25 May 2010

In memoriam: Romo Joseph Hardjono

sambil ngetik ini, ga sadar air mata saya menetes keluar,
teringat semua kebaikan beliau,
semua nasihat beliau,
dan semua jasa beliau dalam kehidupan pernikahan kami.





bisa dibilang romo ini seperti 'ayah' untuk kami berdua.
saat masa-masa menjelang pernikahan,
kami sungguh dikuatkan oleh beliau,
khotbah saat misa pemberkatan kami juga masih saya inget sampe sekarang.
lalu saat saya keguguran,
beliau juga memberikan penghiburan.

ga pernah lupa kata-kata beliau waktu itu:
rencana Tuhan pasti lebih indah dari rencana kita,
anak ini sekarang sudah tenang di sisi kanan Bapa,
Ia akan menjadi malaikat kecil yang terus mendoakan orang tuanya.
anak ini akan menjadi penyelamat bagi kedua orangtuanya saat memasuki pintu surga nanti.

Ya Tuhan...
kenapa orang baik selalu dipanggil terlebih dahulu?

kabar yang saya dapat,
ketika memimpin misa mingguan hari sabtu kemarin,
beliau jatuh pingsan di tengah2 misa.
dan ga bangun2 lagi sampai sekarang.

semoga Kau mudahkan jalannya ya Tuhan...



PS:misa pelepasan jenzah nanti pukul 11 dan 17 di Paroki Kota Wisata, Cibubur

11 comments:

  1. pertanyaan yg sama "kenapa orang baik selalu dipanggil terlebih dahulu?"
    krn yg jahat diberikan hidup panjang untuk bertobat, dan yang baik akan jd penghuni surga terlebih dahulu.

    semoga Romo Joseph Hardjono dan semua amal baiknya diterima disisi Tuhan, AMIN

    ReplyDelete
  2. Tya, aku juga punya special experience with Romo Hardjono. Waktu itu pas lagi misa, dia negur umat, yang ketiduran di gereja. Yah memang orang baik meninggalnya cepet, nggak pakai sakit2 dulu tuh seringnya. Papaku juga dipanggil Tuhan cepet sekali, pas hari Pentakosta 9 tahun lalu. Pas setengah jam sebelum ke gereja, dan mau tugas jadi Pro-diakon. 1 jam setelah kena serangan stroke itu, dia meninggal. Saking baiknya Papaku, sampai pas misa pelepasan, jenazahnya dibawa ke Gereja, Gerejanya penuh banget, bangga banget rasanya, despite all the sadness at that time. Trus sampai si Papa dibilang the Saint of Cawang Kavling. Hehehe. Baru ngeh, Romo Hardjono meninggalnya pas Pentakosta juga ya. Selisih 9 tahun sama Papaku. Semoga jalan ke surga dilapangkan Tuhan.

    ReplyDelete
  3. wah...iya yah...aku malah baru ngeh...sama2 di hari pentakosta.

    kata orang,kalo meninggalnya pas mau menunaikan 'tugas' itu disebut mati sahid dan surga jaminannya. amin.

    ReplyDelete
  4. Di surga sana, Romo Hardjono pasti tersenyum bahagia melihat bahwa "anak-anak"nya begitu sayang dan bangga pada Romonya

    *hugs buat Tya*
    Jesus bless you

    ReplyDelete
  5. Kami juga merasa shocked dan sangat kehilangan dengan kepergian Romo yang mendadak ini. Romo Hardjono telah mendampingi saya, dari mulai permandian, pemberkatan pernikahan, pemberkatan rumah, bahkan saat masa2 sedih kehilangan anak kami, Romo yang memimpin misa. still speechless sampai saat ini.
    Hanya untaian doa yang mengiringi kepergian nya.
    Btw..salam kenal ya mbak :D
    -Vita-

    ReplyDelete
  6. karisma yg luar biasa indah selalu terpancar dari senyumnya yang ramah, tak disangka, 1mei2010 yang lalu adalah pertemuan saya yang terakhir dengan beliau. entah kenapa, saat saya hendak meminta untuk diberkati pd sakramen pernikahan saya nanti di bulan November, justru beliau terlebih dahulu menyebut nama Romo lain untuk memberikan sakramen pernikahan saya nanti. mungkinkah Tuhan sudah memberi signal itu kepada beliau?
    mengikuti misa tadi siang di kota wisata, saya tidak sanggup menahan tangis. tidak percaya melihat beliau terbaring di peti jenazah tetap dengan senyum khas nya dan topi oom pasikom kesayangannya.

    Ya.. kita semua menangis dan merasa sedih ditinggal. biarlah airmata ini menjadi airmata sukacita karena Romo sudah bersama Bapa di Surga.. terima kasih Romo. sgala nasihatmu akan saya ingat.

    kita smua mencitai Romo..

    salam kenal buat smua..

    -.Wulan (Warga Paroki St. Matias, Cinere)

    ReplyDelete
  7. @nia
    iya ni, romo hardjono ini udah kayak bapak buat kami, makanya sedih bgd rasanya...


    @vita & wulan
    salam kenal ya mbak vita n mbak wulan.
    saya rasa banyak sekali yg merasa kehilangan, karena memang romo sangat dekat dgn umatNya.
    pada saat misa semalam, banyaaakkk sekali umat yg hadir,dari rangkasbitung bahkan ada bus khusus, padahal romo sdh 10 tahun tidak di sana.
    ini bukti bahwa romo sungguyh dicintai...
    dan saya yakin Tuhan sungguh menyambutnya di atas sana...

    ReplyDelete
  8. oo this is why lo ke cibubur macet2an kemaren yaa? hiks,, I'm really sorry to hear ya say,,

    Pasti beliau sangat berarti buat kalian,,

    ReplyDelete
  9. Tentang Romo Hardjono....setiap homilinya selalu memberikan sesuatu yg baru dan mencerahkan smoga Bapa di Sorga memberikan kebahagian abadi...salam kenal bwat mbak2 semua...

    ReplyDelete
  10. Meskipun Romo Hardjono telah tiada... pesan dari homilinya, kebaikan hatinya, dan senyumannya tetap di hati kami umatnya dan akan kami kenang selalu… Sekali lagi selamat jalan Romo Joseph Hardjono… harapanku semoga jalannya dimudahkan untuk menuju disisiMu ya Yesus, Amin.

    ReplyDelete