22 November 2010

ART...oh ART....

kayaknya ini masalah klasik banged deh buat ibu-ibu di manapun itu.
kalo udah ada masalah sama ART pasti pusingnya ngalah2in pusing dikejar deadline deh.
apalagi buat working mom yg seharian ninggalin anaknya sama si ART.

dan sayapun akhirnya mengalaminya!!!
wakwawww....

tadi pagi baca ceritanya Anis di sini dan kok ya kasusnya kurang lebih sama ya...



ART saya ini janda dicerai suami plus bawa anak satu umur 2 tahun.

nah, sampe sini aja pasti ada yg komen: ngapain sih loe pake ART yg bawa anak? malah ribet tau.

yes, saya tau bakal ribet,
tapi waktu itu pemikirannya KASIAN.

si mbak ini ditinggal suami, punya anak 1 masih bayi dan satu ditinggal di kampung yang masih butuh biaya sekolah.
kedua orangtua udah ga ada n anak yg di kampung cuma dititipin di kakaknya yang jobless.
otomatis si mbak ini jadi tulang punggung keluarga.

jadi waktu itu mikirnya,
yo wislah itung2 bantu2 anak yatim.

sebulan-dua bulan kerja, memuaskan banged.
rumah super rapi, masaknya enak, orangnya ga aneh2,
ga ada masalah lah pokoknya.

tapi seiring semakin besarnya usia kandungan saya,
dan semakin besar usia si anak ART,
masalah mulai timbul.

ga tau ya ini perasaan saya aja atau gimana,
tapi saya merasa si mbak mau anaknya diperlakukan sama seperti perlakuan kami ke lil baby.

memang sih dari awal saya dan suami ga pernah itungan,
soal uang, soal makanan, soal pakaian,
kalo ada rejeki ya dinikmati bersama.

jadi ya kalau saya makan anggur,
anak si ART juga saya kasih anggur.
saya beli keju, si anak juga boleh nyobain.

tapi tetep semuanya itu harus sepengetahuan saya.

nah, yang terjadi sekarang adalah,
anytime anaknya ngerengek minta keju, ya langsung aja gitu si mbak ambil dari kulkas n nyuapin anaknya.
buat cemilan bokkkk!!!

busetttt...
keju cheddar 180gr abis seketika cuma buat cemilan si anak ART.

hhpppmmmhhh......

dan parahnya lagi itu dilakukan tanpa minta ijin dulu ke saya.

waktu saya mau bikin jagung rebus siram keju dan nyariin si cheddar di kulkas,
eh loh kok udah ga ada...
hhhmmm.....

hal yang sama terjadi sama anggur, vitacharm, dan stok makanan lain di kulkas.
*elus dada*

again, saya ga pernah itungan soal makanan,
tapi alangkah enaknya kalo si mbak ngomong dulu sebelum mengambil semua stok makanan di kulkas.

sayangnya ternyata kelakuannya ajaibnya ga cuma soal stok di kulkas.

si mbak pun jadi ikut2an gaya belanja kami.

hampir tiap minggu si mbak ke alfamart di komplek n ngeborong 'cemilan2 mahal' buat anaknya.

kenapa saya sebut mahal?
karena saya bandingin sama kondisi saya dulu waktu kecil, dimana kedua orangtua saya bekerja dan cukup mapan, but still untuk bisa beli cemilan2 itu ga bisa setiap minggu juga.

nih ya saya kasih list cemilan anak ART saya yang dikonsumsi hampir setiap hari:

1. chitato / lays yg harganya 1600an padahal ada chiki lain yg masih di angka 900rp
2. vitacharm bisa 2 botol dalam sehari
3. susu UHT ultra *ini 2200rp/box padahal ada susu yg 1000rp*
4. sozzis
5. chocolatos
6. tango wafer

hah... kebayang ga hampir tiap hari ada anak umur 2 tahun mengkonsumsi itu semua?
selain ga sehat buat badan, ga sehat juga buat kantong emaknya.

giliran gajinya habis, akhirnya minta lagi ke kami.

pppfffttttt.....

again, awalnya kami ga pernah itung2an soal gaji si mbak.
memang sih gajinya tidak memakai standar yayasan,
tapi segala kebutuhan si mbak termasuk popok anaknya tiap bulan sudah kami tanggung.
makan selalu ikut menu kami sehari2.
jadi gajinya bener2 utuh cuma buat beli jajanan si anak.
THR, bonus dan tiket PP mudik  ga pernah lupa kami kasih

makanya sebel banged waktu tau dia minta uang lagi
dan ternyata cuma buat beli cemilan-cemilan mahal itu.

parahnya lagi,
sekarang jatah uang belanja mulai dicut sana sini sama si mbak demi membiayai gaya hidup anaknya.

again, saya juga bukan majikan kejam yg ngasih uang belanja sedikit tapi minta dimasakin macem2.
engga.

setiap bikin menu mingguan, saya cukup tau diri untuk liat bahwa uang belanja segitu cukup bahkan sering saya lebihin buat si mbak.

tapi makin ke sini, makin ada aja alesannya bahwa uang belanja kurang
padahal menu2 yg saya minta juga bukan menu yg mahal.

begitu saya liat ke tempat sampah...
jahhh.... ada bungkus2 jajanan si anak..

GgrrRRRrrr......

ga tau ya,
menurut aya anak umur 2 tahun kalo ga diajarin dari sekarang akan makin ngelunjak ke depannya.
iya ga sih?
ga kebayang kalo sekarang kebiasa jajan kayak gitu, gimana nanti?

nah, itu soal makanan yang sebenernya sumpe deh ga indah banged diomongin,
tapi ya mo gimana lagi bok,
udah sampe ubun-ubun keselnya.

masalah pakaian pun si mbak juga terbiasa beliin yang mahal-mahal buat anaknya,
padahal mah kalo cuma buat sehari2, kaos 10ribuan juga gapapa kali.
tapi ini engga,
seleranya tinggi bok...

again, kalo aja si mbak ga harus menanggung segitu banyak orang,
saya ga akan mempermasalahkan preferensinya dia,
tapi ini kan kondisinya dia menanggung 2 anak dan 2 orang dewasa di kampungnya,
dan dia cuma kerja sama saya.

saya juga ga sanggup dong kalo anytime kakaknya butuh uang trus saya kasih :(

hhhhmmmpppttt....

banyak yang nyaranin, ganti ART aja.
but then again,
saya ga tega.

belum tentu ada keluarga lain yang mau menerima ART yg bawa anak macam si mbak ini.

jadi yang bisa kami lakukan sekarang ya cuma lebih tegas aja.
lebih strick soal uang belanja.
dan lebih galak ke anaknya.

beuhh.... kalo ngomongin kelakuan si bocah mah ga ada abisnya kali.

nakalnya ga ketulungan.
pernah sekali waktu saya cubit kenceng banged saking saya kesel.

ceritanya dia tuh hobi banged mencet dispenser air minum, dituang ke gelas dan airnya ditumpahin ke sofa.
haha.... sadis banged kan nakalnya.

giliran saya tegur baik2: eh mail ga boleh begitu ya...
doi marah bok.
langsung banting gelasnya di depan saya trus ambil remote TV di sebelah saya n dibanting juga.

gggRRrrr.....

sapa yang ga emosi digituin sama anak kecil?
langsung deh tangan ini melayang dan nangis kejerlah si anak.

hmmpphhh....

cuman takut nanti kalo si mas ganteng udah lahir trus dikruwes sama dia...
seyammmm...

makanya nanti semoga dapet mbak satu lagi yg bener2 bisa jagain bayi.
parno bok emaknya...
hahaha...


ah sudahlah, sekian edisi nyampah pagi ini.
udah lumayan ngelegain kok :)

maap kudu baca yang beginian...hwehehe....

11 comments:

  1. ah gpp pagi2 baca curhatan macem ini :).

    saya juga pernah sebel banget sama anaknya ART saya (walopun ga sampe nyubit sih, cuma saya pelototin abis). gara2nya si anak ART ini kalo minta apa2 tp ga dituruti sama ibunya, langsung teriak nangis kenceng dan gak selese2 nangisnya sampe keinginannya dituruti. lah alhasil kiara yg baru tidur pules 'sak-sliyutan' (haduh apa ya bahasa indonesianya :p) jd melek & ga bisa tidur lg berhubung berisik sm suara tangisan.

    wah jd ikutan curhat. maap yak. tapi emang berarti kita mesti ekstra saaabbbbaaarrr... *elus dada*

    ReplyDelete
  2. ga pa pa dikerasin aja, itung2 msh kecil msh bs dididik dgn benar. jd inget sepupu misua yg prnh berlibur ke rmh kami. pagi2 udh minta ke warung tiap hr, jajannya busyett deh utk balita 3 thn. mo saya marahin eh ga ikut punya anak mana emak bpknya tuh nurutin ajjah, gile deh bikin gondok dan sebbellll. GRRrrrrrr. maap mbak ikut nyampah jg, hehehe

    ReplyDelete
  3. waks parah yah ty jajajan anak ART mu :( klo tega sih mendingan punya pengasuh buat mas ganteng+mbak tanpa anak/mbak yg nggak nginep kali ya...
    kalo ngga tega utk berhentiin si mbak, kayanya dirimu harus extra tegas mak.. emang soal makanan kesannya konyol ya,tp ngajarin anak soal makanan bakal lbh susah kalo ngga didukung sm ibunya (si mbak).
    pengalaman punya bocah berumur 3th, emang wkt kyara 2th udh mulai kenal yg namanya jajan. Nah tinggal gimana kita sbg ortu yg membatasi sekalian ngajarin konsep uang dikit2, nabung dan ngajarin bahwa nggak semua keinginan kita harus diturutin.
    Aku khawatir kalo nanti si mas ganteng udh lahir ty. klo anakmu liat anak ART nakalnya bgitu nanti takutnya terpengaruh jd nakal jg :(
    moga2 ntar dpt mbak yg jagain bayi yang pinter dan bagus ya mak... :)

    ReplyDelete
  4. Untungnya blom punya ART, jadi blom ngalamin kaya gini. *berdoa komatkamit semoga suatu saat kalo punya ART ga kaya gini*

    Sabar ya Tya...

    ReplyDelete
  5. Jiyaaa Ty, parah bgt siy ART lo. Berarti gw hrs bersyukur bgt punya ART yg ga macem2 n ngerti kondisi gw.

    Eniho...masa ntar kalo Mas Ganteng udah lahir, trus anak ART lo minta diperlakukan sama juga??? Ya ampun, ngerti bgt lah...mau disama2 in perlakuannya, ya pasti BEDA! *oopss, jd ikutan emosi*. Jgn2 ntar supply gizinya, bajunya, pendidikannya, mau disamain pula...

    Buruan bilang baik2 lah Ty, kasih pengertian ke ibunya aja, secara ibunya yg harus negur n ngedidik anaknya...

    ReplyDelete
  6. Ganti aja deh Tya. Serem lihatnya. Mas ganteng belum lahir aja udah pada begitu. Kebayang kalau sudah lahir. Kalau dicubit gimana? T_T Kalau ikutan jajan melulu gimana?

    Kasihan sama anak orang kalau ngerugiin anak sendiri kan sayang..

    Bisa pakai cara lain kan bantu anak yatimnya? bayar uang sekolah aja pas dikirim balik ke kampung.

    eh gw tega ya? habis...

    ReplyDelete
  7. Ganti aja deh Tya. Serem lihatnya. Mas ganteng belum lahir aja udah pada begitu. Kebayang kalau sudah lahir. Kalau dicubit gimana? T_T Kalau ikutan jajan melulu gimana?

    Kasihan sama anak orang kalau ngerugiin anak sendiri kan sayang..

    Bisa pakai cara lain kan bantu anak yatimnya? bayar uang sekolah aja pas dikirim balik ke kampung.

    eh gw tega ya? habis...

    ReplyDelete
  8. @icha
    haa... awalnya aku juga cuma pelototin, eh dia balas melotot bok.... hahaha.... akhirnya gw cubit deh :)


    @jeni
    iya ya kadang suka sebel sendiri :)


    @motik
    nah itu mak yg aku kuatirkan, aku ga mau anak ganteng ini ikut2an jajan n nakal kayak gitu :(


    @endah
    iya ndah...semoga dapet ART yg baik yah, biar ga pusing ninggalin rumah :)


    @retno
    iya sih no, kemaren2 gw terlalu diem. jd sekarang udah agak lebih tegas nih ke ibunya

    ReplyDelete
  9. @capcaibakar
    iya bu ini aku sama suami lagi liat2 keadaan. kalo nanti pas si mas ganteng udah lahir n kondisi masih kayak bgini juga, sepertinya dgn sangat terpaksa ganti :(

    ReplyDelete
  10. ah tya aku baru baca....*sok sibuk :), simbak-nya nay juga py anak kelas 6 SD nuakal gentayangan deh, karena tinggal naik 2x angkot ajah dia sering banget ke rumah n nginep(bahkan kadang bolos sekolah) cuman untuk minta uang jajan atau ada yg dipengenin *hadehhh awal2 aku sering kasih uang saku 5-10rb an gt tapi kok makin nakal, suka ngibulin, en kadang over acting pdahal dah gede jugak plus gak pernah dimarahin samsek busyettt. Satu hal lagi setiap kali ak beliin makanan biar dia juga tau rasanya(kfc,hokben,j-co,dll)si mbaknya nay gak pernah lgsung dimakan tapi buru2 pnjem motor buat anterin ke anaknya lah si nay ditinggal duong pdahal aku lagi rusuh siap2 ngantor serba salah..*aih binun.

    ReplyDelete
  11. salam kenal mbak.
    kalo boleh saran tolong ganti art, kasihan boleh aja tapi ibarat kata jgn membesarkan anak macan di rumah sendiri. kalau anaknya disuruh pulkam pasti ga mau krn msh kecil jadi ganti aja tapi dgn kompensasi yg cukup, belikan sesuatu untuk dia bisa usaha di kampung mis. mixer tuk bikin kue, atau modal buat bikin warung, biar dia ga tersinggung.
    dulu waktu aku kecil mamaku pake art punya anak juga art ku seumuran aku tapi sorry mamaku ga izinkan prt bawa2 anak *judulnya ntar momong anak sendiri bkn momong anak majikan*
    anakku yg beda 4 thn aja suka gemess ama adik bayinya kalo nyubit, krn anak sendiri ya tegurannya dari soft to hard no problem buatku (no hard feeling yg ditegur anak sendiri, yg digalakin anak sendiri), just worry kalau baby boy nya mbak lahir truz dicubit2 ama anak art *ga relaaaa nah kalo kita tegur keras si anak art, truz si art tersinggung ... pelampiasan ke kita/anak kita itu big problem. it's better to avoid small before become big one. sorry kalo tidak berkenan.

    ReplyDelete