15 April 2010

Akad Kredit

okeh...buat info aja,
buat temen2 yang mau akad kredit, jangan lupa siapkan dokumen2 berikut ini:
*yang asli ya...bukan FC*

1. KTP
2.NPWP
3.Surat Nikah
4. Kartu Keluarga

begitupun buat si penjual.



nah tapi, 2 hari sebelum akad kredit, segala macem biaya pajak sudah harus disetorkan ke rekening notaris untuk nanti dilanjutkan ke rekening negara.

cara menghitung pajak pembelian untuk daerah Tangerang:
5 % dari (NJOP terbaru-30 juta)

jadi kalo misalnya NJOP terbaru (dilihat dari PBB tahun terbaru) sebesar 200 juta,
maka dana yang harus kita siapkan untuk pajak pembelian ini adalah:
5% X (200juta-30juta) = 8,5 juta.

kalo untuk daerah Jakarta, NJOPnya dikurangi 60 juta, jadi pasti pajak di jakarta lebih rendah dibanding di tangerang. *entah kenapa*

oia, selain pajak ini, ada juga biaya lain-lain yang dananya sudah harus tersimpan di rekening bank pemberi KPR setidaknya 2 hari sebelum akad.


nahhh....pas akad ini,
harus ada pihak pembeli, pihak penjual, pihak bank dan notaris.
*kebetulan notarisnya adalah salah satu orang tua murid di sekolah saya jadi lumayan terbantu lah :p*

trus nanti kita akan tanda tangan akta jual beli,
dan berbagai macam surat kuasa.
banyak deh pokoknya tanda tangannya.
hehe....

nah surat kuasa ini akan dipakai untuk 'menugaskan' si notaris membuat sertifikat atas nama kita.
prosesnya ga langsung jadi sih.
bisa satu atau 2 hari setelah akad.

tapiiii...berhubung saya masih ngutang ke bank,
jadi sertifikat asli nya akan ditahan sama bank sebagai jaminan.
saya cuma bisa memandangi fotokopiannya saja :)

oia, kita juga akan tanda tangan surat polis asuransi jiwa dan asuransi kebakaran,
karena selama kita maish 'berhutang' ke bank,
kita berhak mengklaim kalo terjadi sesuatu sama kita atau rumah kita
*amit2 jabang bayi ketok2 meja*


oh, well...
sekian cerita akad kredit hari ini.
dan ternyata tidak seribet yang dibayangkan.
satu jam kelar semua urusan :)

3 comments:

  1. walah.. termasuk ribet menurut aku.. xixixi maklum rada males ngurus gini gitu.. eniwey berguna juga infonya..

    ReplyDelete
  2. Selamat Mbak...Ditunggu cerita pindahannya ya... ;-)

    ReplyDelete
  3. @rahayu
    wah...brarti nt dirimu hrs pake agen tu bu :)
    kl pk agen segala sesuatunya diurusin.


    @asty
    sip mbak asty...huhu...tak sabar nihhh... :)

    ReplyDelete