31 May 2010

Tips supaya hamil

waduhh...dapet pertanyaan begini...
hehe....
serius deh saya ga tau...
itu semua bener2 rahasia Yang Di Atas.

yang pasti ga putus2 berdoa, berpasrah dan berusaha tentunya.

usaha macam apa ya?
BANYAK!!
haha...

baiklah ini satu-satu...



MAKANAN
okeh, dari segi makanan, saya memang melakukan beberapa pantangan.
semenjak dari Pak Sobri dulu, saya jadi terbiasa untuk tidak makan:

- coklat *terkadang masih kelupaan nyomot brownies :p*
- saos sambel *masih suka makan juga di saos spaghetti,tp dikit*
- kerang, cumi, kepiting *eh kepiting sih sedikit* :p
- emping
- sayur asem melinjo
- junk food dijatahin maksimal sebulan 3 kali *seharusnya bener2 stop total, tapi susah yaaa...hihi*
- cabe rawit
- soda

selain pantangan di atas, saya juga jadi rutin minum susu prenagen esensis *kalo lagi dibuatin suami, kalo engga ya males juga :*
seminggu sekali saya juga minum susu bear brand untuk menetralisir racun yang ada di tubuh.
dan saya juga rutin makan folic acid.
efeknya memang bikin badan melar,
tapi ya sutralah ya...
demi anak apa sih yang engga...

pasti ada yang komentar: rempong amat sih mau hamil ajaaa...

hehe....ya gimana ya...
hidup ini perjuangan, Bung!

banyak yang gampang dikasih hamil,
tapi banyak juga yang susah,
jadi kemaren2 saya memang terbuka untuk semua masukan mengenai gimana-supaya-hamil.
sepanjang itu masuk akal, ga ada salahnya saya jalani.

tapi kalo udah menjurus yang aneh2, saya juga ga berani.
waktu itu sempet disaranin dateng ke 'tukang pijit' di cimanggis.
katanya nanti bisa ngeluarin kalakengking dari rahim so abis itu bisa hamil.

waduhhh...kalo kayak gitu a big no-no deh...

kalo therapynya masih therapy herbal n ga bawa2 yg aneh2 gitu,
saya pasti jalanin.

oia, yang pantang ga cuma saya, tapi suami juga.
yang dihindari suami:

- rokok *emang ga ngrokok sih ;p*
- soda
- kerupuk *hihi...kabarnya bisa mengurangi kelincahan si sperm*
- jeroan *sumber kolesterol*
- teh botol *ahemm....kabarnya pengawetnya tinggi sekali*

selain itu, suami juga udah ga pake tuh yg namanya optical mouse.
hihi...nyusahin.
soalnya saya pernah baca di mana gitu *lupa*, infra red kalo terlalu lama terekspos ke tubuh bisa mengganggu kekentalan sperm
hahaha....
secara suami hampir 10 jam di depan komputer setiap hari,
jadi mending dijauhin deh itu mouse :)

sekali lagi, selama ga mengganggu dan masih bisa dinalar, kami ikuti saran2nya :)

selain makanan, kami juga melakukan adjusment sama kehidupan 'malam' kami.
hahaha...
kalo biasanya dihajar tiap malem,
sekarang agak diatur sedikit.

setelah bersih si bulan, boleh deh tuh sekali melakukan.
tapi abis itu puasa sampai 4 hari sebelum masa subur.
kebetulan siklus saya rutin 28 hari jadi masa suburnya bisa dihitung.

nah, jadi misalnya hari bersih adalah hari ketujuh.
boleh deh hari ketujuh melakukan.
setelahnya puasa sampe hari kesepuluh.
di hari kesepuluh boleh melakukan, tapi trus diselang sehari-sehari.
jadi melakukan lagi hari keduabelas, hari keempatbelas, dan hari keenambelas.

hari keenambelas buat jaga2 aja kalo masa suburnya mundur.

nahhh...setelahnya bebas dehh...

soalnya kalo dihajar abis2an sebelum masa subur,
takutnya justru pas kitanya subur, amunisinya udah ga ada isinya.
hahaha...
vulgar abisss...

tapi ya gitu deh...
ada temen yg tiap malem dihajar,
hamil juga tuh.

sekali lagi, tergantung kondisi masing2 orang.
berhubung metode-tiap-malam ga berhasil, jadi saya coba metode-puasa ini :)


nahh tapinyaaa...selain usaha dari kita,
kita juga harus pasrah dan percaya bahwa Tuhan udah siapin rencana terbaik buat kita.
ga boleh putus berdoa,
apalagi sampe putus asa.

kalo di alkitab saya ada tertulis begini: Mintalah, maka kamu akan diberi.

jadi ga boleh sedih kalo belum berhasil.
i've been there, done that.

tiap kali si bulan dateng,
rasanya mau mati aja *lebay*
jadi males2an berdoanya karena ngerasa minta2 terus kok ga pernah dikabulin.

tapi untunglah suamiku yang luar biasa itu terus menguatkan.
terus mengingatkan untuk ga boleh bargaining sama Tuhan.
kita rajin berdoa trus kita pasti dikasih.
ga kayak gitu.

baca puisinya WS Rendra deh...
sungguh menyentuh...

pokoknya dalam keadaan apapun,
mau senang, mau sedih...ga boleh melupakan Tuhan.

klise memang,
tapi saya mengalaminya sendiri.
pas bulan kemaren saat masih datang bulan,
untuk pertama kalinya ga ngerasa marah sama Tuhan.
tetep berdoa.
malah berasa lebih khusuk.
hahaha...
*mungkin ini yg disebut pasrah? entahlah*

kebetulan kalo bulan Mei itu adalah bulan penghormatan untuk Bunda Maria, Ibu Yesus.
dan anak mana sih yang tega menolak permintaan ibunya.
iya ga? :)

makanya sepanjang bulan mei ini, kami memang sedang giat2nya
berdoa novena tiga salam maria dan novena roh kudus.
setiap hari.
yes :)
dan memang ujud doanya dikhususkan untuk meminta kehadiran buah hati di tengah2 keluarga Priyandito.

......lalu Bunda Maria sungguh menyampaikan maksud kami ini ke anakNya.

doa kami dikabulkan....

masih suka mbrebes mili kalo inget ini...

Tuhan itu sungguh tidak tidur.
Dia mendengar setiap kata yang terucap dari bibir kita.
Dia mengabulakn setiap permohonan di waktu yang tepat.
dan semuaNya pasti dibuat indah olehNya.

sampe detik saya nulis ini pun,
saya ga brenti2nya mensyukuri semua kebaikan dan anugerah Tuhan dalam hidup saya.

rasanya terlalu banyak nikmat yang udah diterima manusia yang banyak dosanya ini.

jadi buat temen-temen yang masih menanti,
keep on praying.
saya tau rasanya sedih,
malu,
iri,
marah,
dan semua perasaan itu.

tapi saya yakin, itu semua latihan buat kita supaya menjadi manusia yang lebih kuat.
dan saya yakin itu semua karena Tuhan tahu teman-teman bisa melaluinya.

intinya jangan putus harapan,
jangan putus doa..
biarkan Tuhan yang merancang jalan indah itu untuk kita...

16 comments:

  1. kamu membuat diriku menangis :((

    ReplyDelete
  2. hihi...akupun menangis :)
    sabar liv...everything happen for a reason...
    and He'll show u his will in such a beautiful way

    ReplyDelete
  3. emang ya selain berusaha kita jg mesti pasrah..pasti yang di atas lbh tau semua yg terbaik utk kita.

    gue jadi malu dl gue nunggu 3bln aja rasanya ga sabarrr bgt huhu

    eniweii gud lak on everything ya dear..nikmatin aja mual2nya. been there bgt deh. gue dl 3mester awal minum air aja kluar lagi..demi anak demi anakkk :)

    ReplyDelete
  4. Bacanya bikin terharu Tya..
    Aku percaya kalo Tuhan selalu mendengarkan do'a yang kita lakukan dgn sungguh2. Mungkin caraNya saja yang unik. Tapi dia selalu tahu yang terbaik. Dan kadang jadi ngerasa kalo kita sudah minta terlalu banyak padahal itu ya, jawaban atas do'a2 kita.. Hiks! mewek niih.. Semoga diberi kesehatan dan kelancaran yaaa..
    Enjoy the new beggining dear. Rumah baru dan calon baby.. God is great! :)

    ReplyDelete
  5. Ah ibu guru, baca postinganmu kali ini bikin termehe2.. Asli ikut seneng aku, bu, setelah penantian akhirnya amanahnya datang juga.. Burung bangaunya ga nyasar lagi :-p

    Sehat2 terus ya bumil dan adeknya kakak.. Pegangan yang kenceng di perut ibu sampe nanti saatnya keluar ketemu ayah ma ibu..

    Memang Tuhan bekerja dgn cara yang kita bener2 ga mengerti ya,bu.. Kala kita ngerasa uda siap, Beliau bilang kita belum siap.. Namun saat kita uda mulai ikhlas dan pasrah, Beliau bilang kita uda siap dan this is it, rejeki itu datang..
    Dia memang tau yg terbaik untuk kita..Selamat yaa bu.. Semoga kehamilan kali ini mulus dan lancar jaya sampai due datenya..
    -sitta-

    ReplyDelete
  6. Tya, diriku sampe berkaca2 bacanya. Plus jadi ikutan bahagia. Slamat yah say. Alhamdulillah akhirnya amanah terindah itu datang juga. Memang, ga ada yang tau ada apa dibalik rencanaNYA. Yang pasti, smuanya indah pada waktunya. Diriku ikut syenanggggggg. Hihihi. Sehat2 trus yaahhh kamu sayang di dalem perut Bunda & enjoy your pregnant. Teteup smangaaatttt...;-*

    ReplyDelete
  7. Mba Tya..
    Aku udah ngikutin kisah mba Tya dari masa2 persiapan pernikahan sampai sekarang, ini adalah berita yang saya tunggu2.. selamat ya atas kehamilannya, semoga kali ini diberikan kelancaran dan kesehatan.

    Aku juga masih mengaharapkan mujizat lewat Novena dan Rosario di bulan Maria ini, sekarang juga lagi harap2 cemas menunggu hasilnya...
    Semoga bisa menyusul mba Tya..Amin.
    GBU

    ReplyDelete
  8. Tyaaa..aq terharu sambil ngangguk2, membenarkan semua yg lo tulis! Mulai dari banyaknya tips biar hamil sampe perasaan yg ada di hati...
    Kl gw ngerasanya, saat2 penantian kaya yg gw alami skrg dan yg dl sempet lo alamin, itu adalah masa2 dimana hati kita dipaksa berdamai sama hati kita sendiri, ga mendikte Tuhan, ga berprasangka buruk sama Tuhan, termasuk segala penyakit hati yg buat kita gampang bgt iri sama org lain:-)
    Berasaaaaa bgt, kl qt tuh lagi di"tes", berasaaa bgt kl qt ini manusia yg gampang bgt punya penyakit hati..*curhat*
    Tp aniwey, semuanya jadi indah ya Bu sekarang...apalagi dirimyu lulus menghadapi ujian itu...jadi, nikamati kehamilannya skrg yah Bu..doa kami selalu...:-)

    ReplyDelete
  9. terharu.........

    dan ditunggu isi blog nay ttg kehamilan...biar gw intip contekannya :D

    ReplyDelete
  10. Welcome to the club Tyaaaa-Ditoooo...!!
    Selain pak Sobri, novena 3 salam maria emang yg paling ampuh ya. Si dede' ini jg hasil 'permintaan' bermalam2 lho... Tepat sebelum masuk masa prapaskah kemaren eh..dia nongol..
    Di tunggu info2 bumil selanjutnya ya...

    ReplyDelete
  11. Selamat ya Tya
    Sebagai pembaca setia, daku ikut bersuka cita..
    Take care dan tetap jaga dalam doa ya

    NB : Ini Tya rutin ke Pak SObri ya? sebulan brp kali?

    ReplyDelete
  12. trima kasih....maturnuwun...si adek ini juga hasil doa semua orang kok...banyak bgd yg doain kami sampe akhirnya berhasil :)
    we do belive in the power of prayer.


    @mbak sari
    mbak, bulan kmrn aku memang ke p sobri, tp ga rutin soalnya skrg antriannya gila2an.
    aku cuma dateng pas abis mens trus abis itu engga lagi.
    tapi pantangannya aku jalan terus.
    kl mau nanya2 ttg p sobri, via YM aja mbak: sekar_wulan_pras@yahoo.com

    ReplyDelete
  13. whuaaa..haruu biruu.
    Thanks juga yaah udah menyemangati...sungguh!
    Smoga aku bisa lbh pasrah n bdoa terus kayak kamu..
    Congrats yah! Happy fur you :)
    Met kenal juga yaa hehee...

    *silentreader*

    ReplyDelete
  14. @windya
    ayo jeng....yg penting doa n usaha, soal hasil akhir itu biar Yang Di Atas yg mengatur :)

    ReplyDelete
  15. Waahhh mba Tya selamat yah...
    akhirnya datang juga...
    Udah lama nih ga liat blog mba Tya...
    Pokokna selamat....

    Mmmm...
    pengen kasi comment dikit tentang mintalah maka kamu akan diberi..
    Aku percaya Dia itu lebih tau apa yang terbaik buat kita...so, kita ga minta aja pasti dikasih...udah gitu yang paling baik lagi... :)

    Sekali lagi selamaaattt...

    ReplyDelete