3 September 2010

Recap trimester satu

haha...macam bikin laporan sajah pake direkap segala.

kemaren2 mo ceritain trimester awal kehamilan rasanya malesss bangeddd...

berhubung sekarang udah masuk trimester 2 dan kondisi badan sudah jauhhh lebih baik,
jadi mari kita bercerita :)



minggu ke4-5: liat tanda positif meskipun samar.
yes, saya tau saya hamil itu sebelum tanggalnya mens.
sebenernya udah curiga dari selepas masa subur.
saya ga yakin2 banged sih masa suburnya kapan, tapi waktu itu kayaknya rutin bikin 2 hari sekali.
hahahaha.....

nah, setalah lewat masa subur itulah saya ngerasa badan ga enak banged.
meriang, tapi bukan mau flu.
pegel, tapi kalo mens masih jauh banged.

akhirnya saya memutuskan untuk ga masuk kerja selama 3 hari.
bener2 istirahat di rumah.
tidur, nonton tivi, makan, pokoknya yg enak2 lah.
kebetulan bulan mei itu anak2 udah selese ujian jadi loadnya ga terlalu berat.

nah, 3 hari sebelum tanggal mens, saya iseng2 aja pake testpack,
berhubung expiry datenya abis akhir minggu itu jd daripada mubazir mending dipake aja *orang pelit*


dan eng ing enggg....
ada dua garis aja lohhh...meskipun yang satu samar,
tapi ga usah pake jereng juga udah keliatan itu garis keduanya :))

hwehehehe...
reaksi pertama tentu aja kaget.
beneran ga nyangka,
itu baru selang 4 bulan dari abis keguguran,
kata orang2 kan minimal 6 bulan baru bisa hamil lagi,
makanya yang tadinya cuma iseng2 nyobain testpack kok malah dapet kabar gembira.
dulu2 pas diniatin banged pake tetspack malah kecewa sama hasilnya :)
Tuhan bekerja dengan cara yang ajaib memang...hwehehe....

pas akhirnya pamer ke suami,
hehe...
ada yang langsung senyum2 gitu...

tapi berhubung kita berdua pernah ngalamin kejadian berat awal tahun ini,
jadi belum berani terlalu seneng.

kita maish nunggu sampe bener2 telat mens.
akhirnya sabar deh nunggu seminggu lagi *walopun udah gatel bgd pgn cerita ke orang2...hahaha*

seminggu setelah telat dari tanggal mens, yang berarti 10 hari dari nyobain tetspack pertama,
saya tes lagi.
kali ini ga salah lagi garis keduanya jelas bnaged.
ga pake malu2 :)

jadi officially hamil lah...
hehehe...

waktu itu juga belum diputuskan periksa ke dokter karena kalopun ke dokter kemungkinan kantung janinnya belum keliatan, takut malah drop.
jadi cuma minta obat penguat kandungan ke mama bidan dan dikasihlah obat penguat dengan dosis yang paling rendah.

minggu ke-6: kunjungan ke DSOG
kali ini ikutin sarannya si mama yang pengen banged kita ke dokter chandra di RSB duren tiga.
yowislah :)

dan ketika diUSG, saya ngikutin sarannya emak2 yang bilang untuk banyakin minum air putih, secara saya ga mau USG transV (lagi).
dan berhasilll....
kandung kemih penuh, jadi rahimnya bisa jelas terlihat.
dan ada kantung kecil yang udah bertengger di rahim.
huhuhu....beneran ada ya kamu nak....
*mo nangis tapi malu*

sama dokternya pun ga dikasih resep macem2, cuma suruh lanjutin obat penguat dari mama n folavit.

minggu ke 7-9: mabok berat
hahaha...yes, saya ini kualat.
GR banged waktu hamil pertama ga ngerasain apa2, enak2 aja badannya,
di kehamilan kedua ini kacaunya bukan main.
tiap bangun tidur selalu ingin muntah *tapi ga ada yg dikeluarin*
perut perih, tapi kalo buat makan mual banged.
liat segala macem gambar makanan bawaannya eneg.
ga doyan nasi,
ga doyan apapun.
cuma mau air putih aja.
hahahaha...

akhirnya disogok macem2 sama suami.
apapun yg ketika itu terlintas di pikiran saya, langsung dibeliin.
pernah waktu itu seminggu full makan sushi tiap hari secara yg bisa masuk cuma itu.
hahaha....bangkrutsss...

pernah juga cuma bisa makan soto,
akhirnya tiap hari beli soto terus.

ya gitu deh,
lumayan berat, tapi berhubung dikelilingin orang2 yang super perhatian,
jadi terasa ringan jalannya.

oia, waktu itu saya juga dibantu sama susu awal kehamilan dari Lactamil.
dia aroma jahe gitu, jadi enak banged buat meredakan mual :)


http://www.waytodeal.com/buy/buy/family/2/23005/Nutrient-Additives


minggu ke-10: kunjungan kedua ke DSOG
...dan sudah ada si anak bayi yang lagi joget2....


minggu ke 11-15: mual semakin berkurang, tapi nafsu makan belum balik.
berhubung bari abis jalan2 dari yogya juga, akhirnya diputuskna untuk kunjungna ketiga.
kenaikan BB cuma 2 kilo,
tapi kondisi janin baik2 aja.
aman lah :)

minggu ke 16: kunjungan ke-4 ke DSOG
BB ibu turun 1/2 kilo tapi BB bayi naik dan normal.
aman :)

minggu ke 17- sekarang: pusing terus2an
nah kalo di trimester satu yang jadi fokus adalah mualnya, sekarang di trimester 2 ini pusingnya yg aduhai.
kalo baca di ensiklopedia kehamilan sih itu karena darah sedang dipompa dua kali lebih cepat untuk menghidupi si bayi.
disarankan untuk banyak makan protein.
yang terlintas pertama ya tentu saja steak tenderloinnya abuba...
hahahaha... *lirik dompet kempes*

selain itu tantangan yg lumayan berat di trimester dua ini adalah sembelitnya.
hehehe...
waktu belum aja udah sering sembelit, apalagi sekarang.
bisa kebayang kan? :)

jalan keluarnya tentu aja banyakin air putih, pepaya, sayuran dan cimory yoghurt.

apapun demi si anak kecil lah,
kesian kalo ibunya belum pup dia susah geraknya,
kesempitan kali ya di dalem :)

oia, speaking soal gerak2,
anak bayi ini mulai terasa gerak di minggu ke 14.
pelan banged,
kayak ada kupu2 di perut gitu :)
semakin ke sini, semakin jelas terasa gerakannya.

biasanya dia gerak kalo ibunya abis makan,
ato abis minum yang manis2.
pernah juga gerak2 pas ibunya siap2 mau ngajar,
tapi begitu udah di depan kelas, ibunya ngoceh panjang lebar,
anak ini antengg bangeddd.....
ikutan dengerin pelajaran biologi ya nak? :)

selain pas ngajar,
anak ini juga jadi anteng kalo dideketin ayahnya.
hehehe.....kamu pemalu sekali nak....
besok2 kalo ayah ngajak ngobrol,
ditanggepin yah,
kesian ayah tuhhh.... :)

-------

nahhhh.....sekian dulu recapnya ya ibu2....
mohon doanya supaya anak kecil nan lucu ini tetep sehat,
tumbuh sempurna tiada kekurangan satu apapun,
dan pada saatnya nanti dapat dilahirkan dengan selamat :)

9 comments:

  1. mba tyaaa selamat menikmati kehamilannya ya mba. omong2 sama ma kehamilanku yg ptama (gugur) itu ga brasa apa2 sbln naik 4 kg, makan apa aja ayo. lah yg k2 mabok berattt...sehat terus ya mba tya n si anak kecil.

    ReplyDelete
  2. baru tau kalo mau usg mesti mimi yg banyak,ty...heheheh

    ReplyDelete
  3. seneng banget baca postingan ini...^__^
    dijaga baik2 ya mbak dede nya, memang Tuhan bekerja melebihi akal pikiran manusia...

    ReplyDelete
  4. hmm..lactamil rasa jahe..gue coba ya ty..terdengar menarik (sampe ada gambarnya dapet fee berapa dari lactamil:D hehe)
    Gw nyoba merk lain, meski rasa coklat tetep aja eneg....
    skrg gw masi minggu ke 9..mual dot com terus...ingin segera berlalu..

    ReplyDelete
  5. @ecy
    makasih ya buuu... :)
    kalo udah pernah keguguran rasanya jadi was was terus...hehe...

    @monica
    soalnya gw ga usd trans V mon, jd kudu penuh kandung kemihnya supaya rahimnya keteken n keliatan deh

    @valent
    dirimu juga ya, sehata2 terus :)

    @latri
    ini latri bio kah?
    huaaa....nyasar ke sini juga..
    hehe...
    udah 9w ya? lagi asoy2nya tuh...hehe...
    emak gw jualan lactamil soalnya lat...haha...

    ReplyDelete
  6. hehe iya ty, ni latri...asik juga baca tulisan tya...ga jauh beda kalo lg ngobrol ato ngegosipin dosen dulu ;p..kemampuan verbal yang rame dan seru ternyata tetap terekspresikan kalo nulis blog khikhikhi..

    haiaa beneran promosi lactamil yah:D hehe..
    iyah nih bawaannya males banget kerja, males mandi...dan semua orang tiba2 smells bad meski mereka pake parfum:p hehe

    ReplyDelete
  7. menyesal baru baca yg ini..
    "waktu itu juga belum diputuskan periksa ke dokter karena kalopun ke dokter kemungkinan kantung janinnya belum keliatan, takut malah drop."
    huhu.. Tau gitu aku ga langsung ke dokter.. hasilnya kecewa pas kontrol belum keliatan apa-apa.. :D
    dan skrg parno takut hamil anggur
    *nangis gerung2*

    MsTya.. Lactamil ternyata ada yg jahe toh.. tengkyu infonyaa yah..

    i adore ur blog so much!!

    ReplyDelete
  8. aku doain terus utk baby priyandito..
    nanti bikin list kado ya miss :))

    ReplyDelete
  9. @latri
    heheh...ya gitulah lat...bawaan orok...hehehe...


    @riska
    moga2 pas kontrol bsk udh keliatan ya si kantong :)
    lactamilnya sih rasa madu kalo ga salah, tp ada aroma jahenya

    ReplyDelete