Skip to main content

Financial CheckUp

kayak kesehatan aja, ternyata kehidupan finansial kita juga perlu dicek lohhh...
bisa dicek pake kalkulatornya QM Financial di sini.

applicable banged dan bisa kasih gambaran, kita ada di tingkat mana sih....hehe.....
kalo untuk yang beginner, pembagiannya begini nih:
  • tabungan/investasi + sisa penghasilan: 10%
  • cicilan hutang: 30 %
  • pengeluaran rutin: 40%
  • pengeluaran life style: 20%

sementara kalo yang udah advanced, pembagiannya jadi:
  • tabungan/investasi + sisa penghasilan: 30%
  • cicilan hutang: 30%
  • pengeluaran rutin: 20%
  • pengeluran life style: 20%



kalo keluarga Priyandito ada di level mana?
ehemmm....sebagai menteri keuangan rumah tangga, bisa saya bilang kalo kondisi keuangan kami ada di tengah2nya....hihi...

  • tabungan/investasi + sisa penghasilan: 20%
  • cicilan hutang: 40% (karena masih nyicil mobil n rumah, tapi tengah taun ini mobil lunas kok...pembelaan...hehe...)
  • pengeluaran rutin: 30%
  • pengeluaran life style: 10%

seee....terlihat kan kami pasangan super irit....hihi...
buat gaya hidup yang katanya 20% cuma kami pake 10%nya ajah....
ga harus maksain juga ah 20% :)
kalo memang ada lebihan dana, mending buat beli reksadana ato deposito.

sampe tengah taun nanti kayaknya kondisi keuangan keluarga Priyandito akan tetap seperti ini, mudah2an setelah juni 2010, dana yang biasanya buat cicilan mobil bisa dialihkan ke investasi pendidikan anak. amin.

oia, bicara tentang pendidikan, di QM Financial juga ada kalkulator untuk menghitung perkiraan biaya masuk sekolah pas anak2 kita nanti (dengan asumsi inflasi 20% untuk sekolah national plus.

setelah coba saya isi pake biaya masuk sekolah tempat saya kerja ini...wakwaaaawww...bikin nganga.

untuk masuk preschoolnya, biaya sekarang 9,9 juta, tapi 3 tahun yang akan datang saat anak saya sekolah biayanya jadi sekitar 17 juta.
biaya masuk SD yang sekarang 25 juta akan jadi 74 juta 6 tahun yang akan datang.
biaya masuk SMP yang sekarang 21,5 juta akan jadi 191 juta 12 tahun yang akan datang
biaya masuk SMA sekarang 22 juta akan jadi 338 juta 15 tahun yang akan datang.

ihikkkk....sepertinya kita pikirkan ulang ya ayah ya untuk nyekolahin anak kita di B*NUS.
TK aja deh di sini...SD-SMAnya di tempat lain...hihihi......

trus kalo untuk mengkuliahkan anak di UI (boleh dong berharap satu almamater sama ayah-ibunya :p), dengan biaya masuk sekarang sekitar 25-100 juta, maka 18 tahun yang akan datang harus menyiapkan 300 juta- 1 M!

ihiyyyyy....banyak yaaaa....

tapi ya namanya untuk anak pasti akan diusahakan yang terbaik lah ya.

makanya dari sekarang yuk kita menabung, menabung, dan berinvestasi yuk!!
hehe.....
*ibu2 koperasi yang cuma jualan kue bawang aja bisa nabung 1 juta/tahun loh, kita ga boleh kalah!!! :p*

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Uang Pangkal Sekolah

setelah dihitung2 ulang, ternyata investasi LM saya yang cuma 10 gr/tahun (200rb-an/bln)  harus direvisi nih....
hehehe...

kalo bertahan di angka tersebut, uangnya cuma bisa utk masuk TK,
sementara utk masuk SD setidaknya butuh 20gr/thn (400rb-an/bln)

hoshh...hoshh...

untuk masuk SMP lebih parah lagi...
makin ga kekejar kalo 'cuma' LM ternyata.
apalagi kalo AsPend n TaPend,
makin ga nyampe deh angkanya.
busetttt...

Menginap di caravan hotel - taman safari indonesia

Sekitar bulan februari (kalo ga salah) liat foto2 kak @sondangrp dkk camping rame2, kok kayaknya seru.

Trus jadi pengen.
Tapi pas liat rate nya, kok mahal! Haha..

Akhirnya diskusi sama ibu2 cabe rawit di grup dan keluarlah ide menginap di caravan ini.
Ratenya separuh dari tempat camping kak sondang, dan tempatnya masih berbentuk 'bangunan' jadi bisa semacam pemanasan sebelum anak2 camping beneran di tenda.
Untungnya jeng lia berbaik hati ngurusin dan booking jadi kita bisa dapet 3 caravan yang deketan (dan lokasinya enak!).

Fyi, kita booking dari maret utk menginap akhir mei ini.
Untuk rate caravan di wiken: rp. 1.050.000 include breakfast utk 4 orang. Plus kita bisa beli 4 tiket safari seharga rp. 100.000 (dari rp. 150.000).
Lumayan ya!

Dan pas akhirnya sampe sana, Aduhhh senengg deh..

Lokasinya benar2 di tengah hutan, Jadi pohon2 pinus tinggi di mana2, Ada air terjun mini, Kolam angsa, plus ada monyet dan rusa di dekat restoran.

Anak2 heboh deh liat beginian :)))

Asli ya anak…

Perpanjang paspor di BSD

Sejak akhir tahun 2015,
Mastin akhirnya menghampiri warga BSD dalam hal pengurusan paspor
(Oh ada yg ga tau mastin? Coba deh gugling dengan keyword jingle mastin.. Dijamin terngiang2... Ahahahhahaha)


Singkat  kata, per 30 desember 2015 sudah dibuka kantor imigrasi kelas 1 tangerang cabang BSD.
Lokasi di ruko golden boulevard, tepat di sebelah natasha skin care.
Kalo bapak-bapak biasanya sih tau ruko golden boulevard soalnya banyak tempat pijat plus-plus :)))))

Nah berhubung bakal pergi bistrip bulan depan sedangkan paspor habis di bulan mei, jadi tadi saya dan si ayah nyobain perpanjang paspor di ruko yang cuma sepelemparan kolor dari rumah (uhuk pamer




Sayangnya untuk layanan online dan pembuatan e-paspor belum bisa dilakukan di sini, Jadi tadi kami datang pukul 7.30 untuk ambil antrian.
Menurut petugas, dalam satu hari dibatasi 100 nomor antrian, supaya tidak terlalu chaos.
Tadi pagi sih lumayan tertib ya antrian ambil nomornya.
Setelah ambil nomor, kami isi-isi dokumen lalu duduk sa…