1 November 2010

Breastfeeding Tips for Working Mom

jujur aja awalnya saya skeptis banged untuk ikutan kelas ini.
you knowlah dengan segala perdebatan ASI vs sufor di luar sana,
saya sebagai peminum D*ncow dari usia 3 bulan sampe 5 tahun ga pernah merasa kurang cerdas tuh dibanding anak2 lain yg full ASI.
hwehehehe.....

makanya awalnya saya takut bgd kalo di kelas ini bakal dipenuhi ibu-ibu ekstrim yang siap menerkam....huehueheueheueheu....

untungnya sampe kelas ini selese, ga ada satupun slide tentang gambar sapi dan sebutan anak sapi.
pwiuuhhh...



sebaliknya, saya justru merasa enjoy banged dan ngerasa kalo kelas ini bener2 guna buat saya yang bakalan ninggalin anak saya seharian.
ibu-ibu pembicaranya pun (mbak nia n mbak Puti) ga sekalipun menunjukkan sikap menghakimi.
justru mereka informatif banged dan mau share tentang kegagalannya ASIX ke anak2 mereka.


ok, sekarang cerita kelasnya.
kalo mau diringkas, singkatnya begini:


cara memerah ASI:

- dianjurkannya sih memerah tangan

- kalopun mau pk breast pump, jangan pake yang model corong/terompet karena ASInya bisa masuk ke karetnya dan itu ga steril

 http://www.candycontainer.org/Repros_P5.html

- usahakan memerah setiap 3 jam sekali utk working mom

- pastikan tangan bersih dan peralatan memompa steril


oia, cara memerah ASI pake tangan sebenernya ada gambarnya, tapi singkatnya sih begini:

- sebelum memerah, pastikan nipplenya digelitik dulu *hehe...bisa minta bantuan bapaknya ini sih*

- jempol ditaruh di atas aerola arah jam 12, dan 4 jari lainnya di arah jam 6

- mulai perah ke arah nipple, tapi jangan pencet2 nipplenya ya, cukup aerolanya aja.

- setelah itu posisi jari bisa berputar ke arah jam 3 n jam 9 dst

kalo untuk brestpump yang elektrik, pastikan gunakan kekuatan yg paling kecil dulu, kalo udah keluar baru diganti kekuatannya sesuai kebutuhan.


cara menyimpan ASIP (ASI Perah):

aturan penyimpanan berdasarkan suhu:
- untuk freezer kulkas 2 pintu, ASIP bisa tahan sampe 3 bulan
- untuk freezer kulkas 1 pintu, tahan 2 minggu
- untuk bagian bawah kulkas, tahan 24 jam
- untuk suhu ruangan, tahan 4-6 jam

nah...jadi kalo kita lagi di kantor, simpelnya begini:

- bikin jadwal merah dan harus disiplin sama jadwal itu *ya telat2 dikit bisa kali ya secara jam ngajar saya ngacak banged* :)

- misalnya saya harus merah jam 9, jam 12 n jam 3 sore.

- hasil perahan jam 9 bisa langsung di taruh di kulkas, bukan di freezer loh ya.

- begitupun dengan hasil perahan jam 12.
nah, ketika merah lagi jam 3, di mana jam 4 nya saya udah bisa pulang, jangan campur haisl ketiga perahan ini dulu.

- mending ketiga botol ini ditaruh di cooler bag dulu, bawa pulang, dan sampe rumah dimasukkan di kulkas juga *bukan freezer*

- ketika suhunya sudah sama, baru ketiganya bisa dicampur dan dimasukkan ke freezer.

CMIIW ya buibu,
baru tau teorinya belum, belum praktek :)

oia, untuk penyimpanan sebaiknya di botol kaca ato kalo memang botolnya sudah habis, bisa disimpan di plastik ASI.




cara memberikan ASIP:

- disarankan sebelum berangkat kerja kita menyusui bayi kita dulu, karena inti dari breastfeeding itu bukan hasil susunya aja, tapi gimana kita bikin connection sama bayi kita.... tsahhh...gaya deh eike....iya dong, proses pandang2an ibu dan bayi itu cute bgd buat saya :)

- sebaiknya juga, tiap working mom punya jadwal menyusui si bayi, diketik, laminating n tempel di kulkas jadi si mbak pengasuh bisa aware jam berapa aja anak kita harus minum.

- sebaiknya juga, sebelum kita berangkat kita, kita udah ngeluarin botol dari freezer n kita turunin ke kulkas bawah. jumlah botolnya disesuaikan dengan kebutuhan minum si bayi.

- setiap kali si mbak mau ngasih ASIP, pastikan jangan semua stok ASIP kita keluarin dari botol, takut bayi kita ga abis...sayang kalo dibuang :)

- jadi kalo kapasitas botolnya 100ml, kita tuang aja dulu 50ml dan dipanasin. sisa 50mlnya masukin kulkas lagi.

- nah 50 ml yg siap diminum ini sebaiknya dipanasin dulu. cukup letakkan botol di atas baskom berisi air panas. pake bottle warmer juga boleh.

- ketika suhu sudah cukup, tuangkan ASIP ke cup feeder, pipet ato softcup.

soft cup medela (harga: 350rb)

http://www.breastfeedingnaturally.co.uk/store/m4-medela/

cup feeder medela (harga: 15rb)




http://www.cleobabys.com/sparepart/631-medela-babycup-feeder.html


- berikan ke bayi

- apabila masih ada sisa, bisa diberikan lagi ke bayi asal tidak melebihi 4-6 jam


hosh....hosh....
panjang yes...
ya gitu deh,
kalo buat saya sih guna banged,
secara selama ini masih meraba2 anak saya mau diapain pas saya kerja...heuheuheu...
*emak dudul*

saran dan tambahan ilmunya saya nantikan ya buibu :)

7 comments:

  1. Menyimak dengan baik, untuk dipraktikkan pada saatnya nanti :). Thanks ya, Tya.

    ReplyDelete
  2. Rite...kayaknya ak dah praktekin semuanya tuh tya *keplok keplok hanya saja kulkas bawah aku hitungan gak 24jam jd bisa sampe 2 hari-an.klo hr ni turunin 6 botol asip buat besok tyt besok baby cuman minum 5 botol, yg satu botol (lebih 24 jam) msh bs dipake keesokan harinya. biar gak parno cobain ajah basiin asi alias dibiarin ajah sampe lebih 8jaman tar tekstur n warnanya akan berubah en diangetin atau dikocok2 tetep ajah gak nyampur n baunya juga beda.

    ReplyDelete
  3. @rita
    ur welcome. akupun rajin menyimak blogmu, kali2 aja nt dpt kesempatan jadi bu guru di perancis...*ngayal* :)


    @anis
    well noted! thank u ya bu...

    ReplyDelete
  4. Kunci sukses ASIX juga jangan stres dan teteup enjoy. Hihihi. Jadilah strategi gw kmrn itu udah mulai nabung ASIP dari Zaki umur 1,5 bulan ( harusnya lebih awal lebih baik ). Maksute biar ga stres kejar setoran ASIP gara2 Zaki mimik lebih banyak daripada hasil ASIP yang bisa gw bawa pulang. Akhirnya ngalamin juga deg2an stok ASIP kurang. Hahaha...Pokoke nti kalo ada waktu, teruuusss mompa aja say demi tabungan ASIP nya banyak. Hihihi...moga2 sukses yah say ASIX nya. Amiiinnn...;-*

    ReplyDelete
  5. Buat Tya dan para working moms lainnya : baca deh artikel ini http://theibrahims.blogspot.com/2008_06_01_archive.html
    Penulisnya namanya Titien Irvianty (pemilik TaRaFa slings). Artikel ini ditulis bulan Juni 2008 dengan judul alat-alat "tempur" bersama ASI
    (Ada juga lanjutannya : http://theibrahims.blogspot.com/2008/06/asi-tersebut-berhasil-kubawa-pulang.html#links)

    Titien ini adalah working mom juga. Waktu dia melahirkan anak ke 2 dia cuma dapet cuti 3 minggu dan selama masa ASIX dia harus bolak balik ke luar negeri. Di blog-nya dia menceritakan gimana susah dan sedihnya perjuangan dia dalam memberikan ASI eksklusif untuk sang buah hati. Dari repotnya membawa semua perlengkapan ke luar negeri, memeras sambil meneteskan air mata krn kangen dgn si kecil sampai proses membawa si ASI ke dalam pesawat belum lagi ditambah perjalan dari airport ke rumah yang bisa mencapai 3-4 jam. Tapi ternyata dia sanggup melewati semua itu.

    Semoga artikel ini bisa memeberikan semangat untuk Tya dan para working moms lainnya. Sukses ya semuanya...

    ReplyDelete
  6. @icha n mega
    sippp....Thx infonya ya... nt gw pasti bakal banyak nanya2 :)

    ReplyDelete
  7. iyah...emang mau asix itu perjuangan...gw udah mengalaminya..entah krn tambahan embel2 baby blue ato apa...tp yg pasti terasa berat n merasa bersalah liat baby gw nangis2 lapar karena asi gw super dikit...rasanya sih dia isep2 angin aja tuh...

    sampe pada titik akhirnya gw nyerah ke bantuan sufor...dipikir2 gw pun termasuk si 'anak sapi; (kalo boleh pinjem istilah ibu2 pd umumnya) tapi bener kata Tya, gw ga masih merasa cerdas2 aja (ceile :p )

    sampe gw ke klinik laktasi, disuruh tiap 2 jam sekali susuin n peres...gw coba tapi ga berhasil, kapan bisa istirahatnya...si baby nyusu terus (gw gatau dia isep dan minum ato ga) sampe 1 jam-an...blom lagi mesti peres asinya...trus tiba2 uda 2 jam kemudian aja...
    Untung punya suami yg sgt amat mdukung n sabar ngadepin istrinya yg panikan...akhirnya baliklah dgn bantuan sufor, toh yg penting baby ga kelaparan n berat badannya bisa balik lagi ke berat badan lahiran...
    Pokknya untung suami dukung selalu deh.... :D hehe

    duh jd curhat kebablasan nih,ty.... :D
    pkknya berbahagialah ibu2 yg bisa asix full...bagi yg ga jgn kecil hati.... lihat diriku n tya...tetap manis dan aktif kannn :p (setuju kan,tya?!?!)

    ReplyDelete