26 April 2010

Balada UnitLink

masih soal perencanaan keuangan keluarga nih,
kali ini saya mau cerita tentang yang namanya unitlink.

awalnya saya juga ga tau ini produk apa,
kebetulan suaminya kakak alias kakak ipar saya jadi salah satu agen produk unitlink ini.

gencarrrr bangedd prospeknya.
bikin males sebenernya, tapi ya mo gimana lagi ya bo, persaudaraan ini yang dipertaruhkan.
hahahaha...



untungnya dulu saya ada alasan: aduhh....lagi mau nikah nih, gajinya kepake semua buat printilan kawinan.

nah...diem deh tu orang.
tapi sialnya 2 bulan setelah saya nikah, dikejar2 lagi!
hahah....kali ini ga bisa ngelak.

bodohnya saya juga waktu itu ga sepenuh hati ngedengerin penjelasannya
*berhubung udah males*

jadi sama sekali ga tau cara kerjanya, brp yang kita dapet, dan aturan2 lainnya.

awalnya juga kan cuma mau ikutan dgn jumlah premi minimum *350K IDR*,
eh tapi si kakak ipar alias agen yang bikin males nantangin begini:
lahh...lu cuma mau segini? ga malu sama mbak ayuk tukang jamu? dia aja anaknya 3-3nya diasuransiin, preminya segini lagi *nyebut angka di atas premi minimum*.

uhhh....sumpahhh....malesss bangedd...

jadi yowislah daripada panjang urusannya, akhirnya saya nyerah juga.
saya ikut, suami juga, dengan premi yang lumayan tinggi cuma biar si kakak ipar diem


nahhhh.....tapii...beberapa bulan terakhir ini, semenjak rajin baca2 artikelnya Ligwina Hananto,
kok jadi bikin nangis ya?

jadi ternyata uang yang kita simpan di unitlink itu hasilnya ga maksimal.
karena sebagian terserap utk proteksi, sebagian lg investasi.

setelah saya banding2in, dengan uang premi sebesar yg saya setorkan ke unitlink,
saya bisa dapet uang pertanggungan yang jauh lebih besar kalo saya taruh di asuransi murni.

begitupun yang buat investasinya.
dgn dana segitu, kl saya taruh di reksadana, hasilnya jauh berlipat2 dr yg saya dapet di unitlink ini.

waduhhh....bikin gerung2 deh pokoknya.

kasarannya begini:
taruhlah premi kita 500rb/bln di unitlink.
dr uang tersebut, 250rb akan digunakan utk asuransi dan sisanya untuk investasi.

nah, trus coba deh bandingin tabel perolehan kita setelah 10 tahun.
pasti liat angkanya bakal bikin nangis *ga gede2 amat soalnya, proteksinya juga ga maksimal2 amat*


kebetulan minggu lalu ada agen asuransi jiwa yang ngasih ilustrasi untuk AsJi Term Life UP 700 juta, jangka waktu 15 tahun.
nahh...yang bikin mau nangis, jumlah preminya kurang lebih sama dengan jumlah premi yang saya bayarkan ke unitlink.
dan dengan premi tersebut, saya 'cuma' mendapatkan UP AsJi 100 juta dr unitlink.

huaaaa......*nangis di pojokan kamar*

memang sih itu semua tergantung dari tujuan kita apa dan kondisi kita gimana.
unitlink itu juga bisa digunakan untuk asuransi kesehatan kita, jadi memang double2 sih dapetnya.
AsKes plus AsJi plus investasi.

nah...masalahnya saya AsKes udah dapet dr kantor suami. full.
kantor saya juga kasih AsKes *meskipun cuma 80%*
jadi memang yang saya butuhkan cuma AsJinya.
nah, melihat selisih UP yang sedemikian besar,
jadi sepertinya akan saya tutup salah satu unitlink saya.

kenapa ga dua2nya ditutup?
huaaa.....itu juga makin bikin nangis deh.
soalnya uangnya ga balik.
huhuhu...

jadi biarlah rugi satu, dan satu lagi anggap aja biaya persaudaraan.
hahaha.....

but anyway, saya ga ngajak semuanya nutup unitlink nya yaaa...
coba dipikirkan lagi kondisi masing2.
kalo memang butuh AsKesnya...ato AsJinya ato mau yg model combo begitu ya gapapa juga.
yang tau kondisi keuangan kan kita sendiri.
jadi ada baiknya kita ga langsung2 plek2an menerapkan saran2 dari sana-sini,
mending di adjust sama keadaan rumah tangga.
trus cari solusi yang terbaik deh...

okeh ibu-ibu? :)

19 comments:

  1. D*mn. Ini unitlink p**d****** bukan ty? Sama2 kena t*pu dong hahahahhh untung suami asjinya bukan itu ty,emg ya dia pake asji yg lbh ga terkenal and duitnya lbh banyak skrg dr gw!*Huh*(pdhl mulai bayar preminya bareng and premi dia tiap bulan lbh kecil 150rb dari gw *thumbs down*)

    tp ya jd pelajaran deh,laen kali beli asuransi mst pelajari dulu masak2 kalo perlu belajarnya lbh serius dari belajar SPMB and umptn *lebay* .. Tp buat nutup eke sayang ty,,uda nanggung @_@ *jadi curhat* *apa jgn2 uda nanggung alasan yg salah juga* hmm..

    ReplyDelete
  2. hahaha.....gw kira sapa mit, ngomel2 di blog gw! LOL!

    see, iya kann...dgn premi lbh kecil, si jurek dpt UP lbh tinggi kan?

    gw baru jalan setahun sih, jadi ya rugi tp dipikir2 drpd makin lama, makin banyak ruginya :)

    ReplyDelete
  3. Ihiks..ihiks..aq pun ter-t*pu:-(
    Mana baru jalan setahun juga, doowh..masih panjang bgt perjuangan buat sampe 10 thn, ahahah...
    Mau ditutup, sayang..ntar aja, tunggu 3 thn biar potongannya ga gede. Alhasil "terpaksa" deh dirikyu ini buka asji (pure) di salah satu perusahaan asuransi, biar dapet UP gede:-p

    ReplyDelete
  4. Hi Mbak Tya apa kbr?
    Setau saya besar persenan yg dibagi di proteksi dan investasinya bisa kita atur sendiri, kalo kita pengen besar proteksinya berarti yg investasinya dikecilin,bahkan dinolkan pun bisa, atau sebaliknya investasinya yg digedein.

    Tapi buat saya sayang aja soalnya kalo investasinya dinolkan, suatu saat klo sy tersendat2 membayar preminya sy gak bisa cuti premi. *10 thn bow...*

    Selama uang sy gak hangus waloupun sy gak sakit/meninggal dan perusahaan membayar sesuai dgn yg tercantum di polis, sy pikir itu bukan penipuan.

    ReplyDelete
  5. @ retno
    no, tapi apa ga sayang bayar premi utk 2 thn ke dpn? kl gw justru krn br satu tahun jadi ya mending tutup aja. hiks.


    @ mbak asty
    tp persentasenya ada batasnya mbak, kalo ga salah 60 bwt proteksi, 40 bwt investasi.

    nah, krn aku pgnnya proteksinya full dan ga bs, makanya mending pindah aja mbak.

    tertipunya krn dulu di awal ga dengerin penjelasan si agen. hahahaha.....

    ReplyDelete
  6. Mba tya, simple aja sih sebenarnya, kalo uang 500rb digunakan tuk beli sayur kangkung aja, dijamin mba bakal dpt berlimpah sayur kangkungnya. Tp kalo 500rb mba beli kangkung, tomat, daun singkong,cabe, dan beberapa yg lainnya, pasti porsi kangkungnya sdikit, cuman mba dah bisa memasak masakan gado-gado. Lg pula, unitlink muncul, bermanfaat tuk mreka yg memiliki jumlah dana minim tetapi ingin bisa dptkan smuanya. Bisa investasi dan full proteksi. Lalu, disaat musim investasi naik turun, pilihan unitlink adalah yg paling tepat, karna menggunakan azas dollar cost averaging. Tp kalo investasi tunggal dlm jumlah besar, disaat iklim investasi naik turun, gigit jari aja deh. Tuk unitlink, dilihat visi kedepannya, mba. Jgn cuman 1-2 tahun aja. Thanksm smoga membantu.

    ReplyDelete
  7. Mba tya, simple aja sih sebenarnya, kalo uang 500rb digunakan tuk beli sayur kangkung aja, dijamin mba bakal dpt berlimpah sayur kangkungnya. Tp kalo 500rb mba beli kangkung, tomat, daun singkong,cabe, dan beberapa yg lainnya, pasti porsi kangkungnya sdikit, cuman mba dah bisa memasak masakan gado-gado. Lg pula, unitlink muncul, bermanfaat tuk mreka yg memiliki jumlah dana minim tetapi ingin bisa dptkan smuanya. Bisa investasi dan full proteksi. Lalu, disaat musim investasi naik turun, pilihan unitlink adalah yg paling tepat, karna menggunakan azas dollar cost averaging. Tp kalo investasi tunggal dlm jumlah besar, disaat iklim investasi naik turun, gigit jari aja deh. Tuk unitlink, dilihat visi kedepannya, mba. Jgn cuman 1-2 tahun aja. Thanksm smoga membantu.

    ReplyDelete
  8. iya...makasih ya sarannya...
    tapi memang saat ini lagi butuh masak kangkung :)
    komponen yg lain kebetulan sudah tersedia di rumah, jadi kalo mo masak gado-gado tinggal ambil bahan2nya dr kulkas.

    thanks anyway :)

    ReplyDelete
  9. sabar ibu-ibu..
    aku dong..udah ikut unitlink 3 tahun
    *siap-siap harakiri*

    per bulannya 500 ribu
    *hiyak, mulai jleb-jleb-jleb*

    balance saldo per bulan lalu, baru dapet 7 juta
    *semaput berdarah2 di pojok ruangan*

    unitlink sih emang AsJi-nya whole-life..tapi kok aku lebih seneng whole life daripada term-life ya? karena kan dicover seumur hidup, kan aku niatnya panjang umur, takutnya kalo pake term-life trus umurku panjang, nanti UP-nya hangus.

    Ya diliat positifnya kan UL itu AsJi-nya wholelife, jadi biar tahun2 pertama berdarah2 anggap aja itu emang buat proteksi kita.
    Dan oh ya, biarpun gue di posisi istri tapi secara financial gue bradwinner di keluarga, jadi butuh banget yg namanya AsJi.
    Kalo investnya kurang, kan bisa tambah2in di RDS.

    ya kan? ya kan?
    *memperkuat diri sendiri*

    :))
    Nia

    ReplyDelete
  10. hahahaha....lucuuuu....
    tenang aja bu....sekali lagi mau nutup ato jalan terus itu disesuaikan sm kondisi masing2.
    ga bisa tiap saran langsung kita ikutin plek2an.
    harus dipikirkan untung-ruginya baik2 dgn melihat kondisi keuangan kita.

    makanya terkadang saran A belum tentu berlaku untuk keluarga B.
    intinya selama kita udah bikin plan, kita harus disiplin menjalankannya

    ReplyDelete
  11. hai tya..salam kenal..

    jadi ikutan miris nangis2 nih bacanya scr aku n suami jg nasabah unitlink tp pake *all**nz..

    as Nia nugroho said, unitlink ini untungnya whole life ya jadi tercover untuk seumur2..kalo asji pure kan banyakan term life itu juga kalo g salah maksimal 20 thn ya, jadi kalo umur kita 25 pas msk yaa perpanjang lagi deh pas 45 tahun, dan pasti preminya lebih gede..
    satu lg untuk menghibur diri (sesama pemake UL), utk UL kan dicover jg kesehatannya kan, ibaratnya kalo sakit kritis n butuh duit buat pengobatan kan bisa dicover jg ma tuh UL, kalo asji gak cover kan say..

    gini aja, duit 300-500 anggap aja ga seberapa next few years...lah gaji kita naik terus saban taun (pede yak hehe)..bisa buat beli asji lagi khan hehe

    ReplyDelete
  12. hehehe....menghibur diri ya mbak drpd nangis sesenggukan garuk2 tanah :)

    tapi iya juga sih, seklai lagi disesuaikan sama kondisi masing2 keluarga.

    kl aku n hubby, krn udh dpt AsKes full dr kantor, jadi ga terlalu guna juga AsKes yg dr UL.

    bener2 butuh cuma AsJinya aja, dan si UL ga bs buat AsJi aja jd mending ditutup aja :)
    makanya butuhnya cuma AsJinya aja.

    ReplyDelete
  13. yg term life jg ada opsi auto renewal koq mba setau aq, jd y bisa diperpanjang s.d umur 70-an klo g salah

    aq si mirip ama mba tya.eli yg emg qt butuh ^_^

    ReplyDelete
  14. auto renewal itu kita ga perlu confrim ya? jadi otomatis? premi naik banyak ga dr premi awal?

    ReplyDelete
  15. 5thn pertama premiQ 600.600/semester
    5thn berikutnya premi jadi 680rb-an/semester

    menurutQ c g banyak y mba, soalnya perhitunganQ aq cm butuh asuransi jiwa max.15thn bez tu insya4JJI udh bisa ngandelin aset yg dicicil dari sekarang

    ReplyDelete
  16. oya itu UP715jt umur 25thn y..tp emg mending hubungin agennya lgsg biar lebih jelas. klo mw bandingin m perush lain y pake standar UP yg sama baru fair

    ReplyDelete
  17. kok pada nangis semua ya, mungkin saya bisa bantu, dengan membuatkan ilustrasi dengan besaran premi yang sama yang ibu2 bayar di polis ibu sekarang, boleh di bandingkan kok investasinya lebih besar mana dan keuntungan yang di dapat, ini sekedar memberikan informasi saja, tidak ada salahnya kan menambah ilmu kita.saya tidak bakal maksa kok.Teliti sebelum membeli, cari tahu sebelum membeli, menyesal kemudian tak berguna. salam Ihwan, one_gtk@yahoo.com 021-32611784

    ReplyDelete
  18. Hi mbak tya, salam kenal, tahu blog mbak tya dari mbak motik
    haduh aku baru lima bulan ini ikut UL, udah ngerasain manfaatnya walaupun nggak maksimal,
    jadi bingung juga nieh untuk kedepannya mumpung belom begitu banyak maksudnya...

    ReplyDelete