23 June 2010

Tentang Tokso dan kawan2nya

tulisan ini saya rangkum dari berbagai sumber,
moga-moga bisa membantu membuka mata kita tentang pentingnya hidup sehat.
*ngomong ke diri sendiri*


apa sih tes TORCH itu?
tes TORCH itu adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui keberadaan 4 jenis parasit di tubuh kita: TOxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus dan Herpes.
idealnya masing2 dilakukan dalam 2 seri, yaitu IgG dan IgM, jadi total ada 8 jenis tes.




apa bedanya IgG dan IgM?
IgM adalah antibodi yang pertama kali meningkat di darah bila terjadi infeksi.
IgG adalah antibodi yang muncul setelah IgM dan biasanya  akan menetap seumur hidup pada orang yang terinfeksi atau pernah terinfeksi


bagaimana cara membaca hasilnya?


a. bila IgG (-) dan IgM (+)
Kasus ini jarang terjadi, kemungkinan merupakan awal infeksi.
Harus diperiksa kembali 3 mgg kemudian dilihat apakah IgG berubah jadi (+).
Bila tidak berubah, maka IgM tidak spesifik, yang bersangkutan tidak terinfeksi 

b. bila IgG (-) dan IgM (-)
Belum pernah terinfeksi dan beresiko untuk terinfeksi.
Bila sedang hamil, perlu dipantau setiap 3 bulan pada sisa kehamilan (dokter mengetahui kondisi dan kebutuhan pemeriksaan anda).
Lakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi infeksi.

c. bila IgG (+) dan IgM (+)
Kemungkinan mengalami infeksi primer baru atau mungkin juga infeksi lampau tapi IgM nya masih terdeteksi (persisten=lambat hilang).
Oleh sebab itu perlu dilakukan tes IgG affinity langsung pada serum yang sama untuk memperkirakan kapan infeksinya terjadi, apakah sebelum atau sesudah hamil.

d. bila IgG (+) dan IgM (-)Pernah terinfeksi sebelumnya
Bila pemeriksaan dilakukan pada awal kehamilan, berarti infeksi nya terjadi sudah lama (sebelum hamil) dan sekarang telah memiliki kekebalan, untuk selanjutnya tidak perlu diperiksa lagi.


Toxo IgG, Rubella IgG positif sebelum kehamilan justru aman, anak tidak akan terkena.
CMV IgG positif sebelum kehamilan, anak masih ada risiko terkena 10-20% tetapi biasanya ringan.
Herpes IgG positif, dapat diusahakan agar anak lahir tanpa terkena, kalau perlu dengan sectio agar tidak melewati vagina.

Jika IgM Toxo positif, Anda harus berobat dahulu sebelum hamil.
Jika IgM CMV positif, ada yang memberi obat tetapi sebenarnya obatnya tidak ada, ditunggu sampai IgM (-).
Jika IgM Rubella positif, ditunggu dulu sampai (-).

Ini yang penting dan sering dilupakan: Kalau hasil IgG negatif, hati-hati !! karena masih bisa ada kemungkinan terserang virus.

justru kalo IgG positif malah lebih aman karena artinya tubuh sudah membentuk antibodi (selama IgMnya negatif)
 
Sebenarnya di antara semua TORCH yang paling berbahaya adalah infeksi primer dalam kehamilan, artinya sebelum hamil hasilnya negatif, saat hamil tiba-tiba IgM menjadi positif. Ini berarti infeksi tersebut terjadi pertama kalinya dalam kehamilan.

Infeksi primer dalam kehamilan paling banyak menyebabkan janin terkena dan paling berat. Sekali terkena, akibatnya bisa seumur hidup anak.

Jadi kalau sebelum hamil hasilnya negatif, justru harus periksa secara periodik 2-3 bulan sekali, tergantung keuangan.



kapan kita harus tes TORCH?
sebaiknya sebelum hamil, atau di awal kehamilan


apakah penyebarannya lewat kucing saja?
salah. selama ini kucing selalu dijadikan kambing hitam, padahal parasit ini hidup di semua hewan karnivora.
yang paling berbahaya adalah kotoran hewan yg mengandung kista tokso ini, karena bisa masuk ke tubuh manusia dan berkembang biak di tubuh manusia.
selain itu kista ini juga bisa masuk ke tubuh manusia lewat daging yg kita santap yg kurang matang, dan bisa juga memakan kista lewat tangan yang kotor. 


bagaimana pencegahannya
ya tentunya dgn menjaga kebersihan lingkungan.
hanya memakan daging yang sudah dimasak dengan matang dan biasakan cuci tangan sebelum makan.



sumber:
http://www.dunia-ibu.org/sharing/index.php?id=50
http://www.infoibu.com/mod.php?mod=diskusi&op=viewdisk&did=384
http://jerri.wordpress.com/2006/06/27/toksoplasma-torch-test/
http://www.kucingkita.com/modules.php?name=Sections&op=viewarticle&artid=4 

1 comment:

  1. Hwoa bagus banget. thx for sharing ya mba. kebetulan aku pas mau nikah ga premarital check-up dulu. karena parno.haha

    ReplyDelete