and over all these virtues: put on love, which binds them all together in perfect unity..

5 April 2010

Surat Persetujuan Kredit

heyhoo....Puji Tuhan...Surat Persetujuan Kreditnya sudah keluar,




langsung kami tanda tangan juga *setelah di cek isinya dengan baik dan benar*
dan sudah buka rekening juga di bank pemberi KPR kami.
*ehh...si ayah ikutan buka TabunganKu juga :p*




trussss...di dalam Surat Persetujuan Kredit ini akan dicantumkan:




- total dana yang dikucurkan oleh bank untuk membiayai pembelian rumah kita
- jangka waktu fasilitas
- bunga yang berlaku
- jumlah angsuran perbulan
- asuransi jiwa nasabah (selama jangka waktu pembayaran)
- asuransi kebakaran (jumlahnya 1/2 dr asuransi jiwa)
- provisi (1 % dari total dana yang dikucurkan bank)
- administrasi (kalo di bank ini jumlahnya 400K IDR)


nah...trus asuransinya buat apa?
asuransi ini nanti gunanya kalo *amit2 jabang bayi ketok2 meja* dalam jangka waktu pembayaran cicilan ke bank (misal 10 tahun) ini salah satu dari kami meninggal dunia, maka ahli waris berhak mendapatkan rumah ini tanpa perlu melunasi sisa pembayaran.

begitupun kl dalam jangka 10 tahun terjadi kebakaran, kita berhak memperoleh klaim sebesar separuh dari harga rumah.

untuk preminya, kita cukup membayar 1 kali di muka.
besarnya:

- 0,1% dari jumlah dana yang dikusurkan bank (untuk asuransi jiwa)
- 0,005% dari setengah jumlah dana yg dikucurkan bank (untuk asuransi kebakaran)

nahhhh...premi ini termasuk ke dalam biaya lain2 yang harus kita bayarkan sebelum akad kredit.
selain premi, biaya lain2 itu mencakup:



hehe...ga keliatan yah?
okeh, biaya lain2 ini mencakup:

- biaya provisi (1% dari total dana yg dikucurkan)
- biaya administrasi (400K IDR)
- biaya notaris pengecekan sertifikat (200K IDR utk tangerang, 100K IDR utk DKI)
- biaya notaris SKMHT (330K IDR utk tangerang, 230K IDR utk DKI)
- biaya notaris APHT (nahh...ini dia nih kita ga tau dpt angka dr mn ;p)
- premi asuransi jiwa
- premi asuransi kebakaran
- biaya administrasi asuransi kebakaran (30K IDR)


nahhh...perbedaan status rumah kayaknya akan mempengaruhi biaya notaris ini.
seperti yang bisa diliat dalam foto (halah..),
ada beberapa kolom biaya notaris yang berjumlah 0,
kemungkinan karena status rumah sudah SHM.
kl statusnya belum SHM pasti akan ada biaya tambahan di sini.
tapinya jumlahnya saya ga paham yaaaa :)


oia, untuk rekening awal ini, harus diisi dengan dana sejumlah:

- setoran minimum (di bank ini minimumnya 100K IDR)
- jumlah cicilan pertama
- biaya lain-lain plus pajak pembelian (sekitar 10% dari total dana yang diberikan bank kepada kita)


dannnn.... kalo di bank ini rekening harus dibuka setidaknya 2 hari sebelum akad kredit.


jadiii....minimal dalam 2 hari ke depan kami sudah bisa melangsungkan akad nikah kredit dan hihihi...
rumah impian sudah jadi hak milik :)

*crossing fingers*

5 comments:

  1. Tya, biaya notaris itu bisa di"goyang" lho, pinter2nya kamu nawar aja ke notarisnya *kalo bisa dengan muka memelas* hehe
    Pak/Bu...bisa ngga biaya notarisnya turun dikiit

    misalnya dari 1 juta jadi 800 ribu kan lumayan :)

    smoga sukses yaa akad kreditnyaa :D

    ReplyDelete
  2. mba..klo di permata..
    asuransi jiwanya itu meng-cover 1 orang atau sudah 2 orang..

    ReplyDelete
  3. ikut nimbrung..
    @fey:

    setau aku sih tergantung AJB-nya atas nama siapa. Kalo atas nama berdua, AsJiw nya untuk 2 orang (jadi ada 2 polis)

    kalo atas nama 1 orang (misalnya nama suami aja) maka AsJiw-nya polisnya buat suami.

    kalo aku kemaren di bank Niaga sih gitu..kayanya buat semua bank begitu juga
    smoga membantu :p

    ReplyDelete
  4. Tya,, ikutan tanya..
    proses nya ribet ga ya??, pengen juga deh buat biaya renovasi...
    dari pengajuan sampe di kasih berapa lama proses nya...???

    ReplyDelete
  5. @anthie
    ribetnya sih ga terlalu, asal ketemu marketing yg tepat yg bisa bantu urusin semua urusan ini.
    prosesnya 2 minggu- 1 bulan lah

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

© ourweddingjournal, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena