Skip to main content

Tentang Tokso dan kawan2nya

tulisan ini saya rangkum dari berbagai sumber,
moga-moga bisa membantu membuka mata kita tentang pentingnya hidup sehat.
*ngomong ke diri sendiri*


apa sih tes TORCH itu?
tes TORCH itu adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui keberadaan 4 jenis parasit di tubuh kita: TOxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes.
idealnya masing2 dilakukan dalam 2 seri, yaitu IgG dan IgM, jadi total ada 8 jenis tes.




apa bedanya IgG dan IgM?
IgM adalah antibodi yang pertama kali meningkat di darah bila terjadi infeksi.
IgG adalah antibodi yang muncul setelah IgM dan biasanya  akan menetap seumur hidup pada orang yang terinfeksi atau pernah terinfeksi


bagaimana cara membaca hasilnya?


a. bila IgG (-) dan IgM (+)
Kasus ini jarang terjadi, kemungkinan merupakan awal infeksi.
Harus diperiksa kembali 3 mgg kemudian dilihat apakah IgG berubah jadi (+).
Bila tidak berubah, maka IgM tidak spesifik, yang bersangkutan tidak terinfeksi 

b. bila IgG (-) dan IgM (-)
Belum pernah terinfeksi dan beresiko untuk terinfeksi.
Bila sedang hamil, perlu dipantau setiap 3 bulan pada sisa kehamilan (dokter mengetahui kondisi dan kebutuhan pemeriksaan anda).
Lakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi infeksi.

c. bila IgG (+) dan IgM (+)
Kemungkinan mengalami infeksi primer baru atau mungkin juga infeksi lampau tapi IgM nya masih terdeteksi (persisten=lambat hilang).
Oleh sebab itu perlu dilakukan tes IgG affinity langsung pada serum yang sama untuk memperkirakan kapan infeksinya terjadi, apakah sebelum atau sesudah hamil.

d. bila IgG (+) dan IgM (-)Pernah terinfeksi sebelumnya
Bila pemeriksaan dilakukan pada awal kehamilan, berarti infeksi nya terjadi sudah lama (sebelum hamil) dan sekarang telah memiliki kekebalan, untuk selanjutnya tidak perlu diperiksa lagi.


Toxo IgG, Rubella IgG positif sebelum kehamilan justru aman, anak tidak akan terkena.
CMV IgG positif sebelum kehamilan, anak masih ada risiko terkena 10-20% tetapi biasanya ringan.
Herpes IgG positif, dapat diusahakan agar anak lahir tanpa terkena, kalau perlu dengan sectio agar tidak melewati vagina.

Jika IgM Toxo positif, Anda harus berobat dahulu sebelum hamil.
Jika IgM CMV positif, ada yang memberi obat tetapi sebenarnya obatnya tidak ada, ditunggu sampai IgM (-).
Jika IgM Rubella positif, ditunggu dulu sampai (-).

Ini yang penting dan sering dilupakan: Kalau hasil IgG negatif, hati-hati !! karena masih bisa ada kemungkinan terserang virus.

justru kalo IgG positif malah lebih aman karena artinya tubuh sudah membentuk antibodi (selama IgMnya negatif)
 
Sebenarnya di antara semua TORCH yang paling berbahaya adalah infeksi primer dalam kehamilan, artinya sebelum hamil hasilnya negatif, saat hamil tiba-tiba IgM menjadi positif. Ini berarti infeksi tersebut terjadi pertama kalinya dalam kehamilan.

Infeksi primer dalam kehamilan paling banyak menyebabkan janin terkena dan paling berat. Sekali terkena, akibatnya bisa seumur hidup anak.

Jadi kalau sebelum hamil hasilnya negatif, justru harus periksa secara periodik 2-3 bulan sekali, tergantung keuangan.



kapan kita harus tes TORCH?
sebaiknya sebelum hamil, atau di awal kehamilan


apakah penyebarannya lewat kucing saja?
salah. selama ini kucing selalu dijadikan kambing hitam, padahal parasit ini hidup di semua hewan karnivora.
yang paling berbahaya adalah kotoran hewan yg mengandung kista tokso ini, karena bisa masuk ke tubuh manusia dan berkembang biak di tubuh manusia.
selain itu kista ini juga bisa masuk ke tubuh manusia lewat daging yg kita santap yg kurang matang, dan bisa juga memakan kista lewat tangan yang kotor. 


bagaimana pencegahannya
ya tentunya dgn menjaga kebersihan lingkungan.
hanya memakan daging yang sudah dimasak dengan matang dan biasakan cuci tangan sebelum makan.



sumber:
http://www.dunia-ibu.org/sharing/index.php?id=50
http://www.infoibu.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=384
http://jerri.wordpress.com/2006/06/27/toksoplasma-torch-test/
http://www.kucingkita.com/modules.php?name=Sections&op=viewarticle&artid=4 

Comments

  1. Hwoa bagus banget. thx for sharing ya mba. kebetulan aku pas mau nikah ga premarital check-up dulu. karena parno.haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Uang Pangkal Sekolah

setelah dihitung2 ulang, ternyata investasi LM saya yang cuma 10 gr/tahun (200rb-an/bln)  harus direvisi nih....
hehehe...

kalo bertahan di angka tersebut, uangnya cuma bisa utk masuk TK,
sementara utk masuk SD setidaknya butuh 20gr/thn (400rb-an/bln)

hoshh...hoshh...

untuk masuk SMP lebih parah lagi...
makin ga kekejar kalo 'cuma' LM ternyata.
apalagi kalo AsPend n TaPend,
makin ga nyampe deh angkanya.
busetttt...

Menginap di caravan hotel - taman safari indonesia

Sekitar bulan februari (kalo ga salah) liat foto2 kak @sondangrp dkk camping rame2, kok kayaknya seru.

Trus jadi pengen.
Tapi pas liat rate nya, kok mahal! Haha..

Akhirnya diskusi sama ibu2 cabe rawit di grup dan keluarlah ide menginap di caravan ini.
Ratenya separuh dari tempat camping kak sondang, dan tempatnya masih berbentuk 'bangunan' jadi bisa semacam pemanasan sebelum anak2 camping beneran di tenda.
Untungnya jeng lia berbaik hati ngurusin dan booking jadi kita bisa dapet 3 caravan yang deketan (dan lokasinya enak!).

Fyi, kita booking dari maret utk menginap akhir mei ini.
Untuk rate caravan di wiken: rp. 1.050.000 include breakfast utk 4 orang. Plus kita bisa beli 4 tiket safari seharga rp. 100.000 (dari rp. 150.000).
Lumayan ya!

Dan pas akhirnya sampe sana, Aduhhh senengg deh..

Lokasinya benar2 di tengah hutan, Jadi pohon2 pinus tinggi di mana2, Ada air terjun mini, Kolam angsa, plus ada monyet dan rusa di dekat restoran.

Anak2 heboh deh liat beginian :)))

Asli ya anak…

Perpanjang paspor di BSD

Sejak akhir tahun 2015,
Mastin akhirnya menghampiri warga BSD dalam hal pengurusan paspor
(Oh ada yg ga tau mastin? Coba deh gugling dengan keyword jingle mastin.. Dijamin terngiang2... Ahahahhahaha)


Singkat  kata, per 30 desember 2015 sudah dibuka kantor imigrasi kelas 1 tangerang cabang BSD.
Lokasi di ruko golden boulevard, tepat di sebelah natasha skin care.
Kalo bapak-bapak biasanya sih tau ruko golden boulevard soalnya banyak tempat pijat plus-plus :)))))

Nah berhubung bakal pergi bistrip bulan depan sedangkan paspor habis di bulan mei, jadi tadi saya dan si ayah nyobain perpanjang paspor di ruko yang cuma sepelemparan kolor dari rumah (uhuk pamer




Sayangnya untuk layanan online dan pembuatan e-paspor belum bisa dilakukan di sini, Jadi tadi kami datang pukul 7.30 untuk ambil antrian.
Menurut petugas, dalam satu hari dibatasi 100 nomor antrian, supaya tidak terlalu chaos.
Tadi pagi sih lumayan tertib ya antrian ambil nomornya.
Setelah ambil nomor, kami isi-isi dokumen lalu duduk sa…