4 March 2010

Tips cari sekolah untuk anak

oh well, hamilpun belum, tapi berhubung udah berbasahan2 di dunia pendidikan selama bertahun2...halah.....saya mau sharing sedikit tentang gimana sih cari sekolah yang bagus.
apalagi macam pre-school2 gitu ya, secara masa-masa ini cukup krusial buat anak2 kita nantinya.

saya sama suami termasuk golongan (calon) orang tua yang berpikiran untuk menyekolahkan anak sedini mungkin.
mulai umur 2 tahun mungkin.
waktu sekolahnya juga yang ga tiap hari lah ya, tapi mungkin 2 kali seminggu, 1-2 jam sehari aja.
yang penting si anak bisa bersosialisasi dan mengenal orang2 lain selain mama-papanya dan juga mbak pengasuhnya.
kalo soal kemandirian, saya rasa itu soal belakangan.



setelah si anak bisa bersosialisasi (bisa dilihat dari tingkah laku anak ketika bertemu orang2 baru, ga cengeng, ga nggelendot mamanya terus), barulah si anak diajarkan tentang kemandirian.
toilet training udah pasti (sebaiknya orangtua sudah mengajarkan tentang ini sedini mungkin), trus gimana dia mulai tau tanggung jawab kecilnya, macam tau tas sekolahnya yg mana, alat2 tulisnya yg mana, dan hal2 kecil macam itu.

kalo di kantor saya, TK dimulai usia 3 taun.
jadi TKnya itu 3 taun.
taun pertama ya masih cere-cere gitu sih...nangis doang kerjaannya...hhehe....
taun kedua udah mulai gambar2 n nulis sedikit (what? iya...nulis....gimanapun juga sekarang anak SD udah diasumsikan bisa baca tulis, jadi ga diajarin lagi sama gurunya. kejam)
taun kedua, menurut saya udah super mandiri untuk anak 5 taun.
bahasa inggrisnya keren2 banged, makan sendiri sekaligus beresin peralatan makannya udah bisa, bahkan main drama n alat musik udah biasa buat anak2 di sini.
bikin gemes pokoknya.

tapiii....ya gitu deh.....menurut saya pre-school itu mahalnya ga ketulungan.
'sodaranya' sekolah saya ini, cabang simprug (hehe) udah mematok angka 11 juta untuk uang masuknya n 3,1 juta untuk uang bulanannya.
waksss...
kalo yang di serpong sih masih agak di bawah *sedikit*, 9,9 juta untuk uang masuk n 1 juta untuk uang bulanannya.

hihi....gile bener yah....kebayang ga nanti pas anak2 kita masuk pre-school, jadi berapa angka2 itu?

nah....supaya ga nyesel belakangan, saya coba sharing sedikit ya...kalo ada yg mau menambahkan more than welcome loh.

1. cari sekolah yang mengedepankan pendidikan multiple intelligence, maksudnya ga memaksakan anak untuk HARUS berhasil di bidang akademis yang melibatkan angka misalnya. ya orangtua mana sih yang ga mau anaknya pinter? tapi ya bukan berarti memaksakan juga dan mengesampingkan bakat anak yang sesungguhnya. misalnya kalo si anak berbakat di bidang seni lukis, ya berikanlah kesempatan buat si anak mengembangkan ini.

2. cari sekolah yang guru2nya bersedia dihubungi dan berdiskusi via handphone. ini penting buat para working mommy. ga tiap hari kita bisa nungguin si anak di sekolah, tapi setidaknya kita bisa memantaui perkembangan si anak dengan berdiskusi sama si guru.

3. cari sekolah yang memungkinkan si anak berinteraksi dengan kehidupan nyata. misalnya ada kegiatan belanja di pasar *ya mungkin jaman sekarang hypermarket kali ya*, berkunjung ke kebun binatang, dan kegiatan2 sehari2 lainnya. jadi ga cuma lewat gambar2 ato cerita gurunya, tapi si anak bisa mengalami langsung.

4. cari sekolah yang ajaran agamanya kuat.

5. cari sekolah yang dwi bahasa. nah sampe hari ini masih jadi kontroversi nih. bukannya demi gengsi ya, tapi saya ngliat sendiri bahwa bahasa itu penting. orang lokal, secerdas apapun tapi kalo kemampuan englishnya kurang, rasanya kurang bs bersaing ya. gimana nanti dengan jamannya anak2 kita? jadi saya sih termasuk ibu2 yang berharap bisa menyekolahkan anak di sekolah bilingual. apalagi kalo masih kecil, kemampuan menyerap bahasa asingnya akan lebih cepat dibandingkan orang dewasa *berarti harus menabunggggg*


well, rasanya segini dulu tulisan ibu guru ini.
kaloada yang mau nambahin mongo yaaaa...

7 comments:

  1. Tya, kalo gw niatnya investigasi setiap calon guru..

    hehehe..bukan gimana Ya... setaun kemarin gw dapet 3 klien anak sekolahan yg diperlakukan engga bgt sama gurunya.

    Pengalaman cari sekolah buat ade gw yg hiperaktif juga gitu...intinya gurunya harus yg bener" punya panggilan mendidik anak dengan kasih & teladan, termasuk mendidik anak yg unik ga kaya anak" umumnya...

    Kalo smua guru punya blog kaya Tya gampang kali ya investigasinya hehehe.... :D

    ReplyDelete
  2. gw juga udh rencana nih mau masukin sekolah anak gw umur 2 tahun. mudah2an terlaksana. udh tau mau di mana, pokoknya yg dwi bahasa gitu. biar klo nonton playhouse disney nyambung *looh?? hahaha.. iya, secara ga mungkin gw kasih nonton tv lokal. sereeem...*
    TK mungkin pas 3 tahun kali ya. sampe umur 4 tahun. umur 5 tahun masuk SD *kya bundanya. bisa ga ya?*
    skrg ada minimal umur buat masuk SD ga sih?

    ReplyDelete
  3. @vicky
    iyaaa...faktor guru penting tuh bu...apalagi buat level pre school gitu ya...
    ada loh anak TK di sini yg ga mau naik kelas karena gurunya ganti...hahahaha.....



    @dhita
    iya dhit...nanti anak gw juga ga boleh nonton TV lokal ah...kecuali nanti tayangannya udah lebih baik.
    kalo batasan umur masuk SD, kaykanya maish ada, kl di sekolah gw sih 6 taun. *menabung dr sekarang*

    ReplyDelete
  4. Mba Tya ... manfaat bangett nie .. walau masih mengandung ak termasuk orang yg mikirin gimana nanti babynya dr mulai pilih pengasuh (secara i'm working mama) and sekolahnya . Sebagai orang tua kita pasti pengen yg terbaik bwt anak.
    Itu dia makanya penting banget investasi pendidikan buat si baby biar nant kl mau skolah di tempat yg bagus dana nya sudah tersedia

    ReplyDelete
  5. bener bu! investasi uat pendidikan itu penting, pastinya kita kan pgn yg terbaik buat anak2 kan? :)

    ReplyDelete
  6. Tya,doakan ya,maunya sih Bella SD (2 tahun lagi) maunya masuk ke kantor mu itu. Lebih seneng lagi kalau masih ada Ms. Tya jadi ada yg ngawasin di sekolah. Hehehehehe...

    ReplyDelete
  7. sippp!!! gw ikhlas kok jadi baby sitternya bella di sekolah :)

    ReplyDelete