24 March 2010

Tips Kalo Belum Hamil

haha...ga kok...saya ga mau ngasih tips gimana supaya cepet hamil, lha wong saya aja masih ga tau :)
yang mau saya tulis itu tips supaya survive di dunia ibu-ibu yang kejam ini...hehehe....



1. SABAR
well, saya tau ini agak basi, tapi ya gimana lagi, kayaknya memang ini kuncinya.
coba deh diinget2 lagi, mungkin selama ini kita udah menjelma jadi makhluk paling ga sabaran sedunia, makanya sekarang Tuhan meminta kita untuk slow down sedikit.....lebih menikmati hidup sedikit...lebih bisa tarik nafas sebentar...ga cuma terus berlari dan berlari.

hal ini sepertinya berlaku banged buat saya. selama ini tanpa saya sadari saya adalah miss paling-ga-bisa-sabar sedunia. saya selalu mendapatkan apa yang saya mau. dalam waktu secepat2nya dan sesingkat2nya. dan kebetulan pula sejak 7 tahun lalu ketemu laki-laki yang sebisa mungkin sekuat tenaga jiwa dan raga memenuhi semua keinginan saya...beuhhh...mangkin-mangkin deh...hehe....

makanya sekarang baru kebuka matanya...hooo...ternyata ada loh hal-hal dalam hidup ini yang harus kita tunggu, ga bisa semudah membalikkan telapak tangan....
ada hal-hal yang di luar kuasa kita......
dan semua itu tujuannya spaya kita jadi manusia yang lebi baik: manusia yang lebih sabar.

ga gampang memang proses pembelajaran ini, sampai hari ini pun kadang masih suka ga sabar, apalagi kalo denger kabar temen2 yang satu persatu mulai hamil..beuhh...seperti diiris2 hatinya trus dikasih jeruk nipis...haha...lebay ahhh....
tapi lama-lama terbiasa kok....
dari yang awalnya sedih kok dia udah hamil sementara gw belum, sekarang udah bisa biasa aja, ikutan seneng malah!
suerr deh....seneng banged akhirnya bisa punya perasaan 'dewasa' macam ini.
hahaha......

2. IKHLAS DAN TAWAKAL
halahhh...berat nih bahasanya.
ini juga 'ilmu' yang akhirnya saya dapet dalam masa-masa penantian ini.
dulu-dulu mah cuma tau teorinya aja tapi belum bisa menjalankannya.
dulu selalu sirik kalo ada orang lebih dari kita dan sebisa mungkin ga mau kalah sama dia meskipun ya kita memang ga bisa menyamai orang itu.

tapi dalam dunia perhamilan ini, ternyata saya mengaku kalah. saya memang belum bisa menyamai orang-orang lain yang sudah hamil duluan.
lha wong yang ngatur bukan saya?

dalam hal ikhlas dan tawakal ini juga yang bikin saya makin percaya bahwa memang segala sesuatu sudah ada yang mengatur. kita bisa berusaha tapi hasil akhir tetap di tangah Tuhan.

contoh nyata nih ya, si mbak ART saya. dulu pas dia awal2 hamil, suaminya kawin lagi. tiap hari kerjaannya berantem sama si suami n istri mudanya. sama sekali ga mikir kehamilannya. sempet minum obat buat bunuh diri malah!
tapi kalau Tuhan berkehendak jadilah anak, ya jadi. buktinya sekarang ada tuh si Ismail Fauzi *anaknya si mbak* nan usil ga bisa diem. hahaha...
padahal selama hamil ga pernah tuh minum vitamin kehamilan, susu hamil ato makan2 yang bergizi.
periksa ke bidan pun ga pernah.
tapi kok ya sehattttt gitu lohhh....heran kan?
hehe....
sekarang pun si Mail usil ini lincahnya luar biasa.
padahal dr umur 1 bulan udah dikasih makan nasi kerak ...
ga kenal lah apa itu MPASI dan segala macem suplemen anak.
tapi ya lagi-lagi, itulah bukti kuasa Tuhan...

giliran yang udah dijaga2 banged, kalo memang belum waktunya ya memang belum.
kakak saya karena keguguran di kehamilan pertama, akhirnya memutuskan untuk resign. termakan stigma 'keguguran karena kecapekan' mungkin.
6 bulan di rumah aja, belum hamil juga *jadi ga memastikan kan kalo di rumah trus langsung hamil?*
akhirnya malah stress karena biasa kerja sekarang cuma di rumah aja.
trus memutuskan untuk kerja lagi.
setelah 3 bulan balik bekerja, justru hamil.

begitu tau hamil, resign lagi.
hahaha...super rempong.
di rumah aja, istirahat, makan-makanan sehat, minum vitamin ibu hamil, susu hamil,
kontrol mingguan ke emak saya yang bidan,kontrol bulanan ke dokter kandungan.
bener-bener dijaga kayak mahkota berlian pokoknya.
tapi apa daya, di bulan ke-empat keguguran lagi tuh.

ga ngerti kan rencana Tuhan? :)

akhirnya setelah 2 kali keguguran, kakak saya justru santay kayak di pantay.
ga parno kayak sebelumnya.
balik lagi jadi wanita karir, hidupnya buat jalan-jalan sama suami, makan-makan enak....keliling2 tempat wisata...haha...menikmati hidup lah intinya.
sambil terus mematangkan diri untuk jadi ibu yang baik.

akhirnya setelah hampir 4 taun menikah, hadir juga tuh ponakan saya super ganteng bernama Emmanuel Gerardus Lintang. sekarang udah hampir 6 bulan umurnya dan lucunya luar biasaaa...

Ikhlas ya ibu-ibu? :)


3. CUEK BEBEK
ok, setelah menguatkan diri dari dalem, sekarang saatnya kita 'maju' berperang.
siapkan amunisi sumpelan kuping, segudang senyum manis, dan sebox tissue kalo ga kuat juga. hahaha.....

berikut ini daftar kalimat yang harus kuat kita hadapi:

udah isi belum? *udahhh....ketoprak sama jus jambu tadi jam 1*
kok belum hamil sih...si anu udah loh... *yeeee....emangnya lomba lari*
udah jangan lama-lama...kasian mamamu tuh udah pengen gendong cucu *kalo bisa sekarang mah saya juga mau bu!*
kecapekan kali makanya ga hamil-hamil *iyee...situ mampir rumah gw ya nanti, cucian kotor masih numpuk tuh*
udah..... brenti kerja aja biar cepet hamil *ohhh....mbak'e mau bayarin cicilan rumah saya?*

and the list goes on and on and on....

makanya cuex is the best *gaya 4L4Y*
*ngomong ke diri sendiri*



4. SALURKAN AJA NAPSUNYA
hwee...jangan ngeres dulu ya.
maksudnya, kalo memang udah pengeeeennnnn bangedddd beli2 di toko bayi padahal belum hamil-hamil juga, ga ada salahnya kok beli barang2 itu.
saya pun begitu.
saya beli cloth diaper, saya beli kaos kaki bayi nan lucu, saya mampir mothercare buat nanya2 stroller....hahhaha....
katarsis kalo kata ilmu psikologi.
salurkan aja semua rasa ingin tahu kita.
daripada ditahan2 malah bikin kanker.
hahah....

toh barang2 itu bisa kita kasih ke keponakan, ato ke anak2nya temen....itung2 bikin orang lain seneng kan kayak tabungan ke surga.
iya ga? :)


5. TETEP USAHA!!!
nahh...kalo ini mah ga usah diajarin juga jalan terus lah ya...
ga ada salahnya ambil cuti di masa subur buat bikin anak....hwahahaha...
kalopun belum berhasil juga, ga ada ruginya kok.
makin bisa mendekatkan hubungan suami-istri malah :)

makan-makanan sehat, folic acid is a must.
jauhi rokok, alkohol, kopi.
perbanyak buah, sayuran, olahraga *ngomong ke diri sendiri*

sekali lagi, kalo belum berhasil, ga pernah ada ruginya hidup sehat.

oia, kemaren jalan2 ke alfamart, ternyata ada susu ini yah....
susu khusus untuk yang sedang mempersiapkan kehamilan kayak kita-kita ini.
lagi-lagi, ga ada ruginya juga minum susu.




hihihi...sepertinya sekian saran dari saya.
mari kita berjuang ibu-ibu.....!

28 comments:

  1. saran yang menyenangkan :)) thx miss tya :-*

    ReplyDelete
  2. waaaa makin nge-fans deh sama dirimu jeung!!

    ReplyDelete
  3. baca sambil angguk-angguk setujuh, tapi paling susah buat dijalanin no.2 tuh.. niatnya ikhlas tapi kok ya kadang masih iri juga, haha belum ikhlas namanya yaa..

    btw, ada juga ya susu untuk mempersiapkan kehamilan? hihihi..
    tengkiu for the information ya buu..

    ReplyDelete
  4. hidup tya!! emang agak susah sih ya, mempraktekkan yg 1 sampe 3. gw juga pernah ngerasain *inget waktu kita curhat2an?*

    untuk yg no. 5, harus ituuu... minum susunya oke tuh. waktu itu gw malah minum anmum, blm ada susu persiapan kya gini. jadi, pada saat hamil lg nanti, tubuh udh siap, deh.

    semangat! gw yakin, pasti nanti di saat yg ga terduga, akan datang lagi anugrah itu. sampe2 kita ga percaya :)

    ReplyDelete
  5. saran2nya bener semua mba, sekalian komen di post sebelumnya, emg g ada hubungan kerja ama hamil, semua itu rizki aja..

    truz mw bagi2 tips, dari temen, katanya konsumsi Istri : madu al-syifa dicampur serbuk kurma, diminum hanya saat haid

    Suami : madu al-syifa diminum rutin 1 kali sehari

    namanya usaha, klo di logika bisa bener jg, kan madu itu bergizi banget..

    mg2 mendapat yg terbaik dlm hidup,amin

    ReplyDelete
  6. Mba Tya , makasi banget sarannya tp saran ini bukan cuma buat orang yg mw hamil lho mba tp buat yg lg hamil juga, krn pada kenyataannya orang yg lg hamil pun ms suka dihujat kek saya ini *curcol* dengan mengatasnamakan rasa kasih sayang *care* trus tega2nya org itu nge-judge saya nda sayg sm bayi yg saya kandung hny krn melihat sesuatu case per case huhhh.. makanya sy jd mrasa smangat bis bc blog mba tya.. smangat u cuek bebek lha wong yg tau kondisi dan apa yg sy makan itu saya kok bukan org laen.
    kan kl care ga perlu pake menjudge dan menyakiti perasaan orang lain ya ibu2

    trims yahhh

    ReplyDelete
  7. Setuju banget sama mbak tya... Saya dulu sebelum punya Gavin & Keyla harus menunggu sekitar 1,5 tahun sampai akhirnya hamil. Diantara pertanyaan2 orang dan kesabaran akhirnya alhamdulillah saya punya 2 krucil2 lucu itu. Jadi harus tetep optimis ya....

    ReplyDelete
  8. Ty, thanks for the tips! Asli, kadang ngerasa "kesabaran dan kekuatan" yg udah berasa aku bangun tiba2 porak poranda gara2 omongan atau komentar "sinis" dari org2 macam si ibu itu... Kadang pingin rasanya teriak nyuruh mereka diem, tp apalah daya...
    Tp semoga postingan lo ini bisa aq ingert terus n bisa buat aq kuat selalu...dan menunggu saat yg terbaik nantinya diberi kepercayaan itu yah, Ty :-)

    Emang, harus slow down..hehehe, harus sadar bahwa qt ini kecil dan ga semua yg kita mau harus ada di depan mata!
    Sekali lagi thanks...

    Luv u, miss Tya..^-^

    ReplyDelete
  9. Mbak Tya, kudoakan semoga sukses ya mbak program "bikin anak" nya...
    Kalo aku, skrg justru lagi nunda momongan...tapi brusaha dibawa santai ajah..^__^

    ReplyDelete
  10. Ada tips mengatasi perasaan males denger kalo bulan depan adik ipar bakal ngelahirin padahal nikahnya 9 bulan setelah pernikahan kita gak???hiks..hiks...cannot lie that I'm not happy at all :-(

    ReplyDelete
  11. Kok kayaknya hamil dan punya anak adalah satu2nya kebahagiaan di atas dunia yah? Banyak kok sekarang pasutri yang sengaja memutuskan tak mau punya anak dan mereka happy2 aja kehidupannya (artikel tentang ini pernah ada di harian KOMPAS). Kita mungkin termakan pandangan yang berlaku di masyarakat yang mengharuskan jika menikah harus punya anak sehingga pasutri yang belum punya anak (atau yang sengaja tidak mau punya anak) dianggap sebagai "makhluk aneh". Saya sendiri telah menikah 10 tahun dan memutuskan tidak ingin memiliki anak.Bukan karena saya or suami tak mampu(mandul) tapi memang sampai saat ini kami tidak ingin. He..he hidup adalah pilihan. Untuk mbak Tya tetap sabar dan tetepcuek aja yah thd komentar2 orang. Tanamkan di dalam hati walaupun sampai saat ini belum dikaruniai anak tak berarti membuat hidup menjadi terpuruk dan menderita. Tetep ceria yah...

    ReplyDelete
  12. Setuju sama mba Fira...
    kan waktu KPP juga udah ditekankan kalo tujuan pernikahan bukan hanya untuk memiliki keturunan...melainkan untuk mengembangkan diri serta pasangan..tetep semangat mba Tya!!!

    Btw udah pernah tau metode ovulasi Billings belum?
    aku kemaren dapet dari KPP mbak kalo mau nanti aku kirim lewat email penjelasannya..pengen nulis di blog aku tapi takut disalahgunakan...hehehe...

    ReplyDelete
  13. wah tyaa..tips2mu ini cuco untuk semua hal selain menanggapi pertanyaan2 basa basi tp kdg bikin sensi hehehe
    aku sama dgn dirimu miss ga sabar seduniaaa,soalnya hampir smua yg aku targetin pasti nyampe :),tp sjk jd ibu*buat g sejak jd ibu yaa*,malah dites bgt kesabarannyaa...*bukan soal ngadepin baby aja ya but so many aspects* tp smua masalah itu pst bikin kt lbh dewasa,...,eniwei apapun tantangannya mmg prinsipnya harus do our best let god do the rest*just like u said,dan tutup kuping,otak sama komentar org2 yg ga tau history kita tapi bisa bgt nge-judge bahkan mengultimatum nasib kita,tp mmg say ga bs dihindari sifat judgemental yg pastinya ada di diri tiap org cuma beda kadarnya hehe positifnya dgn org2 judgemental,kita jd lebih kuat mentalnya dan lebih wise menyikapi persoalan...
    life is a never ending struggle :)

    p.s.g ngakak bc soal art lo,hebaat..she's a strong women indeed :)

    ReplyDelete
  14. terima kasih shareny tya..sangat menginspirasi,..terutama buat aku yg juga masih menunggu rejeki baby dariNya...oia..tanggal nikah kita samaan loh..07 Feb 2009.. tetep semangat yah Tya...

    ReplyDelete
  15. Tyaaaaaaaa....
    Idemmmm.... baju2 bayi, kaos kaki and sepatu kecil imut nanlucu itu udah banyak numpuk dirumahhh...
    hahahahaha....
    Budi udah takut aja istrinya ini udah mulai ga waras... hahahaha
    Idem juga susunya.... udah bulan kedua minum susu ini...
    Ayo kita berusaha... nyantai tapi pantang menyerahhhh... :P

    -Aniek-

    ReplyDelete
  16. Mba Tya, wah aku jg sama 1th blm dpt dede,hehehe..baru kepikiran baca pas bagian beli barang"buat baby hehehe,dari kmrn beli kalau memang ada yg pas lahiran aja,padahal pengen juga beli buat baby sendiri, bodo ah aku juga mau beli-beli aja..hahaha..(kata org pamali,kata gw bodo amat d),sekalian buat nge-stok kalau ada yg lahiran hahaha..

    susu enesis nya dijual bebas ya?

    ReplyDelete
  17. @ olive
    ur welcome dear :)


    @achi
    ahhhh...jadi maluw akuwwww... :)


    @dhita
    pastinya dhit....akan selalu semangatttttt!!!


    @nukta
    hoooo...sudah hamil pun masih banyak komentar2? ckckckck...dunia ini kejam yahhhh.... :)


    @opi
    wahhhh...seneng deh mbak baca ceritamu...jadi optimis akan diberikan krucil2 nan lucu juga...


    @retno
    ayo no....sama2 menguatkan hati :)


    @valent
    hihi...makasih ya sayyy...yang terbaik jg untuk dirimu yaaa...


    @nurhasty
    waduh mbak...berat memang yahhh....hiks..hiks...tp mau ga mau memang harus dihadapi dengan senyuman



    @fira
    wahhh...mbak fira....hebat dehhhh....salut sama orang2 yang berani kayak mbak fira *kapan ya saya bisa berani kayak begitu?*



    @santi
    aku mau sayyyy...hihi.... sekar_wulan_pras@yahoo.com
    thanks yaaaa...


    @asti
    hihihi...ternyata never ending comment yah bu...
    sabarrrrrr...hihi.....


    @niknik
    sama2 bu...tetep semangat yaahhhh.....



    @aniek
    buahauhauhauhua...ternyata ada temennya gw! toss!!!


    @witha
    iya susunya bebas kok...25rb kalo ga salah....sama2 berusaha ya bu :)

    ReplyDelete
  18. like this post Tya

    Buat gue punya baby itu anugrah, bukan kewajiban, apalagi buat "lomba-lombaan, cepet2an hamil"

    suka sebel klo ada temen atau anggota keluarga yg suka ngeliat gue dengan pandangan kasihan just because gue belum hamil.

    Puhleasee...mind yer own business gitu loh. Selama kita dan suami bahagia2 aja, kenapa dibikin pusing? ya nggak?

    semangat terus Tyaa!

    ReplyDelete
  19. Hallo tya, I am one of ur silent reader. suka deh baca postingan2 mu, inspirational ;) thanks yaa...terutama yang ini nih, gw juga udah nikah setahun lebih (gw nikah 1 januari 2009)belom hamil2... nice to know kalo ternyata aku tidak sendirian toowww. Salam dr jerman, yayuki

    ReplyDelete
  20. @nia
    ayo ni...yang penting hepi terus yaaa....


    @yayuki
    haloww...wahh...bangga bgd nih dibaca sampe ke jerman :)
    i've read ur blog as well....wah tnyt perjuangan ya hidup di negeri orang....semangat terus ya mbakkk....you are not alone :)

    ReplyDelete
  21. lucu postingannya :D keep sharing yaa

    ReplyDelete
  22. Thanks ya Mba, tips-tipsnya keren banget. Jadi bisa instropeksi diri, he..he.. Ternyata saya memang perlu banyak sabar, ikhlas, dan tawakal. Suer, saya iri banget liat teman-teman yang tahun ini nikah udah pada hamil. ditambah lagi saya jadi tertekan banget semua keluarga selalu nanyain, "kapan nih?, cepatan donk si .... aja udah, nunggu apa lagi sih." But, setelah baca blog mba saya jadi ketawa sendiri, tenang, n ngerasa agak ringan aja.

    Thanks banget ya mba.

    ReplyDelete
  23. trims mba tya.....

    seneng banget baca2 tentang kehamilan dari mba tya....
    jadi semangat lagi nie....
    jadi tenang n ngga parno lagi...hehe

    mudah2an qta juga cepet dikasih rejeki baby ma tuhan....

    ReplyDelete
  24. Hrusx snyum2 baca, aq koq mlah nangis......


    Gmn ga, ditmpt kerja (khususx diruanganq) ada 3 pngantin br (trmsuk aq). Yg 2 udah isi,aq blm...
    Hari2 hrus dngar crita ttg ngidam mrka.... En aq cm bs diam mnikmati sdihx.....

    Huwa.....a....

    Tp ttp usaha koq... He...

    ReplyDelete
  25. mbak tya...rasanya plong hati ini membaca tulisannya soalnya unek2nya sama....ga harus dihipnotis dulu sama si uya sudah bs ngeluarkan uneg2 he..he...
    makasih ya,jd semangat
    ternyata banyak teman yang senasib denganku
    Semoga kita semua segera dipercaya oleh Allah untuk menerima anugerah terindahNya..Amiiin

    ReplyDelete
  26. Mbak Tya, baru hari ini nemu blog nya... dan sukaaa banget artikel ini. Selamat ya Mbak Tya atas kehamilannya, semoga lancar2 sampai lahiran nanti :)

    ReplyDelete