18 March 2010

curhatan ibu guru

hwhehe..harusnya tulisan ini adanya di blog sebelah nih...tapi gapapalah numpang nyampah di sini.

serius deh, saya termasuk golongan guru yang menentang adanya UN.

sebagai produk ujian nasional, saya ga merasakan adanya manfaat yang signifikan untuk perkembangan intelektual siswa dari adanya UN.
cuma sekedar penentu kelulusan belaka.
dan......ahemm...abis ujian juga lupa kok semuanya.hehe...



makanya saya ga mau banged anak2 saya cuma dipaksa buat menghafal tanpa paham sebenernya ilmu yang didapat itu buat apa.
tapi ya gimana lagi....sayangya UN masih terus dilaksanakan, dan yah di sekolah internasioanl ini masih banyak anak2 yang mau masuk universitas dalam negeri jadi lah UN tetap diambil.

dan ya ampyunnn....saya kesian banged deh ngliat anak2 ini.
dipaksa menghafal istilah biologi, yang lebih cocok untuk mahasiswa kedokteran tingkat dua, tanpa mereka paham maknanya apa.
cuma menghafal demi bisa mengerjakan ujian.

ga mendidik :)

saya aja yang jadi guru, enegnya setengah mati liat2 istilah itu.
dan jenis pertanyaannya kadang suka ga masuk akal.
belum lagi kesalahan2 pengetikan yang masih sering terjadi.

dan oh ya...yang namanya soal ujian nasional biologi yah...pasti adaaaa ajaaa yang pertanyaannya ajaib.
mau nyari di textbook SMA manapun ga akan nemu.
kalopun akhirnya ketemu jawabannya, pasti adanya di jurnal kedokteran.

okelah, maksud hati pengen nunjukin kalo pendidikan indonesia udah selangkah lebih maju, tapi ya ga begini juga kali caranyaaa...... *guru sewot*

mendingan tuh ya, bikin soal yang sesuai silabus lah, dan lebih baik membuat anak paham dan mengerti akan materi, bukan cuma gengsi2an bikin soal setingkat mahasiswa tapi anak2nya mlongo ga ngerti apa2.
kalopun akhirnya tau, cuma 'demi' lulus ujian, bukan karena mereka memang pengen tau ilmu dibalik materi itu.

ihikkk...sedihnyaaa....

kalo saya yang jadi menteri pendidikannya *haha....ngayal*, mendingan saya perbaiki dulu kualitas gurunya, pemerataan fasilitas pendidikan macam buku dan alat2 laboratorium, trus perbaikan birokrasi, dan baru deh bikin ujian macam ujian nasional begini.

dan oh ya, ujiannya ga cuma pilihan ganda ya, soalnya ga mengembangkan intelejensia anak.
skill yang diasah kalo buat biologi kan setidaknya ada 3: analytical skill, comprehension skill and laboratory skill.

nah, ketiga skill ini bisa didapet kalo model pertanyaannya tuh pilihan ganda n structured question, jadinya anak2 ga cuma menghafal, tapi mereka harus ngerti bener supaya bisa jawab yg structured question.
kalo buat yang laboratory skill, ga ada jalan lain selain ujian praktek.

sekarang juga udah ada sih ujian praktek, tapi ya gitu deh...
cuman formalitas banged.
skill nya anak2 ga diasah :(

hik...hik...

eniweiiiii.....setelah terpaksa menjejali anak2 dengan ilmu2 hafalan ini....mari kita berdoa supaya senin besok ujian biologinya lancarrrr....
aminnnn...

abis itu bulan depannya baru deh ujian yang benerannya, ujian cambridge.
hehehe.....

6 comments:

  1. TYAAAAAA... lup yu!!!
    hahahahaha...pokoke smua alasan lo nolak UN sama persis dgn alasan gw. Brarti, sapa bilang yg nolak UN barisan sakit hati?! dirimu slalu ranking kan Ty?gw ga pernah ranking sih...tapi lulus UN kok :P hehehe...

    eniwei, daku kebetulan lagi dapet tugas follow up putusan class action UN kemarin. Pas banget besok mo rapat...hihihi...doa'ken ya jeng...demi murid"muw juga nih

    oia...uda gabung FB-nya tolak UN blom? :D hihihi...

    ReplyDelete
  2. udah gabung dr duluuuu...tp spertinya grupnya dicuekin ya bu? hehe...

    nt lanjutan kasusnyakasih tau ya buuu...
    dan oh ya...setuju! kita bukan barisan sakit hati, justru kita2 ini concern sama nasib anak bangsa. ya ga? :)

    ReplyDelete
  3. Mba Tya.. Se-7 bangett .. ak jg nolak UN , krn buat ak ga penting. Pengen banget ngomong ke mentri pendidikan biar bs bikin kurikulum yang bagus buat bangsa ini biar mental,dan intelektualitas generasi penerus bangsa ini meningkat ke arah yang lebih baik.
    Pengen anak itu mengerti dan paham dasar dr Ilmu2 itu dulu jangan asal bisa, susah trus kliatan keren asal keliatan intelek tp dalemnya bodong . Percaya ga percaya itu ngaruh ke psikologis anak dan menimbulkan sedikit banyaknya trauma kpd anak2 , kan seharusnya yg hrs ditanamkan kepada generasi penerus adalah bukan dia belajar krn terpaksa hrs ngerti tp dia senang mengerti dan memahami sebuah ilmu .

    ReplyDelete
  4. Tya n Nukta, ada banyak bukti kalo UN itu lebih banyak ngerugiin dr pd nguntungin anak2 (yah kalo "nguntungin" pemerintah mah ga usah repot2 dibuktiin lha ya...hihihi). Finlandia yg ga pake UN terbukti anak2nya pinter...selalu di peringkat 5 dunia tes apa gituw (hahah klo ini Tya yg paling tau lha ya)

    Buktinya lagi, putusan Pengadilan sampe MA aja bilang klo UN itu melanggar hak asasi anak2 en UN ga bole dilaksanain kalo akses, sarana & prasarana pendidikan belom merata. Tapi pemerintah masiiiii aja ngotot laksanain UN :'(

    nah makanya kita bikin Posko Pengaduan UN 2010 nih Ty (hasil rapat kmrn)... jd klo ada anak yg stres ato ga lulus gara2 UN, bisa lapor ke Posko...guru ato ortu mo lapor anaknya stres gara2 UN, dapet bocoran jawaban, dll yg jelek2, bisa lapor ke posko, ntar kita FU bareng

    hehehe...bsok konpers nya...liat" berita ya ibu" (^__^)

    "It takes a village to raise a kid"

    ReplyDelete
  5. wahhh....asyik nih punya temen lawyer!
    sama2 berjuang ya bu...

    ReplyDelete