hihi.... baru belajar bu :)

    ReplyDelete
  3. mba Tya, info ini menarik banget. Untuk ikutan kelasnya daftar dimana ya?
    Aku lagi hamil anak pertama :) dan rasanya kelas seperti ini perlu banget buatku... Kemaren aja pas liat daftar belanjaan bayi bingung sendiri bedain bedong sama gurita.. dan ga ngerti cara make popok kain newborn (ampun deh! hehehe) oh iya, mba Tya udah jalan2 ke maxlyn (deket GKY BSD, sebrang Sanur BSD) itu toko bayi baru buka.. kemarin sempet survey barang NB disitu :) hehehehe

    ReplyDelete
  4. @missayoe
    ini tgt mreka ngadain kapan bu :) coba aja follow twitternya @milissehat.

    eh maxlyn udah buka ya? waaa iya nih pengen ke sanaaaa

    ReplyDelete